cover
Contact Name
Megandaru W. Kawuryan
Contact Email
megandaru@yahoo.com
Phone
+6281368672842
Journal Mail Official
jtkp@ipdn.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. Soekarno Km.20, Jatinangor, Jawa Barat, Sumedang, Jawa Barat 45363
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan
ISSN : 27221717     EISSN : 30324785     DOI : https://doi.org/10.33701/jtkp
Core Subject : Social,
Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan merupakan upaya Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan Fakultas Manajemen Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri dalam meningkatkan publikasi karya ilmiah dalam bidang Teknologi dan Komunikasi Pemeirntahan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan telah terdaftar dengan nomor ISSN 2722-1717 (media cetak) Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan memuat artikel dan karya ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun non penelitian. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Teknologi dan Komunikasi Pemeirntahan. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan secara khusus menitikberatkan pada permasalahan pokok dalam pengembangan Teknologi dan Komunikasi Pemeirntahan. Jurnal ini berfokus pada kajian teoritis dan praktis diantaranya: Sosial dan Politik Administrasi Publik Kebijakan Publik Teknologi Komunikasi
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan" : 7 Documents clear
Analisis Penggunaan Website dan Media Sosial Pemerintah untuk Pelayanan Publik Nainggolan, Ruth Roselin Erniwaty
Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan
Publisher : Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jtkp.v6i1.4221

Abstract

Penggunaan media online, seperti situs web, blog, dan media sosial, oleh pemerintah untuk berbagai tujuan meningkatkan interaksi masyarakat dengan pemerintah serta pelayanan publik meningkat dalam beberapa dekade. Media komunikasi online pemerintah dilaporkan dapat meningkatkan nilai-nilai demokrasi dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Hal ini disebabkan pemerintah dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan menanggapi pertanyaan warga. Selain itu, media-media tersebut membantu masyarakat memberikan masukan kepada pemerintah. Penelitian ini mempertanyakan bagaimana pengalaman individu menggunakan situs website media sosial pemerintah bisa dalam layanan informasi dan layanan transaksional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh adalah data primer yang disebarkan melalui kuesioner. Hasil dari survei terhadap lebih dari 96 orang responden secara acak menunjukkan dukungan terhadap hubungan positif antara pengalaman online dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Secara khusus, pengalaman dengan layanan informasi menunjukkan kepercayaan yang lebih besar terhadap pemerintah. Kata Kunci: E-Government, Media Online, Kepercayaan Masyarakat.
Analisis Penerapan Smart governance di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah Gafar, Iqbal H. Hasan; Nurrahman, Agung
Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan
Publisher : Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jtkp.v6i1.4306

Abstract

Pada kajian literatur belum ada artikel ilmiah yang mengkaji smart governance di Kota Palu. Adapun secara regulasi terkait smart city, nilai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang diperoleh Pemerintah Kota Palu masih masuk dalam kategori kurang. Oleh karenanya, riset mengenai hal tersebut menjadi cukup menarik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan smart governance di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi dengan teori yang digunakan adalah teori smart governance dari Giffinger dengan empat dimensi, yaitu: Pengambilan keputusan, pelayanan publik, transparansi, dan strategi politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi pengambilan keputusan telah menunjukkan adanya partisipasi masyrakat yang cukup memadai baik dari proses pengambilan keputusan maupun pada penyelenggaraan kebijakan, dimensi layanan publik dan sosial menunjukkan adanya berbagai jenis layanan online yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Palu, dimensi transparansi menunjukkan adanya keterbukaan informasi publik melalui media sosial, serta pada dimensi strategi dan perspektif politik menunjukkan adanya dukungan dan komitmen Pemerintah Kota Palu dalam menerapkan smart governance. Kesimpulannya, penerapan smart governance di Kota Palu telah terselenggara dengan cukup baik, dan memerlukan peningkatan pada beberapa aspek diantaranya penguatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia pelaksana smart governance, penambahan jumlah dan kualitas infrastruktur pendukung smart governance, penguatan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai sektor yang dapat berkontribusi dalam pencapaian tujuan smart governance, dan evaluasi kebermanfaatan dan optimasi dari berbagai jenis layanan online pendukung smart governance di Kota Palu. Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Pelayanan Publik, Transparansi, Strategi Politik.
Tren Penelitian Smart Village di Indonesia Idza, Allisa Akhidatul; Rahmadanita, Annisa
Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan
Publisher : Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jtkp.v6i1.4409

Abstract

Smart village menjadi tren dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan di desa. Publikasi yang mengakaji smart village cukup meningkat dari tahun 2017 hingga 2023. Namun, masih jarang publikasi yang memfokuskan penelitian pada konteks smart village di Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perekembangan (tren) dan memvisualisasikan penelitian tentang smart village di Indonesia. Penulis menggunakan metode analisis bibliometrik dengan menggunakan database Scopus yang kemudian divisualisasikan melalui VosViewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren publikasi smart village di Indonesia sukup signifikan meningkat dan publikasi terbanyak dilakukan pada tahun 2022. Kesimpulannya, jumlah dokumen yang paling banyak mempublikasikan smart village di Indonesia yaitu pada universitas/lembaga “Institut Pertanian Bogor (IPB)”, pada sumber proseding “IOP Conference Series: Earth and Environmental Science”, pada artikel “Sutriadi” dengan judul Defining smart city, smart region, smart village, and technopolis as an innovative concept in indonesia's urban and regional development themes to reach sustainability. Terdapat pergeseran kata kunci dari topik lama yaitu smart village dan rural areas menjadi topik baru yaitu seperti artificial intelligence dan smart community. Pada topik-topik yang baru dapat menjadi celah/gap peneliti di masa depan. Kata Kunci: Bibliometrik, Digitalisasi Pelayanan Publik, Smart village.
Kualitas Pelayanan Aduan Darurat Melalui Call Center 112 Citradewi, Rida Amelia; Rotzami, Rotzami
Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan
Publisher : Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jtkp.v6i1.4458

Abstract

Paradigma SPBE di Indonesia mendorong transformasi pemerintahan menuju e-government dan mempercepat terwujudnya konsep Smart City. Upaya pemerintah untuk mewujudkannya yaitu melalui Layanan Call Center 112 sebagai sistem keamanan yang terintegrasi. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya di beberapa daerah masih ditemukan kendala salah satunya mengenai kecepatan dalam merespons aduan darurat. Sementara itu, Layanan Call Center 112 Kota Semarang menerima penghargaan di tahun 2020 sebagai pelaksana program layanan Call Center 112 terinovatif, hal tersebut menarik untuk diteliti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan kualitas pelayanan aduan darurat dengan mengeksplorasi pelayanan Call Center 112 Kota Semarang. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam terhadap fenomena penelitian serta menemukan sebab atau aspek yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teori Zeithaml yang mencakup lima dimensi, yaitu: tangibel, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Temuan penelitian menunjukkan bahwa jumlah panggilan masuk yang terdisposisi melalui layanan ini selama 2022 – 2023 mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi tangibles terdapat sarana dan prasarana yang memadai, namun masih kurang dalam hal kedisiplinan dan kemudahan akses, pada dimensi reliability terdapat pelatihan yang rutin dilaksanakan oleh pengelola layanan serta standar pelayanan yang jelas, pada dimensi responsiveness terdapat komitmen dari pengelola layanan untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, cermat, dan tepat waktu, serta sangat terbuka terhadap komplain dari masyarakat, pada dimensi assurance terdapat beberapa regulasi serta adanya kerja sama dengan beberapa komunitas relawan sebagai jaminan keberhasilan pelayanan, pada dimensi empathy menunjukkan sikap pengelola layanan yang profesional dalam menanggapi aduan darurat. Kata kunci: Call Center 112; Kota Pintar; Kualitas Pelayanan; Pelayanan Aduan Darurat.
Analisis Kematangan Digital Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam Menggunakan Digital Maturity Model 5.0 Syuhada, Muhammad Husein; Basnella, Rindu; Zahraty, Wenty
Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan
Publisher : Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jtkp.v6i1.4475

Abstract

Dalam usaha mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Dinas Kominfo Kabupaten Agam menghadapi berbagai tantangan selama proses transformasi digital yang terus berkembang dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan digital Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi dengan menggunakan model penilaian Digital Maturity Model 5.0. Berdasarkan hasil penelitian, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam telah mencapai tingkat kematangan digital level 3, atau "Collaborators", dengan Digital Maturity Model 5.0. Pencapaian Diskominfo Kabupaten Agam berada pada level Collaborators menunjukkan bahwa Diskominfo Kabupaten Agam telah mampu berkolaborasi secara internal dan eksternal untuk mengadopsi teknologi digital. Hasil ini berimplikasi terhadap memudahkan penentuan langkah dan strategi rencana peningkatan digitalisasi bagi Dinas Komunikasi dan Informatika.Kata Kunci: SPBE, Digital Maturity Model 5.0, Dimensi.
Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial di Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada Mandala, Diana Romauli Tanggo Ledeng; Fahlevvi, Mohammad Rezza
Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan
Publisher : Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jtkp.v6i1.4514

Abstract

Penelitian ini berfokus pada permasalahan pemanfaatan teknologi informasi terutama media sosial dalam hal peningkatan promosi pariwisata di Kabupaten Ngada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor serta upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menghadapi era zaman sekarang dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam membantu mempromosikan potensi daerah khususnya bidang pariwisata yang menjadi unggulan dari Kabupaten Ngada. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan menggunakan teori e-government Indrajit yang membuat penelitian ini berbeda dengan penelitian lainnya, teori tersebut mencakup 3 Dimensi yaitu support, capacity, dan value. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu masih ditemukan beberapa kendala seperti masih kurangnya infrastruktur jaringan yang mencukupi untuk daerah yang memiliki tempat wisata, masih kurangnya sumber daya manusia yang mengoperasikannya, dan yang ketiga adalah anggaran. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini menunjukan adanya upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah terlebih lagi dari Dinas Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata namun dalam sejalannya waktu pemanfaatan teknologi informasi tersebut belum terlihat maksimal, sehingga tetap perlu adanya peningkatan baik itu dari SDM, infrstruktur, dan juga anggaran.
Kinerja Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam Penerapan Aplikasi Jakarta Evolution (Jakevo) di Kota Administrasi Jakarta Utara Marlina, Lina; Ambaroh, Nisrina Dhiya
Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan
Publisher : Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jtkp.v6i1.4530

Abstract

Unit Pengelola Penananaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Utara memberikan pelayanan perizinan melalui aplikasi JakEVO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam penerapan aplikasi Jakarta Evolution (JakEVO) di Kota Administrasi Jakarta Utara, dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat pada penerapan Aplikasi Jakarta Evolution (JakEVO) di Kota Administrasi Jakarta Utara. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Unit Pengelola Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam penerapan aplikasi JakEVO telah berjalan baik pada dimensi proses, keluaran, hasil, manfaat, dan dampak. Namun, terdapat indikator yang masih belum maksimal, yaitu indikator dana pada dimensi masukkan (input). Kesimpulannya, bahwa kinerja serta pelayanan publik oleh UP PMPTSP Kota Administrasi Jakarta Utara telah terlaksana dengan baik. Walaupun telah terlaksana dengan baik tetapi masih ada hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kebijakan tersebut. Untuk itu, rekomendasi yang diberikan adalah berupa pemberian edukasi bagi masyarakat yang masih memiliki kekhawatiran melakukan kesalahan jika melakukan perlayanan perijinan secara online dan memperkuat server. Kata Kunci: JakEVO, Kinerja, Pelayanan Publik, Pelayanan Perizinan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7