cover
Contact Name
-
Contact Email
Jspedpgmi@gmail.com
Phone
+6289616611775
Journal Mail Official
Jspedpgmi@gmail.com
Editorial Address
https://journal.stai-ypbwi.ac.id/index.php/JSPED/about/editorialTeam
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Studi Pendidikan Dasar
ISSN : 30483212     EISSN : 3025499X     DOI : https://doi.org/10.54180/jsped.v3i1
About the Journal Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI YPBWI Surabaya. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada periode Juni dan Desember sebagai wahana kajian penelitian ilmiah dalam pendidikan, pembelajaran, pengajaran di sekolah dasar. Redaksi JSPED mengundang para ahli peneliti, akademisi, ilmuan semua untuk berkontribusi mengirim artikel berupa paper teks, baik dalam bentuk ide konseptual, penerapan teori, hasil penelitian ilmiah dalam pendidikan, pembelajaran, pengajaran, dan tinjauan literatur yang sejalan dengan disiplin pendidikan di sekolah dasar. Fokus dan ruang lingkup JSPED antara lain: Studi dan Pengembangan Pendidikan di MI/SD Desain, Perencanaan, Strategi Pembelajaran di MI/SD Evaluasi Pembelajaran di MI/SD Manajemen Pendidikan MI/SD Pendidikan Inklusif tentang MI/SD Penelitian Berbasis Integrasi dan Interkoneksi MI/SD Profesionalisme Guru di MI/SD Perangkat dan Inovasi Pembelajaran di MI/SD Teknologi Informasi dan Literasi Digital di MI/SD Manuskrip yang dimuat harus orisinil dan belum pernah diterbitkan sebelumnya.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): Juni" : 7 Documents clear
Pendidikan sebagai Pilar Pembangunan Bangsa Indonesia Menuju Masa Depan Berkelanjutan Panoyo
Jurnal Studi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2024): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54180/jsped.v2i1.499

Abstract

Pendidikan merupakan elemen strategis dalam pembangunan bangsa. Dalam konteks Indonesia, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai alat peningkatan sumber daya manusia, tetapi juga sebagai medium pembentukan karakter nasional dan alat pemberdayaan masyarakat. Artikel ini mengulas peran pendidikan dalam konteks historis, sosiologis, dan ekonomis sebagai pondasi utama pembangunan berkelanjutan. Pendekatan yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif dengan data sekunder dari lembaga nasional dan internasional. Artikel ini juga mengevaluasi kebijakan pendidikan Indonesia serta memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.
Kompetensi Pedagogik Guru MI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Tulus Budi Santoso
Jurnal Studi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2024): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54180/jsped.v2i1.502

Abstract

This study aims to examine the pedagogical competence of Madrasah Ibtidaiyah (MI) teachers in implementing the Merdeka Curriculum and to identify the challenges and strategies needed for its strengthening. The Merdeka Curriculum requires teachers to design student-centered learning, manage classrooms effectively, and conduct evaluations based on diagnostic and formative assessments. This study reveals various challenges faced by MI teachers, such as limited understanding of the new curriculum, lack of continuous training, limited digital literacy, and high administrative burdens. Furthermore, the study proposes strategies for strengthening pedagogical competence, including reflective practice-based training, development of teacher learning communities, mentoring and coaching support, and provision of adequate learning resources. The findings indicate that support from various stakeholders is crucial to enhance MI teachers’ pedagogical competence, ensuring optimal implementation of the Merdeka Curriculum and positive impacts on the quality of primary education in Indonesia.
Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Berbicara di Depan Umum dengan Media Modul dan Tugas Tantangan Istikakimi; Venna Kurniawati
Jurnal Studi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2024): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54180/jsped.v2i1.503

Abstract

Low self-confidence in public speaking is one of the main barriers to developing communication skills in school environments. This study aims to examine the effectiveness of using modules and challenge tasks as strategies to enhance students’ self-confidence through a literature review approach. Based on preliminary data from students it was found that many students experience nervousness, lack of focus, and self-doubt when asked to speak in public. Drawing on Bandura’s theory of self-efficacy and relevant previous research, the study concludes that the proper use of media can help students overcome psychological barriers. The module serves as a systematic guide introducing basic communication concepts and cognitive exercises, while challenge tasks act as a practical medium that allows students to gradually build confidence through direct experience. The results indicate that this combination effectively fosters mastery experiences, strengthens students’ positive perceptions of their abilities, and creates a pattern of courage in public speaking.
Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 Setyowati, Reni
Jurnal Studi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2024): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54180/jsped.v2i1.505

Abstract

Implementasi pendidikan karakter menjadi penting dalam mewujudkan visi Indonesia menuju Generasi Emas 2045. Tantangan pembentukan karakter saat ini meliputi krisis moral dan etika akibat kemajuan teknologi. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangatlah penting dibangun sejak dini, pendidikan karakter harus terus dikembangkan baik melewati pendidikan formal maupun non-formal. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kebijakan pendidikan karakter yang diimplementasikan oleh pemerintah Indonesia, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas kebijakan tersebut, serta menganalisis peran institusi pendidikan, masyarakat, dan pemerintah dalam mendukung implementasi kebijakan pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka dengan lima tahapan: menemukan literatur yang relevan dengan topik penelitian, evaluasi terhadap sumber-sumber literatur, identifikasi tema dan kesenjangan antara teori, pembuatan struktur garis besar dalam penyusunan literatur, serta penyusunan ulasan literatur yang mengikuti format standar penulisan naskah akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan karakter, faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas kebijakan pendidikan karakter meliputi keterlibatan aktif dari guru, orang tua, dan masyarakat dapat meningkatkan dukungan dalam memastikan bahwa setiap pihak berperan aktif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan karakter siswa. Generasi emas akan mencetak kualitas manusia yang unggul di masa yang akan datang, menciptakan generasi emas dengan pendidikan karakter adalah bagian penting dalam memajukan pendidikan Indonesia.
Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Trisnani, Evarianisa Endang
Jurnal Studi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2024): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54180/jsped.v2i1.519

Abstract

This study aims to examine the effect of the inquiry-based learning strategy on students’ learning outcomes in Social Studies (IPS) at Madrasah Ibtidaiyah (MI). Social Studies education at the elementary Islamic level plays a vital role in shaping students’ social awareness, Islamic values, and critical thinking skills. However, conventional teacher-centered teaching methods often result in passive learning and a superficial understanding of the material. The inquiry-based strategy offers an alternative approach that promotes active student engagement through questioning, investigating, analyzing, and drawing conclusions independently or collaboratively. This research employed a quantitative approach with a quasi-experimental method involving two groups of fifth-grade MI students: an experimental group taught using the inquiry strategy and a control group taught using conventional methods. Data were collected through learning outcome tests, observation, and documentation, and analyzed using a t-test. The findings revealed that the application of inquiry-based learning significantly improved students’ Social Studies achievement. Students demonstrated increased engagement, curiosity, and a deeper understanding of the subject through the systematic inquiry process. Therefore, this strategy is recommended for broader implementation in Social Studies learning at MI to foster more meaningful, student-centered, and higher-order thinking-based education.
Pengaruh Minat Siswa, Dukungan Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Efektivitas Pembelajaran Olahraga pada Siswa Kelas VI Minu Ngingas Waru Sidoarjo Yusroni, Moh.
Jurnal Studi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2024): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54180/jsped.v2i1.554

Abstract

Efektivitas pembelajaran olahraga tidak hanya ditentukan oleh satu faktor tunggal, melainkan merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor yang saling berkaitan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian yang secara empiris mengkaji pengaruh minat siswa, dukungan orang tua, dan lingkungan sekolah terhadap efektivitas pembelajaran olahraga. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI MINU Ngingas Waru Sidoarjo sebagai upaya untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran olahraga pada tingkat sekolah dasar. Teknik kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang berfokus pada pengujian teori dengan melakukan pengujian terhadap variabel penelitian secara numerik dan melakukan analisis data dengan menggunakan metode statistik dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi. Dalam penelitian ini, peneliti akan menyebarkan kuesioner kepada para Siswa Kelas VI MINU Ngingas Waru Sidoarjo, dengan total sampel sebanyak 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara minat siswa, dukungan orang tua, dan lingkungan sekolah terhadap efektivitas pembelajaran olahraga pada siswa kelas VI MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Ketiga variabel tersebut saling melengkapi dan bersama-sama berkontribusi dalam menciptakan proses pembelajaran olahraga yang efektif dan optimal. KATA KUNCI: MINAT SISWA, DUKUNGAN ORANG TUA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN OLAHRAGA.
Langkah Praktis Merancang Naskah yang Menginspirasi dan Berdampak: Merancang naskah, inspirasi, dampak sosial, teknik penulisan, struktur cerita. Ana Mutrikatus Salamah
Jurnal Studi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2024): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54180/jsped.v2i1.555

Abstract

Artikel ini membahas langkah-langkah praktis dalam merancang naskah yang tidak hanya menginspirasi pembaca tetapi juga memiliki dampak signifikan terhadap audiens. Dengan pendekatan metodologi penelitian literatur dan analisis praktik penulisan, artikel ini mengeksplorasi elemen-elemen penting dalam proses kreatif penulisan naskah, seperti pemilihan tema, pengembangan ide, struktur cerita, hingga teknik penyampaian pesan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan komprehensif bagi penulis pemula maupun berpengalaman dalam menciptakan karya tulis yang bermakna dan relevan dengan konteks sosial serta budaya. Kata Kunci: Merancang naskah, inspirasi, dampak sosial, teknik penulisan, struktur cerita.

Page 1 of 1 | Total Record : 7