cover
Contact Name
Trisnawati Hutagalung
Contact Email
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Asas: Jurnal Sastra
ISSN : 23015896     EISSN : 2580894X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, September dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra" : 9 Documents clear
PERBANDINGAN PUISI DOAKARYA AMIR HAMZAH DAN DOA KARYA SANUSI PANE Cindy Geofany; Deby Triananda; Erlinda Sari E.
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.182 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10694

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang perbandingan puisi Doa karya Amir Hamzah dan Sanusi Pane. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan persamaan aspek-aspek religius pada puisi Doa karya Amir Hamzah dan puisi Doa karya Sanusi Pane. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang sumber datanya diperoleh dari puisi Doa dengan menggunakan pendektan sastra bandingan yang berfokus pada teori Hutomo.Hasil dari penenlitian ini adalah adanya hubungan persamaan dengan puisi  Doa karya Amir Hamzah dan Sanusi Pane. Persamaan tersebut dapat dilihat dari gaya penulisan, judul, makna, dan kedua penyair tersebut juga sama-sama menyebut Tuhan dengan sebutan kekasih. KataKunci: perbandingan, puisi, doa
SASTRA LISAN “AEK SIPITUDAI” DI DESA AEK SIPITUDAI KECAMATAN SIANJUR MULA-MULA KABUPATEN SAMOSIR (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA) Queen Keren Happuck Samosir; Arnita Arnita
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.084 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10695

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur dan nilai-nilai budaya Batak yang terdapat di dalam cerita “Aek Sipitudai” yang berasal dari desa Aek Sipitudai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Koentjaraningrat untuk membahas tentang unsur-unsur kebudayaan dan nilai-nilai budaya yang terdapat di dalam cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang harus mendekati dan merekam cerita dari penutur cerita yang bertempat tinggal di desa tersebut. Teknik analisis data  dengan mencatat temuan-temuan dan objek-objek yang akan dikaji, selanjutnya akan dilakukan pengelompokkan data dan mengklasifikasikan unsur-unsur dan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita “Aek Sipitudai” memiliki unsur budaya Batak diantaranya peralatan kehidupan manusia, mata pencaharian, sistem kemasyarakatan, bahasa, kesenian dengan berbagai jenisnya, sistem pengetahuan dan sistem religi serta memiliki nilai kekerabatan, nilai religi, nilai hasangapon, nilai uhum/konflik, dan nilai hagabeon yang sangat erat dengan tradisi dan adat istiadat masyarakat Batak. Kata Kunci: Sastra Lisan, Budaya, Aek Sipitudai
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERPEN BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANAH PINEM MASTA MARSELINA SEMBIRING
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.919 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10648

Abstract

Penelitian bertujuan untuk  mendeskripsikan: (1) Hasil uji guru dan ahli mengenai produk pengembangan materi cerpen bermuatan kearifan lokal kelas VII, (2) keterpakaian pengembangan materi ajar cerpen bermuatan kearifan lokal bagi guru dan siswa, (3) Hasil belajar menulis cerpen dengan pengembangan materi cerpen bermutaan kearifan lokal dapat dikuasai oleh siswa SMP kelas VII. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Metode ini digunakan karena mengembangkan bahan ajar  bahasa indonesia siswa kelas VII SMP pokok bahasan teks cerita pendek mengangkat tema-tema lokal. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Pinem yang terletak di Kutabuluh, Kec. Tanah Pinem dengan rata-rata jumlah siswa 38 orang untuk uji coba dan 2 orang guru sebagai observer. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrurnen yang digunakan dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu: (1) Instrumen validasi  buku ajar cerpen bermuatan kearifan lokal dan LAS, (2) Instrumen tes hasil belajar, dan (3) lembar pengamatan. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) hasil uji guru dan ahli mengenai produk pengembangan bahan ajar dan LAS materi cerpen bermuatan kearifan lokal kelas VII mendapat hasil yang sangat baik dan hasil validasi LAS memperoleh skor yang sangat baik. (2) Keterpakaian pengembangan bahan jar cerpen bermuatan kearifan lokal dan LAS bagi guru dan juga sangat baik. Hasil pengamatan terhadap  siswa mengenai keterpakaian buku ajar dan  LAS  bahwa sebagian besar siswa sudah merasa senang terhadap kegiatan belajar mengajar, yaitu 50 % senang dan 36,85 % sangat senang. (3) Berdasarkan uji coba pembelajaran menggunakan buku ajar dan LAS cerpen bermuatan kearifan lokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada  mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi membangun teks cerpen. Hasil tes awal diketahui rata-rata pretest kelas kontrol 63,25 dan skor rata-rata posttest sebesar 66,69 yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 3,44. Selisih persentase kenaikan dari pretest ke posttest pada kelas kontrol 5,44%. Hasil kelompok eksprimen diketahui skor rata-rata pretest 60,79 dan skor rata-rata posttest sebesar  76,26 yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 15,47. Selisih persentase kenaikan dari pretest ke posttest lebih besar kelas eksprimen dengan 25,45%.Kata Kunci : Bahan Pembelajaran, Cerpen, Kearifan Lokal 
Kritik Sosial Dalam Kumpulan Puisi Karya Taufiq Ismail Mellysa Aditya K; M. Agung Mukti; Syahlulya Lully E
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.384 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10647

Abstract

Kumpulan Puisi Taufiq Ismail yang berjudul“Bagaimana Kalau, Kembalikan Indonesia Padaku, Malu Aku Jadi Orang Indonesia, Kita Adalah Pemilik Sah Republik ini dan Zaman Edan”ini memiliki latar belakang kritik sosial yang disampaikan pengarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kritik sosial pengarang yang terdapat dalam kumpulan puisi Taufiq Ismail. Pendekatan yang digunakan adalah Sosiologi Sastra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dikaji   dengan menggunakan teori Lucien Goldman tentang pandangan dunia (sosial) pengarang berupa kritik sosial. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini kutipan bait dalam puisi tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah kritik sosial dalam kumpulan puisi Taufiq Ismail. Penelitian ini menitikberatkan pada pandangan dunia pengarang puisi dengan keadaan yang ada di dunia ini dengan banyaknya kritik sosial yang ada dalam masyarakat. Adanya keresahan masyarakat terhadap keadaan negara yang sudah campur aduk dan berantakan, sekalipun banyak orang yang membuka suara hanya menambah kerunyaman. Kumpulan puisi ini mengungkapkan kekesalan penulis kepada Negara yang dihancurkan oleh masyarakatnya sendiri, masyarakat yang memiliki sikap tidak baik. Sikap khawatir terhadap Negara yang sudah berantakan dan akan dipegang kendali di tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab
NILAI RELIGIOSITAS DALAM KUMPULAN PUISI KARYA GUS BLERO RELIGIOUSITY VALUE OF POEM ANTOLOGY BY GUS BLERO Sabella Arjana Fasari; Assalilatul Maflahah; Ayu Kumala Dewi
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.34 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10649

Abstract

Puisi mampu menghibur dan memberikan manfaat bagi pembacanya. Di Indonesia puisi banyak membicarakan tentang kehidupan sosial, ekonomi, dan spiritual. Salah satu penyair yang sering membicarakan tentang kehidupan spiriritual adalah Teguh Soetanto yang biasa dikenal dengan sebutan Gus Blero.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai religiositas yang terdapat dalam kumpulan puisi karya Gus Blero. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kumpulan puisi karya Gus Blero yang berjudul Hujan Pertama, Menunggu Tuhan, dan Lagu Pengungsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan etika teori K. Bertens tentang moral dan agama yang mampu menjawab nilai-nilai religiositas pada kumpulan puisi karya Gus Blero.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengarang puisi menitikberatkan pada hubungan manusia dengan Tuhan yaitu (1) takut Tuhan pergi meninggalkan umat manusia, (2) keagungan Tuhan yang telah menciptakan manusia dan seisinya, (3) Bersyukur terhadap Tuhan yang telah memberi rezeki, (5) harapan keajaiban kepada sang Tuhan untuk mendapatkan nasib yang baik. Nilai-nilai kereligiousan di dalam puisi Gus Blero lebih ditonjolkan pada sikap pengarang yang senantiasa untuk beriman kepada Tuhan. Kata Kunci: Puisi, moral, dan religiositas.  
NILAI-NILAI EDUKATIF PANTUN DALAM TUNJUK AJAR MELAYU KARYA TENAS EFFENDY (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA) Hasni Raudati; Abdurrahman Adisaputera
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.855 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10696

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai edukatif yang terdapat pada pantun dalam Tunjuk Ajar Melayukarya Tenas Effendy dan menentukan nilai edukatif yang paling dominan.Nilai-nilai edukatif yang dimaksud adalah nilai edukatif religius, nilai edukatif moral, nilai edukatif sosial, dan nilai edukatif budaya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deksriptif.Hasil perolehan data ditemukan bahwa pantun dalam Tunjuk Ajar Melayu karya Tenas Effendy termasuk jenis pantun nasehat. Di dalam pantun-pantun tersebut terdapatsatu pantun yang mengandung nilai edukatif religius, 19 pantun mengandung nilai edukatif moral, 3 pantun mengandung nilai edukatif sosial, dan 4 pantun mengandung nilai edukatif budaya. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa pantun-pantun dalam Tunjuk Ajar Melayu karya Tenas Effendy lebih mengutamakan pendidikan moral tentang bagaimana seharusnya bersikap dan bertingkah laku sehari-hari baik dalam kehidupan pribadi ataupun bermasyarakat. Oleh karena itu, maka dapat diketahui bahwa nilai edukatif yang paling dominan adalah nilai edukatif moral. Kata kunci: Nilai Edukatif, Pantun, Tunjuk Ajar Melayu,SosiologiSastra
KEJAHATAN ASUSILA DALAM NOVEL DRUPADI KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA Hanan Nabila
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.328 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10646

Abstract

perjalanan hidup Drupadi yang luar biasa. Drupadi sosok wanita cerdas, kuat, dan kelembutannya mampu memberi perlawanan atas penghinaan dan kejahatan asusila yang dilakukan Kurawa. Drupadi digambarkan sebagai wanita poliandri yang hidupnya sengsara tapi ia tetap bersetia kepada takdir. Permasalahan yang disoroti oleh peneliti adalah tentang kejahatan asusila yang terjadi di dalam novel Drupadi karya Seno Gumira Ajidarma. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memberikan penjelasan yang terperinci dan mendalam mengenai suatu permasalahan sosial yang tedapat di dalam novel yang berjudul Drupadi karya Seno Gumira Ajidarma. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Drupadi. Penelitian ini membahas mengenai bentuk-bentuk tindak kejahatan asusila dalam novel Drupadi  karya Seno Gumira Ajidarma, Faktor-faktor penyebab kejahatan asusila dalam novel Drupadi karya Seno Gumira Ajidarma, dan keterkaitan pendidikan dan pengembangan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui kearifan lokal. Berdasarkan hasil penelitian terhadap novel Drupadi karya Seno Gumira Ajidarma dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kejahatan sosial yang terjadi di dalam novel yaitu kejahatan perkosaan dan pelecehan seksual.
EFEKTIVITAS MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MAHAMAHASISWA SEMESTER IV PBSI STKIP PELITA BANGSA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 LASPINTA LUMBANBATU
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.511 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10692

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan  penerapan model pembelajaran Mind Mapping  oleh mahamahasiswa semester  IV Prodi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia STKIP Pelita Bangsa Binjai  Tahun Pembelajaran 2016/2017.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen pre-test post-test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahamahasiswa semester  IV STKIP Pelita Bangsa Binjai  Tahun Pembelajaran 2016/2017. Mahasiswa dengan skor 70-75 akan dijadikan sebagai sampel. Dari sampel yang homogen  ini secara random diambil sebanyak 40 orang menjadi sampel penelitian.  Sampel yang paling cocok digunakan adalah berjumlah 40 orang. Data dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus statistik uji-t. Dalam pengolahan data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan dengan uji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas. Berdasarkan uji normalitas diperoleh Luntuk pretes sebesar 0,125 dan postes 0,1163 dengan L sebesar 0,1402 sehingga L  < L dan hal ini membuktikan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas pretes diperoleh  F=1,03 dan F=1,69 maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian dinyatakan homogen karena F< F. Hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu t  > t yaitu 9,00 > 2,02 pada taraf signifikan 5% dan 9,00 > 2,71 pada taraf signifikan 1%. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping memiliki pengaruh yang signifikan. Kesimpulan, penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen oleh mahasiswa kelas semester  IV Prodi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia STKIP Pelita Bangsa Binjai  Tahun Pembelajaran 2016/2017.Kata Kunci: Mind Mapping, Cerita Pendek, Efektivitas  Menulis
Perjuangan Tokoh Utama dalam Membela Agama dalam Novel Rembulan Di Langit Konstantinopel di dalam Membangun Karakter Bangsa Jihan Zelvia Tiffany
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.18 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10693

Abstract

Novel mampu menghibur dan memberikan manfaat bagi pembacanya. Di Indonesia sendiri novel banyak menceritakan romantis,keagamaan, social, ekonomi dll. Salah satu satrwan yang membicarakan keagamaan adalah El Salman Ayashi Rz. Tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai religiousitas yang terdapat dalam novel karya El Salman Ayashi Rz. Sumber data yang digunakan dalam penelitin ini yaitu  novel karya El Salman Ayashi Rz yang berjudul  Rembulan di Langit Konstatinopel. Penelitian ini dikaji menggunakan teori K. Bertens tentang moral dan agama yan mampu menjawab nilai-nilai religiousitas pada novel karya El Salman Ayashi Rz. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa pengarang dalam novel menitik beratkan pada hubungan manusia dengan Tuhan yaitu (1) kepribadian tokoh, (2) nilai moral yangterdapat didalam jiwa tokoh, (3)kebahagian , (4) keegoisan manusia yang mementingkan diri sendiri, (5)kegigihan dalam berjihad. Nilai-nilai kereligiousan di dalam novel El Salman Ayashi Rz lebih ditonjolkan pada sikap tokoh utama yang senantiasa beriman kepada Tuhan.                   Kata kunci: Novel, Moral, Relegiusitas 

Page 1 of 1 | Total Record : 9