cover
Contact Name
Dwi Noviana Komsi
Contact Email
dwinovianakomsi@uin-al-azhaar.ac.id
Phone
+6285267921835
Journal Mail Official
muhafadzah@uin-al-azhaar.ac.id
Editorial Address
Jl. Pelita No. 364 RT. 07 Kel. Pelita Jaya Kec. Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
ISSN : 28278011     EISSN : 27751112     DOI : https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v4i1
Core Subject : Education, Social,
Muhafadzah, merupakan Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam yang diterbitkan dua kali dalam tahun oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau . Jurnal ini fokus pada hasil penelitian dan artikel ilmiah yang terkait bidang bimbingan konseling, khususnya terkonsentrasi pada lembaga pendidikan Islam, namun tetap memberikan porsi terhadap isu-isu bimbingan konseling di masyarakat. Karya Ilmiah yang diterbitkan pada Jurnal Muhafadzah mencakup aspek bimbingan dan konseling yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan, religius, agama dan sosial yang dapat memberikan pencerahan dan pembaharuan paradigma secara luas bagi masyarakat. Redaksi menerima karya ilmiah yang belum pernah di publikasikan di media cetak manapun baik secara online ataupun offline.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): November 2020, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam" : 6 Documents clear
PELAKSANAAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) Seplyana, Desy
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 1 No 1 (2020): November 2020, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v1i1.262

Abstract

Peserta didik akan menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus dari sekolah, permasalahannya adalah diantara peserta didik tidak tahu orientasi karier yang baik yang sesuai dengan bakat dan minat mereka, dari alasan itulah layanan penempatan dan penyaluran diberikan kepada peserta didik dengan tujuan mereka memperoleh tempat yang sesuai untuk mengembangkan diri mereka secara maksimal.Layanan penempatan dan penyaluran adalah layanan bimbingan konseling yang memungkinkan peserta didik memperoleh penempatan yang tepat sesuai dengan potensi, bakat dan minat serta kondisi pribadinya. Pada tingkat SMA layanan penempatan dan penyaluran sangat penting dimana layanan tersebut dilakukan dengan prosedur yang baik dan akan menghantarkan peserta didik untuk penjurusan yang tepat, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada pilihan karir yang akan dipilih kelak.Aplikasilayananpenampatan dan penyaluran antara lain penempatan yang tepat didalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang dan kegiatan ekstrakurikuler.Pelaksanaanlayananpenempatan dan penyalurandisudahterlaksanaakantetapibelum optimal, seperti layanan penempatan dan penyaluran siswa dalam kelas, kelompokbelajar, ekstrakulikuler dan penjurusan. Faktorpendukunglayananiniadalahkerjasama yang apikantara guru BK, walikelas dan guru bidangmatapelajaran.
HIPNOTERAPI KONSELING Handayani, Nur
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 1 No 1 (2020): November 2020, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v1i1.336

Abstract

Dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami konseli, konselor atau guru BK menggunakan berbagai pendekatan dan teknik konseling, baik secara directive maupun non directive. Salah satu pendekatan yang tepat dalam memberikan treatment kepada konseli yang memiliki permasalahan emosi dan psikososial yaitu pendekatan psikoanalisis. Pendekatan tersebut memiliki berbagai metode, salah satunya yaitu metode hypnosis, dalam konseling disebut dengan istilah Hypnocounseling. Teknik hipnosis merupakan salah satu teknik dalam konseling dengan cara memberikan sugesti positif terhadap konseli melalui alam bawah sadarnya. Oleh karena itu dalam tulisan ini akan membahas secara lebih mendalam tentang penerapan metode hipnosis dalam konseling. Pikiran bawah sadar dapat menerima sugesti yang akan menjadi nilai baru, sepanjang nilai tersebut tidak bertentangan dengan nilai dasarnya. Dengan menggunakan kalimat positif individu dapat menerima informasi, imajinasi sehingga mempengaruhi pikiran konseli agar dapat melakukan perubahan tingkah laku yang lebih progresif.
PELAKSANAAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) Seplyana, Desy
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 1 No 1 (2020): November 2020, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v1i1.337

Abstract

Peserta didik akan menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus dari sekolah, permasalahannya adalah diantara peserta didik tidak tahu orientasi karier yang baik yang sesuai dengan bakat dan minat mereka, dari alasan itulah layanan penempatan dan penyaluran diberikan kepada peserta didik dengan tujuan mereka memperoleh tempat yang sesuai untuk mengembangkan diri mereka secara maksimal.Layanan penempatan dan penyaluran adalah layanan bimbingan konseling yang memungkinkan peserta didik memperoleh penempatan yang tepat sesuai dengan potensi, bakat dan minat serta kondisi pribadinya. Pada tingkat SMA layanan penempatan dan penyaluran sangat penting dimana layanan tersebut dilakukan dengan prosedur yang baik dan akan menghantarkan peserta didik untuk penjurusan yang tepat, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada pilihan karir yang akan dipilih kelak.Aplikasilayananpenampatan dan penyaluran antara lain penempatan yang tepat didalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang dan kegiatan ekstrakurikuler. Pelaksanaan layanan penempatan dan penyalurandisudahterlaksanaakantetapibelum optimal, seperti layanan penempatan dan penyaluran siswa dalam kelas, kelompokbelajar, ekstrakulikuler dan penjurusan. Faktorpendukunglayananiniadalahkerjasama yang apikantara guru BK, walikelas dan guru bidangmatapelajaran.
PERAN GURU BK DALAM PERENCANAAN ARAH KARIR SISWA (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang) Abadi, Candres
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 1 No 1 (2020): November 2020, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v1i1.338

Abstract

Penelitian ini ditujukan terhadap siswa dan guru BK MAN 2 Padang terkait dengan peran guru BK dan arah karir siswa. Adapun tujuan dari penelitian adalah (1) mengungkap peran guru BK dalam perencanaan arah karir siswa, (2) perencanaan arah karir siswa, dan (3) hubungan antara peran guru BK dan perencanaan arah karir siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menemukan, (1) peran guru BK dalam perencanaan arah karir siswa MAN 2 Padang berada pada kategori sedang, (2) perencanaan arah karir siswa MAN 2 Padang berada pada kategori sesuai, dan (3). Terdapat hubungan antara peran guru BK dalam perencanaan arah karir siswa MAN 2 Padang dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0.227. Hal ini berarti bahwa semakin berjalan dan terlaksana dengan maksimal peran guru BK maka semakin terarah dan terencana dengan baik perencanaan arah karir siswa, sebaliknya semakin tidak berjalan dan tidak terlaksana dengan maksimal peran guru BK maka semakin tidak terarah dan tidak terencana dengan baik perencanaan arah karir siswa.
METODE DISKUSI DALAM PEMEBELAJARAN PAI Zuhri, Zuhri
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 1 No 1 (2020): November 2020, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v1i1.339

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) selama ini identik dengan penyampaian yang apa adanya, alias tidak profesional dalam menguasai berbagai metode terkini yang berkaitan dengan metode pembelajaran active learning. Meskipun pada dekade tarakhir ini ada perubahan-perubahan siknifikan tentang hal itu. Untuk itu, makalah ini berusaha untuk membahas dengan lebih mendalam tentang bagaimana karakteristik metode yang harus diterapkan dalam pembelajaran PAI. Menurut para ahli pendidikan Islam bahwa metode yang harus digunakan dalam pembelajaran PAI pada satu sisi harus bersifat teacher centered akan tetapi pada sisi yang lain harus juga bersifat student centered. Begitu juga dalam metode diskusi. Karena dalam pelajaran PAI ada beberapa mata pelajaran seperti tauhid yang tidak bisa total hanya didiskusikan oleh peserta didik, tapi harus terlebih dahulu diadakan bimbingan oleh guru.
PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM MUHAMMAD BAQIR ASH SHADR Saleh, Muhammad
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 1 No 1 (2020): November 2020, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v1i1.340

Abstract

Ekonomi Islam memiliki suatu kerangka pemikiran yang khas, dengan tujuan yang jelas, dan berbeda dari ekonomi konvensional. Ekonomi islam merupakan salah satu bagian dari keluasan dan kesempurnaan konsepsi islam sebagai sarana untuk mengimpelementasikan tujuan kesejahtaraan hidup umat manusia. Landasan paradigma ini kemudian menjadi dasar epistemologi dan metodologi yang kemudian melahirkan konsepsi teoretis ekonomi islam itu sendiri, sehingga ekonomi islam merupakan konstruksi yang tidak memisahkan pendekatan positive economic dengan normative economics. Oleh karena itu yang dibutuhkan adalah konsep ekonomi yang jelas dan realistis, bukan dogmatis, serta dapat menjadi solusi masalah yang menyebabkan keterpurukan ekonomi. Menurut Baqir Ash-Shadr untuk mewujudkan ekonomi islam sebagai solusi tersebut ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut: Pertama, Mengganti istilah ilmu ekonomi dengan istilah iqtishad yang mengandung arti selaras, setara, dan seimbang (in between). Kedua, Menyusun dan merekonstruksi ilmu ekonomi tersendiri yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Dalam hal itulah Mazhab Baqir Ash-Shadr mempunyai kontribusi yang cukup signifikan dalam wacana perkembangan ilmu ekonomi Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 6