cover
Contact Name
Muhammad Karim
Contact Email
aksiomauntad@gmail.com
Phone
+6282397598648
Journal Mail Official
aksiomauntad@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM. 9, Tondo, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
AKSIOMA
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 14124505     EISSN : 27459241     DOI : https://doi.org/10.22487/aksioma.v14i1
Core Subject : Education,
Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: 1. Mathematics Education 2. School Mathematics 3. Development of mathematics learning
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2014)" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII SMPN 9 PALU I Ketut Eva Yansen
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.29

Abstract

Abstrak: Masalah pada penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear satu variabel. Hal ini disebabkan antara lain siswa kurang terlibat aktif baik untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti ataupun menjawab pertanyaan dari guru, kebanyakkan siswa segan atau malu-malu bertanya pada guru, mereka cenderung lebih senang bertanya pada temannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together yang dapat meningkat­kan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 9 Palu pada pertidaksamaan linear satu variabel. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran. Adapun fase-fase pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, yaitu (1) menyampaika­n­ tujuan dan memotivasi siswa, (2) menyajikan informasi, (3) penomoran, (4)­­ mengajukan pertanyaan/permasalahan, (5) berpikir bersama, (6) menjawab (evaluasi), dan (7) memberikan penghargaan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together; Hasil Belajar; Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN BENTUK ALJABAR DI SMP ALKHAIRAAT 1 PALU Fatmawati
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.32

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pem­belajaran langsung yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada perkalian bentuk aljabar. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengacuh pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian bentuk aljabar adalah, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran langsung, yakni: (1) guru menyampai­kan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) guru membahas kembali materi prasyarat dan menyajikan materi kepada seluruh siswa mengenai materi melalui media papan tulis dengan menggunakan metode demonstrasi, (3) guru membimbing pelatihan dengan membentuk kelompok belajar dan mem­bagikan LKS, (4) guru mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk mem­presentasikan hasil pekerjaan kelompok mereka didepan kelas, dan (5) guru memberikan soal latihan kepada siswa yang dikerjakan secara individu tanpa dibimbing oleh guru. Kata kunci: Pembelajaran Langsung; Hasil Belajar; Perkalian Bentuk Aljabar
IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SOAL CERITA TENTANG HIMPUNAN Muhammad Subryanto
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.33

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang implementasi pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap soal cerita tentang himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan (PMR) yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi soal cerita tentang himpunan adalah dengan mengikuti langkah-langkah pendekatan PMR yaitu: (1) memahami masalah kontekstual, (2) menyelesaikan masalah, (3) mem­bandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan (4) menarik kesimpulan. Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik; Pemahaman; Soal Cerita; Himpunan
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENENTUKAN AKAR-AKAR RASIONAL SUKUBANYAK DI KELAS XI IPA SMA GKST IMANUEL PALU Dwi Putra Imanuel
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.34

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh deskripsi pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran langsung dalam upaya menigkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan akar-akar rasional sukubanyak di kelas XI IPA SMA GKST Imanuel Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI IPA SMA GKST Imanuel Palu maka pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan akar-akar rasional sukubanyak, yaitu: (1) fase orientasi, (2) fase presentase/demonstrasi, (3) fase latihan terstruktur, (4) fase latihan terbimbing, (5) fase latihan mandiri. Kata kunci: Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Akar-akar Rasional Sukubanyak.
PROFIL TEKNIK GURU MENGAJARKAN SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, TABUNG, DAN BOLA PADA SISWA KELAS IV TUNANETRA DI SDLB ABCD MUHAMMADIYAH PALU Luppi Risaldi; Jaeng , Maxinus; Bennu, Sudarman
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.35

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil teknik guru mengajarkan sifat-sifat kubus, balok, tabung, dan bola pada siswa kelas IV tunanetra di SDLB ABCD Muhammadiyah Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh hasil penelitian, digunakan empat teknik pengumpulan data, yaitu rekaman video, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengajarkan sifat-sifat kubus, balok, tabung, dan bola, guru menerapkan tiga teknik pembelajaran yang terdiri dari; (1) teknik analogi, yaitu guru mengajarkan sifat-sifat kubus, balok, tabung, dan bola dengan menggunakan alat peraga berupa model bangun ruang dari masing-masing bangun ruang yang akan diajarkan. Guru mengajarkan titik sudut kubus dan balok dengan menganalogikan titik sudut sebagai bentuk yang runcing dan rusuk sebagai garis. (2) teknik aturan, yaitu terlebih dahulu guru menyampaikan sifat-sifat kubus, balok, tabung, dan bola, kemudian diucapkan kembali oleh siswa sesuai dengan yang telah disampaikan oleh guru. (3) teknik keterlibatan, yaitu guru melibatkan semua siswa untuk ikut meraba alat peraga dari masing-masing bangun ruang yang diajarkan, dan ikut membilang banyak titik sudut, sisi, dan rusuk pada alat peraga kubus dan balok. Kata kunci: profil, tunanetra, sifat-sifat kubus, balok, tabung, bola.
PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS DI SMP NEGERI 19 PALU Pujiati Sari; Bennu, Sudarman; Mallo, Bakri
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.37

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh deskripsi penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume limas di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume limas mengikuti langkah-langkah yaitu (1) perumusan masalah, (2) pemrosesan data, (3) penyusunan dugaan sementara (konjektur), (4) pemeriksaan dugaan sementara (konjektur), (5) penarikan kesimpulan, (6) penerapan konsep. Kata Kunci: Penemuan Terbimbing; Hasil Belajar; Luas Permukaan dan Volume Limas
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI LUAS DAERAH SEGITIGA DI KELAS VII MTs NEGERI PALU SELATAN Putri Nurmadinah
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.39

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah segitiga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitan mengacu pada desain penelitian Kemmis and Mc Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah segitiga di Kelas VII MTs Negeri Palu Selatan, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif, yaitu: 1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, 2) penyajian informasi, 3) pengorganisasian kelompok, 4) membimbing kelompok belajar dan bekerja, 5) evaluasi, dan 6) pemberian penghargaan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Pemahaman; dan Luas daerah segitiga
PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SD AL-KHAIRAAT 1 PALU PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN BERBEDA PENYEBUT Gani , Fitriani A.
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.40

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan Teori Bruner yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Al-Khairaat 1 Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berbeda penyebut.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas VA SD Al-Khairat 1 Palu terdapat peningkatan yang cukup signifikan dari tes awal ke tindakan siklus I serta ke tindakan siklus II.Setelah diterapkan teori Bruner melalui 3 tahap, yaitu: (1) enaktif, (2) ikonik dan (3) simbolik. Kata Kunci: Penerapan teori Bruner; Hasil Belajar, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Beda Penyebut.
ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 DOLO DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS I Gede Sumadiasa
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.41

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: (1) deskripsi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 5 Dolo dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas dan (2) deskripsi faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas yaitu kesalahan konseptual dan prosedural. Kesalahan konseptual berupa: (1) siswa menganggap tinggi sisi tegak dan rusuk tegak limas sebagai tinggi limas, (2) siswa tidak menggunakan simbol-simbol pada gambar untuk menyelesaikan soal, dan (3) siswa melakukan kesalahan operasi hitung penjumlahan. Kesalahan prosedural berupa: (1) siswa tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan oleh soal, (2) tidak menuliskan rumus volume limas, dan (3) tidak menuliskan satuan luas. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas, yaitu: (1) kurang teliti menyelesaikan soal, (2) kurang terampil menyelesaikan soal, (3) kurang memahami konsep luas permukaan dan volume limas, (4) kurangnya pengetahuan prasyarat, (5) kondisi lingkungan yang rawan konflik, dan (6) media pembelajaran yang kurang mendukung. Kata kunci : Analisis Kesalahan; Luas Permukaan dan Volume Limas.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 13 PALU Melyawati
Aksioma Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v3i2.42

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatiftipeThink Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Desain penelitian mengacuh pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi.Fase-fase TPS yaitu (1) penyajian materi, (2) berpikir bersama, (3) transisi ke pasangan / tim, (4) monitoring, (5) berbagi jawaban, (6) evaluasi, (7) penghargaan.Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci: Model PembelajaranKooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar,Operasi Hitung Bentuk Aljabar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10