Articles 
                118 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma" 
                    
                    : 
118 Documents 
                    
clear       
                 
                        
            
                                                        
                        
                            Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android 
                        
                        Randy Wardan; 
Dede Kurniadi                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (333.737 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.125                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Transportasi merupakan satu dari banyak hal yang menjadi pendukung dalam kegiatanmanusia sehari-hari di masa kini. Perkembangan transportasi yang semakin pesat berhubungandengan mobilitas manusia yang semakin tinggi namun juga dapat meningkatkan potensi kecelakaandalam lalu lintas. Pengenalan tentang Rambu-rambu lalu lintas dirasa perlu untuk mengurangitingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh perkembangan transportasi. Penulis akan menyajikanaplikasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas secara mandiri, yang akan dikemas dengan tampilanyang menarik dan mudah digunakan oleh pengguna, sehingga dapat menambah minat masyarakatuntuk mempelajari dan mengenal lebih banyak mengenai rambu-rambu lalu lintas yang ada.Metode penelitian dalam merancang aplikasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas inimenggunakan metode Pengembangan Multimedia versi Luther Sutopo dan untuk pengujian aplikasimenggunakan metode pengujian BlackBox dan pengujian beta terhadap kepuasan pengguna. Hasildari penelitian ini berupa aplikasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas untuk masyarakat berbasismultimedia yang memiliki animasi yang menarik dan menambah pengetahuan dalam mempelajarirambu lalu lintas yang dilengkapi latihan kuis soal-soal rambu lalu lintas.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Rancang Bangun Sistem Informasi Parkir Sekolah Tinggi Teknologi Garut 
                        
                        Muhamad Solihin; 
Dede Kurniadi                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (484.486 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.133                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Sekolah Tinggi Teknologi garut (STTG) saat ini telah memiliki areal arkir, namun dalam pengelolaannya masih dilakukan secara manual, yang dapat manimbulkan beberapa masalah, seperti jumlah kendaraan civitas akademik STTG yang tidak sebanding dengan kapasitas maksimum areal parkir membuat parkir STTG tidak tertata rapi. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang system informasi parkir yang dapat mempermudah guna meningkatan keamanan dalam pengelolaan parkir. Metodologi pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rational Unified Process (RUP) dengan pemodelannya menggunakan Unified Modelling Language (UML). Dengan dibuatkannya sistem informasi pengelolaan parkir di STTG diharapkan akan mampu membantu dalam pengelolaan parkir, meningkatkan keamanan dan membuat parkir di STTG lebih tertata rapih.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Rancang Bangun Electronic Voting Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Garut 
                        
                        Yusfar Ilhaqul Choer; 
Dede Kurniadi                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (808.15 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.146                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Sistem pemilihan kepala daerah di Kabupaten Garut masih dilakukan secara konvensional. Sistem pemilihan konvensional ini memiliki beberapa kelemahan, antara lain sulit dalam menentukan keabsahan surat suara, proses penghitungan surat suara yang lambat. Dari permasalahan diatas maka penulis mengusulkan untuk merancang dan membangun suatu sistem untuk melaksanakan pemilihan kepala daerah dengan memanfaatkan teknologi informasi yang disebut Electronic Voting. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode Unified Approach yang terdiri dari tahapan-tahapan Object Oriented Analysis, Object Oriented Design dan implementasi program menggunakan Component Based Development. Adapun hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi pemilihan kepala daerah Kabupaten Garut, yang dapat dijadikan alternatif implementasi pemilihan kepala daerah Kabupaten Garut secara elektronik.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Perancangan Aplikasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Menengah Atas 
                        
                        Ridwan Setiawan; 
Riki Gunawan                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (340.166 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.154                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Menengah Atas yang dapat membantu dalam pengelolaan dana sehingga perekapan laporan dana Bantuan Operasional Sekolah menjadi lebih mudah. Metode perancangan yang digunakan adalah rational unified process yang merupakan metodologi pengembangan sistem berbasis objek dengah tahapan meliputi : inception, elaboration, construction, dan transition. Pemodelan yang digunakan yaitu unified modeling language dengan diagram yang digunakan use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Penelitian ini dibatasi hanya pada Bantuan Operasional Sekolah daerah dengan tahapan sampai pada fase transition pada metode perancangan perangkat lunak dan pengujian menggunakan black box testing. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Menengah Atas, yang diharapkan dapat mempermudah dalam mengelola dana Bantuan Operasional yang masuk pertriwulan dan perekapan laporan dana Bantuan Operasional Sekolah.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Sistem Informasi Stock Dan Penjualan Di Q’la Computer Berbasis Web 
                        
                        Muhammad Ruslan; 
Ridwan Setiawan                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (542.403 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.164                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi yang mempermudah danmempercepat proses transakasi penjualan barang, transaksi jasa service, cek jumlah stok barang danpembuatan laporan di mana membuat laporan transaksi jasa service dengan transaksi penjualanbarang terekap menjadi satu laporan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalahdengan menggunakan metodologi berorientasi objek Unified Software Development Process(USDP) dengan pemodelan menggunakan Unified Modelling language (UML). Hasil dari penelitianini adalah rancangan system, model proses bisnis, dan aplikasi sistem informasi stok dan penjualan.Penelitian ini dibatasi pada proses transaksi, pengecekan barang dan pembuatan laporan. Sistem inidapat mengakomodir proses pembuatan transaksi dan laporan menjadi lebih cepat dan mudah,proses pengecekan barang secara realtime.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Rancang Bangun Sistem Informasi Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut Berbasis Web 
                        
                        Asri Mulyani; 
Revi Rexi Muhamad Fadilah                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (916.116 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.177                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Organisasi Ekstrakurikuler Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut masih tercatat secara manual baik dalam pendaftaran atau masih belum terkomputerisasi, dengan demikian membuatkan sistem informasi ektrakulikuler Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut, membuat pendaftaran ekstrakulikurikuler secara online, serta memperlancar pengelolaan data anggota ekstrakurikuler. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini dengan Unified Approach yang terdiri dari tahapan, Object Oriented Analysis, Object Oriented Design, Object Oriented Programming dan pemodelan data dengan menggunakan Unified Modelling Language. Tahapan dari Object Oriented Analysis adalah menganalisis dimulai dari identifikasi aktor, perancangan use case dan activity diagram, perancangan sequence diagram, class diagram sehingga menjadi suatu inputan untuk Object Oriented Design. Tahapan dari Object Oriented Design dimulai dari perancangan kelas, assosiasi, method dan atribut, menyaring diagram class, dan perancangan layer akses. Tahapan Object Oriented Programming yaitu implementasi dari tahapan sebelumnya dan mengeksekusi dengan satu tahapan yaitu Component Based Development, Kemudian dilanjutkan dengan pengujian dengan menguji dari sisi fungsi-fungsi, dengan demikian maka tercipta sebuah sistem informasi ekstrakurikuler secara online bisa di akses kapan saja dan dapat mendaftar secara langsung pada sistem informasi ini, pada sistem ini alangkah lebih baik harus dilakukan pengembangan agar sistem informasi ini sempurna.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengembangan Aplikasi Pengendalian Skripsi Berbasis Android Untuk Mahasiswa Dan Dosen 
                        
                        Yana Nuryana; 
Asri Mulyani                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.187                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Sekolah Tinggi Teknologi Garut merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi diKabupaten Garut. Sebagian pelaksanaan proses bisnis Skripsi di Sekolah Tinggi Teknologi Garutmasih manual tanpa sentuhan aplikasi, meskipun telah memiliki aplikasi pengendalian Skripsi atauTugas Akhir namun masih belum diterapkan. Permasalahan sekarang adalah sebanyak 98%mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang sedang mengambil mata kuliah Skripsimembutuhkan aplikasi pengendali Skripsi untuk membantu dalam proses pelaksanaan mata kuliahSkripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengembangan aplikasi pengendalian Skripsi berbasisAndroid untuk mahasiswa dan dosen yang dapat diterapkan pada proses bisnis matakuliah Skripsi diSekolah Tinggi Teknologi Garut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalahmetodologi berorientasi objek dengan pendekatan Unified Process dari tahap Inception sampaidengan tahap Transisi, menggunakan pemodelan Unified Modeling Language untuk perancangandesain aplikasi, serta menggunakan metode Black Box Testing untuk menguji aplikasi. Penerapanaplikasi pengendalian Skripsi ini menggunakan bahasa pemrograman Java, Extensible MarkupLanguage dan PHP: Hypertext Preprocessor serta menggunakan MySQL untuk database.Pengembangan aplikasi pengendali Skripsi ini dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang adadengan mengacu pada analisis dan perancangan yang telah dilakukan, sehingga aplikasi pengendaliSkripsi ini dapat diterapkan pada bisnis proses Skripsi di Sekolah Tinggi Teknologi Garut gunamembantu mahasiswa dan dosen dalam proses pelaksanaan matakuliah Skripsi.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Sistem Informasi Pengelolaan Izin Praktek Kerja Lapangan Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Secara Online di STT Garut 
                        
                        Aneu Suci Nurjanah; 
Dede Kurniadi                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (1108.235 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.193                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Proses bisnis pada Sekolah Tinggi Teknologi Garut sudah dilengkapi dengan berbagaisistem informasi untuk menunjang kinerja, baik pembelajaran maupun pengadministrasian, akantetapi masih ada beberapa proses bisnis yang masih menggunakan proses manual artinya belumtersentuh oleh sebuah sistem terkomputerisasi salah satunya yaitu pada proses bisnis pengelolaanizin praktek kerja lapangan, yang menjadi masalah dalam hal ini adalah proses pengelolaan izinyang dilakukan secara manual akan menyulitkan bagi siswa yang tempat tinggalnya jauh untukmendaftarkan diri menjadi peserta praktek kerja lapangan di Sekolah Tinggi Teknologi Garut,sehingga diperlukan sebuah sistem untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk membuat sebuah sistem informasi pendaftaran online agar bisa memberikemudahan bagi siswa yang akan mendaftarkan diri untuk melakukan kegiatan praktek kerjalapangan di STT Garut. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu metodeberorientasi objek dengan pendekatan Rational Unified Process dari tahap inception hinggaconstruction, serta menggunakan metode Black Box Testing untuk pengujian sistem. Pembuatansistem pengelolaan izin praktek kerja lapangan ini memakai dukungan perangkat lunak xampp,database MySql, dan menggunakan Argo UML untuk menggambarkan perancangan sistem sertaPHP sebagai bahasan pemrogamannya.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengembangan Aplikasi Katalog Online Berbasis Web di Perpustakaan Sman 26 Garut 
                        
                        Ai Jubaedah; 
Sri Rahayu                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (564.096 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.203                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Perpustakaan SMAN 26 Garut merupakan perpustakan yang cukup lengkap dengansarana dan prasaranan yang ada karena Perpustakaan SMAN 26 Garut memiliki banyak koleksibuku dan ruangan yang memadai bagi para pengunjung, Namun seluruh aktivitas perpustakan diSMAN 26 Garut masih manual dan belum mempunyai katalog online. Tujuan dari penelitian iniadalah mengembangk aplikasi katalog online perpustakaan SMAN 26 Garut berbasis web. Metodepenelitian yang digunakan adalah Unified Approach dan pemodelan yang digunakan adalah UnifiedModelling Language. Pengujian aplikasi menggunakan metode Black Box. Hasil dari penelitian iniberupa aplikasi katalog online perpustkaan SMAN 26 Garut berbasis web dengan fasilitas stokbuku serta lokasi buku, pencarian buku yang bisa dikombinasikan, pemesanan peminjaman buku,usulan buku dan berita perpustakaan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Rancang Bangun Aplikasi Pemasaran Rumah Royal Rabbany Dengan Menggunakan Metode Unified Approach 
                        
                        Asep Deddy Supriatna; 
Rinrin Safitri Yusuf                        
                         Jurnal Algoritma Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Algoritma 
                        
                        Publisher : Institut Teknologi Garut 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (569.096 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33364/algoritma/v.14-2.210                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Sistem pemasaran rumah pada Royal Rabbany masih dilakukan dengan cara manual,sehingga kurang efisien dalam melakukan promosi rumah karena terbatasnya informasi tentangperumahan yang di jual tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi yang memadai untuk prosespemasaran rumah secara otomatis dan menghasilkan informasi yang cepat dan tepat. Metodologi yangdi pakai dalam perancangan ini adalah dengan metodologi berorientasi objek Unified Approach yangterdiri atas tahapan Object Oriented Analiysis dan Object Oriented Design dengan Unified ModellingLanguage. Object Oriented Analysis terdiri atas beberapa tahapan, yaitu identifikasi aktor, use casediagram, activity diagram, iteratife diagram, mengidentifikasi class, attribute, method dan assosiasi.Sedangkan Object Oriented Design terdiri atas beberapa tahapan, yaitu perancangan layer akses,perancangan antar muka dan pengujian. Dengan adanya aplikasi pada Royal Rabbany ini sangatmembantu costumer dalam melakukan pemesanan rumah dan membantu petugas pemasaran dalammelakukan promosi rumah tersebut.