cover
Contact Name
-
Contact Email
islamicelementaryschool@iairm-ngabar.ac.id
Phone
+6281805793998
Journal Mail Official
iflahathul.chasanah10@gmail.com
Editorial Address
jl. Sunan Kalijaga dusun 1 ngabar siman ponorogo
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 28095537     EISSN : 28095499     DOI : 10.55380
Core Subject : Religion,
Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, Fiqh, Aqidah Akhlak, SKI, PKN)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022)" : 4 Documents clear
Perkembangan Anak Usia Dasar Dalam perspektif Islam Melalui Keluarga: Perkembangan Anak Usia Dasar Dalam perspektif Islam Melalui Keluarga Pratiwi Husain , Alma
Islamic Elementary School (IES) Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/ies.v2i1.270

Abstract

Growth and development in humans are, in a process, always related but have different meanings. Growth is related to changes that can be measured, whereas development is the more perfect the systems work in the body. Islam discusses various forms of study that concern all phenomena of human life, one of which is related to children in their growth and development. The formulation of the problem in this study is focused on the growth and development of elementary age children in an Islamic perspective. This study uses a qualitative approach with library research methods. The results of the study describe the related concepts of basic age children, children in an Islamic perspective, basic age child development, child development in an Islamic perspective, family parenting in child development, family education patterns in an Islamic perspective. Parenting patterns in the family can affect the child's development. So that providing the correct initial parenting style is needed, one of which is by providing a planned education pattern. Parenting patterns and children's education patterns must run dynamically in accordance with the development of children's lives, especially at elementary age
STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KEAGAMAAN MELALUI INOVASI PERMAINAN ESTAFET DI TPA AL-AMIN DESA PELANG KIDUL : STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KEAGAMAAN MELALUI INOVASI PERMAINAN ESTAFET DI TPA AL-AMIN DESA PELANG KIDUL manik, lia
Islamic Elementary School (IES) Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/ies.v2i1.271

Abstract

Mulai akhir 2019 sampai dengan tahun 2021 indonesia dan dunia sedang dilanda wabah Covid-19. Wabah tersebut memberikan dampak diberbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan keagamaan di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Pembelajaran di taman pendidikan al-qur’an banyak liburnya karena harus mematuhi peraturan dari pemerintah. Namun sekalinya ada kegiatan pembelajaran kembali sedikit sekali santriwan-santriwati yang datang melakukan pembelajaran. Ustadzah TPA Al-Amin didesa Pelang Kidul berusaha melakukan peningkatan dengan mengajak santriwan-santriwati untuk datang ke TPA. Saat tim pengabdian masyarakat datang kedesa Pelang Kidul, ustadzah masih berusaha meningkatkan. Namun setelah adanya tim pengabdian masyarakat mulai ada peningkatan dari santriwan-santriwati. Tim pengabdian masyarakat meningkatkan santriwan-santriwati dengan melakukan pembelajaran keagamaan melalui inovasi permainan estafet. Selain melakukan dengan permainan estafet tim pengabdian juga melakukan pembelajaran lainnya yang berhubungan pembelajaran keagamaan yang belum ada di TPA Al-Amin. TIm pengabdian masyarakat melakukan pendekatan meningkatkann minat belajar keagamaan melalui inovasi permainan estafet di TPA Al-Amin menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD). Selama proses pengabdian masyarakat adanya peningkatan santriwan-santriwati yang datang ke TPA Al-Amin di Desa Pelang Kidul untuk mengaji dan melakukan pembelajaran keagamaan.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA SD: PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA SD Qurrota A'Yun, Neny
Islamic Elementary School (IES) Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/ies.v2i1.277

Abstract

Pencemaran dan kerusakan lingkungan di muka bumi telah menjadi suatu hal yang menakutkan terhadap keberlanjutan kehidupan manusia. Lingkungan sendiri yang semestinya menjadi salah satu sumber kenikmatan dalam kehidupan, alih-alih kini telah menjadi sumber kegelisahan dan kecemasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memaparkan perencanaan pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data dengan tiga cara yaitu: kepercayaan (kredibilitas), kebergantungan (dependabilitas), dan kepastian (konfirmabilitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan hidup di SDN Ketawanggede Kota Malang dan SD Plus Al-Kautsar Malang yaitu adanya budaya/pembiasaan dan penanaman karakter dari siswa melalui rasa peduli terhadap lingkungan pada pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan hidup yang diterapkan. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran tematik yang terintegrasi dengan Pendidikan Lingkungan Hidup yang terdapat di tahap perencanaan, Dengan adanya penelitian ini untuk meninjau dalam pengawsan serta penyuluhan dari kepala sekolah kepada seluruh warga sekolah terkait pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan hidup, membentuk karakter siswa untuk peduli terhadap lingkungan dan membantu mengajarkan kepada siswa untuk peka dan peduli terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan, serta tetap mengajarkan kepada siswa siswinya agar selalu melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekolah maupun lingkungan tempat tinggal dan menjadi referensi terkait pembelajaran berbasis lingkungan hidup serta dapat melahirkan inovasi-inovasi baru terkait lingkungan hidup.
PERAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK DI USIA “GOLDEN AGE” Bintang, Zakaria
Islamic Elementary School (IES) Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/ies.v2i1.279

Abstract

Kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa inggris sangat dibutuhkan seiring dalam perkembangan sebuah negara dalam mengarungi perubahan zaman yang sangat cepat dampak kemajuan teknologi. Oleh karena itu Pendidikan Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa Internasional harus diperkenalkan sedini mungkin di Indonesia. Pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris sangat ideal diberikan semenjak anak menginjak umur 7 sampai 12 tahun. Ini merupakan era Golden Age bagi anak. Pada usia ini merupakan periode emas anak belajar bahasa. Namun, pada perkembangannya, anak di usia tersebut masih memiliki egosentris yang tinggi, belum mengerti hal-hal yang abstrak, masih memahami simbol-simbol dan masih dalam tahap berpikir pralogis. Oleh sebab itu, English for young learner membutuhkan metode yang tepat dalam pengajarannya. Hal tersebut membutuhkan pemahaman dari guru dalam memahami tahap-tahap perkembangan disesuaikan dengan kebutuhan materi bahasa inggris yang tepat untuk diajarkan kepada anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 4