cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Universitas PGRI Palembang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue " PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8" : 17 Documents clear
STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA JAMBATAN AKA DI KECAMATAN BAYANG UTARA KABUPATEN PESISIR SELATAN Nuranisa, Nuranisa
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi dengan belum optimalnya pengelolaanpariwisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan khususnya di Kecamatan Bayang Utara yaitu objek wisata alam Jambatan Aka sehingga tidak ramai dikunjungi.Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Wawancara mendalamdilakukan terhadap responden yang ditentukan dengan mengunakan purposive sampling khususnya untuk pengambil kebijakan, sedangkan Accidental Sampling ditujukan pada pengunjung Jembatan Aka. Alat pengumpulan data berupa instrument wawancara, observasi dokumentasi, dan angket Analysis Hierarki Proses (AHP). Untuk menentukan strategi pengembangan objek wisata Jambatan Aka mengunakan analisis SWOT, sedangkan untuk menentukan prioritas kebijakan yang akan dilakukan untuk pengembangan objek wisataJambatan Aka di gunakan analisis Analysis Hierarki Proses (AHP). Selanjutnya, teknik analisis data adalah reduksi, display, klasifikasi dan kesimpulan.Hasil penelitian merumuskan 12 Strategi Alternatif pengembangan objek wisata yang harus dilakukan pemerintah terhadap objek wisata alam Jambatan Aka dengan 6 strategi yang di prioritaskan yaitu 1) Melakukan pemberdayaan, penyuluhan agar menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya masyarakat Sadar Wisata, 2) Melakukan Koordinasi dengan pihak Swasta untuk menanamkan modal, 3) Mengembangkan Atraksi Pariwisata, 4) Memperbaiki dan mengadakan fasilitas sarana prasarana objek wisata, 5) Membangun dan mengadakan Aksesibilitas pariwisata, 6) Mengadakan Akomodasi pariwisata, 7) Mengadakan objek wisata pendamping, 8) Mempertahankan dan memelihara keindahan dan keasrian lingkungan sekitar objek wisata, 9) Melakukan pengawasan dan pemeliharaan fasilitas- fasilitas yang telah ada dilokasi objek wisata, 10) melakukan control yang tegas terhadap pelaksanaan unsur-unsur pelaku wisata yang tidak sesuai dengan sikap dan tindakan pelaku wisata yang dapat mengancam kerusakan objek wisata, 11) Melakukan promosi, 12) Peningkatan Kualitas Tenaga Profesional.Kata Kunci: Strategi Pengembangan Wisata, Jembatan Aka, Analysis Hierarki Proses
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MENURUT AKSESIBILITAS WILAYAH DI DESA SUKA DAMAI KECAMATAN TUNGKAL JAYA Taufik, Mirna
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perseps pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Tungkal Jaya berdasarkan aksesibilitas wilayah, penelitian ini menggunakan desain penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Suka Damai dengan sampel penelitian sebanyak 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan observasi. Secara umum hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Suka Damai sudah merasapuas terhadap pelayanan kesehatan yang di berikan oleh pihak puskesmas. Hal ini terjadi karena berpengaruhnya tingkat pendidikan dan juga tingkat pendapatan terhadap kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, dapat dikatakan, bahwa semakin rendah tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan responden maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan responden tersebut terhadap pelayanan kesehatan. Hal ini terjadi karena tingginya expektasi responden terhadap sebuah pelayanan dan sebagianmasyarakat yang berpendidikan tinggi dan juga berpendapatan tinggi hanya menjadikan puskesmas sebagai bahan rujukan awal. Masyarakat yang berpendidikan tinggi dan berpendapatan tinggi sanggat menjaga pola hidup dan menjaga kesehatan.Kata Kunci: Persepsi, Pelayanan Kesehatan, Aksesibilitas Wilayah
PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KURIKULUM 2013 (Studi Literatur) Murjainah, Murjainah; Selegi, Susanti Faipri; Putri, Mega Kusuma; Mujib, M.Asyroful
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (16.31 KB)

Abstract

ABSTRAKPemanfaatan TIK di bidang pendidikan sedikit banyak telah digunakan dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan Perguruan Tinggi untuk pendataan tenaga pendidik, tenaga pengajar (guru dan juga dosen). Selain itu, pendataan sertifikasi guru dan dosen serta Uji Kompetensi Guru (UKG). Dalam kurikulum 2013, pemanfaatan TIK sangat berkontribusi dalam pembelajaran, di mana guru saat ini tidak lagi sebagai pusat sumber belajar dan penyampai informasi utama, tetapi lebih dari itu yakni mampu berperan sebagai fasilitator, pendamping, pembimbing, dan sekaligus sebagai partner dalam mengembangkan skill dan pengetahuan. Pembelajaran Geografi di tingkat SMP merupakan pembelajaran yang teritegrasi/terpadu dengan Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah yang disebut mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). IPS termasuk kelompok mata pelajaran A yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Sementara Geografi untuk jenjang SMA/MA ditetapkan menjadi bagian dari Kelompok Mata pelajaran Peminatan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan minatnya dalam sekelompok mata pelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi, dan mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau ketrampilan tertentu. Bentuk-bentuk pemanfaatan model-model berbasis komputer dalam pembelajaran dapat berupa drill, tutorial, simulation dan games; pembelajaran berbasis computer; blended E-learning ; pembelajaran berbasis web ; perpustakaan online. Manfaat TIK dapat dirasakan dalam pembelajaran bagi pendidik bergantung pada keberhasilan dari pendidik dalam melaksanakan dan menggunakan TIK dalam pembelajaran di kelas dan adanya keyakinan bagi guru bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran memberikan dampak yang signifikan dalam proses pembelajaran di kelas.Kata Kunci : Teknologi Informasi dan Komunikasi, Geografi, Kurikulum 2013
METODE PEMBELAJARAN REKORDER SOPRAN DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG Heryanto, A.
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK               Penerapan Metode Pembelajaran Rekorder Sopran dengan menggunakan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) ini bertujuan untuk mengetahui hasil Belajar Siswa kelas X di SMK Negeri 1 Lempuing Jaya Program Studi Agribisnis Tanaman Perkebunan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes prestasi. Data hasil tes yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif.            Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas X ATP 2 yang mengikuti pembelajaran rekorder sopran dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) mempunyai nilai rata-rata klasikal 70,37. Nilai ini jika dicocokan dengan kategori nilai yang sudah disajikan sebelumnya termasuk ke dalam kategori baik. Ini berarti proses pembelajaran menggunakan model pengajaran langsung bisa dikatakan berhasil. Hal ini bisa dilihat dari hasil tes secara klasikal termasuk dalam kategori baik dan secara individual 74,1 % hasil belajar siswa termasuk ke dalam ketegori baik. Selain itu juga jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa tidak menggunakan model pengajaran langsung dengan hasil belajar setelah menggunakan model pengajaran langsung secara klasikal mengalami peningkatan. Berarti penerapan model pengajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu mengalami peningkatan.Kata kunci: Model Pengajaran Langsung dan Hasil Belajar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG Rosmalinda, Rita
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKModel pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pertama kali dikembang-kan di bidang kedokteran. Dalam bidang pendidikan, model pembelajaran PBL dikembangkan oleh Slavin dan Madden. Model pembelajaran PBL dapat menstimulus kemampuan berpikir siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini, model pembelajaran PBL diterapkan pada materi geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui cara penyelesaian masalah yang riil di sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemiripan nilai rata-rata UAS semester ganjil (satu). Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengandesain Non Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran PBL dan variabel terikatnya hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ialah tes esai sebanyak 7 soal untuk pretest dan posttest.Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gain score dari selisih nilai pretest dan posttesthasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 17,6 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan skor 9,0. Hasil perhitungan analisis uji t menggunakan varian tidak sama (equal variances not assumed) diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05)yaitu 0,00. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Bandar Lampung.Kata kunci: model pembelajaran PBL, hasil belajar siswa
PERAN INFORMASI KELUARGA BERENCANA PADA PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PRAKTEK KB (Kasus di Desa Rengas Abang Kecamatan Air SugihanKabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan) Munandar, Badrun
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKThe current political reform led to a paradigm shift in the implementation of family planning programs that are highly dependent on strategic policy position holders in the area. The purpose of this study was to determine the resources that provide family planning information to the public 1 , differences in perception according to resources 2 , participation by the perception of differences 3 , differences in participation according to resources 4 , and to determine differences in participation according to the perception which is controlled by the level of education, number of children as well as the desire to have more children 5 . The method used in this research is census. Data analysis was done by chi-square test using the program SPSS version 17.0.The results showed that most respondents obtain family planning information via television (58.2%), and there is the influence of the information on perception and participation of family planning. This is evidenced bythe differences in perception according to information exposure, according to the perception of participation and participation by exposure information convincingly with 95% confidence level. In the control variables there are differences in the level of participation in education and number of children conclusively (95%), while participation by the desire to have more children there are no significant differences.Information decisive participation in the practice of family planning, but did not specify in its desire to have more children. This is because the perception of the value of different children, so the desire to have more children does not affect the participation in the practice of family planning.Keywords: Information, Perception, Participation, Family Planning
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE PROBING- PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN GEOGRAFI/IPS TERPADU DI SMP NEGERI 22 PALEMBANG Putri, Mega Kusuma
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh metode pembelajaran kooperatif learning tipe probing-prompting terhadap hasil belajar. Salah satu hal yang memegang peranan penting bagi keberhasilan pendidikan adalah proses pelaksanaan pengajaran itu sendiri. Proses dan mengajar merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan tetapi membentuk satu kesatuan, yang mana kegiatan belajar dilakukan oleh siswa dan kegiatan mengajar dilakukan oleh guru. Oleh sebab itu, kegiatan yang dilakukan oleh guru mempengaruhi kegiatan dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa yang diambil menggunakan teknik sampel random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas regresi. Ujihipotesis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol di kelas VIII.II dan kelas VIII.I. T hitung > T tabel = 4,35 > 1,99, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa.Kata Kunci: Kooperatif Learning tipe Probing-Prompting dan hasil belajar siswa.
PRINSIP KERJASAMA, KESOPANAN DAN PARAMETER PRAGMATIK Wahidy, Achmad
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.223 KB)

Abstract

A B S T R AKSalah satu bentuk kegiatan berdimensi sosial yang dipergunakan oleh manusia setiap hari adalah perilaku bertutur. Seperti lazimnya kegiatan yang berdimensi sosial, kegiatan bertutur dapat berlangsung dengan baik apabila para peserta pertuturan terlibat aktif di dalam proses bertutur. Agar kegiatan bertutur dapat berlangsung dengan baik, tidak saja keaktifan peserta pertuturan di dalam bertutur yang diharapkan, tetapi bentuk saling bekerjasama dalam bertutur menjadi sesuatu yang sangat penting bagi keberhasilan dan kelancaran pertuturan yang terjadi. Bentuk kerjasama yang baik dalam pertuturan salah satunya dapat dilakukan dengan berperilaku sopan. Berperilaku sopan dapat dilakukan dengan cara memperhitungkan “muka” si mitra tutur dalam kegiatan bertutur. Kata Kunci: Prinsip Kerjasama, Prinsip Kesopanan, Parameter Pragmatik
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI METODE INQUIRY-DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPS SMA Perintis 2 Bandar Lampung) Rosita, Laili
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual melalui metode inquiry-discovery dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa kelas XI IPS di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan rancangan pre test dan post test design yang melibatkan dua kelompok yaitu, satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Perintis 2 Bandar Lampungsebanyak 229 siswa dengan. Sampel penelitian sebanyak satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen atau alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala Likert untuk mengukur sikap peduli lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan sel tak sama dan uji lanjut pasca anava.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual melalui metode pembelajaran inquiry--discovery pada pembelajaran geografi berpengaruh terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas XI IPS di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil perhitungan uji lanjut analisis variansi dua jalan sel tak sama diperoleh diperoleh harga harga statistik uji F = 9,760dan F tabel = 8.283 ternyata pada tingkat signifikan  = 0,05 F hitung > F tabel dengan demikian H 0 ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikanKata kunci : Metode Inquiri-Discovery, Sikap Peduli Lingkungan.
ANALISIS KONDISI EKONOMI PETANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN Heldayani, Eni
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimanakah kondisi ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Tujuan dari Penelitian ini dilakukan adapun tujuan untuk mengetahui kondisi ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di Desa Sido Rahayu B2 Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Responden dalam Penelitian ini adalah masyarakat petani kelapa sawit di Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin dan juga sebagai lokasi penelitian. Populasi adalah seluruh jumlah petani kelapa sawit di Desa Sido Rahayu B2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling yakni pengambilan sampel berdasarkan sampel kelompok-kelompok karena kelompok jelas dan antara kelompok petani datanya homogen didapat 26 Responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, dokumentasi,dan Wawancara. Analisis data yang digunakandalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dengan penafsiran menggunakan kriteria tertentu. Variabel dalam penelitian ini adalah variable tunggal yaitu kondisi ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin.Adapun hasil yang didapat yaitu, sebanyak 35% petani kelapa sawitmenyatakan bahwa pendapatan total keluarganya >4 juta rupiah per bulan, 35% petani kelapa sawit menyatakan bahwa pendapatan total keluarganya 3 juta – 4 juta rupiah per bulan, 12% petani kelapa sawit menyatakan bahwa pendapatan total keluarganya kisaran 2 juta – 3 juta rupiah per bulan, dan 19% petani kelapa sawit menyatakan bahwa pendapatan total keluarganya kisaran 1-2 juta rupiah per bulan tapi meskipun sudah baik kepada ketua KUD Sriwijaya dan kelompok petani harus tetap menjaga bersamaagar hasil kelapa sawit tetap maksimal.Kata kunci : Ekonomi, Pendapatan, Petani Kelapa Sawit

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

0000


Filter By Issues
All Issue PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 21 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Jurnal Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Jurnal Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang More Issue