cover
Contact Name
Holy Rafika Dhona
Contact Email
holy.rafika@uii.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.komunikasi@uii.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Komunikasi
ISSN : 1907848x     EISSN : 25487647     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Journal Komunikasi is a peer-review journal published by Department of Communication Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. We welcome all contributions on the following topics: media, journalism, strategic communication and all field related to communication studies. The article that uses critical theories/perspectives and encourages the spirit of empowerment would be more preferred.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2017): VOLUME 12, NOMOR 1, OKTOBER 2017" : 6 Documents clear
Peran Relawan TIK Dalam Program Desa Broadband Terpadu Cikadu, Cianjur, Jawa Barat Puji Hariyanti
Jurnal Komunikasi Vol. 12 No. 1 (2017): VOLUME 12, NOMOR 1, OKTOBER 2017
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art2

Abstract

Penelitian ini mengaji peranan Relawan Teknologi Informasi Komunikasi dalam menyukseskan program Desa Broadband Terpadu (DBT) Kementrian Komunikasi dan Informasi. Relawan TIK bertugas membantu pemerintah untuk menyosialisasikan program penggunaan akses informasi (internet), sekaligus pemberdayaan masyarakat melalui informasi, edukasi sosial, teknologi, dan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengambilan data melalui wawancara dan observasi langsung dengan informan Relawan TIK dari Desa Cikadu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan observasi website desa cikadu.desa.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Relawan TIK di Desa Cikadu memegang peranan yang sangat penting sebagai inisiator website desa, fasilitator antara pemerintah pusat dan pemerintah desa, pembuat isi website, mengelola website desa.
Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan (Studi Kasus Pada Swaragama Fm (101.7 Fm), Geronimo Fm (106.1 Fm), Dan Prambors Radio (102.2 FM/95.8 FM)). Anindita Trinoviana
Jurnal Komunikasi Vol. 12 No. 1 (2017): VOLUME 12, NOMOR 1, OKTOBER 2017
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art3

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara. Penelitian ini mewawancarai tiga radio yang aktif di media sosial di Yogyakarta, yakni Swaragama FM, Geronimo FM dan Prambors Radio. Hasil dari penelitian ini adalah ketiga radio melakukan strategi yang sama untuk memperluas khayalak yakni branding, promosi, positioning, riset, dan memanfaatkan teknologi saat ini. Dari segi pemasang iklan, ketiga radio menawarkan paket pemasangan iklan di media sosial maupun on air yang disebut dengan bandling. Konvergensi telah mempengaruhi ketiga radio ini dengan meluasnya jangkauan khalayak hingga mancanegara, yakni Eropa, Amerika, Hongkong, Thailand dan Rusia. Begitu pun dengan pemasangan iklan dari brand nasional. Sehingga, hasil yang didapatkan oleh ketiga radio, yakni meningkatnya jumlah pendengar dan pemasang iklan di era konvergensi media saat ini yang berpengaruh terhadap sumber pendapatan ketiga radio. Kata Kunci: Konvergensi Media, Perluasan Pasar Audience, Radio
Kredibilitas Portal Berita Online Dalam Pemberitaan Peristiwa Bom Sarinah Tahun 2016 (Analisis Isi Portal Berita Detik.com dan Kompas.com Periode 14 Januari- 14 Februari 2016) Praptika Handiyani; Anang Hermawan
Jurnal Komunikasi Vol. 12 No. 1 (2017): VOLUME 12, NOMOR 1, OKTOBER 2017
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art4

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran awal bagi masyarakat terkait kredibilitas berita yang disiarkan portal berita daring Detik.com dan Kompas.com dalam insiden bom Sarinah periode 14 Januari sampai 14 Februari 2016. Penelitian dilakukan di portal berita daring media Detik .com dan Kompas.com dengan menggunakan analisis isi kuantitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk mengukur kredibilitas portal berita daring dengan teori objektivitas pemberitaan media massa yang diajukan oleh Denis McQuail. Dengan melihat dimensi faktualitas dan ketidakberpihakan melalui enam aspek di dalamnya seperti factualness, accuracy, kelengkapan, news value, balance dan neutrality. Berdasarkan hasil total skor enam aspek penelitian tersebut, penelitian ini menemukan bahwa nilai kredibilitas portal berita daring Kompas.com lebih tinggi daripada nilai kredibilitas Detik.com di berita Bom Sarinah periode 14 Januari sampai 14 Februari 2016. Kata Kunci: bom sarinah, kredibilitas berita, media daring, analisis isi
Citizen Journalism As Representation of Local Wisdom In The Modern Information Society Ida Nuraini Dewi K.N
Jurnal Komunikasi Vol. 12 No. 1 (2017): VOLUME 12, NOMOR 1, OKTOBER 2017
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art5

Abstract

Paper ini membahas tentang persepsi journalisme warga yang merepresentasikan kerarifan lokal dalam mayarakat informasi modern melalui metode kualitatif. Pengumpulan data responden dilakukan melalui gabungan dari dua tahap yakni fokus group dan wawancara mendalam. Paper ini kemudian dianalisis dengan beberapa teori dan konsep tentang jurnalisme warga sebagai bagian dari kegiatan “akar rumput” sampai pada perkembangannya sebagai bagian dari kegiatan jurnalisme yang mengedukasi warganya sendiri. Hasil dari paper ini menunjukkan bahwa beberapa orang menganggap bahwa jurnalisme warga masih menjadi “bagian abu-abu” daam bentuk jurnalisme baru, hal ini dikarenakan cara pengumpulannya yang masih diperdebatkan. Kedua sebagian juga menganggap bahwa sebenarnya jurnalisme warga bisa menjadi salah satu aktivitas positif yang mampu membawa informasi atau berita jauh dari kepentingan pemilik modal. Dan ketiga,masyarakat memandang bahwa jurnalisme warga merupakan bagian baru dalam kegiatan jurnalisme modern yang akan mampu mempertahankan kearifan lokal jika kegiatan ini dilakukan dengan baik. Kata kunci: jurnalisme warga, persepsi, kerifan lokal
Analisis Strategi Promosi Kesehatan dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Hidup Sehat oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah Ratih Gayatri Setyabudi; Mutia Dewi
Jurnal Komunikasi Vol. 12 No. 1 (2017): VOLUME 12, NOMOR 1, OKTOBER 2017
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art6

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dr. RM. Rumah Sakit Soedjarwadi, Provinsi Jawa Tengah, sebagai salah satu rumah sakit jiwa yang melayani penderita penyakit jiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan pelacakan data secara online. Studi ini menemukan bahwa tim PKRS daerah Rumah Sakit Jiwa Dr. RM. Soeedjarwadi Provinsi Jawa Tengah menerapkan strategi promosi kesehatan. Pertama, advokasi berupa lobi politik, seminar dan/atau presentasi dan advokasi media. Kedua, dukungan sosial (Social Support) dimana strategi tersebut disebut sebagai pengembangan atmosfir atau menumbuhkan suasana yang kondusif. Pendirian atmosfer ini terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu perkembangan atmosfir individu, pengembangan atmosfir masyarakat dan suasana masyarakat. Ketiga, pemberdayaan masyarakat (Empowerment Community) yang merupakan proses pemberian informasi kepada kelompok, keluarga dan invidu secara terus menerus. Dengan strategi promosi kesehatan, akan membantu pihak rumah sakit dalam mewujudkan dan meningkatkan kesadaran akan kesehatan dalam kehidupan masyarakat. Kata Kunci: Komunikasi Kesehatan, aktivitas promosi kesehatan, strategi
Membangun Layanan Informasi Publik Melalui Fitur-Fitur Website Desa1 (Kasus di Desa Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah) Mr. Topohudoyono; Mr. Budiyono
Jurnal Komunikasi Vol. 12 No. 1 (2017): VOLUME 12, NOMOR 1, OKTOBER 2017
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art1

Abstract

Pengembangan Sistem Informasi Desa berbasis Teknologi Komunikasi dan Informatika, mulai menggema di desa-desa. Sekarang, bahkan mulai digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan studi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website desa dengan fitur-fitur yang dikembangkan telah menjadi medium yang potensial untuk meningkatkan layanan publik terutama di bidang informasi. Situs website yang tersedia digunakan pemerintah desa untuk mempromosikan hasil pertanian, lokasi wisata, dan hasil kerajinan produk dari usaha kecil menengah. Sementara bagi warga desa bisa menjadi medium akses informasi pembangunan desa, dan juga sumbangsaran demi kemajuan desa. Pengembangan website desa ke ranah politik adalah menjadi medium interaktif pemerintah dan warga desa terkait program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Kata kunci: Website Desa, Pemerintahan Desa berbasis TIK, Medium interaktif pemerintah dan warga desa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 2 (2025): VOLUME 19 NO 2 APRIL 2025 Vol. 19 No. 1 (2024): VOLUME 19 NO 1 OKTOBER 2024 Vol. 18 No. 2 (2024): VOLUME 18 NO 2 APRIL 2024 Vol. 18 No. 1 (2023): VOLUME 18 NO 1 OKTOBER 2023 Vol. 17 No. 2 (2023): VOLUME 17 NO 2 APRIL 2023 Vol. 17 No. 1 (2022): VOLUME 17 NO 1 OKTOBER 2022 Vol. 16 No. 2 (2022): VOLUME 16 NO 2 APRIL 2022 Vol. 16 No. 1 (2021): VOLUME 16 NO 1 OKTOBER 2021 Vol. 15 No. 2 (2021): VOLUME 15 NO 2 APRIL 2021 Vol. 15 No. 1 (2020): VOLUME 15 NO 1 OKTOBER 2020 Vol. 14 No. 2 (2020): VOLUME 14 NO 2 APRIL 2020 Vol. 14 No. 1 (2019): VOLUME 14 NO 1 OKTOBER 2019 Vol. 13 No. 2 (2019): VOLUME 13 NO 2 APRIL 2019 Vol. 13 No. 1 (2018): VOLUME 13 NO 1 OKTOBER 2018 Vol. 12 No. 2 (2018): VOLUME 12, NOMOR 2, APRIL 2018 Vol. 12 No. 1 (2017): VOLUME 12, NOMOR 1, OKTOBER 2017 Vol. 11 No. 2 (2017): VOLUME 11, NOMOR 2, APRIL 2017 Vol. 11 No. 1 (2016): Volume 11, Nomor 1, Oktober 2016 Vol. 10 No. 2 (2016): Volume 10, Nomor 2, April 2016 Vol. 10 No. 1 (2015): Volume 10, Nomor 1, Oktober 2015 Vol. 9 No. 2 (2015): Volume 9, Nomor 2, April 2015 Vol. 9 No. 1 (2014): Volume 9, Nomor 1, Oktober 2014 Vol. 8 No. 2 (2014): Volume 8, Nomor 2, April 2014 Vol. 8 No. 1 (2013): Volume 8, Nomor 1, Oktober 2013 Vol. 7 No. 2 (2013): Volume 7, Nomor 2, April 2013 Vol. 7 No. 1 (2012): Volume 7, Nomor 1, Oktober 2012 Vol. 6 No. 2 (2012): Volume 6, Nomor 2, April 2012 Vol. 6 No. 1 (2011): Volume 6, Nomor 1, Oktober 2011 Vol. 5 No. 2 (2011): Volume 5, Nomor 2, April 2011 Vol. 5 No. 1 (2010): Volume 5, Nomor 1, Oktober 2010 Vol. 4 No. 2 (2010): Volume 4, Nomor 2, April 2010 Vol. 4 No. 1 (2009): Volume 4, Nomor 1, Oktober 2009 Vol. 3 No. 2 (2009): Volume 3, Nomor 2, April 2009 Vol. 3 No. 1 (2008): Volume 3, Nomor 1, Oktober 2008 Vol. 2 No. 2 (2008): Volume 2, Nomor 2, April 2008 Vol. 2 No. 1 (2007): Volume 2, Nomor 1, Oktober 2007 Vol. 1 No. 2 (2007): Volume 1,Nomor 2, April 2007 Vol. 1 No. 1 (2006): Volume 1 Nomor 1, Oktober 2006 More Issue