cover
Contact Name
Andi Iting
Contact Email
staialgazalibone08@gmail.com
Phone
+6282345455677
Journal Mail Official
staialgazalibone08@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sungai Limboto, Kelurahan Ta', Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Euforia
Published by STAI Al-Gazali Bone
ISSN : -     EISSN : 30635136     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Euforia is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Euforia follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2024): Edisi Pebruari 2024" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK zhana, nurhasanah
Jurnal Euforia Vol. 1 No. 1 (2024): Edisi Pebruari 2024
Publisher : Prodi PIAUD STAI AL-GAZALI BONE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study discusses developing children's religious and moral values ​​through learning centers at TK IT Asshiddiq Kabupaten Bone. The purpose of this study was to describe the development of children's religious and moral values ​​through learning center models, knowing the center learning models and efforts to develop children's religious and moral values. To obtain data in this study, researchers used qualitative research methods, with descriptive analysis. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. Based on the results of the research conducted, it was concluded that learning center models were able to develop children's religious and moral values. The centers that are able to develop children's religious and moral values ​​in TK IT Asshiddiq Kabupaten Bone Regency are preparation centers, blocks centers, role-playing centers, natural materials centers and art centers besides the centers there are also habituation activities and methods methods to further optimize the development of children's religious and moral values.
EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK IDHATA I KELURAHAN TA KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE Rahmawati, Nur
Jurnal Euforia Vol. 1 No. 1 (2024): Edisi Pebruari 2024
Publisher : Prodi PIAUD STAI AL-GAZALI BONE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran anak usia dini di TK Idata I Kelurahan TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan analisis induktif meliputi pengumpulan data, kodefikasi topik dan kategori, pencarian pola. Teknik analisis data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran di TK Idata I Kelurahan TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, sebagai proses penetapan pengukuran dan penilaian terhadap pembelajaran dilakukan oleh guru yaitu untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap peserta didiknya, sesuai dengan perkembangan anak, dalam perkembangan pembelajaran guru menentukan karakteristik dari setiap anak dan menyiapkan alat evaluasi untuk menentukan nilai. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu (1) Merumuskan tujuan dilaksanakan evaluasi, dalam menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada anak untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, serta mengenal latar belakang anak yang berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar anak. (2) Menyiapkan alat atau teknik evaluasi, yaitu dengan pengamatan langsung kepada masing-masing anak dan melakukan pemberian tugas. (3) Menetapkan kriteria evaluasi, menetapkan aspek-aspek yang dievaluasi pada anak yaitu nilai moral dan agama, bahasa, kognitif, fisik motorik, sosial emosional, dan seni. (4) Mengumpulkan data, melakukan pengamatan kepada anak dalam pembelajaran. (5) Menentukan nilai, dengan membuat raport untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dalam implementasi evaluasi pembelajaran perlu sebagai umpan balik untuk guru yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program evaluasi selanjutnya.
PEMANFAATAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NATURALIS ANAK DI TAMAN KANAK - KANAK TENRISANNA DESA PAMMUSURENG KECAMATAN BONTOCANI KABUPATEN BONE Iting, Andi
Jurnal Euforia Vol. 1 No. 1 (2024): Edisi Pebruari 2024
Publisher : Prodi PIAUD STAI AL-GAZALI BONE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media bahan alam dalam meningkatkan kemampuan naturalis anak di Taman Kanak-kanak Tenrisanna Desa Pammusureng Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan naturalis anak di Taman Kanak-kanak Tenrisanna Desa Pammusureng Kecamatan Bontocani Kabupaten.Bone. Mendeskripsikan pemanfaatan media bahan alam dalam meningkatkan kemampuan naturalis anak di Taman Kanak-kanak Tenrisanna Desa Pammusureng Kecamatan Bontocani Kabupaten.Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Tenrisanna Desa Pammusureng Kecamatan Bontocani Kabupaten.Bone maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan naturalis anak di Taman Kanak-kanak Tenrisanna Desa Pammusureng Kecamatan Bontocani Kabupaten.Bone masih belem berkembang dengan optimal. Hal ini teramatai masih ada anak tidak mengenal jenis sayuran dan hewan akhirnya dapat mengenal dan membedakannya, masih ada anak yang membuang sampah bukan pada tempatnya. Pelaksanaan pemanfaatan media bahan alam dalam meningkatkan kemampuan naturalis anak di Taman Kanak-kanak Tenrisanna Desa Pammusureng Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone brjalan sesuai rencana di mana guru telah menyediakan media pembelajaran yang ditata di meja berdasarkan pembagian kelompok sesuai kegiatan yang akan dimainkan oleh peserta didik. Media bahan alam bersama dengan media lain tersedia di tiap meja kelompok main sesuai dengan kegiatan pembelajaran pada hari itu. Pada saat kegiatan pembelajarn berlangsung, peserta didik terlihat sangat antusias menggunakan beragam media bahan alam yang tersedia. Mereka memadukan media bahan alam dengan media yang tersedia dalam membuat berbagai karya yang sangat unik dan menarik yang menunjukkan berkembangnya kemampuan naturalis peserta didik.
PENGUATAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING surahman, salihibudaya
Jurnal Euforia Vol. 1 No. 1 (2024): Edisi Pebruari 2024
Publisher : Prodi PIAUD STAI AL-GAZALI BONE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan PAUD bukan hanya agar anak lebih siap belajar di tingkat sekolah dasar tetapi agar anak mendapatkan rangsangan intelektual, sosial, dan emosional sesuai dengan tingkat usianya. Keberadaan Bimbingan dan Konseling di Era Pendidikan sangat diperlukan karena banyak perilaku bermasalah yang muncul pada diri peserta didik ketika sudah dewasa yang disebabkan oleh masa kanak-kanaknya yang lalu. Tujuan utama diadakannya bimbingan dan konseling di PAUD adalah untuk mengantisipasi atau melakukan tindakan preventif terhadap munculnya perilaku bermasalah. Kata kunci: karakter anak usia dini, bimbingan dan konseling.
MENANAMKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SEJAK USIA DINI DI ERA MEA Rusydu, Muhammad
Jurnal Euforia Vol. 1 No. 1 (2024): Edisi Pebruari 2024
Publisher : Prodi PIAUD STAI AL-GAZALI BONE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini dimaksudkan untuk menjelaskan bagaimana cara menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Penelitian penelitian yang dilakukan pada anak usia dini menunjukkan pentingnya mengembangkan dan mengenalkan berbagai hal sejak usia dini termasuk kewirausahaan agar di usia selanjutnya jiwa kewirausahaan yang sudah ditanam sejak usia dini berkembang dengan baik dan melahirkan pencipta lapangan-lapangan kerja di masa depan yang mandiri, kreatif, berjiwa pemimpin, dan pekerja keras.

Page 1 of 1 | Total Record : 5