cover
Contact Name
Zulkifli Nurul Haqq
Contact Email
zulkiflinurulhaqq@unimus.ac.id
Phone
+6281917405151
Journal Mail Official
value-added@unimus.ac.id
Editorial Address
Department of Management Faculty of Economics University of Muhammadiyah Semarang Kedungmundu Raya Street No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 16933435     EISSN : 25804863     DOI : 10.2671/vameb.v17i1.6936
Core Subject : Economy, Social,
Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis strives to publish scientific research articles reporting empirical results as well as conceptual ideas in the field of management, such as strategic management, marketing management, human resources management, technology management, finance management, supply chain management, organizational behavior, and entrepreneurship, using both quantitative and qualitative approaches, or mixed method.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis" : 5 Documents clear
PENGARUH PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE Siti Aldhawaty Syam; Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin; Zainal Ruma; Muhammad Ichwan Musa; Siti Hasbiah
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 2 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/vameb.v18i2.10442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace shopee. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 orang Mahasiswa dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 25.00 for windows. Dari hasil penelitian ini, preferensi konsumen memberikan pengaruh sebesar terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya di pengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
STRATEGI AKSELERASI PENGEMBANGAN UMKM DI JAWA TIMUR MELALUI TEKNOLOGI PENGALENGAN MAKANAN TRADISIONAL MENUJU RANTAI NILAI GLOBAL Budi Kaliwanto; Yana Kusdiyana; Rieny Fadhilah Rahmi; Taufik Hidayat
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 2 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/vameb.v18i2.10133

Abstract

Dengan keanekaragaman, cita rasa yang khas, serta diminati oleh para turis mancanegara, maka dari perspektif bisnis, makanan tradisional Jatim memiliki potensi untuk diekspor ke luar negeri.  Salah satu pelaku usaha yang sangat diharapkan berperan dalam ekspor ini adalah UMKM Jatim yang bergerak di sektor penyediaan makanan tradisional. Dalam praktiknya terdapat beberapa kendala yang dihadapi UMKM sampai saat ini. Kendala yang dihadapi UMKM di antaranya adalah pemasaran sebanyak 21,11% (BPS, 2019:45). Dalam rangka mengatasi kendala ini, salah satu strateginya adalah pemasaran yang dapat dilakukan melalui pengemasan, ‘packaging sells what it protect’  Saat ini, di Indonesia telah ada sebuah inovasi teknologi pengalengan yang diharapkan mampu mempercepat akselerasi pengembangan UMKM di Provinsi Jatim dengan meningkatkan daya saing dan nilai tambah makanan tradisional menuju rantai nilai global. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu fenomena atau kejadian dengan apa adanya. Populasi dari penulisan ini adalah UMKM sektor makanan tradisional Jatim. Sumber data melalui studi dokumen terkait, wawancara dengan inventor dan pelaku UMKM sektor makanan tradisional, serta pengamatan yang dilakukan dari Januari 2020 sampai Maret 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung akselerasi pengembangan UMKM sektor Makanan Tradisional Jatim melalui pengalengan adalah tingkat kemudahan alih teknologi, dapat mempertahankan rasa yang enak, kemudahan pengurusan izin edar, dan adanya peningkatan penjualan serta jangkauan pemasaran produk.
ANALISIS RASIO AKTIVITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT. PLN (PERSERO) UP3 MAKASSAR SELATAN Qanitah Salsabila Idris; Agung Widhi Kurniawan; Anwar Anwar
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 2 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/vameb.v18i2.10528

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menilai kinerja keuangan pada PT. PLN (Persero) UP3 Makassar Selatan periode 2017-2021 ditinjau dari rasio aktivitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan PT. PLN (Persero) UP3 Makassar Selatan sedangakan sampel yang digunakan adalah neraca dan laba rugi PT. PLN (Persero) UP3 Makassar Selatan periode 2017-2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Rasio yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rasio Aktivitas yang terdiri atas pengukuran dengan menggunakan rasio collection periods, perputaran persediaan (inventory turn over), dan total assets turn over (TATO), dengan menggunakan standar berdasarkan surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: KEP-100/MBU/2002. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan berdasarkan rasio collection periods dan perputaran persediaan (inventory turn over) dapat dikatakan baik. Sedangkan hasil rasio total assets turn over (TATO) menunjukkan nilai yang kurang baik.
TRANSISI PT PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE TBK. DALAM MEMENUHI EKSPEKTASI PASAR INDUSTRI 4.0 PASCA PANDEMI COVID-19 Dewi Qutrun Nada; Ellyvia Nurhidayah; Amalia Zahra
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 2 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/vameb.v18i2.10061

Abstract

Saat ini, bisnis sedang memasuki masa pasca pandemi atau masa transisi menuju endemi. Transisi merupakan perubahan struktur perekonomian yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan per kapita. Hal ini juga dilakukan oleh PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk. yang telah menyusun rencana dan strategi pengembangan usaha serta target-target yang realistis untuk dicapai dalam masa transisi. Paper ini bertujuan untuk mengkaji proses transisi yang dilakukan oleh PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk. dalam menghadapi ekspektasi pasar industri 4.0 pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan model kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah dokumen. Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk. telah berhasil melakukan transisi. Upaya transisi yang dilakukan perusahaan meliputi proses produksi, pemasaran, penjualan, hingga digitalisasi. PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk. telah memanfaatkan E-commerce dan melakukan kerja sama dengan produk lain dalam proses bisnisnya sehingga perusahaan mengalami peningkatan penjualan signifikan di tahun 2021. Perusahaan diharapkan dapat terus melakukan peningkatan berkelanjutan agar dapat mendorong percepatan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.
STRATEGI DAYA SAING PEMASARAN UMKM BABY MEAL Lely Kumala Sari; Budi Rahardjo
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 2 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/vameb.v18i2.10100

Abstract

Strategi pemasaran akan berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan. Tidak hanya perusahaan besar saja yang memerlukan strategi pemasaran namun Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM juga membutuhkan strategi pemasaran untuk kegiatan bisnis, terutama pada saat ini dimana UMKM mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pesatnya pertumbuhan UMKM akan berpengaruh juga pada tingkat daya saing yang akan semakin ketat. Oleh karena itu para pelaku UMKM perlu menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saingnya. Analisis SWOT merupakan salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk menentukan strategi pemasaran, dimana analisis SWOT dapat menganalisis Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman) yang temasuk ke dalam faktor internal dan faktor ekstenal usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dari UMKM Baby Meal dalam meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik UMKM Baby Meal, selain itu penelitian ini juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari penelitian terdahulu dan sumber literasi lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki oleh Baby Meal pada strategi pemasarannya agar dapat meningkatkan daya saing.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 2 (2024): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 20, No 1 (2024): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 19, No 2 (2023): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 19, No 1 (2023): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 2 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 1 (2022): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 18, No 1 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 2 (2021): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 17, No 2 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 16, No 1 (2020): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 16, No 1 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 15, No 2 (2019): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 2 (2019): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 15, No 1 (2019): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 15, No 1 (2019): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 14, No 1 (2018): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 12, No 2 (2016): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 12, No 1 (2016): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 12, No 2 (2016): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2016): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2015): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 11, No 2 (2015): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2015): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 11, No 1 (2015): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 11, No 1 (2015): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 9, No 2 (2013): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 8, No 2 (2012): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 8, No 1 (2011): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 7, No 2 (2011): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 7, No 1 (2010): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 6, No 2 (2010): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 6, No 1 (2009): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 5, No 2 (2009): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 5, No 1 (2008): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 4, No 2 (2008): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 4, No 1 (2007): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 3, No 2 (2007): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 3, No 1 (2006): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 2, No 2 (2006): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 2, No 1 (2005): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 9, No 1 (2012): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 8, No 2 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 8, No 2 (2012): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 8, No 1 (2011): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 8, No 1 (2011): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 7, No 2 (2011): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 7, No 2 (2011): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 7, No 1 (2010): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 7, No 1 (2010): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 6, No 2 (2010): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 2 (2010): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 6, No 1 (2009): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 6, No 1 (2009): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2009): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 5, No 2 (2009): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 5, No 1 (2008): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 5, No 1 (2008): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 4, No 2 (2008): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 4, No 2 (2008): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 4, No 1 (2007): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 4, No 1 (2007): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2007): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 3, No 2 (2007): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 3, No 1 (2006): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 3, No 1 (2006): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 2, No 2 (2006): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 2, No 2 (2006): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2005): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 2, No 1 (2005): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis More Issue