cover
Contact Name
Sulistiyanto
Contact Email
sulistiyanto@polsri.ac.id
Phone
+628117888339
Journal Mail Official
jasisfo@polsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Sungai Sahang Lorong Pakjo Palembang Sumatera Selatan
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO)
ISSN : 27211614     EISSN : 27223418     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo
Core Subject : Science,
JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) merupakan Jurnal dalam bidang Sistem Informasi yang dikelola oleh Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya dengan bidang fokus pada Information System, E-Business, Data Warehouse, Data Mining, Accounting Information System, Supply Chain Management System, Industrial Information System, Business Intelligence, Smart Information System, Decision Support System, Expert System, dan keilmuan yang relevan.
Articles 48 Documents
METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) BERBASIS WEB PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KOMISI UNTUK SALESMAN PT. BANDAR TRISULA PALEMBANG Lestari, Ayu Triyuni; Novita, Nita; Widiastuti, Tiwuk
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 1 (2020): JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) terbitan Maret 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemberian komisi merupakan salah satu metode yang banyak digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada pekerja yang selama ini memiliki kinerja yang di anggap memuaskan bagi perusahaan. Begitu juga dengan PT. Bandar Trisula yang memberikan penghargaan atas kinerja sales selama ini. Sistem Pendukung Keputusan adalah bentuk pemilihan dari berbagai alternatif tindakan yang dipilih proses melalui mekanisme tertentu, dengan harapan akan menghasilkan sebuah keputusan yang terbaik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perusahaan tersebut untuk pemberian komisi salesman sudah terkomputerisasi dengan menggunakan Microsoft Excel.  Penulis berusaha mengembangkan sistem pemberian komisi yang ada di PT. Bandar Trisula dengan memanfaatkan teknologi internet yaitu berbasis website dan menggunakan  metode Multi-Attribute Utility Theory(MAUT).
SISTEM INFORMASI PEMETAAN POTENSI RAWAN BENCANA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH PROVINSI SUMATERA SELATAN Sumaja, Yulia; Meileni, Hetty; Yuliana, Kenti
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 1 (2020): JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) terbitan Maret 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatra Selatan adalah sebagai unsur pelaksana Pemerintah Provinsi di bidang Penanggulangan Bencana, mengemban tugas dan tanggung jawab mewujudkan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh. Karena Provinsi Sumatera Selatan mempunyai banyak potensi bencana alam maka dibuat aplikasi Sistem Informasi Potensi Rawan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Yang  dibangun dengan berbasis Android untuk mempermudah pengguna aplikasi dalam melaporkan bencana yang ada disekitaran masyarakat, Sistem informasi ini menggunakan metode RUP (Rational unifed process)yang terdiri dari inseption, Elaboration , Construction , Transitiondari aplikasi yang akan dibuat semoga dapat membantu masyarakat melaporkan potensi bencana dan bencana yang telah terjadi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sehingga dapat di tanggapi dan tindakan metigasi bencana secara cepat.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DI KECAMATAN ILIR BARAT II PALEMBANG Ninditama, Ilsa Palingga; Robinson, Robinson; Widji, Theresia
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 1 (2020): JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) terbitan Maret 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecamatan Ilir Barat II adalah salah satu kecamatan di Kota Palembang yang memiliki tujuh Kelurahan dengan jumlah Kepala Keluarga 16.116 KK, 52 RW serta 206 RT. Dengan jumlah penduduk yang meningkat dan angka kemiskinan yang tinggi, pemerintah Indonesia menggagas suatu program yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Saat ini, pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Ilir Barat II Palembang masih menggunakan cara konvensional yang menyebabkan petugas penyeleksi membutuhkan waktu yang panjang dalam mengolah data.Sistem Pendukung Keputusan dalam penentuan Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dengan menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)merupakan sistem yang dibangun untuk membantu dalam pemilihan penerima PKH dengan perhitungan yang akurat. Warga dapat melihat hasil seleksi penerima PKH dan admin menentukan kriteria pada sistem, petugas mengolah data calon penerima PKH dan mencetak laporan. Adapun metode perhitungan yang digunakan adalahMetode Simple Additive Weighting (SAW)dan metode pengembanganWaterfall. Sistem ini diharapkan dapat memudahkan admin untuk mengolah data calon penerima PKH serta petugas untuk menyeleksi calon penerima PKH dengan menggunakan program berbasis web dan menghasilkan informasi yang cepat dan akurat.
PENERAPAN ALGORITMA PROMETHEE PADA APLIKASI DEXAGON WAR JURUSAN AKUNTANSI POLTIKENIK NEGERI SRIWIJAYA BERBASIS WEB MOBILE Rusman, Asdhani Alpha; Zulkarnaini, Zulkarnaini; Novianti, Leni
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 1 (2020): JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) terbitan Maret 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) merupakan kompetisi yang penting bagi politeknik se-Indonesia karena di ikuti oleh politeknik se-Indonesia. Dalam OAV terdapat berbagai macam lomba dan salah satunya adalah Dexagon War. Dexagon War ini adalah lomba dimana peserta menggunakan sistem gambling untuk memainkan lomba ini. Lomba ini di ikuti oleh 75 tim maksimal 150 peserta. Pada tahun-tahun awal lomba ini di mulai dengan menggunakan sistem manual dimana panitia menulis dan mencatat semua yang terjadi pada lomba dan proses ini membutuhkan waktu beberapa jam dan sangat tidak efisien. Dalam aplikasi yang akan dibuat ini, ditujukan agar pihak panitia Dexagon War dapat menjalankan lomba ini dengan waktu yang singkat dan real-time menggunakan Mobile Web dengan model pengembangan sistem Rapid Application Development (RAD) yang dapat memudahkan penulis dalam pembangunan sistem yang akan dibuat ini.
APLIKASI PELAPORAN PRESTASI HASIL PERLOMBAAN MAHASISWA PADA PUSAT UNIT KEMAHASISWAAN POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA BERBASIS WEB Theresia, Rahel; Yusniarti, Yusniarti; Sepriansyah, Ahmad Ari Gunawan
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 1 (2020): JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) terbitan Maret 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penulisan Laporan Akhir ini adalah membuat Aplikasi Pelaporan Prestasi Hasil Perlombaan Mahasiswa pada Pusat Unit Kemahasiswaan Politeknik Negeri Sriwijaya Berbasis Web, dimana proses pelaporan prestasi hasil perlombaan mahasiswa masih dikelola secara manual dan tidak terdatabase oleh bagian kemahasiswaan. Hal ini menyulitkan Bidang Kemahasiswaan dalam pendataan prestasi mahasiswa. Dapat disimpulkan sistem yang sedang berjalan belum efektif dan efisien. Aplikasi Pelaporan Prestasi ini terdiri dari tiga user yaitu admin kemahasiswaan, mahasiswa, dan WD3. Admin dapat mengolah data user, data berita, data mahasiswa, dan data prestasi. Mahasiswa dapat melihat berita yang terbaru, mengolah data mahasiswa serta mengolah data prestasi yang dicapai. WD3 dapat melihat dan mendownload laporan prestasi mahasiswa. Aplikasi Pelaporan Prestasi ini dibangun menggunakan metode Waterfall dengan bahasa pemrograman PHP serta sistem database MySQL. Sistem ini akan menghasilkan laporan data prestasi mahasiswa yang dapat di cetak dan menampilkan informasi grafik prestasi mahasiswa. Dengan dibuatnya Aplikasi Pelaporan Prestasi ini diharapkan dapat mempermudah bagian kemahasiswaan, mahasiswa, dan WD3 dalam hal pelaporan prestasi hasil perlombaan mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya.
Aplikasi Elektronik Vote (E-Vote) Bujang Gadis pada Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang Berbasis Web Mobile View Ani, Selvi; Sartika, Devi; Novianti, Leni
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penulisan Laporan Akhir ini adalah untuk membuat sistem Aplikasi Elektronik Vote (E-Vote) Bujang Gadis pada Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang Berbasis Web Mobile View. Aplikasi ini dapat membantu pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang dalam membangun aplikasi yang memudahkan pendaftaran bujang gadis kabupaten Empat Lawang. Aplikasi ini menggunakan web mobile view, PHP, PhpMyAdmin dan database MySQL. Aplikasi ini memiliki 2 user terdiri dari admin dan peserta. Admin dapat mengelola data pengguna, kelola e-vote, data berita, data peserta, validasi berkas pendaftaran, dan validasi data voter. Kemudian peserta dapat melakukan pendaftaran peserta, daftar e-vote, lihat hasil seleksi berkas, dan lihat pengumuman vote. Kemudian voter dapat mendaftarkan sebagai voter, melakukan vote bujang gadis dan dapat melihat hasil vote. Dan dari seluruh proses tersebut menghasilkan informasi hasil bujang gadis favorite dari aplikasi e-vote.
Penerapan E-Commerce Penjualan Produk Rumah Kreatif Baturaja Mitra Binaan PT Semen Baturaja (Tbk) Ogana, Syara Valia; Ariyanti, Indri; Novianti, Leni
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penulisan Laporan Akhir ini adalah untuk membuat aplikasi E-Commerce Penjualan Produk Rumah Kreatif Baturaja. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan Laporan Akhir ini adalah dimana sistem penjualan produk Rumah Kreatif Baturaja masih menggunakan pihak ketiga, masing-masing UKM menjual produk melalui media sosial seperti facebook dan whatsapp ataupun toko online seperti OLX, bukalapak dan lain-lain. Karena masih menggunakan pihak ketiga proses penjualan tidak terkoordinir, serta menyulitkan admin dalam memantau proses penjualan yang sedang berlangsung. Dengan adanya aplikasi E-Commerce Penjualan Produk Rumah Kreatif Baturaja perjualan akan terkoordinir dan memudahkan admin dalam memantau proses penjualan yang sedang berlangsung. Aplikasi ini dibuat menggunkan bahasa pemprograman PHP dan database MySQL, aplikasi ini terdiri 4 entitas yaitu Admin, UKM, Pelanggan, dan Manajer. Aplikasi ini terdapat proses login, registrasi pelanggan, input data UKM, input data produk, pebelian dan pembayaran. Output yang dihasilkan berupa laporan pemesanan, laporan data UKM dan laporan data pelanggan.
Retracted Article: Aplikasi Monitoring dan Pengaduan Inventaris Barang pada Jurusan Manajemen Informatika Berbasis Website Ramita, Chela; Ariyanti, Indri; Novianti, Leni
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Retracted Article
METODE FUZZY LOGIC UNTUK PENENTUAN KELAYAKAN PENERIMA BEASISWA MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI Asriyanik, Asriyanik
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses penalaran merupakan suatu hal yang penting dalam pengambilan simpulan berdasarkan fakta-fakta yang ada.  Cara paling mudah dalam proses pengambilan simpulan dari setiap fakta-fakta adalah dengan menggunakan logika. Penerimaan beasiswa adalah hal yang rutin dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi, untuk menentukan penerima beasiswa yang benar-benar layak selalu dilakukan seleksi yang ketat. Seleksi beasiswa mahasiswa dilakukan berdasarkan kriteria dan persyaratan tertentu. Dalam hal ini diperlukan metode yang tepat agar proses seleksi menghasilkan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan. Kriteria persyaratan beasiswa mahasiswa biasanya berdasarkan Indeks prestasi mahasiswa, gaji orang tua, prestasi, dan komponen lainnya. Data dan fakta yang didapatkan dari persyaratan tersebut kadang memiliki kesamaan dan kedekatan nilai yang menyulitkan untuk menentukan siapa mahasiswa yang lebih layak dalam menerima beasiswa. Metode yang umum digunakan adalah logika proposisi, yaitu menentukan penerima beasiswa berdasarkan batas yang jelas dari setiap kriteria. Namun dengan metode ini hasil keputusan menjadi kurang manusiawi karena persyaratan penerima beasiswa adalah fakta yang bersifat samar. Maka dalam penelitian ini dilakukan implementasi metode logika fuzzy untuk membantu seleksi penerimaan beasiswa agar didapatkan hasil yang yang lebih valid. Metode logika fuzzy dilakukan melalui tiga langkah yaitu proses fuzzifikasi, inferensi dan defuzzifikasi. Dalam penelitian ini diujikan contoh kasus yang dimasukkan ke dalam model fuzzy terhadap pendaftar beasiswa dengan identitas mahasiswa  yang memiliki data IPK adalah 3.00 dan gaji orang tua 10 juta, didapatkan nilai kelayakan penerimaan beasiswa sebesar 52,39. Dengan adanya nilai ini maka proses seleksi penerimaan beasiswa akan lebih mudah karena setiap mahasiswa akan memiliki nilai kelayakan berupa nilai yang jelas (crisp set).
PERANCANGAN SISTEM PAKAR HAMA DAN PENYAKIT PADA POHON SENGON DENGAN CERTAINTY FACTOR Soebandi, Andry; Asriyanik, Asriyanik
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pohon sengon merupakan jenis tanaman kayu yang sangat baik di tanam di area hutan rakyat Indonesia dan merupakan tanaman yang cepat tumbuh karena sengon tidak memerlukan tapak tumbuh yang sulit. Pohon sengon memiliki hama dan penyakit, salah satu hama yang terdapat pada pohon sengon hama boktor atau biasa disebut kumbang. Dampak yang terjadi ketika hama mulai menyerang ialah pohon sengon mati bahkan rapuh, hal ini jarang diketahui oleh pemilik pohon karena kurangnya pemahaman petani muda pohon sengon. Dikarenakan petani muda kurangnya pengetahuan mengenai penyakit yang ada terhadap pohon sengon, maka di buatkanlah sebuah web sistem pakar guna mempermudah petani muda menganalisis penyakit pada pohon sengon. Metode sistem pakar yang digunakan adalah certainty factor, karena metode ini mempunyai tingkat kepastian yang digunakan oleh seorang ahli atau pakar untuk mengambarkan tingkat keyakinan suatu masalah. Setelah adanya web sistem pakar ini diharapkan dapat membantu petani-petani muda pohon sengon untuk mengetahui penyakit atau hama yang menyerang pohon sengon serta cara penanggulangannya sehingga penyakit pada pohon sengon bisa berkurang dan tidak bertumbuh kembali.