cover
Contact Name
Tegar Roli
Contact Email
journalelhamra@gmail.com
Phone
+6285647771424
Journal Mail Official
journalelhamra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kenanga VII, Tegalmulya, Ledug, Kec. Kembaran Purwokerto 53182, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. purbalingga,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Published by CV Amerta Media
ISSN : 25283650     EISSN : 27216047     DOI : https://doi.org/10.62630/elhamra
Core Subject : Education, Social,
Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan berfokus pada penerbitan artikel ilmiah yang berkualitas tinggi dan orisinal dalam bidang pendidikan dan kemasyarakatan meliputi: Kurikulum dan penilaian, Teknologi pendidikan, Kepemimpinan pendidikan, Kebijakan pendidikan, Pendidikan inklusif, Pendidikan anak usia dini, Pendidikan dasar dan menengah, Pendidikan tinggi, Pendidikan profesi, Sosiologi, Perencanaan dan Pembangunan Masyarakat, Gender dan Pembangunan, Hak Asasi Manusia, Keberlanjutan dan Lingkungan, Budaya dan Masyarakat.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan" : 10 Documents clear
Analisis Dampak Kedisiplinan Dalam Berseragam Pada Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Viandra Naufalita Herlanda; Utari Nur Setiyati; Oktabella Safara Pangestika; Havidz Cahya Pratama
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.170

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) diajarkan di sekolah, termasuk untuk siswa kelas X, XI, XII pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu topik yang dibahas dalam mata pelajaran ini adalah aturan berpakaian sesuai dengan norma-norma agama Islam. Era globalisasi yang melanda dunia tidak dapat dihindari karena kemajuan zaman akan membawa berbagai dinamika dari berbagai kalangan masyarakat. Terkait berpakaian, sudah ada aturan yang jelas, yaitu menutup aurat (bagi laki-laki dari pusar ke bawah dan bagi wanita seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan). Meskipun aturan tersebut sudah ada, masih banyak yang tidak mematuhinya bahkan cenderung melanggarnya dengan alasan mengikuti perkembangan zaman. Tren metode busana saat ini ada yang sengaja dirancang secara menyimpang, bahkan tidak mencerminkan citra seorang wanita yang baik. Kita sering melihat di berbagai media massa, seorang penyiar televisi pria berpakaian rapi sedangkan wanitanya berpakaian kurang pantas untuk dicontoh. Oleh karena itu, untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi di sekolah, diperlukan berbagai metode agar mereka dapat menyadari pentingnya berpakaian sesuai norma-norma yang berlaku. (Karimulla, 2019) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menggambarkan analisis dampak kedisiplinan dalam berseragam pada siswa. Fokus penelitian ini adalah pada implementasi disiplin seragam yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini melibatkan analisis literatur, observasi dan wawancara dengan pihak sekolah, guru, serta siswa-siswi. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif untuk mengidenifikasikan dampak disiplin seragam terhadap pola tingkah laku siswa-siswi dari persepektif Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi dampak disiplin seragam dalam konteks Pendidikan Agama Islam dapat memberikan konstribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa-siswi. Adanya seragam sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai agama Islam membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih konsisten dengan ajaran moral dan etika Islam. Siswa-siswi yang terlibat dalam disiplin seragam cenderung menunjukkan pola tingkah laku yang lebih teratur, hormat, dan taat terhadap norma-norma agama. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang bagaimana implementasi disiplin seragam dalam konteks Pendidikan Agama Islam dapat membentuk pola tingkah laku siswa-siswi. Implikasi praktis dari temuan ini dapat digunakan sebagai landasan bagi sekolah dan pendidik untuk meningkatkan efektivitas program disiplin seragam dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam sehingga menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih berkualitas dan sesuai dengan nilai-nilai moral Islam.   Kata Kunci: Pendidikan, Disiplin, Berseragam.
Management Innovation in Building Independence Educational Institutions Mubarok, Ramdanil
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.176

Abstract

This research examines building educational independence through management innovation. The aim is to analyze the concept of management innovation, management innovation in building the independence of educational institutions, as well as problems in building the independence of educational institutions. The method applied in this research is the library research method. The research results are: The concept of management innovation often emphasizes the importance of innovation as the key to improving organizational performance and maintaining competitiveness in a dynamic environment. Meanwhile, building the independence of educational institutions can be done by: developing vision, mission, and strategy; efficient resource management; developing leadership and managerial skills; using technology to improve performance; and developing strategic partnerships. The problems are: limited financial resources, dependence on government funds or donors, limited access to technology and infrastructure, lack of managerial skills among staff and leaders of educational institutions, changes in government policy, and lack of community support. It is hoped that this research will provide valuable insight for education policy makers, teaching staff, and other stakeholders in their efforts to strengthen the educational institution system and prepare educational institutions that are strong and competitive. Keywords: Innovation, Management, Independence, Educational institutions Penelitian ini mengkaji tentang membangun kemandirian pendidikan melalui inovasi manajemen. Tujuannya adalah untuk menganalisis konsep inovasi manajemen, inovasi manajemen dalam membangun kemandirian lembaga pendidikan, serta problem dalam membangun kemandirian lembaga pendidikan. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Hasil penelitian yaitu: Konsep inovasi manajemen sering kali menekankan pentingnya inovasi sebagai kunci untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mempertahankan daya saing di lingkungan yang dinamis. Sementara dalam membangun kemandirian lembaga pendidikan dapat dilakukan dengan: pengembangan visi, misi, dan strategi, pengelolaan sumber daya yang efisien, pengembangan kepemimpinan dan keterampilan manajerial, penggunaan teknologi untuk peningkatan kinerja, penggunaan teknologi untuk peningkatan kinerja, dan pengembangan kemitraan strategis. Adapun problemnya adalah: keterbatasan sumber daya finansial, ketergantungan pada dana pemerintah atau donatur, keterbatasan akses terhadap teknologi dan infrastruktur, kurangnya keterampilan manajerial di antara staf dan pimpinan lembaga pendidikan, perubahan kebijakan pemerintah, dan kurangnya dukungan masyarakat. Harapannya, penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi para pengambil kebijakan pendidikan, tenaga pendidik, dan stakeholder lainnya dalam upaya mereka untuk memperkuat sistem lembaga pendidikan dan mempersiapkan lembaga pendidikan yang tangguh dan berdaya saing. Kata kunci: Inovasi, Manajemen, Kemandirian, Lembaga Pendidikan
Pendidikan Kesetaraan Gender Bagi Anak Sebagai Langkah Kritis Menuju Masa Depan Yang Lebih Cerah Arif Sugitanata; Fatia Rahmanita
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.177

Abstract

This research is an essential step in exploring the depth of the importance of gender equality for children in all aspects of life, with a particular focus on the role of education as a way to achieve equality, utilising a type of qualitative research based on literature study, enriching the research results by presenting in-depth understanding from various sources, such as books, journals, and websites related to the research topic. This approach provides a solid basis for descriptive-analytic analysis techniques, where the scalpel used is the theory of developmental psychology. This theory is used to parse the primary data in more depth. The results revealed that gender equality education for children is not just an effort to overcome discrimination. Still, more than that, it is the main foundation for creating a brighter future. The research explores developmental psychology theories and underscores the positive impact of gender equality education on children's cognitive development, identity, morals and well-being. Thus, it is not only a matter of combating inequality but also providing a solid foundation for shaping a more qualified generation. This research also provides further understanding of investing in gender equality education as a critical element in creating a just and sustainable society. Equality is identified as the undisputed norm, and this research views education as the means to achieve it. Therefore, it provides a strong argument for policymakers, educators and the general public to invest sufficient resources and attention in supporting gender equality education for children as an investment for a better future. Keywords: Education; Gender Equality; Children; Developmental Psychology Penelitian ini menjadi langkah penting dalam menggali kedalaman pentingnya kesetaraan gender bagi anak dalam segala aspek kehidupan, dengan fokus khusus pada peran pendidikan sebagai jalan untuk mencapai kesetaraan. Memanfaatkan jenis penelitian kualitatif berlandaskan studi kepustakaan, memperkaya hasil penelitian dengan menghadirkan pemahaman mendalam dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, dan website yang berkaitan dengan topik penelitian. Pendekatan ini memberikan dasar kuat untuk teknik analisis deskriptif-analitik, di mana pisau bedah yang di gunakan adalah teori psikologi perkembangan. Teori ini digunakan untuk mengurai data primer dengan lebih mendalam. Hasil penelitian yang diungkapkan menunjukkan bahwa pendidikan kesetaraan gender bagi anak bukan sekadar upaya untuk mengatasi diskriminasi, tetapi lebih dari itu, merupakan fondasi utama untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah. Dengan melibatkan teori psikologi perkembangan, penelitian ini menggarisbawahi dampak positif pendidikan kesetaraan gender pada perkembangan kognitif, identitas, moral, dan kesejahteraan anak. Dengan demikian, bukan hanya masalah memerangi ketidaksetaraan, tetapi juga memberikan landasan yang kuat untuk membentuk generasi yang lebih berkualitas. Penelitian ini juga memberikan pemahaman lebih lanjut tentang investasi dalam pendidikan kesetaraan gender sebagai kunci utama dalam menciptakan masyarakat yang adil dan berkelanjutan. Kesetaraan diidentifikasi sebagai norma tak terbantahkan, dan penelitian ini memandang pendidikan sebagai sarana untuk mencapainya. Oleh karena itu, memberikan argumen kuat bagi pemangku kebijakan, pendidik, dan masyarakat umum untuk menginvestasikan sumber daya dan perhatian yang cukup dalam mendukung pendidikan kesetaraan gender bagi anak sebagai investasi untuk masa depan yang lebih baik. Kata Kunci: Pendidikan; Kesetaraan Gender; Anak; Psikologi Perkembangan
Peran Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Stres Kerja Dan Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasi Di Toko Baru Bumiayu Nur Fauziah , Hana; Susanto , Adi; Maulida Berniz , Yulis
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.186

Abstract

This study aims to analyze the effect of job satisfaction in mediating job stress and leadership, on organizational commitment at Toko Baru Bumiayu. This research was conducted on the employees of Toko Baru Bumiayu. The data used in this study is primary data obtained by distributing questionnaires to the respondents. The sample in this study were 114 respondents. The sampling technique used probability sampling with random sampling method. Data analysis in this study used multiple linear regression analysis with the help of SPSS V.20. Based on the results of this study, it shows that job stress has a negative and significant effect on organizational commitment, leadership has a positive and significant effect on organizational commitment, job stress has a negative and significant effect on job satisfaction, leadership has a positive and significant effect on job satisfaction, job satisfaction is unable to mediate job stress on organizational commitment, and Job satisfaction can mediate leadership on organizational commitment at Toko Baru Bumiayu.
Kepemimpinan Biaya Yang Mengispirasi : Inovasi Multikultural Dalam Pendidikan Dan Optimalsasi Rantai Nilai Eko Prayitno
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.188

Abstract

The current education management of Madrasah Ibtidaiyyah has not been able to play a role in preparing the expected graduates. This situation occurs because Madrasah Ibtidaiyyah (MI) does not know what innovations will produce graduates who are professional and can be an example for the ubudiyah and tolerant of differences. This research aims to explore madrasah educational activities in developing local and national content from the perspective of the value chain in achieving multicultural-based educational innovation. This research uses qualitative methods, with a case study approach. This research takes MI Raden Rahmat Mangunan Kabuh, Jombang as the object. Value chain activities implemented in the school provide extra value in the development of local and national content. Cost leadership implemented by the school succeeded in creating 1) quality-based education services at affordable costs, 2) community satisfaction with the motto "Qur'an-based, global and environmental schools," and 3) parents' pride in their children who have high academic achievement abilities, ubudiyah practices, and memorization of the Qur'an. Keywords: Cost leadership, Multicultural-based education innovation, Value Chain Manajemen pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah yang ada saat ini belum mampu berperan dalam mempersiapkan lulusan yang diharapkan. Keadaan ini terjadi karena Madrasah Ibtidaiyyah (MI) tidak mengetahui inovasi apa yang akan menghasilkan lulusan yang professional dan bisa menjadi teladan bagi pihak ubudiyah dan toleran terhadap perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami kegiatan pendidikan madrasah dalam mengembangkan konten lokal dan nasional dari perspektif rantai nilai dalam mencapai inovasi pendidikan berbasis multikultural. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengambil MI Raden Rahmat Mangunan Kabuh, Jombang sebagai objek. Kegiatan rantai nilai dilaksanakan di sekolah memberikan nilai ekstra dalam pengembangan konten lokal dan nasional. Kepemimpinan biaya yang dilaksanakan sekolah berhasil menciptakan 1) pelayanan pendidikan berbasis mutu pada biaya terjangkau, 2) kepuasan masyarakat terhadap motto “Sekolah Berbasis Al-Qur’an, global dan lingkungan,” dan 3) kebanggaan orang tua terhadap anaknya yang memiliki kemampuan prestasi akademis yang tinggi, amalan ubudiyah, dan hafal Alquran. Kata kunci: kepemimpinan biaya, inovasi pendidikan berbasis multikultural, Rantai Nilai
Analisis Dampak Kedisiplinan Dalam Berseragam Pada Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Viandra Naufalita Herlanda; Utari Nur Setiyati; Oktabella Safara Pangestika; Havidz Cahya Pratama
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.170

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) diajarkan di sekolah, termasuk untuk siswa kelas X, XI, XII pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu topik yang dibahas dalam mata pelajaran ini adalah aturan berpakaian sesuai dengan norma-norma agama Islam. Era globalisasi yang melanda dunia tidak dapat dihindari karena kemajuan zaman akan membawa berbagai dinamika dari berbagai kalangan masyarakat. Terkait berpakaian, sudah ada aturan yang jelas, yaitu menutup aurat (bagi laki-laki dari pusar ke bawah dan bagi wanita seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan). Meskipun aturan tersebut sudah ada, masih banyak yang tidak mematuhinya bahkan cenderung melanggarnya dengan alasan mengikuti perkembangan zaman. Tren metode busana saat ini ada yang sengaja dirancang secara menyimpang, bahkan tidak mencerminkan citra seorang wanita yang baik. Kita sering melihat di berbagai media massa, seorang penyiar televisi pria berpakaian rapi sedangkan wanitanya berpakaian kurang pantas untuk dicontoh. Oleh karena itu, untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi di sekolah, diperlukan berbagai metode agar mereka dapat menyadari pentingnya berpakaian sesuai norma-norma yang berlaku. (Karimulla, 2019) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menggambarkan analisis dampak kedisiplinan dalam berseragam pada siswa. Fokus penelitian ini adalah pada implementasi disiplin seragam yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini melibatkan analisis literatur, observasi dan wawancara dengan pihak sekolah, guru, serta siswa-siswi. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif untuk mengidenifikasikan dampak disiplin seragam terhadap pola tingkah laku siswa-siswi dari persepektif Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi dampak disiplin seragam dalam konteks Pendidikan Agama Islam dapat memberikan konstribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa-siswi. Adanya seragam sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai agama Islam membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih konsisten dengan ajaran moral dan etika Islam. Siswa-siswi yang terlibat dalam disiplin seragam cenderung menunjukkan pola tingkah laku yang lebih teratur, hormat, dan taat terhadap norma-norma agama. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang bagaimana implementasi disiplin seragam dalam konteks Pendidikan Agama Islam dapat membentuk pola tingkah laku siswa-siswi. Implikasi praktis dari temuan ini dapat digunakan sebagai landasan bagi sekolah dan pendidik untuk meningkatkan efektivitas program disiplin seragam dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam sehingga menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih berkualitas dan sesuai dengan nilai-nilai moral Islam.   Kata Kunci: Pendidikan, Disiplin, Berseragam.
Management Innovation in Building Independence Educational Institutions Mubarok, Ramdanil
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.176

Abstract

This research examines building educational independence through management innovation. The aim is to analyze the concept of management innovation, management innovation in building the independence of educational institutions, as well as problems in building the independence of educational institutions. The method applied in this research is the library research method. The research results are: The concept of management innovation often emphasizes the importance of innovation as the key to improving organizational performance and maintaining competitiveness in a dynamic environment. Meanwhile, building the independence of educational institutions can be done by: developing vision, mission, and strategy; efficient resource management; developing leadership and managerial skills; using technology to improve performance; and developing strategic partnerships. The problems are: limited financial resources, dependence on government funds or donors, limited access to technology and infrastructure, lack of managerial skills among staff and leaders of educational institutions, changes in government policy, and lack of community support. It is hoped that this research will provide valuable insight for education policy makers, teaching staff, and other stakeholders in their efforts to strengthen the educational institution system and prepare educational institutions that are strong and competitive. Keywords: Innovation, Management, Independence, Educational institutions Penelitian ini mengkaji tentang membangun kemandirian pendidikan melalui inovasi manajemen. Tujuannya adalah untuk menganalisis konsep inovasi manajemen, inovasi manajemen dalam membangun kemandirian lembaga pendidikan, serta problem dalam membangun kemandirian lembaga pendidikan. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Hasil penelitian yaitu: Konsep inovasi manajemen sering kali menekankan pentingnya inovasi sebagai kunci untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mempertahankan daya saing di lingkungan yang dinamis. Sementara dalam membangun kemandirian lembaga pendidikan dapat dilakukan dengan: pengembangan visi, misi, dan strategi, pengelolaan sumber daya yang efisien, pengembangan kepemimpinan dan keterampilan manajerial, penggunaan teknologi untuk peningkatan kinerja, penggunaan teknologi untuk peningkatan kinerja, dan pengembangan kemitraan strategis. Adapun problemnya adalah: keterbatasan sumber daya finansial, ketergantungan pada dana pemerintah atau donatur, keterbatasan akses terhadap teknologi dan infrastruktur, kurangnya keterampilan manajerial di antara staf dan pimpinan lembaga pendidikan, perubahan kebijakan pemerintah, dan kurangnya dukungan masyarakat. Harapannya, penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi para pengambil kebijakan pendidikan, tenaga pendidik, dan stakeholder lainnya dalam upaya mereka untuk memperkuat sistem lembaga pendidikan dan mempersiapkan lembaga pendidikan yang tangguh dan berdaya saing. Kata kunci: Inovasi, Manajemen, Kemandirian, Lembaga Pendidikan
Pendidikan Kesetaraan Gender Bagi Anak Sebagai Langkah Kritis Menuju Masa Depan Yang Lebih Cerah Arif Sugitanata; Fatia Rahmanita
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.177

Abstract

This research is an essential step in exploring the depth of the importance of gender equality for children in all aspects of life, with a particular focus on the role of education as a way to achieve equality, utilising a type of qualitative research based on literature study, enriching the research results by presenting in-depth understanding from various sources, such as books, journals, and websites related to the research topic. This approach provides a solid basis for descriptive-analytic analysis techniques, where the scalpel used is the theory of developmental psychology. This theory is used to parse the primary data in more depth. The results revealed that gender equality education for children is not just an effort to overcome discrimination. Still, more than that, it is the main foundation for creating a brighter future. The research explores developmental psychology theories and underscores the positive impact of gender equality education on children's cognitive development, identity, morals and well-being. Thus, it is not only a matter of combating inequality but also providing a solid foundation for shaping a more qualified generation. This research also provides further understanding of investing in gender equality education as a critical element in creating a just and sustainable society. Equality is identified as the undisputed norm, and this research views education as the means to achieve it. Therefore, it provides a strong argument for policymakers, educators and the general public to invest sufficient resources and attention in supporting gender equality education for children as an investment for a better future. Keywords: Education; Gender Equality; Children; Developmental Psychology Penelitian ini menjadi langkah penting dalam menggali kedalaman pentingnya kesetaraan gender bagi anak dalam segala aspek kehidupan, dengan fokus khusus pada peran pendidikan sebagai jalan untuk mencapai kesetaraan. Memanfaatkan jenis penelitian kualitatif berlandaskan studi kepustakaan, memperkaya hasil penelitian dengan menghadirkan pemahaman mendalam dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, dan website yang berkaitan dengan topik penelitian. Pendekatan ini memberikan dasar kuat untuk teknik analisis deskriptif-analitik, di mana pisau bedah yang di gunakan adalah teori psikologi perkembangan. Teori ini digunakan untuk mengurai data primer dengan lebih mendalam. Hasil penelitian yang diungkapkan menunjukkan bahwa pendidikan kesetaraan gender bagi anak bukan sekadar upaya untuk mengatasi diskriminasi, tetapi lebih dari itu, merupakan fondasi utama untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah. Dengan melibatkan teori psikologi perkembangan, penelitian ini menggarisbawahi dampak positif pendidikan kesetaraan gender pada perkembangan kognitif, identitas, moral, dan kesejahteraan anak. Dengan demikian, bukan hanya masalah memerangi ketidaksetaraan, tetapi juga memberikan landasan yang kuat untuk membentuk generasi yang lebih berkualitas. Penelitian ini juga memberikan pemahaman lebih lanjut tentang investasi dalam pendidikan kesetaraan gender sebagai kunci utama dalam menciptakan masyarakat yang adil dan berkelanjutan. Kesetaraan diidentifikasi sebagai norma tak terbantahkan, dan penelitian ini memandang pendidikan sebagai sarana untuk mencapainya. Oleh karena itu, memberikan argumen kuat bagi pemangku kebijakan, pendidik, dan masyarakat umum untuk menginvestasikan sumber daya dan perhatian yang cukup dalam mendukung pendidikan kesetaraan gender bagi anak sebagai investasi untuk masa depan yang lebih baik. Kata Kunci: Pendidikan; Kesetaraan Gender; Anak; Psikologi Perkembangan
Peran Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Stres Kerja Dan Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasi Di Toko Baru Bumiayu Nur Fauziah , Hana; Susanto , Adi; Maulida Berniz , Yulis
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.186

Abstract

This study aims to analyze the effect of job satisfaction in mediating job stress and leadership, on organizational commitment at Toko Baru Bumiayu. This research was conducted on the employees of Toko Baru Bumiayu. The data used in this study is primary data obtained by distributing questionnaires to the respondents. The sample in this study were 114 respondents. The sampling technique used probability sampling with random sampling method. Data analysis in this study used multiple linear regression analysis with the help of SPSS V.20. Based on the results of this study, it shows that job stress has a negative and significant effect on organizational commitment, leadership has a positive and significant effect on organizational commitment, job stress has a negative and significant effect on job satisfaction, leadership has a positive and significant effect on job satisfaction, job satisfaction is unable to mediate job stress on organizational commitment, and Job satisfaction can mediate leadership on organizational commitment at Toko Baru Bumiayu.
Kepemimpinan Biaya Yang Mengispirasi : Inovasi Multikultural Dalam Pendidikan Dan Optimalsasi Rantai Nilai Eko Prayitno
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v9i1.188

Abstract

The current education management of Madrasah Ibtidaiyyah has not been able to play a role in preparing the expected graduates. This situation occurs because Madrasah Ibtidaiyyah (MI) does not know what innovations will produce graduates who are professional and can be an example for the ubudiyah and tolerant of differences. This research aims to explore madrasah educational activities in developing local and national content from the perspective of the value chain in achieving multicultural-based educational innovation. This research uses qualitative methods, with a case study approach. This research takes MI Raden Rahmat Mangunan Kabuh, Jombang as the object. Value chain activities implemented in the school provide extra value in the development of local and national content. Cost leadership implemented by the school succeeded in creating 1) quality-based education services at affordable costs, 2) community satisfaction with the motto "Qur'an-based, global and environmental schools," and 3) parents' pride in their children who have high academic achievement abilities, ubudiyah practices, and memorization of the Qur'an. Keywords: Cost leadership, Multicultural-based education innovation, Value Chain Manajemen pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah yang ada saat ini belum mampu berperan dalam mempersiapkan lulusan yang diharapkan. Keadaan ini terjadi karena Madrasah Ibtidaiyyah (MI) tidak mengetahui inovasi apa yang akan menghasilkan lulusan yang professional dan bisa menjadi teladan bagi pihak ubudiyah dan toleran terhadap perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami kegiatan pendidikan madrasah dalam mengembangkan konten lokal dan nasional dari perspektif rantai nilai dalam mencapai inovasi pendidikan berbasis multikultural. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengambil MI Raden Rahmat Mangunan Kabuh, Jombang sebagai objek. Kegiatan rantai nilai dilaksanakan di sekolah memberikan nilai ekstra dalam pengembangan konten lokal dan nasional. Kepemimpinan biaya yang dilaksanakan sekolah berhasil menciptakan 1) pelayanan pendidikan berbasis mutu pada biaya terjangkau, 2) kepuasan masyarakat terhadap motto “Sekolah Berbasis Al-Qur’an, global dan lingkungan,” dan 3) kebanggaan orang tua terhadap anaknya yang memiliki kemampuan prestasi akademis yang tinggi, amalan ubudiyah, dan hafal Alquran. Kata kunci: kepemimpinan biaya, inovasi pendidikan berbasis multikultural, Rantai Nilai

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 3 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 3 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 3 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 3 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 1 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 3 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan More Issue