cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (BERBAGI PRESTASI SEBAGAI TIM) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM CERPEN “PAROMPA SADUN KIRIMAN IBU” KARYA HASAN AL BANNA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU TAHUN PEMBE Dewi Astuti
Basastra Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i3.1456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran manakah yang lebih efektif antara metode Student Teams Achivement Division (Berbagi Prestasi sebagai Tim) atau metode ekspositori terhadap kemampuan memahami nilai-nilai multikultural dalam cerpen “Parompa Sadun Kiriman Ibu” karya Hasan Al Banna siswa kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 320 siswa dan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 80 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model post-test only design group. Instrument yang digunakan adalah pilihan berganda. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil post-test pada kelas kontrol dengan rata- rata 63.63, sedangkan hasil post-test pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 70.25. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 2.73 ; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = (N1 + N2) - 2 = 40 + 40 - 2 = 78, dari df 78 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.39. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2.73 > 2.39, hipotesis alternatif (Ha) diterima.   Kata Kunci: Efektivitas, metode, Student Teams Achivement Division,                       nilai-nilai multikultural cerpen.
EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Elfina Sari Harahap
Basastra Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i3.1457

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan metode Permainan Puzzle dalam meningkatkan menulis surat dinas oleh  siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII SMP Negeri 35 Medan yang yang terdiri dari 12 kelas dan berjumlah 305 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas, kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-11 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X1 memiliki rata-rata 86,58 dengan standar deviasi sebesar 8,55, sementara kelas X2 memiliki rata-rata 76,27 dengan standar deviasi sebesar 5,36. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan memnggunakan uji “t” diperoleh thitung = 5,12 pada taraf signifikan   = 5% dari daftar distribusi N = 26 maka diperoleh ttabel = 1,67. Jadi, thitung > ttabel, 5,12 > 1,67 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya, dapat  disimpulkan bahwa pembelajaran menulis surat dinas lebih efektif menggunakan metode Permainan Puzzle dibandingkan  metode Ceramah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan tahun pembelajaran 2013/2014.  Kata Kunci: Menulis Surat Dinas, Puzzle, Hasil   Belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK HIKAYAT “KUCING DAN TIKUS” OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Elprida Br Ginting
Basastra Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i3.1458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share terhadap kemampuan menemukan unsur-unsur intrinsik dalam hikayat “kucing dan tiku”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 228 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang masing-masing kelas berjumlah 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Two Group Post Test Only Design yang dilakukan terhadap dua kelas, dimana satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dan satu kelas lagi sebagai kontrol yang diberikan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data diperoleh hasil di kelas eksperimen dengan rata-rata = 83,03 dan di kelas kontrol dengan rata-rata = 66,88. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% = 1,99, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 7,17> 1,99 maka hipotesis diterima yang membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menemukan unsur-unsur intrinsik hikayat “kucing dan tikus” siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.   Kata Kunci: model pembelajaran Think Pair and Share, hikayat
Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Tahun Pembelajaran 2013/2014 Desy Apriani Siregar
Basastra Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i3.1454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini berjumlah 105 siswa SMA Negeri 1 Kampung Rakyat. Sampel diambil secara random sampling (acak kelas), yaitu sebanyak 30 siswa kelas X-1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis puisi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Metode dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan tanpa perlakuan model Pembelajaran Examples Non Examples termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 68,1 sedangkan sesudah perlakuan model termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel atau 6,18 > 2,01 pada taraf signifikan ???? = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Kata Kunci: pengaruh, model Examples Non Examples, menulis puisi
Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta PTPN IV Bp. Mandoge Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2013/2014 Desy Arisani Sitorus
Basastra Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i3.1455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Media Audiovisual terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Swasta PTPN IV BP. Mandoge Kabupaten Asahan  tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta PTPN IV BP. Mandoge Kabupaten Asahan  , yang berjumlah 153 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis teks berita. Hasil rata- rata diperoleh setelah penerapan Media Audiovisual adalah 75,33. Sedangkan sebelum penerapan Media Audiovisual adalah 53. Penerapan Media Audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks berita, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t yaitu diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,614 > 2,018.Kata Kunci:  media audiovisual, kemampuan menulis, teks berita

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 3 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 13, No 2 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 2 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 13, No 1 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 1 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 12 No. 3 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 3 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue