cover
Contact Name
Muhammad Dian Ruhamak
Contact Email
dianru@unik-kediri.ac.id
Phone
+62816562515
Journal Mail Official
risk@unik-kediri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi
Published by Universitas Kadiri
ISSN : 27223361     EISSN : 27223108     DOI : 10.30737/risk
Core Subject : Economy, Science,
RISK : Jurnal riset bisnis dan ekonomi adalah publikasi akademik yang fokus pada penelitian ilmiah di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan temuan penelitian terbaru, analisis, dan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek ekonomi dan bisnis. Jurnal ini mencakup berbagai tema yang relevan dengan ekonomi dan bisnis, seperti ekonomi makro dan mikro, manajemen, keuangan, pemasaran, ekonomi industri, kebijakan ekonomi, dan lain sebagainya. Jurnal ini mencakup penelitian empiris, teoritis, atau kombinasi dari keduanya.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020)" : 9 Documents clear
PENGARUH HARGA DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG (Studi Kasus Pada Konsumen Top Swalayan Pare Kediri) Erlyna Agustina; Endang Triwidyati; Rinto Nurbambang
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/risk.v1i2.1321

Abstract

Pengusaha ritel biasa disebut juga dengan perdagangan eceran ialah mata rantai yang terakhirnya didalam penyaluran pada barang dari produsennya sampai kepada konsumennya. Sehingga munculah perdagangan eceran yang berbentuk swalayan dan minimarket. Swalayan adalah melayani sendiri. Artinya setiap konsumen yang datang untuk berbelanja di toko swalayan harus melayani dirinya sendiri. Konsumen mencari barang (produk) yang dicari dengan menggunakan keranjang/trolly yang disediakan, kemudian membawa barang tersebut ke meja kasir untuk melakukan proses pembayaran. Begitu pula dengan minimarket yang menerapkan sistem swalayan, akan tetapi tidak sebesar dan selengkap swalayan.
Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Tm Group Travel Putri Mawar Sari; Ariadi Santoso; Djunaidi Djunaidi
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/risk.v1i2.1323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh atribut produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. (2) Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian produk eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara simultan antara atribut produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. Dalam menganalisa menggunakan analisa deskriptif, kemudian menggunakan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Dari hasil pengujian dengan regresi linier berganda, Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji t, Uji F, dan Uji Determinasi menunjukan variabel atribut produk (X1) dan WoM (X2) berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang ditunjukan oleh nilai R Square. Angka ini menunjukan bahwa variabel atribut produk (X1) dan WoM (X2) yang digunakan dalam persamaan regresi linier berganda ini memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Atribut Produk dan WoM terhadap Keputusan Pembelian berpengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri.
Pengaruh Pelaksanaan Advertising Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pada BPR Artha Samudera Kediri Evi Liana; Kartika Yuliari; Gandung Satriyono; Djunaidi Djunaidi
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/risk.v1i2.1324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah bank pada BPR Artha Samudera Kediri. Perkembangan yang demikian ini menciptakan masalah yaitu bagaimana perusahaan dapat memenangkan persaingan tersebut atau paling tidak dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dalam memasarkan produk yang mempunyai banyak pesaing, maka perusahaan akan selalu dituntut untuk berusaha sekeras mungkin agar dapat menarik konsumen. Hal ini yang menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin tajam. Sebaiknya di pihak konsumen bebas menentukan pilihan terhadap produk sejenis, maka bagi perusahaan yang ingin mendapatkan pasaran yang baik harus mampu mempertahankan posisi dalam persaingan, bagi perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan persaingan maka sulit untuk mengembangkan usahanya. Kegiatan advertising adalah kegiatan yang sangat penting yang dapat dilakukan oleh perusahaan karena kegiatan advertising dapat memperkenalkan produk yang dihasilkan dan  dapat dikenal oleh konsumen. Dalam penelitian ini menitik beratkan pada promosi khususnya advertising dalam usaha meningkatkan jumlah nasabah bank. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan juga secara kuantitatif menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian diketahui bahwa  advertising mempunyai pengaruh dalam meningkatkan jumlah nasabah, baik nasabah tabungan, deposito maupun nasabah kredit.
Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Kediri Nintan Prasetya
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/risk.v1i2.1335

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan diantara lain untuk mengtahui pengaruh pertumbuhan eknomi terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik stratifield random sampling, dengan menggunakan metode pengumpulan data penelitian lapangan dan studi pustaka. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil analisis regresi pada penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berkorelasi negatif terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kediri. Jadi dengan semakin meningkatnya pertumbuhan eknomi maka tingkat kemiskinannya semakin berkurang. Nilai koefisien pertumbuhan ekonomi didapatkan sebesar 0,363 hal ini berarti bahwa kenaikan pertumbuhan ekonomi hanya sebesar 1% dan hanya dapat mengurangi tingkat kemiskinan sebesar 0,363%. Dalam pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung 1.110 lebih kecil dari ttabel 2,306, dengan hasil tersebut variabel pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kediri.
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus Pada Cuci Mobil Dan Motor Pada Hagga Kediri ) Efanta Pamungkas
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/risk.v1i2.1336

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, studi kasus yang dilakukan penelitian ini di cuci mobil dan motor Hagga Kediri. Hasil pengujian secara statistik didapati semua variabel bebasnya berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikatnya, jadi semakin tinggi pengaruh variabel X ( Kualitas Pelayanan ) maka akan semakin tinggi pula variabel Y (Kepuasan Konsumen ). Didapatkan hasil dari pengujian lain yaitu nilai Fhitung 10,186 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sementara nilai Ftabel didapatkan sebesar 2,427, dari keterangan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh secara simultan.Dari penjelasan diatas dapat diuraikan dengan jelas bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada cuci mobil dan motor di Hagga Kediri.
Analisis Penggunaan Model Altman (Z-Score) Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Sektor Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2016-2018 Afiska Elfa Priyadi
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/risk.v1i2.1361

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prediksi kebangkrutan pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 menggunakan metode Altman Z-Score. Penelitian menggunakan data sekunder. Sumber data yang digunakan berasal dari laporan keuangan telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sample dalam penelitian ini adalah perusahaan PT Bakrie Telecom Tbk,PT Indosat Tbk, PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Telekomunikasi Tbk. Hasil penelitian Z-Score untuk memprediksi kebangkrutan menghasilkan nilai Z-Score Paling besar adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk di tahun 2017. Sedangkan nilai Z_Score terkecil adalah PT bakrie Telecon Tbk di tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telekomunikasi pada periode 2016-2018 terindikasi mengalami kebangkrutan.
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan (Pada Dimensi Reliability,Responsiveness,Assurance,Empathy Dan Tangible) Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Mira Mira; Djunaedi Djunaedi; Ria Lestari P.
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/risk.v1i2.1362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (pada dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible) secara parsial dan simultan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderat (study pada Catering Dapur Ibu Kabupaten Kediri). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 70 orang responden yang berdomisili di wilayah Kabupaten Kediri metode sampling purposive. Teknik analisis yang digunakan adalah metode regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4) dan tangible (X5) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y1) dan variabel reliability (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen sedangkan variabel moderat kepuasan konsumen (Y2) memperkuat hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas konsumen.
Pengembangan Iptek Dan Pembinaan Olahraga Prestasi Koni Kota Kediri Dalam Rangka Porprov Vi Jawa Timur 2019 Gandung Satriyono; Heru Marwanto
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/risk.v1i2.1363

Abstract

Pemahaman yang selaras dan seiring tentang pengembangan IPTEK dan Pembinaan akan menunjang perbaikan dan pengingkatan prestasi serta akan berdampak pada sinerginya kegiatan dan strategi yang dikerjakan guna mewujudkan potensi olahraga di Kota Kediri untuk Bisa Bisa Pasti Bisa meraih Prestasi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil pengembangan IPTEK dan Pembinaan cabang olahraga prestasi KONI Kota pada Pekan Olah Raga Provinsi (PORPROV) JATIM VI / 2019. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian model kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa dengan pengembangan Iptek dan Pembinaan dalam meningkatkan prestasi Pekan Olah Raga Provinsi Jatim VI 2019  sudah efektif dan efisien. Hal ini  dapat  dilihat dari pengingkatan perolehan medali dan posisi rangking yang sangat signifikan pada Pekan Olah Raga Provinsi Jatim VI 2019 yakni 60 emas, 44 perak, 49 perunggu 153 dengan poin 377 dan menduduki posisi rangking II. Namun dalam pelaksanaan programnya masih terdapat beberapa faktor kendala yang di hadapi yakni masalah internal cabang olahraga, sarana dan prasarana latihan yang belum memenuhi standar dan kuantitas
Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv. Mitra Bhuwana Mandiri Kediri Untung Prastiyono; Gandung Satriyono; Budi Rahayu
RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/risk.v1i2.1388

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menelaah lebih jauh tentang pengaruh yang dapat ditimbulkan akibat adanya gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan ilkim kerja terhadap kepuasan kerja yang akan menimbulkan dampak berantai pada kualitas kinerja karyawan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa seorang pemimpin merupakan panutan atau role model dalam suatu organisasi yang mana keberadaannya diharapkan dapat memberikan arah yang positif pada suatu organisasi.Penelitian ini dilakukan dengan mebggunakan populasi seluruh karyawan yang bekerja pada CV. Mitra Bhuwana Mandiri Kediri yaitu dengan seluruh karyawan yang bekerja pada CV. Mitra Bhuwana Mandiri kantor pusat Kediri. Dan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pada hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan iklim kerja terhadap kepuasan kerja. 

Page 1 of 1 | Total Record : 9