cover
Contact Name
Albet Maydiantoro
Contact Email
albet.maydiantoro@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282397107151
Journal Mail Official
jpppi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 2776303X     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/JPPPI
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia or the Indonesian Educator Professional Development Journal is a forum for information and publication of research results and literature reviews for lecturers, teachers, and students. This journal is published by the Teacher Professional Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, with e-ISSN: 2776-303X. This journal is an open-access journal. Focus and Scope: Education Learning Evaluation TPaCK School Curriculum 21st-century learning Class management Multicultural Education Learning Elementary School Learning Secondary School Learning High School Learning Education policy Learning methods Higher education learning Learning Media
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia" : 3 Documents clear
Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Interaksi Sosial Melalui Metode Pengajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Mantup RUDY SUBIYANTORO
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pengajaran berbasis tugas proyek, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya metode pengajaran berbasis tugas proyek. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII.B SMP Negeri 2 Mantup. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan II. Dari hasil analis didapatkan bahwa siklus I (71,11%), siklus II (93,33%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran tugas/proyek dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VII.B SMP Negeri 2 Mantup serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.
Penggunaan Soal HOTS Ekonomi Berbasis CBT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu HERI SUPRANOTO
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil belajar  siswa kelas XII SMAN 2 Ulubelu mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilakukan   dalam   bentuk   penelitian tindakan   kelas   (Classroom   Action Research). Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan    kelas    ini    langsung dilaksanakan  oleh  guru  dalam  bentuk  pengajaran, dengan melakukan  tindakan-tindakan  tentu  agar  dapat  meningkatkan hasil belajar    siswa. Dalam    pelaksanaannya    penelitian dilakukan  sebanyak  2  siklus.  Berdasarkan analisa hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Soal HOTS  Ekonomi Berbasis CBT mengalami peningkatan. Data hasil belajar  Siklus I untuk nilai terendah sebesar 32, sedangkan pada Siklus II yaitu 68. Adapaun untuk nilai rata-rata untuk Siklus I sebesar 78,67 sedangkan pada Siklus II yaitu 88. sedangkan untuk nilai tertinggi untuk Siklus I dan untuk Siklus II sama-sama sebesar 100. Berarti dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Soal HOTS  Ekonomi Berbasis CBT  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu.
Pengaruh Minat dan Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 31 Bandar Lampung ANISA VIRGIANTI; YON RIZAL; ALBET MAYDIANTORO
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 31 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan survei dengan populasi 275 responden. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik sampling yaitu sampel probabilitas dengan simple random sampling dengan jumlah 73 responden. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner diolah dengan menggunakan SPSS. Pengujian hipotesis parsial uji t dan uji F secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu di SMP Negeri 31 Bandar Lampung. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 1482,634 Ftabel 3,13 dengan tingkat determinasi 0,977 yang artinya hasil belajar dipengaruhi oleh minat belajar dan kesiapan belajar sebesar 97,7% dan sisanya 2,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 3