cover
Contact Name
Edduar Hendri, S.E., M.M
Contact Email
jmwahanaekonomika@gmail.com
Phone
+62812 7810 831
Journal Mail Official
jmwahanaekonomika@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Media Wahana Ekonomika Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang Jln. Jend. A. Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang - Sumatera Selatan Sumatera Selatan Telp. 0711-510043 Faximile 0711-514782.
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Wahana Ekonomika
ISSN : 16934091     EISSN : 26221845     DOI : https://doi.org/10.31851/jmwe
Core Subject : Economy,
Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) adalah Jurnal Ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Palembang. Dan Jurnal ini juga telah terdaftar dalam sistem Crossreff dengan Digital Object Identifier 10.31851/jmwe.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012" : 12 Documents clear
SISTEM AKUNTANSI KLAIM KECELAKAAN (KENDARAAN RODA EMPAT) PADA PT. ASURANSI UMUM MEGA CABANG PALEMBANG M.Si, Rismansyah SE
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.670

Abstract

Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, merupakan salah satu jenis perusahaan asuransi kerugian di Indonesia yang menawarkan produk asuransi kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang yang berdiri sejak tanggal 7 Mei 2007, mempunyai tujuan untuk mendidik masyarakat merencanakan masa depan serta memberikan perlindungan bagi masyarakat. Pelayanan yang terbaik selalu dilakukan untuk bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat sehingga Asuransi Mega menjadi perusahaanm asuransi yang andal dan terpercaya. Namun pada kenyataan sering terjadi kekecewaan nasabah terhadap perusahaan asuransi yang dianggap bekerja tidak professional dalam menangani klaim. Perusahaan asuransi Mega hanya dianggap memberikan janji tetapi tidak dapat mewujudkannya. Pengajuan klaim oleh pemegang polis sering di persulit oleh pihak asuransi.Penulisan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem klaim kecelakaan (kendaraan roda empat) dan menganalisis keefektifitasanya. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, yang berlokasi di Jl.R.Sukamto No.28G Palembang. Objek kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) pada PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang. Metode pengumpulan data pada tugas akhir ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Akuntansi Klaim kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan serta cukup memadai. Sistem yang diterapkan pun sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari fungsi-fungsi yang terkait telah bekerja sesuai dengan tugasnya. Prosedur yang diterapkan sudah cukup baik hanya saja proses penyelesaian klaim nya masih memakan waktu yang sedikit lambat. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa pada Sistem Akuntansi klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) pada PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, dokumen yang digunakan pada pengeluaran kas secara tunai dan cek tidak dilakukan secara terpisah. Fungsi pemegang dana kas kecil harus terpisah dari fungsi kas serta membentuk fungsi pemeriksa intern yang berfungsi menjaga kekayaan perusahaan dan menjamin serta keandalan akuntansi. Kata Kunci : Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (Kendaran Roda Empat)
ANALISIS BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS PADA CV. SAPUTRA JAYA MOBILINDO PALEMBANG Hendri, Edduar
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.330

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil bekas baik secara simultan maupuan secara parsial. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli mobil bekas di CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang berjumlah 179 orang (pembelian dari tahun 2007?2011). Besarnya sampel yang diambil mengacu pada pendapat Husein Umar (2005: 78) sampel yang lebih dari 30 (n > 30) sudah mewakili responden. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 30 orang,  pengambilan sampel dilakukan dengan menggunkan metode non probability sampling, dan diambil dengan purposive random sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara bersama-sama Produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo, (2) Secara parsial produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang, (3) Secara parsial tempat tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang, (4) Secara parsial promosi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang, (5) Variable yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah produk. Kata Kunci : Produk, harga, tempat, promosi dan keputusan pembelian
ANALISIS BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS PADA CV. SAPUTRA JAYA MOBILINDO PALEMBANG Edduar Hendri
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.4205

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil bekas baik secara simultan maupuan secara parsial. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli mobil bekas di CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang berjumlah 179 orang (pembelian dari tahun 2007–2011). Besarnya sampel yang diambil mengacu pada pendapat Husein Umar (2005: 78) sampel yang lebih dari 30 (n > 30) sudah mewakili responden. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 30 orang,  pengambilan sampel dilakukan dengan menggunkan metode non probability sampling, dan diambil dengan purposive random sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara bersama-sama Produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo, (2) Secara parsial produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang, (3) Secara parsial tempat tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang, (4) Secara parsial promosi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang, (5) Variable yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah produk. Kata Kunci : Produk, harga, tempat, promosi dan keputusan pembelian
PEMANFAATAN MEREK UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH Sri Husnulwati
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.4211

Abstract

Merupakan suatu kekeliruan jika menganggap suatu merek hanya sekedar tanda biasa. Merek berfungsi agar konsumen dapat mencirikan suatu produk (baik itu barang maupun jasa) yang dimiliki oleh perusahaan sehingga dapat dibedakan dari produk perusahaan lain yang serupa atau yang mirip yang dimiliki oleh pesaingnya.Konsumen yang merasa puas dengan suatu produk tertentu akan membeli atau mmakai kembali produk tersebut dimasa yang akan datang.Untuk dapat melakukan hal tersebut pemakai harus mampu membedakan dengan mudah antara produk yang asli dengan produk yang identik atau yang mirip. Kata Kunci : Kekayaan Intelktual, Aset berharga
STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA TAMBAK IKAN MUJAIR DI WILAYAH SOAK PALEMBANG Ninin Non Ayu Salmah; Reva Maria Valianti
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.4207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis layak tidaknya pengembangan usaha tambak ikan mujair milik Bapak Amir di Wilayah Soak Palembang ditinjau dari aspek pasar, aspek teknis dan aspek keuangan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menguraikan dan menjelaskan suatu fenomena yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. Obyek penelitian adalah Usaha Tambak Ikan Milik Bapak Amir di Wilayah Sako Palembang. Alat analisis data adalah metode penilaian investasi yaitu net present value, profitability index dan payback period.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek pasar dan aspek teknis, rencana pengembangan usaha ternak ikan mujair Bapak Amir, layak dilaksanakan.  Selain itu ditinjau dari aspek keuangan, pengembangan tambak ikan mujair milik Bapak Amir, layak untuk dilaksanakan yang dapat dilihat dari nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp 143.073.922 dan positif, Profitability index (PI) nya sebesar 3,33 maka PI dikatakan menguntungkan karena PI > 1 dan Payback Period (PP) menunjukkan bahwa tingkat pengembalian investasi hanya memerlukan waktu 1 tahun 2 bulan dan layak dilaksanakan. Kata kunci : studi kelayakan bisnis, aspek pemasaran, aspek teknik, aspek keuangan
ANALISIS KETIMPANGAN PENDAPATAN (STUDI KASUS: PROPINSI SUMATERA SELATAN DAN BENGKULU) Asmanita .
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.4212

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis berapa besar tingkat ketimpangan pendpatan antara Propinsi Sumatera Selatan dan Propinsi Bengkulu. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data time series yang merupakan data sekunder yang berasal dari publikasi Badan Pasat Statistik. Analisa yang diggunakan adalah teknik analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif dengan menganalisisis permasalahan berdasarkan teori dan alat analisis indek Gini ratio, dan indek Williamson. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil penelitian Indeks Wiliamson apabila dibandingkan antara Propinsi Sumatera Selatan dan Propinsi Bengkulu ternyata Propinsi Bengkulu adalah propinsi yang memiliki IW cukup tinggi dengan rata-rata 0,43 yang  menunjukkan tingkat ketimpangan antar wilayah yang semakin tinggi pula. Sebaliknya, Propinsi Sumatera Selatan adalah propinsi yang memiliki tingkat IW yang rendah dengan rata-rata 0,125 artinya ketimpangan daerahnya juga rendah dan kemerataan di daerahnya menjadi tinggi. Dari hasil analisis antara Indeks Willimason dengan Indeks Gini terdapat persamaan  hasil. Dimana dari dua hasil perhitungan ini setiap tahun nilai ketimpangannya semakin menurun di setiap tahunnya  Kata Kunci:  Ketimpangan Pendapatan, Indeks Gini Rasio, Indeks Williamson.
SISTEM AKUNTANSI KLAIM KECELAKAAN (KENDARAAN RODA EMPAT) PADA PT. ASURANSI UMUM MEGA CABANG PALEMBANG Rismansyah .
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.4208

Abstract

Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, merupakan salah satu jenis perusahaan asuransi kerugian di Indonesia yang menawarkan produk asuransi kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang yang berdiri sejak tanggal 7 Mei 2007, mempunyai tujuan untuk mendidik masyarakat merencanakan masa depan serta memberikan perlindungan bagi masyarakat. Pelayanan yang terbaik selalu dilakukan untuk bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat sehingga Asuransi Mega menjadi perusahaanm asuransi yang andal dan terpercaya. Namun pada kenyataan sering terjadi kekecewaan nasabah terhadap perusahaan asuransi yang dianggap bekerja tidak professional dalam menangani klaim. Perusahaan asuransi Mega hanya dianggap memberikan janji tetapi tidak dapat mewujudkannya. Pengajuan klaim oleh pemegang polis sering di persulit oleh pihak asuransi.Penulisan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem klaim kecelakaan (kendaraan roda empat) dan menganalisis keefektifitasanya. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, yang berlokasi di Jl.R.Sukamto No.28G Palembang. Objek kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) pada PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang. Metode pengumpulan data pada tugas akhir ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Akuntansi Klaim kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan serta cukup memadai. Sistem yang diterapkan pun sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari fungsi-fungsi yang terkait telah bekerja sesuai dengan tugasnya. Prosedur yang diterapkan sudah cukup baik hanya saja proses penyelesaian klaim nya masih memakan waktu yang sedikit lambat. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa pada Sistem Akuntansi klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) pada PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, dokumen yang digunakan pada pengeluaran kas secara tunai dan cek tidak dilakukan secara terpisah. Fungsi pemegang dana kas kecil harus terpisah dari fungsi kas serta membentuk fungsi pemeriksa intern yang berfungsi menjaga kekayaan perusahaan dan menjamin serta keandalan akuntansi. Kata Kunci : Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (Kendaran Roda Empat)
SISTEM AKUNTANSI KLAIM KECELAKAAN (KENDARAAN RODA EMPAT) PADA PT. ASURANSI UMUM MEGA CABANG PALEMBANG ., Rismansyah
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.4208

Abstract

Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, merupakan salah satu jenis perusahaan asuransi kerugian di Indonesia yang menawarkan produk asuransi kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang yang berdiri sejak tanggal 7 Mei 2007, mempunyai tujuan untuk mendidik masyarakat merencanakan masa depan serta memberikan perlindungan bagi masyarakat. Pelayanan yang terbaik selalu dilakukan untuk bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat sehingga Asuransi Mega menjadi perusahaanm asuransi yang andal dan terpercaya. Namun pada kenyataan sering terjadi kekecewaan nasabah terhadap perusahaan asuransi yang dianggap bekerja tidak professional dalam menangani klaim. Perusahaan asuransi Mega hanya dianggap memberikan janji tetapi tidak dapat mewujudkannya. Pengajuan klaim oleh pemegang polis sering di persulit oleh pihak asuransi.Penulisan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem klaim kecelakaan (kendaraan roda empat) dan menganalisis keefektifitasanya. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, yang berlokasi di Jl.R.Sukamto No.28G Palembang. Objek kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) pada PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang. Metode pengumpulan data pada tugas akhir ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Akuntansi Klaim kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan serta cukup memadai. Sistem yang diterapkan pun sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari fungsi-fungsi yang terkait telah bekerja sesuai dengan tugasnya. Prosedur yang diterapkan sudah cukup baik hanya saja proses penyelesaian klaim nya masih memakan waktu yang sedikit lambat. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa pada Sistem Akuntansi klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) pada PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, dokumen yang digunakan pada pengeluaran kas secara tunai dan cek tidak dilakukan secara terpisah. Fungsi pemegang dana kas kecil harus terpisah dari fungsi kas serta membentuk fungsi pemeriksa intern yang berfungsi menjaga kekayaan perusahaan dan menjamin serta keandalan akuntansi. Kata Kunci : Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (Kendaran Roda Empat)
KETIDAKMERATAAN DISTRIBUSI PENDAPATAN RUMAH TANGGA KOTA PALEMBANG ( STUDI KASUS PUSAT KOTA PINGGIR KOTA ) Lesi Hertati
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.4209

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketidakmerataan distribusi pendapatan  antar rumah tangga Kota Palembang. Pengambilan sampel dilakukan pada dua  kecamatan dan masing-masing kecamatan diambil satu kelurahan dan masing-masing kelurahan diambil dua Rukun Tetangga dan tidak ada kesulitan dalam pengambilannya. Hasil Analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis yang diajukan, kemudian dilakukan analisis statistik deskriptif. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan analisis dengan metode koefisien Gini. Tehnik analisis ini bertujuan untuk mengetahui apakah distribusi pendapatan antar rumah tangga wilayah yang di teliti Pusat Kota (24 ilir)  dan Pinggir Kota (desa Talang Kemang)  merata atau tidak. Hasil Indeks Gini keseluruhan antara Pusat Kota dan Pinggir Kota di wilayah Kota Palembang terjadi ketidakmerataan 0.38, angka ini tergolong ketidakmerataan sedang atau menengah. Sedangkan di Pusat Kota sendiri terjadi ketidakmerataan rendah yaitu 0.27. Dan di Pinggir Kota terjadi ketidakmerataan rendah yaitu 0.12. Hasil perhitungan Indeks atau koefisien Gini salah satu faktor yang erat kaitannya dengan ketidakmerataan distribusi pendapatan dapat  bersumber  dari berbagai hal,  seperti pendidikan yang rendah, pendapatan yang rendah dan ketidakmerataan pendapatan antara Pusat Kota dan Pinggir Kota. Faktor lain yang tidak kala penting adalah meningkatkan ketrampilan khususnya penduduk usia kerja. Kata Kunci : Ketidakmerataan, Distribusi Pendapatan, Indeks Gini. 
KETIDAKMERATAAN DISTRIBUSI PENDAPATAN RUMAH TANGGA KOTA PALEMBANG ( STUDI KASUS PUSAT KOTA PINGGIR KOTA ) Hertati, Lesi
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v9i1.4209

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketidakmerataan distribusi pendapatan  antar rumah tangga Kota Palembang. Pengambilan sampel dilakukan pada dua  kecamatan dan masing-masing kecamatan diambil satu kelurahan dan masing-masing kelurahan diambil dua Rukun Tetangga dan tidak ada kesulitan dalam pengambilannya. Hasil Analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis yang diajukan, kemudian dilakukan analisis statistik deskriptif. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan analisis dengan metode koefisien Gini. Tehnik analisis ini bertujuan untuk mengetahui apakah distribusi pendapatan antar rumah tangga wilayah yang di teliti Pusat Kota (24 ilir)  dan Pinggir Kota (desa Talang Kemang)  merata atau tidak. Hasil Indeks Gini keseluruhan antara Pusat Kota dan Pinggir Kota di wilayah Kota Palembang terjadi ketidakmerataan 0.38, angka ini tergolong ketidakmerataan sedang atau menengah. Sedangkan di Pusat Kota sendiri terjadi ketidakmerataan rendah yaitu 0.27. Dan di Pinggir Kota terjadi ketidakmerataan rendah yaitu 0.12. Hasil perhitungan Indeks atau koefisien Gini salah satu faktor yang erat kaitannya dengan ketidakmerataan distribusi pendapatan dapat  bersumber  dari berbagai hal,  seperti pendidikan yang rendah, pendapatan yang rendah dan ketidakmerataan pendapatan antara Pusat Kota dan Pinggir Kota. Faktor lain yang tidak kala penting adalah meningkatkan ketrampilan khususnya penduduk usia kerja. Kata Kunci : Ketidakmerataan, Distribusi Pendapatan, Indeks Gini. 

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 2 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2025 Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025 Vol. 21 No. 4 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2025 Vol. 21 No. 3 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2024 Vol. 21 No. 2 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2024 Vol. 21 No. 1 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2024 Vol. 20 No. 4 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2024 Vol. 20 No. 3 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2023 Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2023 Vol. 19 No. 4 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2023 Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022 Vol 19, No 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol. 19 No. 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol 19, No 1 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2022 Vol 18, No 4 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2022 Vol 18, No 3 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2021 Vol 18, No 2 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2021 Vol 17, No 4 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2021 Vol 17, No 3 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2020 Vol 17, No 2 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2020 Vol 16, No 4 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2020 Vol 16, No 3 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2019 Vol 16, No 2 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2019 Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2019 Vol 15, No 4 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2019 Vol 15, No 3 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2018 Vol 15, No 2 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2018 Vol 15, No 1 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2018 Vol 14, No 4 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2018 Vol 13, No 4 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, 4, Januari 2017 Vol 14, No 3 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2017 Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2017 Vol 13, No 3 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2016 Vol 13, No 2 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2016 Vol 12, No 4 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2016 Vol 12, No 3 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2015 Vol 12, No 2 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2015 Vol 12, No 1 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2015 Vol 11, No 4 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2015 Vol 11, No 3 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2014 Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2014 Vol 10, No 4 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2014 Vol 10, No 3 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 3, Oktober 2013 Vol 10, No 2 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 2, Juli 2013 Vol 9, No 4 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 4, Januari 2013 Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013 Vol 9, No 3 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 3, Oktober 2012 Vol 9, No 2 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 2, Juli 2012 Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012 Vol 8, No 4 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 4, Januari 2012 Vol 8, No 3 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 3, Oktober 2011 Vol 8, No 2 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 2, Juli 2011 Vol 8, No 1 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 1, April 2011 Vol 7, No 4 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 4, Januari 2011 Vol 7, No 3 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 3, Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 2, Juli 2010 Vol 5, No 1 (2008): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 5 No. 1, April 2008 Vol 3, No 4 (2007): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 4, Januari 2007 Vol 3, No 3 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 3, Oktober 2006 Vol 3, No 2 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 2, Juli 2006 More Issue