cover
Contact Name
Adek Cerah Kurnia Azis
Contact Email
adek_peros@yahoo.com
Phone
+6285278021981
Journal Mail Official
gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Gorga : Jurnal Seni Rupa
ISSN : 23015942     EISSN : 25802380     DOI : https://doi.org/10.24114/gr.v9i1
Core Subject : Education, Art,
Gorga : Jurnal Seni Rupa terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran, hasil penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi (seniman), dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan, kajian seni, desain, dan pembelajaran seni dan budaya.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa" : 11 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PEBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR EKSPRESI DI SMP N.2 SEI BAMBAN T.A 2011/2012 Dewi Ana Marsoit
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhStrategiPembelajaranKontruktivismeTerhadapHasilBelajarGambarEkspresi di SMP Negeri 2 SeiBamban. Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimensemudengansampelberjumlah 30 siswa.Instrumenpenelitianinimenggunakantesmenggambarekspresi. Teknikanalisis data dilakukandenganujipersyaratananalisisyaituujinormalitas  datadanujihomogenitasvarians, setelahitudilakukanujihipotesis. Hasilujipersyaratananalisispadaujinormalitas data pretest padakelompokeksperimen yang diajardenganstrategipembelajarankonstruktivismediperoleh L0 = 0,133<Ltabel= 1,87sesuaidengankriteriapenelitiannormalitasdenganteknikLilifors, data berasaldaripopulasiberdistribusi normal, sedangkanuntuk pretest padakelompokkontrol yang diajardenganstrategipembelajarankonvensionaldiperoleh L0 = 0,1212<Ltabel= 1,87 data inijugaberasaldaripopulasiberdistribusi normal. Padaujinormalitas data postespadakelompok SPK1 (Strategipembelajarankonstruktivisme) diperoleh L0 = 0,1928<Ltabel= 1,87 data postestpada SPK2 (kelompokstrategipembelajarankonvendional) diperoleh L0 = 0,158<Ltabel= 1,87 data inijugaberdistribusi normal. Padaujipersyaratananalisisujihomogenitesvarians data pretest diperolehFhitung= 1,54<Ftabel= 1,84. Padakriteriapengujianhomogenitesvarianssampel pretest kelompok SPK1dankelompok SPK2 berasaldaripopulasi yang homogen, sedangkanujihomogenitas data postestdiperolehdanpadakriteriapengujianhomogenitasvarianssampel data postestdarikeduakelompokjugaberasaldaripopulasihomogen. PadapengujianhipotesisdiperolehFhitung= 0,97<Ftabel= 1,84 sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhStrategipembelajarankonstruktivismeterhadaphasilbelajargambarekspresi di SMP Negeri 2 SeiBamban. 
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Keramik Teknik Slab dengan Menggunakan Media Audio Visual di SMAN 1 Dolok Masihul yasar yasar
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.293

Abstract

Peneliti melakukan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaru media Audio Visual dalam meningkatkan hasil pembuatan keramik teknik slab di SMA Negeri I Dolok Masihul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-a Semester I/Ganjil 2012 yang berjumlah 30 orang.Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara test hasil belajar, instrumen tersebut merupakan hasil test praktikum dengan melakukan pretest terlebih dahulu, kemudian menggunakan siklus-siklus dalam penelitian ini peneliti melakukan 2 siklus penelitian. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53,95 seteleh melakukan fretest maka peneliti masuk pada bagiansiklus I, pada siklus I nilai rata-rata keramik teknik slab siswa 68,9 . Pada siklus I ini terdapat 15 ( 50 %) siswa/i yang mendapatkan predikat kurang bagus, sedangkan 15 (50%) siswa/i lainnya mendapatkan predikat cukup baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa/i dalam pembuatan keramik belum mencapai nilai yang maksimal, sehingga perlu diperbaiki pada siklus selanjutnya. Dalam kagiatan di siklus ke II nilai rata keramik teknik slab siswa mencapai 80,72 Pada siklus ke dua ini terdapat 23 (76 %) siswa dari 30 siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik. Dan 7 siswa (23 %) mendapatkan nilai cukup baik. Terdapat rentang peningkatan hasil belajar yang cukup maksimal dari siklus pertama sampai pada siklus ke dua. Pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa/i adalah 68, 9 sedangkan pada siklus yang kedua nilai rata-rata siswa/i meningkat menjadi 80,72. Terjadi peningkatan hasil belajar yang lebih dari nilai KKM yanga da di sekolah yaitu yaitu 70. Oleh karena itu penelitian ini dianggap telah memenuhi target penilitian yaitu meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri I Dolok Masihul.Kata kunci : Hasil belajar, keramik teknik slab, media audio visual.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BUAH-BUAHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VII SMP IT AL-FITYAN SCHOOL MEDAN DIAN LESTARI
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.289

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP IT Al-Fityan School Medan. Dari hasil wawancara dengan guru seni budaya ditemukan bahwa para siswa belum pernah diajarkan menggambar bentuk buah-buahan secara langsung, belum pernah mendapatkan pengalaman belajar dari lingkungan mereka sendiri dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar menggambar buah-buahan siswa kelas VII-B SMP IT Al-Fityan School Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP IT Al-Fityan School Medan dengan jumlah 31 siswa. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, dan Refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Penilaian Siswa, Tes Unjuk Kerja, Wawancara, Catatan Lapangan dan dokumentasi. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar pada tiap siklus terjadi peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas Siklus I mencapai 73,18 dengan siswa yang tuntas belajar 14 siswa atau 45,16%. Siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 83,91, siswa yang mengalami tuntas belajar sebanyak 27 siswa atau 87,10%. Aspek ketepatan bentuk pada siklus I 18 siswa (58,07%) yang tuntas, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 27 siswa (87,09%) yang tuntas. Aspek gelap terang pada siklus I 12 siswa (38,70%) yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 28 siswa (90,32%) yang tuntas. Aspek arsiran pada siklus I 12 siswa (38,70%) yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 27 siswa (87,09%) yang tuntas.Aspek komposisi pada siklus I 20 siswa (64,52%) yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 29 siswa (93,54%) yang tuntas.Aspek proporsi pada siklus I 19 siswa (61,30%) yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 29 siswa (93,54%) yang tuntas. Kata Kunci: Hasil belajar, menggambar buah-buahan, metode demonstrasi.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE DRILL KELAS V SDN No.105280 DESA LAMA Kec.HAMPARAN PERAK T.A 2011/2012 PUTRI WULANDARI
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kemampuan menggambar ilustrasi pada siswa melalui model pembelajaran kooperatif metode drill (latihan), 2) seberapa besar peningkatan hasil nilai menggamabar ilustarsi dengan menggunakan model pembelajaran koopetarif metode drill (latihan), 3) hasil peningkatan aktivitas siswa di SDN No. 105280 Desa Lama Kec.Hamparan Perak denngan metode pembelajaran drill (latihan). Penelitian ini dilaksanakan di SDN No. 105280 Desa Lama Ket.Hamparan Perak. Subjeknya adalah siswa SD kelas V yang terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil praktek menggambar ilustrasi siswa dan lembar pengamatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), dengan menggunakan 3 (tiga) siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) hasil kemampuan menggambar ilustrasi siswa pada siklus I rata-rata (66.5), 2) hasil kemampuan siswa pada siklus II rata-rata (73.6), 3) hasil keampuan siswa pada silus III rata-rata (80.7),  hasil nilai menggambar ilustrasi (yang bertemakan hewan dan lingkungannya) semakan meningkat dari siklus I, II sampai dengan siklus ke III  terlihat pada bentuk gambar  hewan yang semakin terlihat serta aktivitas siswa dalam berkelompok semakin meninggkat, sehingga dapat dikatakan melalui model pembelajaran kooperatif metode drill (latihan). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran metode drill (latihan)  dapat meningkatkan hasil nilai menggambar ilustrasi siswa.   Kata kunci: Menggambar Ilustrasi, Kooperatif, Drill (latihan)
ANALISIS ASPEK DESAIN DAN KAIDAH PADA MUSABAQAH KHATTIL QUR’AN ( MKQ ) GOLONGAN DEKORASI DI KABUPATEN ASAHAN TAHUN 2012 Suha riadi
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.292

Abstract

Dalam sejarahnya, Asahan cukup dikenal dalam budaya seni Islamnya baik tingkat Lokal, Nasional  bahkan Internasional. Kabupaten tersebut pencetus lahirnya MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an)  di Sumatera Utara pada Tahun 1946 tepatnya di daerah Kampung Bunga. MTQ terbagi menjadi beberapa cabang  yakni Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqoh Khottil Qur’an (MKQ). MKQ merupakan lomba menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an dalam berbagai jenis Kaligrafi Arab yang memiliki nilai keindahannya baik dari segi kaidah huruf maupun desain ragam hiasnya. Salah satu tujuannya adalah mempertahankan dan menggali potensi generasi muda Muslim untuk menuliskan ayat-ayat Al-Quran dalam nuansa kaligrafi Arab diberbagai media. Dalam kegiatannya dapat dibagi menjadi 3 golongan yaitu Golongan Naskah, Golongan Hiasan Mushaf dan Golongan Dekorasi. Hasilnya terbentuk di atas media kertas bagi golongan Naskah dan Hiasan Mushaf. edangkan di atas media triplek bagi golongan Dekorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kaligrafer Asahan mampu menggunakan prinsip desain dalam MKQ golongan dekorasi. Kemudian menggunakan Metode deskripsi kualitatif  yang di mana populasinya sebanyak 25 karya keseluruhan dari golongan dekorasi dan sampel di ambil keseluruhan karya dari populasi dengan teknik Total Sampling terdiri dari 25 karya yang terciptakan. Setelah diadakan observasi maka penulis mengumpulkan data dan menyerahkan ke pada tim penilai untuk dinilai. Hasil temuan menyatakan bahwa masih banyak ditemukan karya peserta yang kurang memahami standarisasi MKQ golongan Dekorasi. Bahkan diantaranya ada yang membuat di luar standart tersebut. Hasil yang di peroleh dalam karya dengan Jumlah nilai rata-rata keseluruhan karya peserta terdiri dari 25 karya dan dari segi aspek desain dengan nilai 80 predikat Baik kemudian jika dari aspek kaidah dengan nilai 74 predikat Cukup Baik. Kata Kunci :, Aspek  Desain, Aspek Kaidah, MKQ
PENCIPTAAN LUKISAN POTRET BERDASARKAN EKSPRESI WAJAH MANUSIA Syahruddin Heru Maryono
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.288

Abstract

Penciptaan karya ini bertujuan untuk menghadirkan ekspresi wajah pada lukisan potret agar lukisan terlihat menarik dan potret tidak sekadar digunakan sebagai pengagungan kepada seseorang. Penciptaan Ini merupakan penciptaan karya yang sebelumnya karya itu memang belum ada sama sekali. Berawal dari kehidupan sehari-hari yang memperlihatkan kehidupan manusia yang beragam dengan segala kondisi atau keadaannya yang akhirnya menimbulkan suatu rasa terhadap manusia yang mengalaminya  lalu rasa itu muncul dalam suatu ekspresi wajah. Dari ekspresi wajah kita dapat membaca perasaan yang sedang dialami manusia itu yang kita simpulkan dari pengalaman sehari-hari. Berawal dari pengamatan ekspresi wajah manusia yang selalu berubah-ubah ketika perasaan yang dialaminya juga berubah yang mampu membuahkan hasil dalam pikiran. Lambat laun resapannya membuahkan hasrat untuk melukis dengan muatan konsep seperti yang tervisualisasi dari ekspresi wajah manusia tersebut. Hasrat tersebut direalisasikan kedalam lukisan yang ternyata mampu menimbulkan gagasan baru sebagai pemicu untuk melukis. Ekspresi wajah dihadirkan sebagai isi dari perasaan yang dialami manusia sebagai objek utama pada lukisan potret. Eskspresi wajah mampu menjadi sebuah isi yang menjelaskan keadaan dan perasaan yang sedang dialami manusia. Kata kunci : Ekspresi Wajah, Potret Manusia.  
PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KERAJINAN KERAMIK SISWA KELAS VII SMP SWASTA PAB 5 PATUMBAK KABUPATEN DELI SERDANG T.P 2011/2012 Desi Mayanti Anggraini
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar kerajinan keramik siswa SMP Swasta PAB 5 Patumbak. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP PAB 5 Patumbak T.P 2011/2012, dengan populasi sebanyak 193 orang (5 kelas), sedangkan sampela penelitian ini berjumlah 76 orang (2 kelas) yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dengan teknik tes, berupa tes perbuatan. Tes perbuatan dilakukan untuk memperoleh untuk memperoleh data kemampuan membuat kerajinan keramik. Tes dibuat hanya 1 (satu) buah soal dalam bentuk essay yang diaplikasikan dalam bentuk perlakuan membuat kerajinan keramik. Analisis data dilakukan dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan teknik Lilliefors, uji homogenitas dengan cara Barlett dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kerajinan keramik yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar  dengan metode konvensional dalam materi pembelajaran kerajinan keramik. Kata Kunci : Inkuiri, hasil belajar, kerajinan keramik
PENCIPTAAN DESAIN DEKSTOP WALLPAPER BERNUANSA ISLAMI DENGAN MOTIF ORNAMEN MELAYU SUMATERA UTARA DAN KALIGRAFI ARAB Auldra Juwanika
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.287

Abstract

Penciptaan karya dengan media grafis komputer ini memiliki tujuan untuk mensosialisasikan kembali motif ornamen melayu sumatera utara dan kaligrafi arab dengan pembuatan desain dekstop Wallpaper bernuansa islami, serta menguraikan dan menjelaskan bagaimana proses pembuatan karya yang diciptakan mulai dari awal hingga selesai, Karya yang diteliti berjumlah 8 Kaligrafi Arab dan ornamen melayu Sumatera Utara sangat berpotensi untuk dijadikan hiasan pada bermacam-macam karya. Namun pada saat ini, penggunaannya masih sebatas hiasan dinding dan pada rumah adat saja. Oleh sebab itu, perlu adanya inovasi yang dapat mengangkat nilai-nilai estetis hiasan sekaligus melestarikan kedua bidang tersebut pada karya seni desain grafis komputer. Proses pengerjaan dimualai dari tahap persiapan pembuatan objek dengan menggunakan program Corel Draw dan dilanjutkan dengan pengolahan secara keseluruhan dengan menggunakan Photoshop. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa tiap proses yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dengan tanggapan apresiator mendapat nilai rata-rata 4, dan konvensi penilaian A (sangat baik). Kata Kunci : Dekstop Wallpaper, ornamen melayu, Kaligrafi
Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Kolase Melalui Produk Kerajinan Tangan Dalam Mata Pelajaran SBK Di SDN Desa Lama Kec. Hamparan Perak T.P 2011/2012 Maria Veronika Halawa
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.176

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah keadaan awal keterampilan siswa di kelas V SD Negeri 105280 Desa Lama Hamparan Perak terhadap mata pelajaran teknik kolase pada  seni budaya dan keterampilan yang masih kurang memuaskan dengan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru, dimana proses pembelajaran masih  berpusat pada guru dan pemberian tugas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dilakukan dua siklus karena target hasil belajar yang dicapai sudah dapat terlaksana pada siklus dua. Setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian telah berhasil mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran “Demonstrasi” untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran  teknik kolase. Hal ini terlihat pada peningkatan aktivitas siswa pada proses pembelajaran serta peningkatan hasil belajar berupa karya keterampilan siswa dalam mengerjakan produk kerajinan teknik kolase yang ditugaskan oleh guru setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas siswa terlihat sebagai berikut: pada siklus I rata-rata dari jumlah seluruh aspek yang diamati adalah 53,7%, pada siklus II jumlah rata-rata meningkat menjadi 80.0%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat pada ketuntasan siswa dalam menyelesaikan karya kerajinan teknik kolase sebagai berikut: karya sebelumnya tanpa menggunakan metode demonstrasi siswa yang tuntas 10 orang (33,3%) dan setelah menggunakan metode demonstrasi pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 16 orang (53,3%), dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai 28 orang (93,3%).     Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Keterampilan, Teknik Kolase.
PENERAPAN TEKNIK SNOWBALL THROWING GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN APRESIASI SENI RUPA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 AIR PUTIH KABUPATEN BATUBARA T.A. 2011/2012 ESTRINA SINAGA
Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol 1, No 1 (2012): Gorga : Jurnal Seni Rupa
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/gr.v1i1.285

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batubara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan salah satu solusi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan apresiasi seni rupa di SMP Negeri 1 Air Putih. Sumber data dari siswa kelas VII-1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda yakni pre test dan post tes. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus pertama nilai pre test yang di peroleh sebesar  43.75% yang tuntas dengan jumlah siswa 14 orang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 66.87, dan mengalami peningkatan pada saat post test siklus I menjadi 62.5% yang tuntas dengan jumlah siswa 20 orang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 78.12. Pada saat siklus II terjadi peningkatan dari post test siklus I ke post test siklus II menjadi 90.6% yang tuntas dengan jumlah siswa 29 orang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 87.96. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 23.42%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa  pada pokok bahasan apresiasi seni rupa siswa di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batubara T.A. 2011/2012.

Page 1 of 2 | Total Record : 11