cover
Contact Name
Findra Kartika Sari Dewi
Contact Email
findra.dewi@uajy.ac.id
Phone
+6289669292888
Journal Mail Official
jiaj@uajy.ac.id
Editorial Address
Prodi Informatika UAJY, Kampus 3, Jalan Babarsari Nomor 43, Sleman 55281
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Informatika Atma Jogja
ISSN : -     EISSN : 28285816     DOI : https://doi.org/10.24002/jiaj.v5i2.8852
Core Subject : Science,
We aim to share high-quality research in Informatics, providing valuable insights and innovations for academics, IT specialists, computer scientists, and industry practitioners. We strive to encourage a lively knowledge exchange within the global IT community. Jurnal Informatika Atma Jogja publishes original research articles and systematic reviews in Informatics. Informatics involves studying the design, development, and management of informatics systems and technologies to support organizational and societal goals. The journal covers a wide range of topics, including: Computational Science Graphics and Visualization Human-Computer Interaction Information Management Information Assurance and Security Platform-based Development Parallel and Distributed Computing Software Engineering
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei" : 10 Documents clear
Pembangunan Aplikasi Pembelajaran untuk Anak Berbasis Mobile Dino Alesandro; Thomas Adi Purnomo Sidhi; Findra Kartika Sari Dewi
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penggunaan smartphone saat ini sudah berkembang dengan pesat. Mulai dari orang dewasa sampai anak–anak sudah bisa menggunakan dan mengakses fitur–fitur yang terdapat di dalamnya. Mulai dari aplikasi media sosial, sampai game dapat diakses dengan mudah dari smartphone yang dimiliki. Dengan melihat fakta tersebut dikhawatirkan penggunaan smartphone yang berlebih terutama bagi anak–anak dapat mengganggu aktivitas belajar. Oleh karena itu diperlukan sebuah solusi yang efektif dalam mengatasi masalah tersebut. Maka, dengan memanfaatkan antusiasme anak–anak dalam menggunakan smartphone, aplikasi BeBe diharapkan dapat membantu anak–anak dalam belajar. Didalamnya terdapat berbagai materi dan kuis dalam bentuk puzzle untuk mengetes kemampuan anak. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu dalam pembelajaran dan meningkatkan minat belajar anak.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, aplikasi BeBe dapat membantu anak–anak dalam mempelajari berbagai materi serta dapat membantu dalam hal pembelajaran yang efektif. Kata Kunci: smartphone, BeBe, pembelajaran, puzzle
Pembangunan Robotic Process Automation pada Sistem AOL (Studi Kasus: Astra Credit Companies) Vinson Alvindi; Findra Kartika Sari Dewi; Eddy Julianto
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jiaj.v3i1.5733

Abstract

Abstrak. Pada era yang modern saat ini, banyak perusahaan yang bersaing dalam memanfaatkan teknologi-teknologi yang ada saat ini. Salah satu perusahaan yang mengandalkan teknologi dalam proses bisnisnya adalah perusahaan Astra Credit Companies (ACC). Perusahaan ACC merupakan perusahaan yang bekerja pada bidang pembiayaan mobil dan alat berat yang berada di Indonesia. Perusahaan ACC memiliki banyak proses-proses administrasi yang dilakukan dalam memberikan subsidi admin yang dijalankan pada sistem AOL pada bidang brand multiguna kepada customer dan sales yang dilakukan dengan waktu yang cukup lama dan bersifat repetitive. Permasalahan yang ada pada perusahaan ACC bisa diatasi dengan Robotic Process Automation (RPA) untuk mengotomatisasi proses tersebut dengan menggunakan robot. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi dari perusahaan ACC, membangun RPA merupakan solusi yang tepat dan dengan adanya RPA diharapkan dapat mempercepat dan tepat dalam menjalankan proses memberikan subsidi admin yang dibangun menggunakan tools RPA bernama UiPath. Pembangunan RPA pada sistem tersebut berhasil meningkatkan proses sebesar 2.8x (65.44%) lebih cepat dibandingkan dengan proses secara manual, dan meningkatkan proses 1.6x (38.29%) lebih cepat dibandingkan dengan proses RPA yang sudah ada.Kata Kunci: Robotic Process Automation, RPA, UiPath, Subsidi, Subsidi Admin
Pembangunan Sistem Informasi Komunitas Ikatan Dosen Katolik Indonesia Berbasis Website Arkin Eliezer Julijanto; Stephanie Pamela Adithama; Suryanti Ch.
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jiaj.v3i1.5901

Abstract

Abstrak. Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI) merupakan komunitas dosen Katolik yang hadir untuk menaungi dosen-dosen Katolik di seluruh Indonesia. Salah satu misi dari IKDKI adalah meningkatkan kualitas dosen sebagai pendidik profesional dan ilmuwan melalui penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi. Dengan semakin bertambahnya anggota dari berbagai provinsi, maka fungsi kepengurusan untuk melakukan pengawasan terhadap anggota menjadi semakin sulit. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, penulis membangun sistem informasi komunitas berbasis website dengan menggunakan framework Laravel sebagai backend dan framework React JS untuk tampilan pengguna. Sistem yang dibangun akan membantu mulai dari pendaftaran anggota, pengelolaan anggota, pencetakan kartu anggota serta pencatatan aktivitas tridharma perguruan tinggi. Sistem informasi komunitas IKDKI ini telah berhasil dibangun dan dapat memudahkan pengurus maupun anggota komunitas IKDKI dalam mewujudkan salah satu misi IKDKI. Sistem informasi komunitas IKDKI juga dinilai mudah digunakan oleh para pengguna. Dapat disimpulkan juga bahwa pengguna merasa puas dengan adanya sistem informasi komunitas IKDKI ini. Kata Kunci: Sistem Informasi, Komunitas, Website, Ikatan Dosen Katolik Indonesia
Pembangunan Sistem Informasi untuk Manajemen Produksi dan Penjualan Dila Damayanti; Yonathan Dri Handarkho; Patricia Ardarani
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jiaj.v3i1.5902

Abstract

Abstrak. Informasi memiliki peran besar dalam pengambilan keputusan pada sebuah perusahaan. Pengelolaan data pada perusahaan yang dilakukan secara konvensional menyebabkan informasi yang dihasilkan kurang maksimal. Karena itulah sistem informasi dibuat untuk mempermudah perusahaan dalam mengelola data-data penting. Penelitian ini berfokus pada pembuatan sebuah sistem informasi berbasis website untuk menangani pengelolaan data perusahaan. Selain itu, sistem juga dapat mendigitalisasi proses bisnis perusahaan pada bidang manajemen produksi sampai dengan penjualan. Sistem informasi ini berupa sebuah website yang dibanun dengan Laravel dan juga MySQL. Website yang dibangun akan menangani pengelolaan data, manajemen proses produksi, pembelian bahan baku, penjualan produk, dan juga pembuatan laporan pada CV Anugerah Tirta Alami. Kata Kunci: website, manajemen produksi, manajemen penjualan.
Pengujian Antarmuka Web Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta Menggunakan Usability Testing Nathaniel Jovian Suryono; Joseph Eric Samodra; Djoko Budiyanto Setyohadi
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jiaj.v3i1.5903

Abstract

Abstrak. UAJY memiliki fasilitas perpustakaan yang bisa digunakan oleh para mahasiswa. Perpustakaan UAJY juga memiliki web yang bisa diakses oleh mahasiswa secara online dengan alamat lib.uajy.ac.id. Perancangan tampilan antarmuka suatu web merupakan hal yang cukup penting dalam pengembangan suatu web untuk meningkatkan user experience. Hal tersebut dapat diukur salah satunya dengan melakukan pengujian usability. Pengujian usability dilakukan dengan menguji lima variabel usability menurut Jakob Nielsen yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dengan pertanyataan sebanyak 18 ke 30 orang responden. Pengukuran dilakukan menggunakan likert scale. Hasil yang didapat dari pengujian usability ini adalah web lib.uajy.ac.id memiliki tingkat usability yang “baik” dengan persentase sebesar 72,79%. Kelima variabel yang diuji mendapat hasil usability yang dikategorikan "baik". Selain itu penulis juga membuat rekomendasi perbaikan berupa prototype yang diharapkan bisa membantu pengembangan web lib.uajy.ac.id kedepannya.Kata Kunci: Perpustakaan, Usability, Antarmuka.
Perancangan Animasi 3D Tempat Wisata Pos Lintas Batas Negara antara Indonesia dan Papua Nugini Marvel Arkha Tania; Paulus Mudjihartono; Patricia Ardanari
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jiaj.v3i1.5904

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi telah menyebabkan dampak besar dalam arti positif, salah satu bidang yang terdampak yaitu bidang multimedia. Berkat berkembangnya teknologi, multimedia yang semula menggunakan media fisik untuk memberikan informasi sudah berganti menjadi media digital. Perkembangan teknologi juga berdampak pada berkembangnya jaringan internet, sehingga informasi yang dikirimkan melalui internet dapat diakses oleh masyarakat secara mudah dan efisien. Penggunaan multimedia seiring dengan perkembangan zaman dapat digunakan untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu tempat atau daerah, contohnya adalah penggunaan simulasi 3D mengenai tempat wisata yang berada di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw Jayapura, Papua. Simulasi 3D dapat memproyeksikan dengan baik dan jelas tentang gambaran dari bangunan dan objek wisata yang berada di PLBN. Berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan proses wawancara dan kuesioner mengenai penerapan animasi dalam bentuk simulasi 3D ini, diperoleh hasil bahwa 70% responden sudah merasa sesuai dengan mekanisme pada simulasi dan 60% responden sudah merasa cukup puas mengenai simulasi secara keseluruhan.Kata Kunci: Teknologi, Simulasi 3D, PLBN Skouw, Tempat Wisata.
Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran dan Pengelolaan Asisten Dosen Berbasis Web (Studi Kasus Program Studi Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta) Jordy Irawan Antono; B. Yudi Dwiandiyanta; Eduard Rusdianto
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jiaj.v3i1.5905

Abstract

Abstrak. Program studi Informatika UAJY melaksanakan kegiatan akademik secara teori dan pratikum. Untuk membantu kelancaran kegiatan belajar mengajar, dibutuhkan asisten dosen agar beban dosen dalam mengajar tidak terlalu besar. Saat ini dalam proses seleksi administrasi masih dilakukan secara manual, dengan cara kepala laboratorium dan dosen penguji melakukan pengelolaan dan pengecekkan terhadap data yang dimasukkan oleh mahasiswa melalui formulir online. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan kekeliruan dalam proses seleksi, serta memperlambat waktu pengumuman asisten dosen yang lolos pada tahap seleksi administrasi hingga penerimaan. Penelitian ini memberikan solusi berupa sistem informasi pendaftaran dan pengelolaan asisten dosen yang dapat digunakan untuk mengelola data dalam proses pendaftaran hingga penerimaan serta melakukan seleksi administrasi secara otomatis. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web yang dibangun menggunakan framework Laravel sebagai backend dan framework Vue Js sebagai frontend serta MySQL sebagai basis data. Sistem yang telah dikembangkan dapat mempermudah dalam proses rekrutmen asisten dosen pada program studi Informatika UAJY.Kata Kunci: Asisten Dosen, Rekrutmen, Seleksi, Sistem Informasi, Aplikasi Web
Penerapan Metode Logika Fuzzy Dalam Menentukan Jumlah Produksi Optimal Sampul Rapor Pada Percetakan Unika Grafika Dimas Yoshua Rama Kurniawan; Joseph Eric Samodra; Joanna Ardhyanti Mita Nugraha
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jiaj.v3i1.5906

Abstract

Abstrak. Indonesia memiliki sistem pendidikan yang menggunakan rapor sebagai laporan guru mengenai perolehan nilai siswa kepada orang tua. Dengan sistem pendidikan tersebut, memunculkan usaha percetakan sampul rapor di Kabupaten Klaten, salah satunya Percetakan Unika Grafika. Percetakan ini sering mengalami kendala dalam proses produksi untuk menentukan jumlah produksi optimal sampul rapor. Logika fuzzy metode Mamdani digunakan dalam penelitian ini untuk menyelesaikan permasalahan. Data yang diperoleh dari pemilik percetakan diolah secara perhitungan manual dan MatlabR2021a. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan banyaknya barang yang seharusnya diproduksi oleh Percetakan Unika Grafika. Penentuan jumlah produksi optimal sampul rapor menggunakan variabel permintaan, persediaan dan produksi. Pada metode Mamdani, untuk mendapatkan hasil diperlukan tahap-tahap: (a) Fuzzifikasi, (b) Aplikasi fungsi implikasi, (c) Komposisi aturan, (d) Defuzzifikasi dengan metode centroid. Dari hasil perhitungan menggunakan metode fuzzy Mamdani dengan data jumlah permintaannya adalah 1420 eksemplar dan jumlah persediaannya adalah 385 eksemplar, diperoleh jumlah produksi optimum adalah 3840 eksemplar.Kata Kunci: Permintaan, Persediaan, Produksi, Mamdani, Matlab.
Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Transaksi Bengkel Berbasis Desktop Kevin Septianto Waluyo; Suyoto; Joanna Ardhyanti Mita Nugraha
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jiaj.v3i1.5907

Abstract

Abstrak. Di era teknologi komputer dan informasi ini merancang suatu aplikasi berbasis desktop dapat dilakukan. Desktop merupakan Aplikasi yang dapat di jalankan di desktop menggunakan komputer maupun laptop pengguna. Aplikasi Desktop juga dapat digunakan untuk mengolah berbagai data agar data tersebut lebih mudah di akses untuk mendapatkan informasinya. Bengkel bernama Citras Jaya Service ini masih menggunakan kertas untuk mencatat berbagai data secara manual yang membuat pemilik dari bengkel kesusahan untuk mencari atau memeriksa data terutama data transaksi. Aplikasi pengolahan data berbasis desktop dapat membantu mengolah data penting bengkel dan mencetak laporan transaksi sekaligus mencari data penting bengkel lebih efektif dan efisien agar pemilik bengkel tidak kesusahan dalam mencari data. Hasil yang di dapat dari penelitian ini, aplikasi Citras Jaya Service yang berbasis desktop ini dapat mempermudah pengguna untuk mengelola data dan melakukan proses transaksi melalui aplikasi.Kata Kunci: Bengkel, Aplikasi, Desktop, Pengolahan Data.
Pengujian Content Management System – Quest Master Menggunakan Black Box Testing (Studi Kasus: Astra Credit Companies) Isaac Febryan Maranatha; Albertus Joko Santoso; Andi Wahju Rahardjo Emanuel
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - Mei
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jiaj.v3i1.5908

Abstract

Abstrak. Astra Credit Companies (ACC) adalah perusahaan pembiayaan untuk kendaraan umum maupun alat berat. ACC memiliki divisi IT yang saat ini sedang mengembangkan techno center. Quest Master dibangun sebagai wadah proyek untuk peserta bootcamp, magang, dan freelance. Quest Master merupakan proyek yang baru dibangun, maka pengujian diperlukan untuk memastikan sistem tersebut berjalan sesuai fungsionalnya. Metode pengujian sistem CMS Quest Master adalah black box testing dengan teknik equivalence partitioning. Pengujian dilakukan secara manual dan otomatis dengan bantuan tools Katalon. Pengujian berguna untuk menentukan keefektifan antara pengujian manual dan otomatis dari perbandingan waktunya serta fungsinya sudah berjalan sesuai fungsionalnya. Hasil pengujian secara manual dan otomatis menyatakan fungsi pada sistem CMS Quest Master berjalan sesuai fungsionalnya. Hal ini terbukti dengan hasil pengujian yaitu, 143 passes 0 failures dan rata-rata application readiness sebesar 100%. Tetapi terdapat perbedaan waktu dari kedua metode tersebut yang membuat pengujian otomatis lebih cepat 83.11% dari pengujian manual. Kata Kunci: Black Box Testing, Equivalence Partitioning, Pengujian Manual, Pengujian Otomatis, Katalon

Page 1 of 1 | Total Record : 10