cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
ISSN : 23381140     EISSN : 25273043     DOI : -
Core Subject : Education,
JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar) is a journal of Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Malang. The scope of its journal is an elementary school, education, innovation of learning, learning methods and media, learning innovation, and learning management. This journal will be published twice in a year in April and September.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014" : 11 Documents clear
Cover Jurnal JP2SD Jilid 1, Nomor 3, April 2014, hlm. 134-229 COVER Jurnal JP2SD
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2718

Abstract

Cover Jurnal JP2SD Jilid 1, Nomor 3, April 2014, hlm. 134-229 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang.
Dewan Redaksi Jurnal JP2SD DEWAN REDAKSI
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2719

Abstract

JP2SDJURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASARISSN 2338-1140Jilid 1, Nomor 2, September 2013, hlm. 1-58Terbit dua kali setahun pada bulan April dan September; dalam satu jilid ada empat nomor. Berisi tulisanyang diangkat dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan sekolah dasar. Artikel telah(review article) dimuat atas undangan. IS SN 2338-1140.Ketua PenyuntingDyah Worowirastri EkowatiWakil Ketua PenyuntingEma YayukPenyunting PelaksanaIchsan AnshoryEko SusetyoriniEndang PoerwantiFatimah SoenaryoBustanol ArifinPelaksana Tata UsahaRiris RachmawatiAlamat Penyunting dan Tata Usaha: Kantor Program Studi Pendidikan Guru Sekolah DasarUniversitas Muhammadiyah Malang, Jln. Raya Tlogomas No. 246 Malang 65114 telepon (0341) 464318pesawat 262 dan Fax. (0341) 460782. E-mail: pgsd@umm.ac.id.JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR diterbitkan sejak April 2013oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Naskahdiketik di atas kertas HVS kuarto spasi ganda sepanjang lebih kurang 20 halaman, dengan format sepertitercantum pada halaman belakang (petunjuk bagi calon penulis JP2SD). Naskah yang masuk dievaluasidan disunting untuk keseragaman format, istilah dan tata cara lainnya.Dicetak di Percetakan. Isi di luar tanggung jawab Percetakan.
DAFTAR ISI DAN PETUNJUK PENULISAN DAFTAR ISI PETUNJUK PENULISAN
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2720

Abstract

JP2SDJURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASARISSN 2338-1140Jilid 1, Nomor 3, April 2014, hlm. 134-229   DAFTAR ISI Penggunaan Dokumentasi Portofolio Sebagai Penilaian UTS pada Anak                                      134-145Autis di Sekolah InklusiAlvionita Widayanti, Roro Eko Susetyarini, Dwi Priyo Utomo  Desain Pembelajaran Tari dengan Pendekatan PAIKEM GEMBROT dalam                                     146-169Theory of Art di Sekolah DasarArina Restian Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata ditinjau dari Aspek Kegiatan                          170-180Partisipatif di SDN Ungaran I YogyakartaIka Maryani Penerapan Media “PUZPIPI” Pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan                        181-189Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 5 MalangMaslikah Pengaruh Umpan Balik dan Minat Profesi Guru Terhadap Kemampuan Melaksanakan                190-200                                 Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah DasarMohamad Syarif Sumantri Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Model Sinektik                                                   201-211                                         Supriyadi                                                                                                                      Integrasi Ilmu di Sekolah Dasar                                                                                                        212-224(Studi Kasus Kurikulum Terpadu di SDIT Lukman Al-Hakim Surakarta)Suyatno Terapi Musik Tradisional Untuk Meningkatkan Konsentrasi, Kemandirian dan                            225-229                                          Hasil Belajar Siswa ABK Kelas IV SDN Inklusi Sumbersari I Malang Tri Istiningsih       Petunjuk bagi (Calon) PenulisJURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR (JP2SD)  Artikel yang ditulis untuk JP2SD meliputi hasil telah (hanya atas undangan) dan hasil penelitian di bidang kependidikan Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi ganda, dicetak pada kertas A4 dengan panjang maksimum 38 halaman, dan diserahkan dalam bentuk Print-out sebanyak 3 eksemplar beserta Soft-copy-nya. Pengirim naskah juga dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: jp2sd_07@yahoo.comArtikel ditulis dalam bahasa indonesia atau inggris. Sistematika artikel  hasil penelitian adalah judul, nama penulis, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, serta daftar rujukan.Judul artikel dalam bahasa indonesia tidak boleh lebih dari 14 kata, sedangkan judul dalam bahasa inggris tidak boleh lebih dari 12 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan jukuran huruf 14 poin.Nama penulis dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai lembaga asal, dan ditempatkan dibawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis pertama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail.Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak 75-100 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata. Abstrak minimal berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian.Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan perbandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan berhasil dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel.Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.10. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian(termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat di Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.11. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Davis, 2003: 47).12. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini diurutkan secara alfabetis dan kronologis. Buku:Anderson, D.W.; Vault V.D.; & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCuthan Publishing Co.Buku kumpulan artikel:Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.Artikel dalam jurnal atau majalah:Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaran Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61Artikel dalam koran:Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm.4 & 11.Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3Dokumen resmi:Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud. Undang-undang Republik Indonesi Nomer 2 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Amas Duta Jaya.Buku terjemahan:Ary,D.; Jacobs’l.C.; & Razaveih, A. 1976. Pengantar  Penelitian  Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furochan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.Skripsi, Tesis, Desertasi, Laporan Penelitian:Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Penelitian Magang di STM Masional Malang Jurusan Bangunan,Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.Makalah Seminar, lokakarya, penatara:Waseso, M. G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah, makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.Internet(Karya individual):Hichock, S.; Carr, L.; & hall, W . 1996. A Survey of STM Online Jurnals,1990-1995:The Calm before the strorm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diaskes 12 juni 1996).Internet (artikel dalam jurnal online):Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online),          Jilid 5, No.4 (http://www.malang.ac.id, dikses  20 januari 2000).Internet (bahan diskusi):Wilson, D. 20 Noveber 1995 . Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discusion List, (Online), (NETTRIAIN@ubvm.cc.buffalo.edu diaskes 22 November 1995).Internet (e-mail pribadi):Naga, D.S. (ikip-jkt@indo.net.id). 1 Oktober 1997. Artikel untuk JP2SD. E-mail kepada Ali Saukah (jippsi@mlg.ywcn.or.id).13. Tata cara penyajian kutipan, rujukan,tabel dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman penulisan Karya Ilmiah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia mengunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan dan istilah-istilah yang dibakukan oleh Pusat bahasa.14. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra oleh mitra bebestari (reviewers) yang  ditunjuk oleh penyuting bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bebestari atau penyunting.Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secera tertulis.15. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan Software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.
PENGGUNAAN DOKUMENTASI PORTOFOLIO SEBAGAI PENILAIAN UTS PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH INKLUSI Alvionita Widayanti; Roro Eko Susetyarini; Dwi Priyo Utomo
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2721

Abstract

Abstract: Assessment is one of the important components that must be taken to determine the effectiveness of teacher learning outcomes. Children with autism have a bottleneck in terms of interaction and emotion. Reality on the ground for the assessment of autism is still using writing assessment tests. The impact of this written test parents do not know how big the changes that have occurred in children. Portfolio assessment is defined as a collection of facts and documents in the form of tasks in a systematic organization of the learning process. The results of the study can be used as an alternative assessment in children with autism to memaksimalakan educational services. Abstrak: Penilaian merupakan salah satu komponen penting yang harus ditempuh guru untuk mengetahui keefektifan hasil pembelajaran. Anak autis memiliki hambatan dalam hal interaksi dan emosi. Kenyataan di lapangan penilaian untuk autis masih menggunakan penilaian tes tulis. Dampak tes tulis ini para orang tua tidak mengetahui seberapa besar perubahan yang sudah terjadi pada anak. Penilaian portofolio diartikan sebagai kumpulan fakta dan dokumen berupa tugas-tugas yang terorganisasi secara sistematis dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian dapat dijadikan alternatif penilaian pada anak autis untuk memaksimalakan pelayanan pendidikan. Kata Kunci: Dokumentasi portofolio, anak autis, penilaian
DESAIN PEMBELAJARAN TARI DENGAN PENDEKATAN PAIKEM GEMBROT DALAM THEORY OF ART DI SEKOLAH DASAR Arina Restian
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2722

Abstract

Abstract: Dance teacher have a very important role in improving the learning outcomes of students in schools in learning the art of dance with management in the classroom. The field of dance lessons more emphasis on aspects of psychomotor, and this is what distinguishes the field of dance lesson with other lessons. So the solution was also different. One form solution is to select or determine the learning approaches that enable learners to participate actively in the learning and learning goals can be achieved. One approach appropriate learning is active learning, creative, effective, and fun (PAKEM) which requires the activity of teachers and students in the learning process. PAKEM make students can be more creative and learning process can take place in an effective and enjoyable. This study aims to determine learning the art of dance at the junior high schools in Malang by using. Dance lesson with an art management approaches. The scope of the study include: (1) Dance Lessons Planning, (2) Implementation of learning the art of dance (3) The role of teachers and students in learning the art of dance, (4) The results of student learning. The results showed that the dance teacher has made the completeness or learning devices, one of which is learning implementation plan (RPP). When viewed from the implementation of the lesson plan in mind that the learning is in conformity with the characteristics of PAKEM namely making students active and creative in finding new ideas. In addition teachers are also active in managing the classroom so as to create effective learning in a pleasant atmosphere. Additionally supporting infrastructure PAKEM learning approach is sufficient in the implementation of learning the art of dance, especially in the optimal use of instructional media so as to support the teaching and learning process (PBM). The results of the second study found that learning the art of dance in Junior High School in Malang in addition to using PAKEM approach also uses the approach to CTL (Contexstual Teaching and Learning) in with the intent to be able to achieve the learning objectives and lesson plans that have been made previously. So as to create a more conducive learning environment in achieving optimal learning outcomes. Abstrak: Guru seni tari memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dalam pembelajaran seni tari dengan menajemen di kelas. Pelajaran bidang seni tari lebih banyak menekankan pada aspek psikomotorik dan hal ini yang membedakan pelajaran bidang seni tari dengan pelajaran lainya. Sehingga penanganannya pun juga berbeda. Salah satu bentuk penanganannya adalah dengan cara memilih atau menentukan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran dan tujuan pembelajaran bisa tercapai. Salah satu pendekatan pembelajaran yang tepat adalah pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) yang menuntut keaktifan guru beserta siswa dalam proses pembelajaran. Dengan PAKEM siswa bisa lebih kreatif dan proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran seni tari pada SD di Malang dengan menggunakan pembelajaran seni tari dengan pendekatan menajemen seni. Ruang lingkup penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan Pembelajaran Seni Tari, (2) Pelaksanaan pembelajaran seni tari (3) Peran serta guru siswa dalam pembelajaran seni tari, (4) Hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru seni tari telah membuat kelengkapan atau perangkat pembelajaran, salah satunya adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Bila dilihat dari rencana pelaksanaan pembelajaran diketahui bahwa dalam pembelajaran sudah sesuai dengan karakteristik PAKEM yaitu membuat siswa aktif dan kreatif dalam menemukan ide baru. Selain itu guru juga aktif dalam mengelola kelas sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dalam suasana yang menyenangkan. Selain itu sarana prasarana pendukung pembelajaran dengan pendekatan PAKEM sudah cukup dalam pelaksanaan pembelajaran seni tari khususnya dalam penggunaan media pembelajaran yang optimal sehingga mampu mendukung proses belajar mengajar (PBM). Hasil penelitian kedua ditemukan bahwa pembelajaran seni tari pada  di SD Negeri Malang selain menggunakan pendekatan PAKEM juga menggunakan pendekatan CTL (Contexstual Teaching and Learning) secara beriringan dengan maksud agar mampu mencapai tujuan pembelajaran serta rencana pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga tercipta lingkungan belajar yang lebih kondusif dalam pencapaian hasil belajar secara optimal. Kata Kunci: Desain pembelajaran PAIKEM GEMBROT, seni tari
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DITINJAU DARI ASPEK KEGIATAN PARTISIPATIF DI SDN UNGARAN I YOGYAKARTA Ika Maryani
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2723

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Sekolah Adiwiyata ditinjau dari aspek kegiatan partisipatif dan mengetahui hambatan dalam pelaksanaan program Sekolah Adiwiyata di SDN Ungaran I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif menggunakan metode survey. Subjek penelitian adalah kepala Sekolah, tim adiwiyata, komite, guru, dan siswa. Data diperoleh melalui angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program sekolah Adiwiyata di SDN Ungaran I Yogyakarta berjalan baik. Hal ini ditunjukkan dengan capaian rerata pada aspek context, input, process, dan product pada penilaian siswa dan guru menunjukkan kriteria sangat tinggi. Hambatan yang muncul antara lain: adanya merger sekolah yang menyebabkan sulitnya manajemen PLH, kurangnya monev terkait kegiatan siswa dan guru dalam PLH, minimnya bahan ajar PLH, kurangnya kesadaran guru untuk melakukan penelitian terkait dengan PLH, serta rotasi guru yang menyebabkan program PLH kurang maksimal.Abstract: This study aimed to evaluate the implementation of the program in terms of aspects Adiwiyata School participatory activities and know the obstacles in the implementation of programs in the School Adiwiyata SDN Unggaran I Yogyakarta. This study is an evaluative research using survey methods. Subjects were school heads, adiwiyata teams, committees, teachers, and students. Data were obtained through questionnaires, observation, documentation, and interviews. The results showed that the implementation of the school program in SDN Unggaran Adiwiyata I Yogyakarta going well. This is indicated by the mean performance on aspects of context, input, process, and product in the assessment of students and teachers showed very high criteria. Barriers that arise include: the presence of the school merger causing difficulty PLH management, lack of monitoring and evaluation related activities of students and teachers in EE, EE lack of teaching materials, lack of awareness of teachers to conduct research related to EE, as well as the rotation of the lead teacher program HLM less than the maximum.Kata Kunci: Adiwiyata, kegiatan partisipatif, deskriptif evaluatif
PENERAPAN MEDIA “PUZPIPI” PADA MATA PEAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SSWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG MASLIKAH MASLIKAH
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2724

Abstract

Abstract: In social studies class III in SD Muhammadiyah Malang 5, known to students' learning outcomes averaged 6.8 . While KKM desired targets for social studies that is equal to 7.5. The reality is affected by the implementation of learning less interesting. This is due to the learning process a lot to do with the lecture course by the teacher, the use of learning methods that are tedious and teachers do not use props. So based on the above description, it should be done using the medium of learning innovation “puzpipi” (puzzle - picture and picture). Therefore, the purpose of this study is to describe the application of the media “puzpipi” so as to improve student achievement in social studies class III SD Muhammadiyah Malang 5 as well as to describe the learning outcomes of students in IPS Lesson 5 Class III SD Muhammadiyah Malang after Applied Media “puzpipi” This study used a qualitative descriptive approach and type of research is Classroom Action Research (CAR). The action taken is the implementation of a media “puzpipi” to improve student learning outcomes in social studies teaching third grade students of SD Muhammadiyah Malang 5. The subjects were students of class III SD Muhammadiyah Malang 5 the number of third grade students were 14 people in the second semester of academic year 2012/2013. “Puzpipi” media usage (puzzles and picture and picture) can improve the learning outcomes of students grade III SD Muhammadiyah Malang 5. Improving student learning outcomes from the first cycle to the second cycle increased. First cycle of 61.6 and 81.9 for the second cycle. Classical completeness is also increased in the first cycle of 69.7 %, while in the second cycle of 81.4%. Abstrak: Dalam mata pelajaran IPS kelas III di SD Muhammadiyah 5 Malang, diketahui hasil belajar siswa rata-ratanya 6,8. Sedangkan target KKM yang diinginkan untuk pelajaran IPS  yaitu sebesar 7,5. Kenyataan tersebut dipengaruhi oleh kurang menariknya pelaksanaan pembelajaran. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran banyak  dilakukan dengan ceramah saja oleh guru, penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan guru tidak menggunakan alat peraga. Maka berdasarkan uraian di atas, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan media “Puzpipi” (puzzle-picture and picture). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan  media “puzpipi” sehingga dapat  meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang serta untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang setelah diterapkan Media “Puzpipi”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan yang dilakukan adalah penerapan media “puzpipi” untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang dengan jumlah siswa kelas III adalah 14 orang pada semester II tahun pelajaran 2012/2013. Penggunaan media puzpipi (puzzle dan picture and picture) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat. Siklus I sebesar 61,6 dan siklus II  sebesar 81,9. Ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I  sebesar 69,7% sedangkan pada siklus II  sebesar 81,4 %. Kata Kunci: “Puzpipi”, hasil belajar, IPS
PENGARUH UMPAN BALIK DAN MINAT PROFESI GURU TERHADAP KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Mohamad Syarif Sumantri
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2725

Abstract

Abstract: The objective of this research is to find out the effect of (1) the feedback from peers and from the teacher towards the ability to perform the instructional performance procedure (2) the student interest towards teaching profession and (3) the interaction between the different feedbacks and the of teaching profession towards the ability to perform the instruction procedure of the students. The study was conducted at the study program of elementary school teacher education, UNJ in the seventh semester of 2009/2010 with sample of 44 student teachers. The research findings are as follow: first, the ability to carry out the instructional performance procedure of the students who get the peer feedback are higher than those who get the lecturer feedback; second, the ability to carry out the instructional procedure of students who have high interest toward teacher profession are better by lecturers’ feedback, third,of students who have low interest towards teaching profession the ability to perform the instructional procedure are better by lecturers feedback, forth; there are interaction between the use of feedback and student interest towards teaching profession that gives different effect on performing instructional procedure.  Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) umpan balik dari rekan-rekan dan dari guru terhadap kemampuan untuk melakukan prosedur kinerja pembelajaran (2) minat siswa terhadap profesi guru dan (3) interaksi antara masukan yang berbeda dan pengajaran profesi terhadap kemampuan untuk melakukan prosedur instruksi dari mahasiswa. Penelitian dilakukan di program studi pendidikan guru sekolah dasar, UNJ pada semester ketujuh 2009/2010 dengan sampel dari 44 guru siswa. Temuan penelitian adalah sebagai berikut: pertama, kemampuan untuk melaksanakan prosedur kinerja pembelajaran siswa yang mendapatkan umpan balik rekan yang lebih tinggi daripada mereka yang mendapatkan umpan balik dosen; kedua, kemampuan untuk melaksanakan prosedur pembelajaran siswa yang memiliki minat tinggi terhadap profesi guru yang lebih baik dengan umpan balik dosen, ketiga, siswa yang memiliki minat yang rendah terhadap profesi guru kemampuan untuk melakukan prosedur pembelajaran yang lebih baik dengan dosen umpan balik, sebagainya; ada interaksi antara penggunaan umpan balik dan minat siswa terhadap profesi guru yang memberikan efek yang berbeda pada melakukan prosedur instruksional.                Kata Kunci: Umpan balik dan umpan balik rekan dosen, prosedur instruksional, minat siswa
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL SINEKTIK Supriyadi Supriyadi.
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2726

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to improve students' ability to write poetry by applying sinektik models in learning. In accordance with the objectives, the study design and procedures using action research. Researcher as the primary instrument dilengkapai with guidance interview, observation, and field notes. Data were analyzed by three steps: (1) reviewing the data, (2) reducing the data , and (3) concluded the data in accordance with the categories and qualifications set . The results of the study are (1) the ability to describe objects direct analogy analogy on stage the first cycle and second cycle of 100 %. Description of the indicator is (1) interesting objects compared, (2) a complete object elements, (3) the right words in detailing the object, and (4) words in accordance with the details of the object Phase personal analogy in Cycle reached 66.67 % and increased to 97.22 % in Cycle II. Indicator of increased personal analogy is (1) a description of the object analogy varied emotions, (2) expression of emotions in accordance with the analogy of the object, (3) the phrase is varied , and (4) the amount equal to the provision of emotional expression. Phase analogy solid conflict in Cycle I reached 97.22 % and increased to 100 % in Cycle II. Indicator of increased conflict solid analogy is (1) the phrase numbered sixteen, (2) the creation of the word in the phrase is quite adequate. and (3) sufficient insight luas.Kemampuan very well qualified to write poetry amounted to 58.33 % in the first cycle and increased to 80.7 % in Cycle II. Indicator of increased poems are (1) the content of the poem according to the theme, (2) diction and style as well as a rich variety of languages, (3) in accordance with the type of poetry rhyme , and (4) structure consistent line and stanza. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dengan menerapkan model sinektik dalam pembelajaran. Sesuai dengan tujuan, penelitian ini menggunakan rancangan dan prosedur penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai instrumen  utama dilengkapai dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan tiga langkah yaitu (1) menelaah data, (2) mereduksi data, dan (3) menyimpulkan data sesuai dengan kategori dan kualifikasi yang ditetapkan. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan mendeskripsikan objek analogi pada tahap analogi langsung Siklus I dan siklus II 100%. Indikator pendeskripsian adalah (1) objek yang dibandingkan menarik, (2) unsur objek lengkap, (3) kata dalam merinci objek tepat, dan (4) kata dalam rincian sesuai dengan objek. Tahap analogi personal pada Siklus mencapai 66,67%  dan meningkat menjadi 97,22% pada Siklus II. Indikator peningkatan analogi personal adalah (1) gambaran emosi terhadap objek analogi bervariasi, (2) ungkapan emosi sesuai dengan objek analogi, (3) kalimat ungkapan bervariasi, dan (4) jumlah ungkapan emosi sama dengan ketentuan. Tahap analogi konflik padat pada Siklus I mencapai  97,22% dan meningkat menjadi 100% pada Siklus II. Indikator peningkatan analogi konflik padat adalah (1) frase berjumlah enam belas, (2) kreasi kata dalam frase cukup memadai. dan (3) wawasan cukup luas.Kemampuan menulis puisi berkualifikasi sangat baik berjumlah 58,33%  pada Siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 80,7 % pada Siklus II. Indikator peningkatan puisi adalah (1) isi puisi sesuai dengan tema, (2) diksi dan gaya bahasa beragam serta kaya, (3) rima sesuai dengan jenis puisi, serta  (4) struktur baris dan bait konsisten. Kata  Kunci: Kemampuan mulis puisi, model sinektik
INTEGRASI ILMU DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus Kurikulum Terpadu di SDIT Lukman Al-Hakim Surakarta) Suyatno Suyatno
Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) Vol. 1 No. 3 (2014): April 2014
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jp2sd.v1i3.2727

Abstract

Abstract: The growing dichotomy in the world of science education today has been split into two faces of education in the extreme polar opposites. On the one hand, there is a general educational institutions under the auspices of the Ministry of Education and Culture. By most Muslims, this institution was branded as a secular institution, because the science is developed far from the values of monotheism. On the other hand, there are religious institutions (adrasas) which is under the Ministry of Religious Affairs. For secular scientists, educational institutions is considered obsolete because science is pseudo science developed. Such polarization would be detrimental to human life due sciences developed in two models of educational institutions are not able to resolve the problems faced by modern man. Secular science without the spirit of monotheism will make man alienated from himself, while the science of religion as such, causes people not able to face the challenges and changing times. Therefore, it takes an alternative educational institution that develops in integrated science, which combines general sciences and theology. The birth of the Islamic Primary School Integrated Lukman al - Hakim is a response to the dichotomy. Abstrak: Dikotomi ilmu yang berkembang dalam dunia pendidikan saat ini telah membelah wajah pendidikan menjadi dua kutub yang berlawanan secara ekstrim. Di satu sisi, ada lembaga pendidikan umum yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh sebagian umat Islam, lembaga pendidikan ini dicap sebagai lembaga pendidikan sekuler, karena ilmu yang dikembangkan jauh dari nilai-nilai tauhid. Di sisi lain, ada lembaga pendidikan agama (madrasah) yang berada di bawah Kementerian Agama. Bagi ilmuwan sekuler, lembaga pendidikan ini dianggap ketinggalan zaman karena ilmu-ilmu yang dikembangkan bersifat pseudo ilmiah. Polarisasi yang demikian tentu akan merugikan kehidupan manusia karena ilmu-ilmu yang dikembangkan di dua model lembaga pendidikan tersebut tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi manusia modern. Ilmu sekuler tanpa spirit tauhid akan menjadikan manusia teralienasi dari dirinya sendiri, sedangkan ilmu agama an sich menyebabkan manusia tidak mampu menghadapi tantangan dan perubahan zaman. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah lembaga pendidikan alternatif yang mengembangkan keilmuan secara integratif, yang memadukan antara ilmu-ilmu umum dan ilmu agama. Lahirnya Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman al-Hakim merupakan respon terhadap adanya dikotomi tersebut. Kata Kunci: Integrasi Ilmu, Kurikulum Terpadu, SDIT Lukman al-Hakim

Page 1 of 2 | Total Record : 11