cover
Contact Name
Ali Mulyanto
Contact Email
alimulyanto.psub@gmail.com
Phone
+6281311297820
Journal Mail Official
psub.fst@gmail.com
Editorial Address
Jalan Raya Hamkam Nomor 54, Jatirahayu, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
JIS
ISSN : 25413244     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Informatika SIMNATIK (JIS) merupakan kumpulan jurnal informatika dari hasil penelitian di lapangan, laboratorium atau studi pustaka baik dosen maupun mahasiswa pada program studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi di Fakultas Sains dan Teknologi (d/h. STMIK Cikarang) Universitas Panca Sakti Bekasi Topik dari jurnal Informatika SIMANTIK adalah sebagai berikut (namun tidak terbatas pada topik berikut): Expert System, Artificial Intelligence, Mobile Processing, Computer Network Security, Natural Language Processing, Business Process, Cognitive Systems, Digital Signal Processing, Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, Optical Communication Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Computer Vision, Information Retrieval, Intelligent System, Distributed Computing System, Software Engineering, Programming Methodology and Paradigm, Data Engineering, Information Management, Knowledge Based Management System, Game Technology.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Informatika SIMANTIK" : 8 Documents clear
PENENTUAN JUMLAH STOK BARANG MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY TSUKAMOTO DI PT COCA-COLA AMATIL INDONESIA CIBITUNG Mulyanto, Ali; Sutawijaya, Andi
Jurnal Informatika SIMANTIK Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Informatika SIMANTIK
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Panca Sakti Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jumlah stok barang adalah hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar permintaan terpenuhi dengan baik. PT. Coca Cola Amatil Indonesia Cibitung adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dengan bahan minuman. ketidakpastian menjadi masalah dalam perusahaan karena dapat menyebabkan permintaan tidak terpenuhi dengan baik. Laporan data bang sering susah di dapatkan atau terlambat di berikan sehingga memperlambat waktu dalam mengambil keputusan jumlah stok barang yang tersedia di dalam gudang, Logika fuzzy merupakan salah satu metode untuk melakukan analisis yang mengandung ketidakpastian. Metode tsukamoto adalah salah satu metode Fuzzy yang dapat digunakan dalam menentukan jumlah persediaan stok barang yang optimal berdasarkan data permintaan dan produksi. Dalam metode ini, terdapat dua variable yang dimodelkan, yaitu: permintaan, dan jumlah produksi. Variabel permintaan terdiri dari dua himpunan fuzzy, yaitu: turun dan naik, variabel produksi terdiri dari dua himpunan fuzzy, yaitu: berkurang dan bertambah. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan membandingkan nilai perhitungan metode manual pada sistem berjalan dengan yang diusulkan menunjukkan bahwa sistem yang diusulkan lebih baik dari sistem yang sedang berjalan di PT Coca cola Amatil Cibitung
IMPLEMENTASI METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DEPARTEMEN PAINTING PT CHEMCO HARAPAN NUSANTARA MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS DAN MYSQL Wahyuni, Sri; Taliri
Jurnal Informatika SIMANTIK Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Informatika SIMANTIK
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Panca Sakti Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber daya karyawan merupakan salah satu faktor penting dari jalannya suatu perusahaan.karena dengan sumberdaya karyawan yang baik maka dalam menjalankan semua proses usaha juga akan baik pula. Seperti halnya PT Chemco Harapan Nusantara yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Brake System yang terus menjaga dan meningkatkan kualitas sumber daya karyawn yang dimiliki agar menjadi lebih baik. Atas dasar tersebut, maka PT Chemco Harapan Nusantara khususnya pada departemen Painting melakukan penilaian kinerja karyawan. Namun dalam melakukan penilaian, terdapat beberapa masalah seperti subjektifitas penilaian dan prosesnya memakan waktu yang lama karena proses yang dilakukan masih menggunakan cara manual. Oleh karena itu dibuatlah sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP sendiri merupakan salah satu metode dalam SPK yang menyederhanakan masalah-masalah rumit menjadi suatu bentuk hirarki yang lebih sederhana dan kemudian memberikan nilai numerik. Sistem Pendukung Keputusan ini berbasis desktop yang dibuat dengan menggunakan Java Netbeans dan Database MySql yang mempunyai kemampuan untuk memberikan rekomendasi bagi pihak manajemen atau pemangku kebijakan dalam mendapatkan hasil penilaian. Sehingga bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi PT Chemco Harapan Nusantara saat ini
APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA PEMASARAN PERUMAHAN PURI LESTARI DI CIKARANG BERBASIS ANDROID Yudiyana; Mulyanto, Ali
Jurnal Informatika SIMANTIK Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Informatika SIMANTIK
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Panca Sakti Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam kegiatan promosi perumahan saat ini yang sering digunakan sebagai media promosi berupa brosur, katalog, famplet dan lain sebagainya. Media tersebut hanya bisa menampilkan model rumah yang dipromosikan berupa gambar 2D saja. Dengan adanya teknologi augmented reality ini model rumah yang dipromosikan bisa langsung terlihat nyata dalam bentuk 3D.  Sehingga dibuatlah aplikasi augmented reality. Untuk menentukan aplikasi tersebut efektif atau tidak maka dilakukanlah pengujian dan analisis. Pada pengujian aplikasi augmented reality ini menggunakan metode hipotesis statistik. Dalam pengujian hipotesis statistik bertujuan memutuskan apakah menerima atau menolak hipotesis tersebut. Dalam pengujian aplikasi augmented reality ini terdapat 2 jenis pengujian yaitu pengujian kelayakan dan pengujian keefektifan. Dari pengujian kelayakan dilakukan pengujian sebanyak 30 kali dan disimpulkan bahwa aplikasi augmented reality ini layak digunakan karena waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan model 3D kurang dari 15 second. Dan untuk pengujian keefektifan diperoleh data sebanyak 25 responden. Dari 25 responden tersebut dinyatakan bahwa tingkat keefektifan dari aplikasi augmented reality tersebut lebih dari 80 %. Setelah melakukan pengujian hipotesis sesuai prosedur maka diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi dapat digunakan oleh user tanpa adanya kesulitan dan aplikasi terbukti efektif lebih dari 80%
APLIKASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI KELULUSAN SISWA DENGAN METODENAÏVE BAYES STUDI KASUS SMP NEGERI 11 KOTABUMI UTARA Tumini; Damayanti, Lisma
Jurnal Informatika SIMANTIK Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Informatika SIMANTIK
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Panca Sakti Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Data mining merupakan cara untuk menemukan informasi baru yang diambil dari data dalam jumlah besar yang membantu dalam pengambilan keputusan. Dengan memanfaatkan data induk siswa, kelulusan siswa, dan nilai rata-rata siswa sebagai sumber datanya, diharapkan dapat menghasilkan informasi tentang prediksi kelulusan siswa melalui teknik data mining. Kategori prediksi kelulusan di ukur dari jenis kelamin, perilaku, nilai rata-rata rapor dan nilai rata-rata UAS (ujian akhir sekolah). Proses teknik data mining ini ada 2 macam yaitu, proses analisa pola data kelulusan siswa yang telah ada sebelumnya (Data Training) berdasarkan atribut – atribut yang di ujikan dan proses dari analisa pola data baru yang diujikan berdasarkan pola yang telah ada (Data Testing). Informasi yang ditampilkan dari proses tersebut ada 2 macam yaitu, informasi hasil proses data training dan informasi data berupa nilai probabilitas posterior (kemungkinan kemunculan) dari masing-masing kategori prediksi kelulusan. Pada analisa data yang dilakukan diproses testing, di dapat tingkat keakurasian sistem sekitar 92% dan memiliki nilai error 0.8% berdasarkan pengujian 549 data siswa tahun 2014 sampai dengan tahun 2017 dengan menggunakan perhitungan manual metode naïve bayes clasifision dan perhitungan pembuktian menggunakan aplikasi RapidMiner
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN CEKER MERCON IBU ELLY MENGGUNAKAN METODE RAD BERBASIS ANDROID Purwanto; Hendrit, Ade
Jurnal Informatika SIMANTIK Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Informatika SIMANTIK
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Panca Sakti Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pemesanan menu makanan  yang ada di restoran ceker mercon ibu elly msih menggunakan cara yang biasa,untuk memesan makanan pelanggan datang lalu pelayan mengantarkan daftar menu dan pelayanan masih mencatat pesanan pelanggan secara manual menggunakan kertas, setelah itu barulah pelayan menyampaikan pesanan pelanggan tersebut ke bagian penyiapan makanan lalu mengantarkan ke pelanggan yang telah memesan makanan terebut, setelah itu pelanggan menbayar ke kasir. Penelitian ini dilakukan untuk dapat membuat segala informasi tentang daftar makanan,daftar minuman,perhitungan pembayaran oleh pelanggan pada kasir.metode yang di gunakan yaitu RAD (rapid application Develovmen) RAD adalah metode model proses  pengembangan perangkat lunak yang bersifat incremental terutama untuk waktu pengerjaan jangka pendek .Pemakaian sistem pemesanan makanan untuk memudahkan proses kerja dalam lingkungan restoran ceker mercon ibu elly , dengan adanya sistem  pemesanan makanan  di restoran ceker mercon ibu elly  berbasis web service menggunakann mobile android  sebagai peningkatan dan penyempurnaan sarana dan prasarana yang telah ada  sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam melayani pelanggan dan secara tidak langsung dapat meningkatkan pemasukan di restoran ceker mercon ibu elly
IMPLEMENTASI WATERFALL METHOD PADA APLIKASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB DENGAN DUKUNGAN SMS GATEWAY DI SMPIT INSAN KAMIL Ahmad Dini, Budi; Agmawarnida
Jurnal Informatika SIMANTIK Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Informatika SIMANTIK
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Panca Sakti Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMPIT Insan Kamil adalah satu lembaga pendidikan tingkat dasar menengah yang memiliki permasalahan di dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah Aplikasi Penerimaan Peseta Didik Baru Berbasis Web dengan Dukungan SMS Gateway yang diharapkan dapat membantu peserta didik, orang tua, guru atau panitia PPDB. Metode penelitian yang penyusun buat dengan menggunakan metide deskriptif yang menggambarkan suatu keadaan atau permasalahan yang sedang terjadi berdasarkan fakta dan data-data yang diperoleh dan dikumpulkan pada saat melakukan penelitian. Metode waterfall diimplementasikan dalam membangun aplikasi supaya aplikasi yang dihasilkan lebih baik dan berkualitas. Berdasarkan pada hasil pembahasan dan kesimpulan yang dilakukan terhadap Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web dengan Dukungan SMS Gateway, bahwa aplikasi penerimaan peserta didik baru sudah dibuat dan dapat digunakan serta dapat membantu sekolah dalam pengelolaan PPDB bagi guru atau Panitia PPDB serta kemudahan akses informasi dan pendaftaran untuk calon peserta didik dan orang tua atau wali murid.
PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI MANAJEMEN KEUANGAN (KAS) PONDOK PESANTREN MIFTAHUSSALAM Studi Kasus Pondok Pesantren Miftahussalam Karanggeneng - Sleman Faizal Amri, Imanu; Sujarwadi, Agus
Jurnal Informatika SIMANTIK Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Informatika SIMANTIK
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Panca Sakti Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Manajemen keuangan dipakai dalam berbagai bidang, salah satu manajemen keuangan yang akan penulis bahas yaitu manajemen keuangan di bidang pendidikan/instansi, dalam hal ini yaitu Pondok Pesantren Miftahussalam. Pondok Pesantren Miftahussalam merupakan pondok khusus mahasiswa / anak perantauan yang berdiri sekitar  delapan tahun silam. Pada tahun 2011, bertepatan dengan dibentuknya struktur keorganisasian, santri mengusulkan untuk diadakan  sistem manajemen keuangan pondok, dari biaya pendaftaran, kas bulanan santri, uang pengolahan sampah, sampai iuran dadakan lainnya. Hingga tahun 2015 sistem keuangan mulai dibenahi, namun  pendataan masih bersifat manual (tulis tangan). Oleh karena itu penulis meneliti kemudian merancang program aplikasi manajemen keuangan (kas) Pondok Pesantren Miftahussalam, tujuannya adalah mengetahui masalah – masalah apa saja yang timbul pada keuangan Pondok Pesantren Miftahussalam saat ini, dan diharapkan dapat mempermudah proses penginputan data keuangan dan menghasilkan data yang akurat. Mengubah sistem pendataan keuangan manual menjadi  sistem pendataan keuangan yang terkomputerisasi. Perancangan sistem manajemen keuangan ini berbasis desktop, perangkat lunak yang digunakan  adalah JAVA Netbeans sebagai bahasa pemrograman, dan MySQL sebagai database server.
SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PENGEMUDI BERBASIS WEB DENGAN METODE PROTOTYPE : STUDI KASUS DINAMIKA MAKMUR SENTOSA CIKARANG Wijayanti, Diah; Dwi Asmorowati, Ratih
Jurnal Informatika SIMANTIK Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Informatika SIMANTIK
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Panca Sakti Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi penerimaan pengemudi   yang masih bersifat manual  sangat tidak efektif dan efisien. Dengan sistem yang terkomputerisasi dapat membantu perusahaan dalam mengelola usahanya dan dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan. Sistem informasi penerimaan pengemudi berbasis web ini diharapkan dapat menginformasikan lowongan secara cepat dan tepat, memudahkan calon pengemudi melakukan pendaftaran online dan memberikan informasi secara online bagi pelamar yang diterima sebagai pengemudi. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem  ini adalah dengan menggunakan metode   prototype dimana alur dan tahapan yang digunakan meliputi mengidentifikasi penggunadan mengembangkan prototype. Hasil dari penelitian ini adalahberupa sistem informasi penerimaan pengemudi berbasis web yang diharapkan dapat memudahkan proses pengolahan data pengemudi pada PT. Dinamika Makmur Sentosa Cikarang. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8