cover
Contact Name
Dedek Helida Pitra
Contact Email
jurnal.kalisa@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.kalisa@gmail.com
Editorial Address
Jl.H. A. Manap Lrg. Doa No.1, RT.006 RW.002, Kel.Sungai Kerjan, Kec.Bungo Dani, Kab.Bungo, Jambi, Indonesia
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
Kalisa
ISSN : -     EISSN : 31098940     DOI : https://doi.org/10.63461
Core Subject : Education, Social,
KALISA merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk meninjau dan mencatat perkembangan utama dalam bidang literasi kewarganegaraan yang berpotensi memengaruhi arah dan dinamika kehidupan masyarakat di masa depan. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmiah interdisipliner yang mencakup aspek pendidikan, sosial-ekonomi, politik, muatan lokal, serta kebijakan terkait studi kewarganegaraan digital. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian orisinal guna mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, menjadi sumber referensi, serta sarana pengajaran lanjutan bagi mahasiswa, peneliti, akademisi, dan praktisi. Kehadiran jurnal ini juga ditujukan untuk menjawab kebutuhan yang terus meningkat terhadap kajian literasi kewarganegaraan oleh kalangan profesional, pendidik, pembuat kebijakan, dan penggiat literasi yang memiliki perhatian terhadap isu-isu kewarganegaraan dalam berbagai konteks lokal, nasional, dan global.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2025): Mei" : 5 Documents clear
Makna Tradisi Angkat Bapak Dalam Persiapan Pernikahan Di Kabupaten Bungo Kurniadi, Muhammad Dwi
Master Kajian Literasi Kewarganegaraan Vol. 1 No. 1 (2025): Mei
Publisher : CV. Master Literasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63461/kalisa.v11.11

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu adat persiapan dalam pernikahan yang ada di Muara bungo, Penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data diskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun bentuk penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan suatu obyek yang berkenaan dengan masalah yang diteliti tanpa mempersoalkan hubungan antar variabel penelitian. Deskriptif yaitu ucapan atau tulisan, dan perilaku yang dapat diamati dari subjek budaya itu sendiri. Untuk memahami dan juga menganalisis fenomena pernikahan masyarakat kabupaten bungo khususnya dalam prosesi persiapan pernikahan salah satu makna yang dicari adalah “angkat bapak”. Artikel ini ditulis secara subjektif dari hasil observasi, wawancara dan studi literasi yang dilakukan pada masyarakat muara bungo. Angkat bapak merupakan sebuah tradisi adat yang dilakukan masyarakat kabupaten bungo jika ada seorang lelaki dari luar daerah bungo yang datang untuk meminang seorang anak gadis yang berasal dari daerah muara bungo. Nilai-nilai yang terdapat dalam angkat bapak ini  antara lain nilai sosial, nilai religius, serta nilai budaya lokal. Dengan dikenalkannya tradisi angkat bapak dalam persiapan pernikahan di muara bungo, dapat membuat masyarakat luas mengetahui tentang tradisi yang ada disalah satu kabupaten di provinsi jambi.  
Pemanfaatan Chat GPT (Generative Pre-Training Transformer) untuk Meningkatkan Ide Kreatif Guru PPKn Aprinaldo, Aprinaldo; Pitra, Dedek Helida
Master Kajian Literasi Kewarganegaraan Vol. 1 No. 1 (2025): Mei
Publisher : CV. Master Literasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63461/kalisa.v11.18

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan membuka peluang besar bagi peningkatan mutu pembelajaran. Salah satu inovasi yang menonjol adalah ChatGPT (Generative Pretrained Transformer), yaitu model kecerdasan buatan (AI) yang mampu menghasilkan teks berkualitas tinggi menyerupai tulisan manusia. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pemanfaatan ChatGPT dalam konteks pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kreativitas guru pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). ChatGPT dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek pembelajaran, antara lain sebagai sumber pencarian bahan ajar, penyedia materi pembelajaran yang relevan, perancang soal evaluasi, serta alat bantu dalam menyusun rencana pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan siswa. Namun, implementasinya tidak terlepas dari tantangan, seperti kekhawatiran terhadap keaslian informasi yang dihasilkan dan keterbatasan dalam penyajian konten yang sesuai dengan kurikulum PPKn. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan yang seimbang dalam integrasi teknologi ini, termasuk pemberian pelatihan dan pendampingan kepada guru agar mampu menggunakan ChatGPT secara efektif, etis, dan bertanggung jawab. Penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran PPKn berpotensi mendorong inovasi pembelajaran dan memperkaya pengalaman belajar peserta didik
Internalisasi Nilai-Nilai Adat Melayu Jambi Dalam Pendidikan Karakter: Studi Lapangan Di Desa Sungai Kerjan Pratiwi, Chinta; Kinanti, Intan Karunia; Nurlita, Resa; Putri, Yulia Vermassyah
Master Kajian Literasi Kewarganegaraan Vol. 1 No. 1 (2025): Mei
Publisher : CV. Master Literasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63461/kalisa.v11.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran nilai-nilai adat Melayu Jambi dalam membentuk pendidikan karakter masyarakat Desa Sungai Kerjan, Kabupaten Bungo. Adat istiadat di daerah ini masih dijunjung tinggi dan berfungsi sebagai pedoman hidup yang mencerminkan nilai-nilai sosial, moral, dan spiritual. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, serta dianalisis untuk mengetahui bentuk peranan adat, tantangan pelestariannya, dan integrasinya dalam pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adat hanya menjadi identitas budaya, tetapi juga instrumen pendidikan karakter yang menanamkan nilai religius, tanggung jawab, gotong royong, dan toleransi. Namun, tantangan modernisasi dan minimnya minat generasi muda menjadi hambatan utama dalam pelestariannya. Oleh karena itu, kolaborasi antara sekolah dan tokoh adat sangat penting untuk menginternalisasi nilai adat dalam kehidupan generasi muda
Revitalisasi Fungsi Adat Di Era Modern: Studi Tokoh Adat Desa Pasar Lubuk Landai, Kabupaten Bungo Laras, Laras Aprillia; Widianti , Hanifa; Mutia, Leka
Master Kajian Literasi Kewarganegaraan Vol. 1 No. 1 (2025): Mei
Publisher : CV. Master Literasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63461/kalisa.v11.30

Abstract

Penelitian ini membahas peranan adat dalam kehidupan masyarakat Desa Pasar Lubuk Landai, khususnya di Desa Pasar Lubuk Landai. Melalui wawancara dengan tokoh adat, studi ini menggali pemahaman mendalam mengenai fungsi adat sebagai pedoman hidup, penyelesai konflik, dan pengikat solidaritas sosial. Tantangan yang dihadapi dalam pelestarian adat akibat modernisasi dan globalisasi diidentifikasi, serta strategi revitalisasi yang diusulkan untuk menanamkan nilai-nilai adat pada generasi muda. Hasil penelitian diharapkan memberikan kontribusi pada pemahaman tentang pelestarian kearifan lokal dan dapat menjadi masukan bagi pembuat kebijakan dalam merancang strategi kebudayaan yang mendukung komunitas adat.
Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Sekolah Dasar melalui Program “Jejak Kebaikan Sang Teladan” Trisnawati, Dessy; Malik, Dien Nurmarina
Master Kajian Literasi Kewarganegaraan Vol. 1 No. 1 (2025): Mei
Publisher : CV. Master Literasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63461/kalisa.v11.40

Abstract

Pembentukan karakter Islami sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam pendidikan dasar, khususnya di sekolah Muhammadiyah yang berbasis nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Namun, implementasi pendidikan AIK masih banyak berfokus pada aspek kognitif sehingga kurang menyentuh sisi afektif dan praktik nyata. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan program “Jejak Kebaikan Sang Teladan” sebagai upaya kontekstual dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami di sekolah dasar. Program ini mengintegrasikan kegiatan tematik mingguan, buku catatan aksi kebaikan harian, mentoring antar siswa, serta pengenalan tokoh-tokoh teladan Muhammadiyah. Setiap aktivitas dirancang untuk melatih siswa secara langsung dalam praktik kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Program juga melibatkan guru, orang tua, dan lingkungan sekolah secara kolaboratif. Hasil yang diharapkan dari penerapan program ini adalah terbentuknya budaya sekolah yang Islami, siswa yang berakhlak mulia, dan peningkatan pemahaman nilai AIK secara menyeluruh dan menyenangkan. Program ini dapat menjadi model penguatan pendidikan karakter berbasis nilai keislaman yang dapat direplikasi di berbagai jenjang pendidikan dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5