cover
Contact Name
Edduar Hendri, S.E., M.M
Contact Email
jmwahanaekonomika@gmail.com
Phone
+62812 7810 831
Journal Mail Official
jmwahanaekonomika@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Media Wahana Ekonomika Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang Jln. Jend. A. Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang - Sumatera Selatan Sumatera Selatan Telp. 0711-510043 Faximile 0711-514782.
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Wahana Ekonomika
ISSN : 16934091     EISSN : 26221845     DOI : https://doi.org/10.31851/jmwe
Core Subject : Economy,
Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) adalah Jurnal Ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Palembang. Dan Jurnal ini juga telah terdaftar dalam sistem Crossreff dengan Digital Object Identifier 10.31851/jmwe.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013" : 7 Documents clear
PERANAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Erfan Robyardi
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v10i1.3608

Abstract

Kualitas layanan mencerminkan perbandingan antara tingkat layanan yang disampaikan perusahaan dibandingkan ekspektasi pelanggan. Kualitas layanan diwujudkan melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi atau melampaui harapan pelangganCara yang harus diakukan perusahaan dalam mempertahankan atau meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu melalui peningkatan kualitas, karena pelanggan merupakan faktor utama ketika kita mengungkap kepuasan dan kualitas jasa. Konsekuensi kepuasan/ketidakpuasan pelanggan sangat krusial bagi kalangan bisnis, pemerintah, dan juga konsumen. Bagi bisnis, kepuasan dipandang sebagai salah satu dimensi harga pasar. Peningkatan kepuasan pelanggan berpotensi mengarah pada pertumbuhan penjualan jangka panjang dan jangka pendek, serta pangsa pasar sebagai hasil pembelian ulang.  Kata Kunci : Kualitas layanan, Kepuasan pelanggan
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM PEMBAYARAN REKENING LISTRIK DI KOTA PLAJU PALEMBANG Ilhamsyah .; Agus Mulyani
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v10i1.3609

Abstract

Customer satisfaction is a happy or disappointed feeling of people thatappear after comparing the result of product thought with the result hoped. Customer satisfaction is influenced by perception of some quality, either service or product. One of factors that determine customer satisfaction is customer perception about service quality focused at five dimensions of service quality; they are physical evident, reliability, perceptive effort, guarantee, and empathy.One of organizations that work in service to public is PT. PLN (Persero) Plaju Palembang. Meanwhile, one of many kinds of service given to public is Payment Point Online Bank (PPOB). Payment Point Online Bank (PPOB) is a payment point of electrical claim payment from PLN customer by online with bank. The aim of this research is to analyze physical evident, reliability, perceptive effort, guarantee, and empathy influence to PLN customer satisfaction with PPOB system.            Population in this research is PLN Plaju Ilir customer and couse second research is PLN Plaju Ulu that paid an electrical claim by Payment Point Online Bank (PPOB) system in May 2013 – Oktober 2013amount 10.378 customers. Sample in this research is 100 respondents.             Technique of sample taking in this research is done by accidental sampling. Kind of data is primer. The method of data collection uses questionnaire. Analysis technique used is multiple regressions.            The result of analysis by using SPSS Version 13 shows that: Quality of care has positive influence on customer satisfaction, from the result obtained showed regression assurance (b4 =0.285) became the biggest factor affecting customer satisfaction, then tangibles (b1 =0.209),responsiveness (b3=0.202),reability (b2= 0.163), empaty (b5= 0.160) became the lowest factor affecting customer satisfaction of Wilayah Plaju Ulu couse of the Wilayah Plaju Ilir. The quality of care has positive influence on customer satisfaction, from the result obtained showed regression assurance (b4 =0.265) became the biggest factor affecting customer satisfaction, then tangibles (b1 =0.205), responsiveness (b3=0.207), reability (b2= 0.157), empaty (b5= 0.160) became the lowest factor affecting customer satisfaction.Testing the hypothesis of partially independent variables significant, because the significant of all values <0.05 hypothesis test simultaneously of independent variable is significant because significant value is < 0, 05. Determination coefficient shows that variable capability of physical evident, reliability, perceptive effort, guarantee, and empathy in explaining customer satisfaction of Electrical Claim Payment Customer Service Wilayah Plaju Ulu is amount 91,6%. Couse Wilayah Plaju Ilir is amount 90,8%. The Testing the hypothesis of second test significant system Payment Point Online Bank (PPOB) of Plaju Ulu and Plaju Ilir is right to system PPOB Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan
UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA CV. HAVRACO JAYA PALEMBANG Aprizal Rosadian
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v10i1.3610

Abstract

Kedisiplinan merupakan tolak ukur bagi karyawan perusahaan, karena semakin tinggi kedisiplinan karyawan perusahaan maka akan membuat citra dan tujuan perusahaan menjadi baik. Jika karyawan banyak melakukan ketidak disiplinan akan membuat citra perusahaan tidak baik dan apa yang menjadi tujuan perusahaan tidak akan tercapai sesuai dengan yang diharapkan.Hal ini dapat terlihat dari adanya jam kerja yang tidak dipatuhi oleh karyawan CV Havraco Jaya Palembang walaupun kenyataanya sudah ada peraturan ataupun sanksi yang diterima akibat ketidak disiplinan tersebut.Kemungkinan yang terbesar dari ketidak disiplinan tersebut adalah adanya ketidak tegasan pimpinan perusahaan terhadap bawahannya dan tidak adanya ketaatan karyawan terhadap peraturan perusahaan. Kata kunci  : Disiplin Kerja
HUBUNGAN PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. CAHAYA NUSANTARA PRATAMA PALEMBANG Reina Damayanti
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v10i1.3611

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Cahaya Nusantara Pratama Palembang, dan untuk mengetahui jenis kompensasi yang tepat terhadap prestasi kerja karyawan pada  PT. Cahaya Nusantara Pratama Palembang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompensasi memiliki hubungan yang positif terhadap prestasi kerja karyawan, karena dari hasil analisis ini diperoleh r hitung = 0, 78, dimana prestasi kerja disebabkan oleh adanya pemberian kompensasi dengan nilai 60,84 % dan sisanya sebesar 39,16 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi, kepuasan kerja, tingkat stress, kondisi fisik pekerjaan, serta keprilakuan lainnya. Sedangkan jenis kompensasi yang diinginkan karyawan pada PT. Cahaya Nusantara Pratama Palembang sebanyak 60 % menjawab hiburan seperti rekreasi, 15 % menginginkan keamanan kerja seperti asuransi kerja, 15 % lagi menginginkan upah / gaji yang memuaskan, dan yang menginginkan pelayanan kesehatan sebesar 10 %. Dari data diatas dapat dilihat frekuensi jenis kompensasi yang diinginkan karyawan kebanyakan memilih jenis kompensasi hiburan seperti rekreasi. Kata kunci :  kompensasi, prestasi kerja
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Benny Usman
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v10i1.2754

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 31 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu menggunakan seluruh popuasi sebagai sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, analisis korelasi dan uji hipotesis t dengan bantuan software SPSS 17.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel (6,370 > 2,045). Maka keputusannya adalah menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternative (Ha) berarti ada pengaruh signifikan antara Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Kinerja Pegawai
PENTINGNYA KOREKSI KESALAHAN DALAM LAPORAN KEUANGAN Jusmani .
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v10i1.3607

Abstract

Ditemukannya masalah akuntansi dari transaksi dimasa lalu menimbulkan masalah yang sama. Kesalahan tersebut haruslah diperbaiki dan diberikan pengungkapan yang tepat, sehinggga para pembaca laporan keuangan dapat mengerti dengan jelas apa yang terjadi dan juga agar laporan keuangan dapat diperbandingkan maka perlu dilakukannya koreksi kesalahan-kesalahan dalam periode – periode yang lalu koreksi kesalahan tahun-tahun lalu dapat terjadi karena berbagai macam sebab, seperti kesalahan perhitungan, kesalahan penggunaan rekening, kesalahan dalam menerapkan prinsip akuntansi.dll. Koreksi adalah tindakan pembetulan akuntansi agar pos-pos yang tersaji dalam laporan keuangan entitas menjadi sesuai dengan yang seharusnya. Kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan pada satu atau beberapa periode sebelumnya mungkin baru ditemukan pada periode berjalan.  Kata Kunci : Perubahan estimasi, Perubahan prinsip akuntansi, Pengakuan pengaruh kumulatif pada periode berjalan, Penyajian kembali periode-periode sebelumnya
PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Tri Darmawati
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v10i1.3612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI  Palembang yang berjumlah 35 pegawai, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan cara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI  Palembang, hal ini sesuai dengan uji hipotesis memperlihatkan nilai t sebesar 2,532 dengan nilai signifikansi sebesar 0,169 sehingga tolak hipotesis nol dan terima hipotesis alternatif yaitu ada pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Kata Kunci : Kompetensi , Kinerja Pegawai

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 2 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2025 Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025 Vol. 21 No. 4 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2025 Vol. 21 No. 3 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2024 Vol. 21 No. 2 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2024 Vol. 21 No. 1 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2024 Vol. 20 No. 4 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2024 Vol. 20 No. 3 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2023 Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2023 Vol. 19 No. 4 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2023 Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022 Vol. 19 No. 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol 19, No 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol 19, No 1 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2022 Vol 18, No 4 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2022 Vol 18, No 3 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2021 Vol 18, No 2 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2021 Vol 17, No 4 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2021 Vol 17, No 3 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2020 Vol 17, No 2 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2020 Vol 16, No 4 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2020 Vol 16, No 3 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2019 Vol 16, No 2 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2019 Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2019 Vol 15, No 4 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2019 Vol 15, No 3 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2018 Vol 15, No 2 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2018 Vol 15, No 1 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2018 Vol 14, No 4 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2018 Vol 13, No 4 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, 4, Januari 2017 Vol 14, No 3 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2017 Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2017 Vol 13, No 3 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2016 Vol 13, No 2 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2016 Vol 12, No 4 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2016 Vol 12, No 3 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2015 Vol 12, No 2 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2015 Vol 12, No 1 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2015 Vol 11, No 4 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2015 Vol 11, No 3 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2014 Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2014 Vol 10, No 4 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2014 Vol 10, No 3 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 3, Oktober 2013 Vol 10, No 2 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 2, Juli 2013 Vol 9, No 4 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 4, Januari 2013 Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013 Vol 9, No 3 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 3, Oktober 2012 Vol 9, No 2 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 2, Juli 2012 Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012 Vol 8, No 4 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 4, Januari 2012 Vol 8, No 3 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 3, Oktober 2011 Vol 8, No 2 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 2, Juli 2011 Vol 8, No 1 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 1, April 2011 Vol 7, No 4 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 4, Januari 2011 Vol 7, No 3 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 3, Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 2, Juli 2010 Vol 5, No 1 (2008): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 5 No. 1, April 2008 Vol 3, No 4 (2007): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 4, Januari 2007 Vol 3, No 3 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 3, Oktober 2006 Vol 3, No 2 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 2, Juli 2006 More Issue