cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Sains
ISSN : 24423904     EISSN : 24423904     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Negeri Malang dengan Nomor ISSN 2338-9117.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1: Maret 2014" : 7 Documents clear
The Effect of Learning Strategies, Academic Ability and the Interaction to the Critical Thinking Skills and Cognitive Learning Outcomes of Natural Science-Biology Hartono D Mamu
Jurnal Pendidikan Sains Vol 2, No 1: Maret 2014
Publisher : Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.448 KB) | DOI: 10.17977/jps.v2i1.4492

Abstract

Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik dan Interaksinya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA BiologiAbstract: This quasi experimental research is intended to know the teaching strategy, academic abil-ity, and its interaction to the critical thinking skills and cognitive achievement. Pretest-Postest Non Equivalent Control Group Design with factoring style 4 x 2 is carried out. The data are analyzed with Mancova. The result of the research shows: (1) the teaching strategy significantly affect the critical thinking skills and cognitive achievement of the students; (2) the student’s academic ability signifi-cantly influence the critical thinking skills and cognitive achievement of the students; (3) the influence of the interaction of the teaching strategy and the student’s academic ability to the critical thinking skills and cognitive achievement of the students is insignificant.Key Words: teaching strategy, academic ability, critical thinking skills, cognitive achievementAbstrak: Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh strategi pembel-ajaran, kemampuan akademik, dan interaksinya terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Pretest-Postest menggunakan  Non Equivalent Control Group Design dengan pola faktorial 4 x 2. Data dianalisis dengan Mancova. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi pembelajaran ber-pengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa; (2) kemampuan akademik berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa; (3) interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.Kata kunci: strategi pembelajaran, kemampuan akademik, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif
Flyer Media Lab Natural Science to Improve Student Achievement Wahyudin Wahid
Jurnal Pendidikan Sains Vol 2, No 1: Maret 2014
Publisher : Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.078 KB) | DOI: 10.17977/jps.v2i1.4497

Abstract

Media Flyer Lab IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar SiswaAbstract: The aim of this study was to develop Flyer Lab media to improve students achievement in secondary school. The development model used in this study was adapted from 4-D model of Thiagarajan and Semmel. Expert validation results of field study and expert validation results of media, assessment of science teachers, and evaluating the readability and attractiveness of junior high school students obtained in the development stages. The testing stages using a posttest only control group design, involving the experimental group and the control group, each consisting of 47 students. Class experiments using Flyer Lab media obtained higher average value of students achievement than the control class that uses Powerpoint media.Key Words: flyer lab, learning readiness, learning achievementAbstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Flyer Lab IPA untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model 4-D Thiagarajan dan Semmel. Studi kepustakaan dan survei lapangan dilakukan pada tahap pendahuluan. Validasi ahli bidang studi dan media, penilaian dari guru IPA, serta penilaian keterbacaan dan ketertarikan bahan ajar dari siswa SMP diperoleh pada tahap pengembangan. Tahap pengujian menggunakan desain posttest only control group, melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 47 siswa. Kelas eksperimen yang menggunakan media Flyer Lab memiliki nilai rata-rata prestasi belajar lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan media Powerpoint. Kata kunci: flyer lab, kesiapan belajar, prestasi belajar
Local Content Learning Environment Education with Model Learning Group Investigation for High schools Sulastri Sulastri
Jurnal Pendidikan Sains Vol 2, No 1: Maret 2014
Publisher : Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.431 KB) | DOI: 10.17977/jps.v2i1.4493

Abstract

Pembelajaran Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Model Pembelajaran Group Investigation untuk SMA/MAAbstract: Environment education as a local content subject in Senior High School has not yet been developed through a comprehensive and appropriate lesson planning which facilitates the develop-ment of students’ knowledge, attitude and skill for this field. This research was aimed to develop a learning instruments for environment Education based on Group Investigation models which consists of syllabus, lesson plans, handouts, worksheets, and assessment instruments. Validity tests on these learning instruments giving an “appropriate” mark. Individual test on worksheets and handouts showed an appropriate readability. These learning instruments effectively support the achievement of students’ mastery on knowledge, attitude, and skill, as well, through a classical learning. Key Words: learning instruments, environment education, group investigationAbstrak: Pembelajaran pendidikan lingkungan hidup sebagai materi muatan lokal di sekolah mene-ngah belum dikembangkan dengan sebuah perencanaan pembelajaran yang lengkap dan sesuai, se-hingga mampu mengukur aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation yang terdiri dari: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar (Handout), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan instrumen penilaian. Hasil validasi para ahli terhadap perangkat pembelajaran ini menunjukkan bahwa produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat layak. Uji pero-rangan terhadap Handout dan LKPD membuktikan bahwa keduanya memiliki keterbacaan yang sa-ngat layak. Perangkat pembelajaran ini juga efektif mendukung ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan investigasi. Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendidikan lingkungan hidup, group investigation
Learning Outcomes Through Workshop Participants Motivation Based from the Economic and Educational Background Windra Irdianto
Jurnal Pendidikan Sains Vol 2, No 1: Maret 2014
Publisher : Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.203 KB) | DOI: 10.17977/jps.v2i1.4498

Abstract

Hasil Belajar Melalui Motivasi Peserta Diklat Ditinjau dari Latar Belakang Ekonomi dan PendidikanAbstract: The purpose of this study to describe (1) direct influence of economy level towards motivation, (2) direct influence of education level towards motivation, (3) direct influence of economic level towards learning achievement, (4) direct influence of education level towards learning achievement, (5) direct influence of motivation towards learning achievement. The data is collected by using questionnaires and documentation analysis of 160 training participants, and path analysis is the technique that is used by the researcher. The findings show that, (1) there is a direct influence of economy background of members parents towards the training members motivation in following training, (2) there is a direct influence of education background of the training members towards the training members motivation in following training, (3) there is not a direct influence of economy background of members parents towards the training members learning achievement in following training, (4) there is a direct influence of education background of the training members towards the training members learning achievement in following training, (5) there is a direct influence of motivation towards training member’s learning achievement in following training.Key Words: learning achievement, motivation, economy background, education backgroundAbstrak: Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan (1) pengaruh langsung tingkat ekonomi terhadap motivasi, (2) pengaruh langsung tingkat pendidikan terhadap motivasi, (3) pengaruh langsung tingkat ekonomi terhadap hasil belajar, (4) pengaruh langsung tingkat pendidikan terhadap hasil belajar, (5) pengaruh langsung motivasi terhadap hasil belajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dan analisis dokumentasi dari 160 peserta diklat, dan teknik analisis data dilakukan dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh langsung latar belakang ekonomi orang tua peserta diklat terhadap motivasi belajar peserta diklat dalam mengikuti kegiatan diklat, (2) terdapat pengaruh langsung latar belakang pendidikan peserta diklat terhadap motivasi belajar peserta diklat dalam mengikuti kegiatan diklat, (3) tidak terdapat pengaruh langsung latar belakang ekonomi orang tua peserta diklat terhadap hasil belajar peserta diklat dalam mengikuti diklat, (4) terdapat pengaruh langsung latar belakang pendidikan peserta diklat terhadap hasil belajar peserta diklat dalam mengikuti kegiatan diklat, (5) terdapat pengaruh langsung motivasi belajar peserta diklat dalam mengikuti kegiatan diklat terhadap hasil belajar peserta diklat.Kata kunci: hasil belajar, motivasi, latar belakang ekonomi, latar belakang pendidikan
Guided Inquiry Learning with Moodle Program to Improve Student Motivation and Learning Outcomes Luluk Mufidah
Jurnal Pendidikan Sains Vol 2, No 1: Maret 2014
Publisher : Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (41.469 KB) | DOI: 10.17977/jps.v2i1.4494

Abstract

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Program Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar SiswaAbstract: Redox reactions and electrolyte and non electrolyte solution is basic teaching material that contain abstract concepts, causing students’ difficulties in understanding it. Teaching of the re-dox reaction of the electrolyte solution and Non-electrolytes would be better if the student is directed to find the concepts, principles, and laws themselves through inquiry. This study aimed to examine the differences in student motivation and learning outcomes in a redox reaction material and electrolyte solution and non electrolytes with guided inquiry learning, the students taught by experiment and students taught  by using video and animation with Moodle program. This study used a quasi-experimental design. The data were taken using a student’s motivation and motivation questionnaire student learning outcome data were taken using achievement test. Data learning motivation and learning outcomes of students of both classes were tested statistically by t-test. The results showed that: (1) there was no difference in learning motivation among students who are taught by trial and students taught using video and animation with Moodle program, (2) cognitive learning outcomes of students who are taught using video and animation with Moodle courses higher than with students who are taught by experiment.Key Words: guided inquiry, moodle, redox, electrolytes, learning motivation, learning outcomesAbstrak: Reaksi redoks serta larutan elektrolit dan non elektrolit merupakan materi dasar yang bersi-fat abstrak sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam memahaminya. Pengajaran materi reaksi re-doks serta larutan elektrolit dan non elektrolit akan lebih baik jika siswa diarahkan untuk menemukan konsep, prinsip, dan hukum sendiri melalui penyelidikan (inkuiri). Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks serta larutan elektrolit dan non elektrolit dengan pembelajaran inkuiri terbimbing, antara siswa yang diajar dengan percobaan dan siswa yang diajar menggunakan video dan animasi dengan program Moodle. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu. Data motivasi siswa diambil menggunakan angket motivasi dan data hasil belajar siswa diambil menggunakan tes hasil belajar. Data motivasi belajar dan hasil belajar siswa kedua kelas diuji statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar dengan percobaan dan siswa yang diajar menggunakan video dan animasi dengan program Moodle, (2) hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan video dan animasi dengan program Moodle lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan percobaan.Kata kunci: inkuiri terbimbing, moodle, redoks, elektrolit, motivasi belajar, hasil belajar
Problems Synthesis representation through Activity Inquiry-Link Maps for Analyzing the Thermodynamics Conceptual Change Anis Fahrurotul Futihat
Jurnal Pendidikan Sains Vol 2, No 1: Maret 2014
Publisher : Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (32.953 KB) | DOI: 10.17977/jps.v2i1.4495

Abstract

Representasi Synthesis Problems melalui Aktivitas Inquiry-Link Maps untuk Menganalisis Perubahan Konseptual TermodinamikaAbstract: The objective of this study is to analyze students’s conceptual change after learning activity by inquiry-link maps model. Conceptual change is measured by analyzing both link maps and synthesis problems-representation created by students. The study used embedded research design while conducted on the class consisting of 25 students. After intervention, we obtained that: (1) there is a change in  students  conceptual, (2) link maps created by students is more structured, (3) synthesis problems-representation is better. Key Words: synthesis problems-representation, activity, inquiry-link maps, thermodynamics concep-tual changesAbstrak: Telah dilakukan penelitian analisis perubahan konseptual yang dibentuk siswa setelah dilaksanakan pembelajaran model inquiry-link maps. Perubahan konseptual diukur melalui analisis  terhadap link maps dan representasi synthesis problems yang dibuat siswa. Penelitian ini menggunakan metode embedded research design dan dilakukan pada satu kelas yang terdiri dari 25 siswa. Setelah intervensi diperoleh hasil: (1) terdapat perubahan konseptual pada siswa, (2) link maps menjadi lebih terstruktur, (3) representasi synthesis problems menjadi lebih baik. Kata kunci: representasi synthesis problems, aktivitas, inquiry-link maps, perubahan konseptual termodinamika
NHT Type Assisted Cooperative Learning with Multimedia Referring to Cognitive Load Theory to Improve Learning Outcomes Yul Pendri
Jurnal Pendidikan Sains Vol 2, No 1: Maret 2014
Publisher : Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.005 KB) | DOI: 10.17977/jps.v2i1.4496

Abstract

Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Multimedia Mengacu pada Cognitive Load Theory untuk Meningkatkan Hasil BelajarAbstract: This study aims to determine the application of cooperative learning Numbered Head To-gether (NHT) with multimedia-assisted cognitive load refers to the theory that can improve mathematics learning outcomes. The study design was a class action research conducted by 2 cycles. Each cycle consists of 3 sessions or 6 x 35 minutes. Research subjects fifth grade students of SDN 124/IV Jambi with 32 students. Implementation cycles through three stages, namely the initial activity/apperception, core activities include; (1) numbered, (2) questioning, (3) heads together, (4) answering, and closing activities. Each stage accompanied by a power point slide show as a supporting medium to convey information. The results showed that the students are able to participate actively in the learning, increasing curiosity, build self-confidence, social interaction among students increased, the emergence of a sense of responsibility to the individual, as well as good cooperation in the understanding of knowledge.Key Words: cooperative learning numbered head together, multimedia, cognitive load theory, learning outcomesAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) dengan berbantuan multimedia mengacu pada cognitive load theory yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan atau 6 x 35 menit. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 124/IV Jambi yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan siklus melalui tiga tahapan, yakni kegiatan awal/ apersepsi, kegiatan inti meliputi; (1) numbered, (2) questioning, (3) heads together, (4) answering, dan kegiatan penutup. Setiap tahapan diiringi tampilan slide power point sebagai media pendukung menyampaikan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, meningkatnya rasa ingin tahu, membangun kepercayaan diri, interaksi sosial antar siswa meningkat, timbulnya rasa tanggungjawab terhadap individu, serta terjalinnya kerjasama yang baik dalam memahami pengetahuan. Kata kunci: pembelajaran kooperatif numbered head together, multimedia, cognitive load theory, hasil belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 7