cover
Contact Name
Mukhlis
Contact Email
mukhlisahmadmuaidi@gmail.com
Phone
+6285248587742
Journal Mail Official
mukhlisahmadmuaidi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Mesjid Jami No. 1 Antasari Kecil Timur, Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
ISSN : -     EISSN : 28090322     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Jami Banjarmasin. Jurnal ini dikhususkan untuk memuat tulisan dalam bentuk hasil penelitian pendidikan Islam, atau gagasan tertulis dalam bentuk karya ilmiah dengan bidang kajian yang serumpun. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam menggunakan sistem double-blind untuk peer-review; identitas pengulas dan penulis tetap anonim. Artikel akan ditinjau oleh dua ahli; satu reviewer dari luar dan satu editor dari jurnal biasanya terlibat dalam meninjau kiriman. Jurnal akan menyaring artikel untuk plagiarisme menggunakan cek turnitin.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "AL GHAZALI, Vol. 3, No. 1, Juni 2023" : 5 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa di MIN 24 Hulu Sungai Utara Helyatul Zahra; Ahmad Dzaky; Syahrani
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 3, No. 1, Juni 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran akidah akhlak berpengaruh terhadap perilaku siswa di MIN 24 Hulu Sungai Utara. Motode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 221 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu teknik sampling yang digunakan oleh penelitian jika penelitian mempunyai kriteria tertentu dalam mengambil sampelnya. Adapun kriteria yang ditetapkan pada pengambilan sampel bertujuan ini adalah kelas yang memiliki perilaku terhadap pembelajaran akidah akhlak yaitu kelas VA dan VB yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui obesrvasi, dukumentar dan penyebaran angket. Data diolah dengan Teknik editing, koding, skoring, tabulanting dan interptretasi data serta menggunggunakan metode peneltian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini pembelajaran Aqidah berpengaruh terhadap perilaku atau akhlak siswa di MIN 24 Hulu Sungai Utara sebesar 0,94. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 88,36% menunjukkan bahwa pengaruh pendidikan aqidah akhlak sebesar 88,36% dapat menentukan perilaku siswa, sisanya (11,64%) karena pengaruh faktor lain.
Tradisi Pesantren Dipondok Pesantren Al Madaniyah Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong Rabiyatul Fauziah; Rabi’ah; Akhmad Mawardi Syahid
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 3, No. 1, Juni 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This study proposes about the traditions of the Islamic boarding schools at the Al-Madaniyah Islamic Boarding School, Jaro sub-district, Tabalong Regency. This thesis research is A field research using qualitative methods, the subjects of this research are ustadz, ustadzah, mukhaddimah, young women and female students at the Jaro Al-Madaniyah Islamic Boarding School, and the object of this research is the Islamic Boarding School Tradition at the Al-Madaniyah Putri Islamic Boarding School, Jaro District, Tabalong. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. After the necessary data is obtained and collected, it is then processed using reduction techniques, data display and data verification, then analyzed using a qualitative descriptive method. Based on the results of this study it can be concluded that the Islamic Boarding School Traditions at the Al-Madaniyah Putri Islamic Boarding School, Jaro District, Tabalong Regency include, a description of the Kyai at the Al-Madaniyah Putri Islamic Boarding School that the kyai is an inspirational and motivating person for students and ustadz, and the kyai is role model for students. The description of the Santriwati at the Al Madaniyah Putri Islamic Boarding School that the santriwati has differences with a student makes the santri superior in the field of religion than other students. The description of activities at the Al-Madaniyah Putri Islamic Boarding School Mosque that activities in the mosque are the most important places at Jaro Al-Madaniyah Islamic Boarding School. The description of activities at the Al-Madaniyah Putri Islamic Boarding School Dormitory that the dormitory is a place for female students to gather in carrying out all activities and a dormitory is a place to build togetherness among fellow students through Ukhuwah Islamiyah. The description of the Kitab Kuning curriculum at Al-Madaniyah Putri Islamic Boarding School that the Kitab kuning curriculum used is traditional and modern as well as the method used is not only listening but being able to write allegories, quotes from the Kyai. Keywords: Tradition, Islamic Boarding School, Al Madaniyah
Implementasi Manajemen Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Barito Kuala Rahmad Hidayat; Rabiatul Adawiyah
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 3, No. 1, Juni 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang Implementasi Manajemen Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Barito Kuala dengan rumusan masalah adalah Bagaimana Implementasi Manajemen Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Barito Kuala dan Apa saja faktor yang mempengaruhi Implementasi Manajemen Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Barito Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang Pelaksanaan Manajemen Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Barito Kuala dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Manajemen Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Barito Kuala. Sekolah tersebut menjalankan sistem pengelolaan dengan peraturan yang dapat dilaksanakan oleh dewan guru dan para siswa, seperti dewan guru yang wajib mengatur dan mentaati peraturan sekolah. Baik dari aktivitas keagamaan yang diberlakukan kepada siswa atapun peraturan lainnya. Bagi siswa, guru sebagai contoh, pemimpin atau mengerahkan kegiatan para siswa, contoh shalat dhuha berjamaah dan shalat zuhur dan lainnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, display data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Barito Kuala meliputi kegiatan analisis kebutuhan siswa, rekrutmen siswa, seleksi siswa, orientasi siswa baru, pengelompokkan siswa, pembinaan dan pengembangan siswa, pencatatan, pelaporan dan evaluasi siswa, serta kelulusan dan alumni. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Manajemen Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Barito Kuala adalah: a. Faktor pendukung yang meliputi adanya aturan tertulis dan tidak tertulis, lokasi yang sangat strategis dan kondusif dan kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan seluruh dewan guru serta staf. b. Faktor penghambat yaitu masih kurangnya kesadaran dari diri siswa akan pentingnya kedisiplinan. Masih terdapat beberapa siswa yang kurang menaati peraturan, sehingga selalu diberikan bimbingan dan arahan oleh pihak sekolah agar membiasakan diri dengan sikap disiplin yang ditunjukkan melalui sikap ketaatan, kesetiaan dan ketertiban siswa terhadap peraturan serta sarana dan prasarana yang kurang lengkap. Selain itu, waktu yang sedikit/kurang dalam mengontrol manajemen kesiswaan tersebut.
Pelaksanaan Hubungan Sekolah dan Stake Holder di MI Inayatushshibyan II Banjarmasin Hj. Noor Hilmah; Rahmah Apriliyana; Miftahul Jannah; Rita Apriani; Ruhana
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 3, No. 1, Juni 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to find out how the relationship between schools and stakeholders in education is implemented at Madrasah Ibtidaiyah Inayatushshibyan II Banjarmasin. This research is qualitative in nature, where in this paper we can see the description of what is done by schools in implementing school stakeholder relationships and in education. The data collection technique in this research was an interview with the principal at Madrasah Ibtidaiyah Inayatushshibyan II Banjarmasin. The results of the research show that the relationship between schools and stakeholders at MI Inayatushshibyan II Banjarmasin includes (1) Implementation of school relationships with the community (2) Functions of school relationships with the community (3) Techniques for school relationships with stakeholders (4) evaluation of the implementation of school relationships with stakeholders holder The research results show that there is harmonious cooperation and is able to create a healthy learning environment, with good communication and evaluation techniques to create satisfactory results.
The study "Urgency of Asbabun Nuzul and Contribution in Understanding the Qur'an" Mukhlis Mukhlis
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 3, No. 1, Juni 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.10627839

Abstract

This research aims to know the analysis of the urgency and contribution of the study on Asbabun Nuzul in understanding the Quran. Asbabun Nuzul, or the reasons for the revelation of the verses of the Quran, plays a crucial role in the context of interpreting and understanding the sacred verses. The research employs the method of literature or library research, conducted by gathering information from existing sources such as books, journals, articles, and other publications related to the research topic. In this study, the author explores how understanding the historical and situational context of the verses of the Quran can enrich interpretation and its application in daily life. Through an analytical approach, the author highlights the urgency of studying Asbabun Nuzul to avoid errors and misunderstandings in interpreting the verses of the Quran. Based on the research findings, it is revealed that understanding Asbabun Nuzul is essential for comprehending the verses and avoiding misinterpretations. It helps to specify laws based on the reasons for revelation and provides clarity to the verses. The findings of this study are expected to contribute to the development of more holistic and contextual methods of interpreting the Quran, enriching the understanding of the Muslim community towards the Quran.. Keywords: Urgency, Contribution, Qur'an, Asbabun nuzul.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5