cover
Contact Name
Sulistiyanto
Contact Email
sulistiyanto@polsri.ac.id
Phone
+628117888339
Journal Mail Official
jasisfo@polsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Sungai Sahang Lorong Pakjo Palembang Sumatera Selatan
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO)
ISSN : 27211614     EISSN : 27223418     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo
Core Subject : Science,
JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) merupakan Jurnal dalam bidang Sistem Informasi yang dikelola oleh Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya dengan bidang fokus pada Information System, E-Business, Data Warehouse, Data Mining, Accounting Information System, Supply Chain Management System, Industrial Information System, Business Intelligence, Smart Information System, Decision Support System, Expert System, dan keilmuan yang relevan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): September 2021" : 4 Documents clear
CASE BASED REASONING UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANAK MENGGUNAKAN METODE BLOCK CITY Mage, Marnon Yolinda Chrisma; Rony Sina, Derwin; Widiastuti, Tiwuk
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 2 No. 2 (2021): September 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode Case Based Reasoning (CBR) adalah salah satu metode untuk membangun sebuah sistem yang bekerja dengan cara mendiagnosa kasus baru berdasarkan kasus lama yang pernah terjadi dan memberikan solusi pada kasus baru berdasarkan pada kasus lama yang memiliki nilai kemiripan tertinggi. Pada penelitian ini, penulis menerapkan CBR untuk mendiagnosis penyakit penyakit anak usia 1-12 tahun. Sumber pengetahuan sistem diperoleh dengan mengumpulkan berkas rekam medis pasien pada tahun 2014 dan 2015. Perhitungan nilai kemiripan menggunakan metode Block City fungsi Gower dengan nilai batas kewajaran adalah 70%. Sistem ini dapat mendiagnosis 10 penyakit berdasarkan 48 gejala yang ada. Keluaran sistem berupa penyakit yang dialami oleh pasien berdasarkan gejala yang diinputkan oleh tenaga medis non dokter, solusi penanganan dan presentasi kemiripan dengan kasus terdahulu untuk menunjukan tingkat kebenaran hasil diagnosis. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan 83 kasus baru didapatkan keakuratan sistem sebesar 75,90%.
Penentuan Masyarakat Miskin Penerima Zakat Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor Agung Firdaus, Buchory
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 2 No. 2 (2021): September 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah sosial yang disebabkan karena faktor ekonomi. Sebuah masyarakat dikatakan miskin jika pendapatan masyarakat tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti pangan, pakaian, dan tempat tinggal. Kemisikinan juga merupakan masalah serius yang dihadapi pemerintah Indonesia selama puluhan tahun khususnya pemerintah Kabupaten Sukabumi, bahkan menurut Badan Pusat Statistik, angka kemiskinan di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2020 sebanyak 175,10 ribu jiwa. Salah satu upaya untuk membantu mengatasi kemiskinan di Kabupaten Sukabumi khususnya Kecamatan Surade adalah dengan pemberian zakat kepada masyarakat miskin, metode yang digunakan yaitu metode klasifikasi menggunakan algoritma k-nearest neighbor, bertujuan untuk dapat mengklasifikasikan penentuan masyarakat miskin di Kecamatan Surade agar penerima zakat benar-benar orang yang miskin dan berhak mendapatkan zakat menurut syarat wajib mendapatkan zakat.
IMPLEMENTASI METODE TREND MOMENT PADA PREDIKSI TREN PENJUALAN SEPATU DI TOKO GARAGESHOESSMI KOTA SUKABUMI: Jurnal ichsanudin taniansyah, doni; Rizal Setiawan, Iwan
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 2 No. 2 (2021): September 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Jual beli adalah suatu kegiatan yang hampir dilakukan oleh semua orang pada zaman sekarang dimana jual beli dilakukan dengan cara menukar barang yang konsumen inginkan dengan uang tunai sebagai alat transaksinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prediksi trend penjualan sepatu di toko garageshoessmi untuk dapat mengetahui apakah penjualan barang yang akan datang apakah akan bertambah atau berkurang. Prediksi penjualan sepatu ini dihitung menggunakan metode trend momnet, dimana metode trend moment ini dapat melakukan prediksi dengan cara menghitung data penjualan dari periode sebelumnya agar dapat mengetahui hasil penjualan diperiode yang akan datang. Kelebihan dari metode trend moment ini yaitu sangatlah mudah untuk di aplikasikan pada prediksi penjualan kemudia metode ini juga sangatlah mudah cara perhitungannya sangat kompleks, sangat efisien dan mudah dipahami oleh semua orang. Hasil yang diharapkan pada prediksi penjualan sepatu menggunakan metode trend moment ini yaitu sistem dapat digunakan oleh pemilik toko garageshoessmi untuk merencanakan penjualan di periode yang akan datang supaya tidak terjadinya penumpukan stok barang ataupun kekurangan stok barang yang akan dijual dan memudahkan pemilik toko dalam mengetahui penjualan di periode yang akan datang.
SISTEM PENILAIAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK TINGKAT FAKULTAS MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) PADA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SUMATERA SELATAN Teisnajaya, Usep
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 2 No. 2 (2021): September 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan sebuah kegiatan yang seharusnya dilakukan secara berkalauntuk mengetahui berapa tingkat pelayanan yang telah kita berikan. Jika pelayanan buruk maka kita wajib untuk dapat meningkatkan pelayanan. Beberapa pelayanan yang diberikan disalah satu Perguruan Tinggi adalah pelayanan keuangan, pelayanan akademik, pelayanan perpustakaan dan pelayanan lainnya. Pada penelitian kali ini akan berfokus kepada pelayanan akademik pada sebuah Universitas Swasta. Untuk mengukur penilaian kepuasan sistem informasi yang ada, maka metode yang digunakan adalah metode service quality (SERVQUAL). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, meliputi reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles). kualitas pelayanan merupakan segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh lembaga guna memenuhi harapan mahasiswa. Pelayanan sebagai jasa atau service yang disampaikan oleh pemilik jasa yang berupa kemudahan, kecepatan, hubungan, kemampuan dan keramah-tamahan yang ditujukan melalui sikap dan sifat dalam memberikan pelayanan untuk kepuasan mahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 4