cover
Contact Name
M. AZKA KESUMA WARDANA
Contact Email
m.azkakesuma.w@gmail.com
Phone
+6287762154904
Journal Mail Official
jebr@instidla.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Negeri Sakti No.16, Negeri Sakti, Kec. Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35366
Location
Kab. pesawaran,
Lampung
INDONESIA
Journal of Economic and Bussiness Retail
ISSN : 28073185     EISSN : 28072987     DOI : -
Core Subject : Economy,
The Journal of Retail Economics and Business aims to share knowledge and current issues related to Retail Economics and Business research. Our specific coverage is Retail Business In the field of business, we accept articles with the following scope: Financial Management and Financial Accounting Operational Management. HR and Knowledge Management. Marketing Management. Strategy Management Entrepreneurship Management Information System Economics In Economics, we accept articles with the following scope: Macroeconomics Microeconomics Translated with DeepL.com (free version)
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)" : 3 Documents clear
ANALISIS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA PORTOFOLIO PRODUK UNILEVER Octavini, Nanda Andreas; Adriani, Weni Yunisa; Yana, Nopi; Mandela, Rolando
Journal of Economic and Business Retail Vol 2, No 1 (2022): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v2i1.86

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis matriks  Boston Consulting Group (BCG) pada portofolio produk Unilever dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan analisis matriks Boston Consulting Group (BCG). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah matriks Boston Consulting Group (BCG). Berdasarkan hasil pemetaan pada  matriks Boston Consulting Group (BCG) dapat dijelaskan bahwa kesepuluh produk Unilever menempati kuadran (posisi) yang berbeda-beda yaitu :  pada kuadran I atau Question Mark ada empat produk yang dipetakan ke dalam kuadran ini yaitu Savory, Spread, Tea and Soy Beverages, House Hold Care. Produk tersebut memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi namun pangsa pasar yang rendah. Hal ini perlu ditingkatkan agar semua produk dapat bergeser ke posisi Star . Pada kuadran IV atau Dog ada enam produk yang berada dalam kuadran ini yaitu Skin Cleansing, Skin Care, Oral Care, Deodorant, dan Hair Care. Pada kuadran ini pertumbuhan produk sangat kecil dan pangsa pasar juga rendah. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan sesuatu agar produk tersebut tetap dapat bersaing dan berkembang dan bisa bergerak ke posisi Question Mark.
Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kabupaten Pesawaran (Studi Pada Usaha Fashion Yasmin Wiwid) Adriani, Weni Yunisa; Octavini, Nanda Andres
Journal of Economic and Business Retail Vol 2, No 1 (2022): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v2i1.94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing UMKM Pada Brand Fashion Yasmin Wiwid. Metode penelitian yang digunakan adalah strategi STP, strategi pemasaran marketing mix, dan analisis SWOT dengan mengetahui analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian melalui strategi STP (segmenting, targeting, positionong) yang didapatkan adalah untuk segmenting secara geografis tidak ada pengkhususan terhadap produk yang dijual, secara demografis konsumen Yasmin Wiwid adalah wanita dengan usia 18 – 50 tahun, pekerja kantoran dan urban area, secara psikologis konsumen yang menjadi sasaran adalah konsumen yang memiliki minat fashion tinggi dan pencinta produk ramah lingkungan, dan secara perilaku tidak ada segmentasi, namun profil resiko konsumen dalam pembelian produk akan ditentuka sendiri dengan yang sesuai. Target pasar brand fashion Yasmin Wiwid berfokus kepada pecinta fashion yang ramah lingkungan baik konsumen di dalam maupun di luar negeri. Yasmin Wiwid menggunakan positioning sebagai brand fashion produk ecoprint dimana produk yang dihasilkan menonjolkan keramahan lingkungan dengan penggunaan bahan alami dengan proses produksi hingga akhir meninggalkan limbah sesedikit mungkin (zero waste) untuk melindungi lingkungan. Analisis marketing mix 4P, melalui produk yaitu, desain produk dan variasi serta menjaga mutu produk. Untuk harga buatlah daftar harga, dan berikan potongan harga. Untuk tempat dan distribusi gunakan jasa paket untuk mengirimkan pesanan pelanggan. Untuk promosi mengunakan sales promotion, digital marekting dan direct marketing. Analisis SWOT yang didapatkan strategi S-O adalah dengan menciptakan pola desain khas Lampung, menjaga kualitas produk serta memperluas jangkauan pemasaran dengan melaksanakan event-event baik yang ada di dalam maupun luar negeri. Strategi W-O adalah dengan meningkatkan proses produksi dengan menggunakan teknologi agar lebih efektif dan efisien, memberikan pelatihan secara berkala kepada para pekerja dan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Strategi S-T adalah melakukan pengembangan pola desain, menjaga kualitas produk, melakukan proses produksi dengan memanfaatkan limbah dan menciptakan trend fashion ecoprint. Strategi W-T adalah menyerahkan rencana alokasi pinjaman sementara kepada Dinas Koperasi dan UMKM dan berinovasi menciptakan produk kreatif.Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Marketing Mix ; Daya Saing
Analisis Pengaruh Likuiditas, Volatilitas Arus Kas, dan Growth Opportunity terhadap Kebijakan Hedging (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020) Muslih, Diena Izzaty; Puspitasari, Ayudia Dwi
Journal of Economic and Business Retail Vol 2, No 1 (2022): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v2i1.85

Abstract

Risiko terbesar dari transaksi perdagangan internasional adalah resiko dari fluktuasi kurs valuta asing. Perubahan nilai mata uang asing yang tidak terduga dapat berdampak penting pada perusahaan, oleh karena itu perusahaan perlu untuk melakukan manajemen risiko salah satunya adalah dengan melakukan hedging derivatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, volatilitas arus kas, dan growth opportunity terhadap aktivitas Hedging derivatif pada perusahaan di Indonesia periode tahun 2017-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah data seluruh perusahaan di BEI yang melakukan transaksi valuta asing tahun 2017-2020. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 141 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi likuiditas, volatilitas arus kas, dan growth opportunity Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, volatilitas arus kas, dan  growth opportunity tidak mempengaruhi perusahaan untuk menggunakan instrumen hedging.

Page 1 of 1 | Total Record : 3