Articles
18 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017"
:
18 Documents
clear
Penerapan Media Pembelajaran Authoring Tool pada Mata Pelajaran Pemrograman Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya
KHASHIN, ADYAR
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20067
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pemrograman web pada Kompetensi Dasar 3.4 tentang Multimedia pada Halaman Web. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk non-equivalent comparison group design. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran Pemrograman Web menggunakan Adobe® Captivate™. Hasil validasi media sebesar 91,7%, sementara hasil dari validasi RPP mendapatkan nilai 86,74% dan hasil validasi soal mendapatkan nilai 88,9%. Sedangkan, hasil belajar siswa kelas kontrol memperoleh rata-rata pretest sebesar 58,57, kelas eksperimen sebesar 58,17. Hasil belajar kelas kontrol memperoleh rata-rata posttest sebesar 76,79 dan kelas eksperimen sebesar 82,83. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, dan hasil uji t menunjukkan P-Value lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, jadi pada penelitian ini H0 ditolak. Kata Kunci: authoring tool , proses pembelajaran, pemrograman web
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Facebook untuk Kelas X TKJ pada Standar Kompetensi Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Pungging - Mojokerto
KURNIAWAN, INDAH
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20068
Situs media sosial semakin populer di kalangan pelajar di Indonesia. Mayoritas pelajar menggunakan media sosial tersebut untuk mempermudah mereka dalam berkomunikasi dengan teman dan orang disekitarnya, baik dari media sosial jenis Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Kebanyakan siswa SMK Negeri 1 Pungging memiliki akun jejaring sosial Facebook, para siswa menggunakan akun jejaring sosial tersebut di sekolah dengan memanfaatkan fasilitas WiFi yang ada. Pada saat jam pelajaran, komputer terkadang juga dimanfaatkan siswa untuk mengakses Facebook. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Facebook untuk Siswa Kelas X TKJ pada Standar Kompetensi Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto, dengan harapan mampu memotivasi siswa untuk berpikir kritis dan kreatif serta mampu meningkatkan prestasi belajar siswa maka perlu dilakukannya pengembangan pembelajaran yang mengkolaborasikan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook terhadap hasil prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui respon siswa apakah senang atau tidak terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook pada Standar Kompetensi Jaringan dasar di SMK Negeri 1 Pungging–Mojokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 65,86 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 62,83. Hal ini berarti menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah secara konvensional. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook mendapat respon yang baik dengan rata-rata persentase hasil rating responden sebesar 79,25% yang dikategorikan baik dari siswa kelas eksperimen dan siswa senang terhadap pembelajaran yang digunakan. Kata kunci : Facebook, Media, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi, Respon.
Pengembangan Modul Berbasis E-Learning dengan Menggunakan CMS Joomla pada Mata Pelajaran Animasi 2D Kelas XI di SMKN 3 Surabaya
FANDI PRATAMA, M
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20240
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan modul berbasis e-learning dengan mengunakan CMS joomla sebagai media pembelajaran, respon peserta didik terhadap modul berbasis e-learning yang digunakan, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul berbasis e-learning. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan kelas XI MM2 SMKN 3 Surabaya berjumlah 36 siswa. Data diperoleh melalui observasi, angket respon siswa, dan pemberian soal post-test setelah dilakukan treatment. Hasil penelitian yang diperoleh melalui validasi oleh ahli terhadap media pembelajaran modul berbasis e-learning sebesar 83,6%, validasi terhadap soal post-test sebesar 86,7% dan validasi RPP sebesar 85,3%. Semua hasil validasi memenuhi kriteria valid sehingga siap untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil presentase rata-rata respon siswa menunjukan bahwa siswa memberikan respon positif dengan kategori baik dengan presentase 75,2% terhadap modul berbasis e-learning dengan CMS Joomla. Hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan setelah menggunakan modul berbasis e-learning dengan CMS Joomla pada mata pelajaran animasi 2D pada kelas XI MM2 SMK Negeri 3 Surabaya dinyatakan tuntas dengan ketuntasan kelas sebesar 91,67%. Hal ini menunjukan bahwa kelas yang menggunakan modul berbasis e-learning mendapat hasil yang baik dan media yang digunakan dapat membantu siswa belajar mandiri. Kata Kunci: modul berbasis e-learning, CMS Joomla, respon siswa, hasil belajar.
Implementasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Siswa Kelas X MM SMK Negeri 3 Bojonegoro
NIZAR CHARIRI, M.
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20322
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis berbasis lectora inspire sebagai media pembelajaran, mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan peneliti, dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran lectora inspire. Penelitian dan pengembangan yang menggunakan metode penelitian model ADDIE. Penelitian dengan media pembelajaran yang diujikan terhadap 32 siswa kelas X MM di SMK Negeri 3 Bojonegoro. Hasil analisis penelitian diperoleh melalui angket respon siswa dan soal posttest. Hasil validasi diperoleh melalui validasi oleh para validator yang terdiri dari satu dosen Informatika dan dua guru disekolah terhadap validasi RPP sebesar 83,3 %, validasi terhadap soal posttest sebesar 93,9% dan validasi terhadap media pembelajar lectora inspire sebesar 100%. Dari hasil semua validasi bahwa memenuhi kriteria untuk diterapkan penelitian. Hasil presentase rata-rata respon siswa terhadap media lectora inspire berapa pada angka 85,9% yang mana masuk kategori baik. Sedangkan hasil presentase hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan presentasi kelulusan sebesar 84,375% berarti dapat disimpulkan bahwa media lectora inspire mendapat hasil yang baik dan media dapat dikatakan efektif sebagai penunjang siswa belajar mandiri. Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif, lectora inspire, metode ADDIE, respon siswa, hasil belajar siswa
Pengaruh Penggunaan E-commerce Dalam Proses Penjualan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Ngraho
CHANDRA KARTIKA SARI, DIYAH
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20323
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sesudah adanya E-commerce yang mempermudah proses penjualan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal karena dengan penelitian ini dapat mengetahui peningkatan pengaruh sesudah menggunaan E-commerce dalam proses penjualan terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri Ngraho di Bojonegoro. Dengan sampel yang dibutuhkan 96 responden. Hasil penelitian di dapat dari peningkatan jumlah responden yang menjawab positif “ Ya” untuk jawaban yang mempengaruhi pengaruh E-Commerce berperan penting untuk mempermudah siswa dalam proses penjualan. Sehingga dapat di simpulkan melalui penggunaan E-commerce berpengaruh untuk memberikan kemudahan untuk proses penjualan sehingga meningkatnya penjualan yang terdapat di sekolah. Dengan E-commerce siswa tidak mengalami kesulitan untuk melakukan transaksi penjualan dengan mempromosikan secara langsung terhadap konsumen sehingga konsumen menjadi lebih mudah untum memesan produk siswa. Kata kunci: E-commerce, Kuantitatif, Proses penjualan, Minat berwirausaha,
Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa
Bagas Panca Pradana, Diemas
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20527
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Google Classroom pada model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Perakitan Komputer. Selain untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Google Classroom yang digabungkan dengan Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design dan bentuk desain penelitian Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Mahardhika Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan subjek penelitian kelas X Multimedia 1 dan X Multimedia 2, populasi dari masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Pengambilan data hasil belajar siswa dari masing-masing kelas dilakukan dengan menggabungkan hasil test dan hasil proyek. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pengujian Independent T-Test. Berdasarkan dari hasil pengujian Independent T-Test dapat diketahui nilai rata-rata kelas kontrol atau kelas X Multimedia 1 adalah 77,43 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen atau kelas X Multimedia 2 adalah 81,89. Selain nilai rata-rata dari masing-masing kelas, dapat diketahui juga bahwa nilai dari P-Value sebesar 0,002 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka dapat dikatakan menolak H0 dan menerima H1, dimana H1 adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek digabungkan dengan Google Classroom dan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Dilihat dari nilai rata-rata kedua kelas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan Tools Google Classroom pada model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Project Based Learning tanpa menggunakan Tools Google Classroom. Kata Kunci : Google Classroom, Project Based Learning, dan Hasil Belajar Siswa
Penerapan Modul Penggunaan Fitur Activity Wizard pada Cisco Packet Tracer Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan
Patria Kusuma, Kevin
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20563
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan fitur Activity Wizard pada Cisco Packet Tracer dan mengetahui sejauh mana respon siswa dan guru dalam menerapkan modul penggunaan fitur Activity Wizard pada Cisco Packet Tracer sebagai media evaluasi pembelajaran. Subjek pada penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Negeri 2 Surabaya kelas XI TKJ yang telah menempuh mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan.Metode rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen Posttest Only Control, dengan menggunakan dua kelompok yang dipilih secara acak dan memberikan treatment yang berbeda pada tiap kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok ekperimen yang diberikan treatment khusus dan kelompok kedua adalah kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment. Pada akhir pemberian treatment kedua kelompok akan diberikan Posttest berupa tes kinerja untuk menentukan hasil belajar pada masing-masing kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari Uji T yang digunakan dalam penelitian ini Kelompok kelas eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 81,77 setelah diberikan treatment, dan kelas kontrol mendapatkan rata-rata sebesar 77,33. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen yang telah diberikan treatment berupa modul penggunaan fitur Activity Wizard mendapatkan hasil lebih baik dibandingkan hasil dari kelas kontrol yang tidak mendapatkan treatment. Selain itu hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan modul penggunaan fitur Activity Wizard pada Cisco Packet Tracer sebagai media evaluasi pembelajaran mendapatkan respon sangat baik dari siswa dan guru sebesar 82,26% dari hasil respon siswa dan 83,44 dari hasil respon guru. Kata kunci : Activity Wizard, Cisco Packet Tracer, Posttest Only Control, Media Evaluasi Pembelajaran, Hasil Belajar.
Pengembangan Problem Based Learning dengan Schoology pada Kompetensi dasar Menganalisis Kebutuhan Server untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Kelas XI-TKJ di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto
Purwanto, Rachmat
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20571
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan media pembelajaran Fakultas dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung tanpa media pembelajaran pendukung. Sampel adalah siswa kelas XI-TKJ1 sebagai kelas yang diberi perlakuan eksperimental dan kelas XI-TKJ2 sebagai kelompok kelas kontrol yang tidak diberikan perawatan di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi-Experimental Design dengan menggunakan dua kelompok kelas dan memberikan perlakuan berbeda pada masing-masing kelompok. Untuk mengetahui hasil belajar di masing-masing kelas diberikan pretest dan posttest sehingga hasilnya dianalisis untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok perlakuan dengan kelas yang diberikan tidak diberikan pengobatan. Pengumpulan data instrumen menggunakan kuesioner, pertanyaan evaluasi, dan observasi langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data nilai rata-rata akhir kelompok kelas eksperimen sebesar 65,35 dan 59,08 untuk kelompok kontrol. Dalam hal ini kesimpulan dari uji hipotesis dilakukan yang menunjukkan nilai P-Value sebesar 0,014 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kritis yang telah ditetapkan, α = 0,05 jadi jawabannya adalah menerima hipotesis H1 atau itu berarti ada disana. Adalah perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning with Schoology mendapatkan nilai persentase rata-rata 81,25%. Dapat disimpulkan bahwa tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning with Schoology dianggap baik, para siswa sangat antusias dengan model pembelajaran Problem Based Learning with Schoology. Kata Kunci: model pembelajaran, media pembelajaran, problem based learning, schoology.
Penerapan Modul Ajar Praktikum Implementasi Routing Jaringan dengan Menggunakan Metarouter Mikrotik pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan
Ilham Nur Saputro, Muchamad
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20574
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar praktikum implementasi routing jaringan dengan menggunakan MetaROUTER MikroTik guna meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan pada sub bab routing jaringan sebagai alat bantu belajar bagi siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif maupun psikomotorik dengan menggunakan modul ajar praktikum. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 3 SMK YPM 1 Taman sebanyak 43 anak. Dengan sampel sebanyak 1 kelas, dimana kelas shift 1 kelas XI TKJ 3 sebagai kelas kontrol dan kelas shift 2 XI TKJ 3 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Group dengan menggunakan dua kelompok kelas dan memberikan perlakuan yang berbeda pada setiap kelompok. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap kelas diberikan pretest dan posttest yang hasilnya dianalisis untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok kelas yang diberikan perlakuan dengan yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen pengambilan data menggunakan test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol 58,33 adalah dan rata-rata kelas eksperimen adalah 80,77. Kemudian dari hasil rata-rata hasil belajar psikomotorik kelas kontrol adalah 85,57 dan rata-rata kelas eksperimen adalah 91,81. Dalam hal ini hasil kesimpulan dari uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan nilai P-Value 0,000 sebesar dan 0,001 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kritis yang telah ditetapkan yaitu α=0,05 sehingga jawaban hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kognitif maupun psikomotor yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar kognitif maupun psikomotor siswa antara yang menggunakan MetaROUTER MikroTik daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan MetaROUTER MikroTik di SMK YPM 1 Taman. Kata Kunci : Modul ajar, Implementasi Routing Jaringan, MetaROUTER MikroTik, Hasil Belajar Siswa
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Terhadap Respon Siswa
Ayu Novani, Dyah
IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education Vol. 2 No. 1 (2017): Volume 02 No 1 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/it-edu.v2i1.20631
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media interaktif berbasis android pada mata pelajaran jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Ketintang Surabaya. (2) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Jaringan Dasar.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (ADDIE). Tahapan penelitian ini yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. . Penelitian ini dilakukan di SMK Ketintang Surabaya kelas X TKJ 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran topologi jaringan berbasis android dibuat dengan menggunakan perangkat lunak adobe flash mendapat kelayakan berdasarkan penilaian ahli yaitu ada 4 aspek. Pada aspek media mendapat hasil layak, untuk aspek materi mendapat hasil layak, untuk aspek bahasa mendapat hasil layak, Hal ini dapat dikategorikan media memiliki nilai rata-rata baik/layak. (2) hasil respon siswa terhadap media pembelajaran topologi jaringan berbasis android mempunyai hasil layak pada aspek perceived usefulness dan layak untuk aspek perceived ease of use, maka bisa dikategorikan kriteria respon siswa adalah baik. Kata kunci: Media pembelajaran, Android, Penelitian dan pengembangan, Hasil belajar.