cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
ISSN : 14116502     EISSN : 27228649     DOI : -
Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian buku
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2020)" : 10 Documents clear
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Membuat Peta Konsep Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 8 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga) Sharnita Dirham HS; Maryono Maryono; Muhammad Danial
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1445.842 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14844

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar dan keterampilan membuat peta konsep peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah ”post-test only control group design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling sehingga sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 30 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model discovery learning dan model konvensional sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan keterampilan membuat peta konsep. Data hasil belajar dan keterampilan membuat peta konsep yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 69,5 dan 70,33. Nilai rata-rata keterampilan membuat peta konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 67,2 dan 62 tergolong kategori cukup terampil. Hasil pengujian hipotesis untuk hasil belajar menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh Zhitung = 8,91 dan pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh Ztabel = 1.64. Oleh karena, Zhitung> Ztabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. Sedangkan hasil pengujian hipotesis untuk keterampilan membuat peta konsep menggunakan uji-t diperoleh Thitung = 1.16 dan pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh Ttabel = 2,003. oleh karena itu, Thitung< Ttabel, maka H1 ditolak dan H0 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh model dicovery learning terhadap keterampilan membuat peta konsep peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. Kata Kunci: Discovery learning, Hasil Belajar, Peta Konsep, Larutan Penyangga ABSTRACT This quasi-experiment research aimed to find the effect of discovery learning model towards students’ learning achievement and skills in making concept map of class XI IPA of SMA Negeri 8 Makassar. The research designed was post-test-only control design. Reasearch population were students of class XI IPA of SMA Negeri 8 Makassar that consist of 6 classes. Class random sampling technique was used to choose the samples, that acquired samples are class XI IPA 2 as experiment group and XI IPA 4 as control group with number of students 30, respectively. Independent variable research was a discovery learning model and convensional model while the dependent variable were students' learning achievement and skills in making concept map. Data of students' learning achievement and skill in making concept map were analyzed with descriptive and inferential statistic. The results of the analysis of students' learning achievement shows that the score average of group experiment and control were 69,5 and 70,33. The avarege of skills in making concept map of experiment and control group were 67,2 and 62 categorized as quite skilled. Hypothesis was analyzed by Mann-Whitney test for learning achievement were Zcounted = 8,91 and in α = 0.05, the Ztable is 1.64. Since, Zcounted> Ztable, so H1 was accepted and H0 was rejected. There was a positive effect of discovery learning model toward students’ learning achievement of class XI IPA SMA Negeri 8 Makassar on buffer solution subject matter. Hypothesis was analyzed by Uji-t for skills in making concept map were Tcounted = 1.16 and in α = 0.05, the Ttable is 2,003. Since, Tcounted< Ttable, so H1 was failed and H0 was accepted. There was not a positive effect of discovery learning model towards skills in making concept map of students’ of class XI IPA of SMA Negeri 8 Makassar on buffer solution subject matter. Keywords: Discovery Learning, Learning Achievement, Concept map, Buffer Solution
Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom) Annisa Faujiah Miftahul Jannah; Alimin Alimin; Muhammad Jasri Djangi
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.785 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14833

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa. Desain penelitian yang digunakan adalah “posttest-only control group design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa yang terdiri dari tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu class random sampling sehingga sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 36 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model discovery learning yaitu motivasi dan hasil belajar. Data motivasi dan hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis untuk pengaruh model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik menggunakan uji-t. Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh model discovery learning terhadap motivasi hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom). Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan namun tidak begitu signifikan yaitu 59,25% untuk kelas kontrol dan 60,78% untuk keas eksperimen, sedangkan hasil belajar peserta didik meningkat dari 8,33% untuk kelas kontrol dan 44,44% untuk kelas eksperimen. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar ABSTRACT This study is a quasi-experimental research (quasi-experimental), which is aims to determine the effect of discovery learning model approach toward motivation and learning achievement of student’s class X MIA SMA Negeri 1 Gowa. The study design used is "posttest-only control group design". These study population were all the students of class X MIA SMA Negeri 1 Gowa which is consists of seven classes. The sampling technique used is class random sampling so that the sample are a class X MIA 5 as an experimental class and class X MIA 6 as control class with the number of students each 36 peoples. The independent variable in this study is discovery learning model and the dependent variable is motivation and learning achievement of student’s. Motivation and learning achievement’s data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. Hypothesis test for effect of discovery learning model approach toward motivation of student’s using t-test. The result shown that there is an effect of discovery learning model approach toward motivation and learning achievement of student Class X MIA SMA Negeri 1 Gowa (Study on Stucture Atomic). The results of this research showed that motivation and learning achievement of students increased but not so significant. The average percentage of learning motivation is 59,25% for control calss increase become 60,78% for experiment class while learning achievement of students is 8,33% for control class and 44,44% fot experiment class. Keywords: Discovery Learning Model, Motivation, Learning Achievement
Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga) Musdalifa Musdalifa; Ramdani Ramdani; Muhammad Danial
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.997 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14839

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning berbasis jejaring sosial edmodo pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Makassar pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Makassar yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelompok eksperimen yaitu kelas XI MIPA 2 dan kelompok kontrol yaitu kelas XI MIPA. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 76,61 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 74,00. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol terdistribusi normal serta berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t. diperoleh thitung > ttabel (3,47 > 2,01) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ada pengaruh blended learning berbasis jejaring sosial edmodo dengan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Makassar pada materi larutan penyangga. Kata kunci: Edmodo, discovery learning, dan hasil belajar. ABSTRACT This study is a quasi-experimental study that aims to determine the effect of blended learning based on edmodo social network at discovery learning models toward learning achievement of students class XI MIPA SMAN 15 Makassar at buffer solution subject matter. The research design is the posttest only control group design. The population in this study are the students of classes XI MIPA SMAN 15 Makassar which consists of five classes. Sampling is done by random sampling. The experimental group is XI MIPA 2 and the control group is XI MIPA 1. Based on the results of descriptive analysis, the average of learning achievement of experimental group is 76.61 that higher than in the control group that is 74.00. The results of inferential statistical analysis toward learning achievement indicate that the data on the experimental group and the control group are normal distribution and homogenous. Hypothesis testing using t-test obtained tcount > ttable (3.47 > 2.01) so that Ho rejected and H1 accepted. There is an effect of blended learning based on edmodo social network at discovery learning models toward learning achievement of students class XI MIPA SMAN 15 Makassar at buffer solution subject matter. Keywords: Edmodo, discovery learning, and learning achievement
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Gowa (Studi Materi Pokok Larutan Penyangga) Rizal Dzul Fadly; Taty Sulastry; Sumiati Side
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14845

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi quizizz pada model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa tahun pelajaran 2018/2019 pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelompok kontrol. Variabel bebasnya adalah penggunaan aplikasi quizizz pada model pembelajaran teams games tournament dan model pembelajaran teams games tournament tanpa aplikasi quizizz. Variabel terikatnya adalah hasil belajar larutan penyangga. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar larutan penyangga sebanyak 25 soal dengan 5 pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap tes hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Hasil uji non-parametrik Mann-Whitney dengan α= 0,05 dan dk= 1,64 diperoleh zhitung > ztabel (3,69>1,64) maka ada pengaruh penggunaan aplikasi quizizz pada model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa pada materi pokok larutan penyangga. Kata kunci: Aplikasi quizizz, teams games tournament, hasil belajar, larutan penyangga ABSTRACT This research was quasi-experimental research that aimed to know The Effect of Using Quizizz Application on Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament Type toward Students achievement in Class XI MIA SMAN 1 Gowa in academic year 2018/2019 on subject matter of buffer solution. The study design used was post-test only control group design. The population were students of class XI MIA SMAN 1 Gowa which was consist eight classes. The sampling technique was random sampling. Classes selected as research samples were class XI MIA 1 as experimental group and XI MIA 3 as control group. The independent variables were using quizizz applications of cooperative learning model of teams games tournament type and cooperative learning model of teams games tournament type without quizizz applications. The dependent variable was achievement of buffer solution. Data collection was done by giving achievement test 25 questions with 5 anwer choices. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The result of inferential statistic prerequisite analysis on achievement test of students showed that the data in the experimental group and control grup wasn’t normally distributed and data had homogeneous variance. The non-parametric test of Mann-Whitney test with α = 0,05 and dk = 1.64 obtained Zcalculated > Ztable (3.69 > 1.64). So that means there was an effect of using quizizz application on cooperative learning model of teams games tournament type toward students achievement in class XI MIA SMAN 1 Gowa with subject matter of buffer solution. Keywords: Quizizz applications, teams games tournament, student achievement, buffer solution
Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 9 Gowa yang diajar Model Problem Based Learning dan Discovery Learning (Studi pada Materi Pokok Asam Basa) Anugrawati Asri; Halimah Husain; Sugiarti Sugiarti
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.474 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14834

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan membandingkan hasil belajar peserta didik yang diajar model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning pada materi pokok asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only two group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Gowa yang berjumlah 204 peserta didik yang tersebar dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang tepilih sebagai sampel yaitu kelas yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen I (PBL) dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen II (Discovery Learning) dengan jumlah peserta didik masing-masing sebanyak 34 orang. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Data rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 70,97 dan kelas eksperimen II sebesar 63,31. Data hasil analisis inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menujukkan bahwa data hasil belajar peserta didik untuk kelas eksperimen I dan II tidak terdisribusi normal dan berasal dari varian homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji mann-whitney diperoleh Zhitung> Ztabel (8,66 > 1,64). Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan model PBL dengan Discovery Learning pada materi pokok asam basa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning ABSTRACT This research was quasi experiment research that aimed to know differences learning outcomes of student that taught using Problem Based Leaning (PBL) and Discovery Learning Models. Desain of research is posttest - only two group design. Population was students in class XI MIA SMAN 9 Gowa that consisted of 204 students with six classes. Sample was taken randomly. The sample research consisted of two classes, namely XI MIA 3 class as an experiment I (PBL) and XI MIA 6 class as an experiment II (Discovery Learning), each class consisted of 34 students. Research data obtained from learning outcomes test and observation sheets. Data that obtained analyzed by descriptive and inferential statistic. Data of learning outcomes showed that the mean score of experiment I was 70,97 and experiment II was 63,31. The result of analysis inferential from learning outcomes showed that data students learning outcomes in class experiment I adan II was not normally distributed and it has homogen varians, The results of hypothesis testing using Mann-Whitney test values obtained Zcalculated>Ztable (8,66>1,64). It showed that there is differences of learning outcomes from student that taught using PBL and Discovery Learning Model on acid-base subject matter. Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning
Pengaruh Mind Mapping di Akhir Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 3 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga) Mutmainna Umar; Alimin Alimin; Army Auliah
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.873 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14840

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind mapping di akhir model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 3 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah mind mapping di akhir pembelajaran menggunakan model discovery learning. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan penyangga. Populasi penelitian ini adalah terdiri dari enam kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 36 peserta didik dan kelas XI IPA4 sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 36 peserta didik yang ditentukan dengan cara teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok laju reaksi berupa post-test yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Pengujian hipotesis dengan uji Mann-Whitney menghasilkan Zhitung = 5,36, dan diperoleh Ztabel= 1,64 pada taraf signifikan α = 0.05. Oleh karena itu, Zhitung>Ztabel, maka hipotesisi pada penelitian ini diterima yang berarti terdapat pengaruh mind mapping di akhir model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. Kata Kunci: Mind mapping, model discovery learning, hasil belajar ABSTRACT The research is a quasi-experimental that aimed to know the effect of mind mapping at the end of discovery learning toward student’s learning outcome in XI IPA class of SMA Negeri 3 Makassar on Buffer Solution Subject Matter. The independent variable in this experiment is mind mapping at the end of discovery learning. The dependent variable was the students’ learning outcome on the subject matter buffer solution. The population was XI IPA with six classes of SMA Negeri 3 Makassar and sample classes consisted of two group, namely XI IPA3 class as an experiment group with 36 students and XI IPA4 class as a control group with 36 students. Taking technique of sample was a simple random sampling. The research data was gathered by learning outcome test of reaction rate subject matter for post-test which was analyzed by using Mann-Whitney test. The result of hypothesis with Mann-Whitney test was Zcalculated = 5,36, Ztable = 1.64 at α = 0.05. Therefore, Zcalculated > Ztable, which the hypothesisi of this research was accepted so there is an effect positive of mind mapping at the end of discovery learning toward students’ learning outcome in XI IPA class of SMA Negeri 3 Makassar on buffer solution subject matter. Keywords: Mind mapping, discovery learning model, student’s learning outcome
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI-IPA SMAN 1 Sinjai Tengah (Materi Pokok Laju Reaksi) Irsyam Irsyam
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.515 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14832

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa klas XI-MIPA SMAN 7 Kabupaten Sinjai sejumlah tiga puluh tiga orang. Data tentang aktivitas siswa dan aktivitas guru dikumpulkan dengan lembar lembar instrumen observasi, dan data mengenai respon siswa tentang pembelajaran berbasis masalah menggunakan angket. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analais data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kimia melalui model pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, hingga mencapai atau melampaui KKM, (2) pembelajaran kimia melalui pendekatan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan kualitas proses belajar kimia siswa yang ditunjukkan oleh aktivitas siswa mencapai kriteria ideal, (4) respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dialaminya mencapai rata-rata 92,42% . Kata Kunci: pemecahan masalah, pembelajaran berbasis masalah ABSTRACT The study is a classroom action research which consists of two cycles with descriptive qualitative approach. The subjects of the study were 33 students of grade XI of Science at SMAN 1 of Central Sinjai in Sinjai District. Data on students and tearchers’activities were collected by using observation sheet instrument and data on students’ responses conserning problem-based learning were collected by employing questionnaire. Those data were analyzed by employing qualitative data analyisis teacnique.The results of the study reveal that (1) learning Chemistry through problem-based learning model can improve problem solving competence and achieve or pass sthe KKM, (2) learning Chemistry through problem solving approach by applying problem-based learning model can improve students’ quality in learning Chemistry shown by students’ activities which achieved the ideal criteria, (4) students’ responses on learning activities achieved 92,42% in average. Keywords: problem based, problen-based learning
Sintesis Nanopartikel Perak Menggunakan Bioreduktor Ekstrak Daun Teh Hijau (Camellia Sinensis) dengan Iradiasi Microwave Dewi Mustika Rahim; Netti Herawati; Hasri Hasri
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3733.104 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14835

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tentang sintesis nanopartikel perak menggunakan bioreduktor ekstrak daun teh hijau (Camellia Sinensis) dengan iradiasi microwave. yang untuk mengetahui pengaruh waktu sintesis dan pengaruh pH stabilizer terhadap sintesis nanopartikel perak ekstrak daun teh hijau dengan iradiasi microwave serta karakterisasinya. Larutan AgNO3 3 mM direduksi menggunakan ekstrak daun teh hijau dan di iradiasi microwave pada variasi waktu sintesis 1-5 menit. Penentuan waktu sintesis optimal menggunakan spektrofotometer UV-Vis diukur setiap 1 menit. Nanopartikel dengan waktu sistesis 4 menit, pH stabilizer menggunakan asam sitrat dan NaOH dengan pH 6-9. Karakterisasi nanopartikel menggunakan instrumen SEM-EDS (Scanning Electron Microscopy-Energy Dispersive X-Ray Spectroscopy) dan PSA (Particle Size Analyzer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu sintesis optimal adalah 4 menit. Morfologi nanopatikel perak yang dikarakterisasi menggunakan SEM (Scanning Electron Microscopy) yang dihasilkan cenderung beragregasi. Adanya kecenderungan nanopartikel untuk beragregasi menyebabkan ukuran atau diameter nanopartikel tidak seragam. Ukuran dan distribusi ukuran nanopartikel perak dikarakterisasi menggunakan PSA(Particle Size Analyzer) dihasilkan pada pH 6 antara 31,01 – 402,44 nm dengan rata-rata ukuran sebesar 91 nm, pH 7 antara 35,03 – 740,899 nm dengan rata-rata ukuran sebesar 106,3 nm, pH 8 antara 39,58 – 193,48 nm dengan rata-rata ukuran 71,7, dan pH 9 antara 35,03 – 171,25 nm dengan rata-rata ukuran sebesar 64,4 nm. Disimpulkan bahwa hasil sintesis nanopartikel perak terkecil diperoleh pada pH 9 dan waktu sintesis 4 menit. Kata kunci: Ekstrak Daun Teh Hijau, Nanopartikel Perak, Iradiasi Microwave ABSTRACT Research has been carried out on the synthesis of silver nanoparticles using a bioreductor of green tea leaf extract (Camellia Sinensis) by irradiation microwave.This research aimed to determine the effect of synthesis time and pH stabilizer on the synthesis of silver nanoparticles of green tea leaf extract by microwave irradiation and it’s characterization. The 3 mM AgNO3 solution was reduced using green tea leaf extract and microwave irradiated in a variation of the synthesis time 1-5 minutes. The determining optimum of sythesis time was done by analysis of UV-Vis spectrum for every minutes. Nanoparticles with a synthesis time of 4 minutes, the stabilizer of silver nanoparticles used citric acid and NaOH with a pH of 6-9. Characterization of nanoparticles using SEM-EDS instrument (Scanning Electron Microscopy-Energy Dispersive X-Ray Spectroscopy) and PSA (Particle Size Analyzer). The results showed that the optimal synthesis time was 4 minutes. The morphology of silver nanopaticles characterized using SEM produced tends to aggregate. The tendency of nanoparticles to aggregate causes size or diameter of nanoparticles was random. The size and distribution of size silver nanoparticles characterized using PSA were produced at pH 6 between 31.01 - 402.44 nm with an average size of 91 nm, pH 7 between 35.03 - 740,899 nm with an average size amounting to 106.3 nm, pH 8 between 39.58 - 193.48 nm with an average size of 71.7, and pH 9 between 35.03 - 171.25 nm with an average size of 64.4 nm. It was concluded that the synthesis of the smallest silver nanoparticles was obtained at pH 9 and synthesis time of 4 minutes. Keywords: Green Tea Leaf Extract, Silver Nanoparticles, Microwave Irradiation
Isolasi dan Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder Fraksi Metanol Batang Belajang Susu (Scindapsus pictus Hassk.) Nurul Amaliah; Pince Salempa; Muharram Muharram
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (780.986 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14841

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksplorasi yang bertujuan untuk mengisolasi senyawa metabolit sekunder dalam fraksi metanol batang belajang susu (S. pictus Hassk). Sampel penelitian diambil dari kecamatan Mambi, kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap yaitu ekstraksi (maserasi), fraksinasi, pemurnian, dan identifikasi. Isolat murni yang diperoleh dengan cara rekristalisasi berupa kristal berwarna putih berbentuk serbuk dengan titik leleh 250-252oC. Identifikasi dengan spektrofotometer inframerah memberikan serapan yang khas untuk gugus fungsi OH, CH2 dan CH3 gem dimetil, C-O, serta =C-H. Berdasarkan hasil uji golongan dan data spektrum FTIR maka disimpulkan bahwa senyawa yang diperoleh adalah senyawa golongan triterpenoid. Kata kunci: Belajang Susu, S. pictus Hassk dan Triterpenoid ABSTRACT This research is an exploratory research that aimed to isolating compounds of secondary metabolite methanol fraction of Belajang Susu (Scindapsus pictus Hassk) stem extract. The sample of this research is taken from Mambi sub-district, Mamasa district, West Sulawesi. The research was done through several stages: extraction (maceration), fractionation, purification and identification. The pure isolates obtained by recrystallization in form of the white crystals, powder crystals with melting point 250-252oC. Identification with an infrared spectrophotometer giving wave number of functional groups OH, CH2 and CH3 gem dimetyl, C-O, and =C-H. Based on the results of the group test and FTIR spectrum data it was concluded that the compounds obtained were triterpenoid group compounds. Keywords: Belajang Susu, S. pictus Hassk, and Triterpenoid
Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Flash pada Model Pembelajaran Discocery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia) Hardianti Darwis; Ramdani Ramdani; Muhammad Jasri Djangi
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.485 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14836

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi berbasis flash pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang pada materi pokok ikatan kimia. Desain penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang yang terdiri dari 3 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random kelas dan terpilih kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini, variabel bebasnya terbagi atas dua yaitu media animasi berbasis flash pada model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran discovery learning sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar kimia peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang pada materi pokok ikatan kimia. Data hasil penelitian diperoleh dengan pemberian tes hasil belajar 20 nomor jenis pilihan ganda yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Deskripsi hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 85,83 dan kelas kontrol adalah 73,42. Ketuntasan untuk kelas eksperimen adalah 92,59% dan kelas kontrol 66,67%. Hasil pengujian hipotesis degan uji-t pada taraf signifikan,  = 0,05 dengan nilai thitung = 5,19 > ttabel = 1,67 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi berbasis flash pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang pada materi pokok ikatan kimia. Kata Kunci: Flash, discovery learning, hasil belajar, ikatan kimia ABSTRACT The study is a quasi-experimental research aimed to determine the effect of the use of flash based animation media on the discovery learning models to learning achievment of students of class X IPA SMA Negeri 1 Pamboang in the subject matter of chemical bonds. The research design is “Posttest-Only Control Design”. The population are all students of class X IPA SMA Negeri 1 Pamboang which consists of 3 classes. Sampling is selected by randomly and class X IPA 1 as the experimental class and X IPA 3 as the control class. In this study, the independent variables are divided into two, namely a reserach was flash based animation media on the discovery learning models and discovery learning models while the dependent variables is the learning achievment. Data were obtained by tests learning achievment as many as 20 numbers that have been validated. Data are analyzed using descriptive statistics and hypothesis testing. Description of the study of students showed an average value for the experimental calss is 85,83 and the control class is 73,42. The completeness of the experimental class is 92,59% and the control class is 66,67%. The results of hypothesis testing indicate tcount = 5,19 > ttable = 1,67 shows that there is a the effect of the use of flash based animation on the discovery learning models to learning achievment of students of class X IPA SMA Negeri 1 Pamboang in the subject matter of chemical bonds. Keywords: Flash, discovery learning, student achievment, chemical bonds

Page 1 of 1 | Total Record : 10