Articles
32 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015"
:
32 Documents
clear
STUDI LINER OVERBOSH TERHADAP KINERJA MESIN JUPITER MX 135CC
Julio Rhesa Margako;
Teng Sutrisno
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (424.843 KB)
Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif semakin meningkat dengan cepat. Banyak teknologi terbaru yang merupakan unggulan dari pabrikan ternama agar dapat menarik konsumen tentunya teknologi tersebut memiliki dampak positif dan menguntungkan bagi konsumen salah satunya adalah Diasil Silinder tapi setiap teknologi memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Maka dari itu tujuan penelitian ini dapat membantu mengatasi kekurangan yang terdapat pada teknologi Diasil Silinder dengan cara Desain Overbosh
PERANCANGAN TURBIN KAPLAN PADA PINTU AIR GUNUNGSARI SUNGAI KALIMAS SURABAYA
Tulus Setiawan;
Teng Sutrisno
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (756.821 KB)
Turbin air dikembangkan pada abad ke 19 dan digunakan secara luas untuk pembangkit tenaga listrik. Turbin kaplan merupakan salah satu jenis turbin reaksi yang prinsip kerjanya memanfaatkan energi kinetik air sebagai energi listrik tenaga air. Permasalahan pada saat ini adalah adanya potensi sungai Kalimas Surabaya yang memiliki energi kinetik tinggi (debit) namun head rendah, memungkinan untuk diaplikasikan turbin kaplan sebagai salah satu pembangkit listrik Micro-Hydro (PLMH). Menurut sumber data Tahun 2014 dari Perum .Jasa Tirta, sungai ini memiliki debit terendah pada nilai 5,21 m3/s dan head 4,8 m. Dari data tersebut potensi yang ada pada sungai tersebut sebesar 183,99 Kw. Pada penelitian ini turbin yang digunakan jenis kaplan dengan bentuk sudu menggunakan profile naca no 624, 387, dan 490. Jumlah sudu yang digunakan adalah 3 buah. Setelah mendapatkan koordinat sudu secara teoritis kemudian di lakukan analisa melalui simulasi dengan perangkat Computitional Fluid Dynamic (CFD). Dari hasil simulasi kemudian didapatkan karakteristik turbin dengan tambahan tip dan tanpa tip Hasil penelitian ini didapatkan bahwa turbin yang digunakan adalah jenis turbin kaplan dapat menghasilkan daya sebesar 83,87 watt. Untuk turbin prototype dapat menghasilkan daya sebesar 0,268 watt, sedangkan hasil simulasi prototype menghasilkan daya 0,31 watt.
PERENCANAAN ALAT BANTU PENGANGKAT DAN PEMINDAH KERTAS GULUNG
Anthony Angwin Lumanto;
Suwandi Sugondo
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (775.877 KB)
Dewasa ini, kebutuhan masyarakat dalam menggunakan kertas semakin lama semakin meningkat, diikuti dengan tidak terkontrolnya perkembangan jumlah populasi penduduk. Tuntutan akan penggunaan kertas secara tidak sadar telah menimbulkan sebuah krisis yang menjadi sorotan dunia, di mana kertas merupakan sarana yang tergolong vital dalam kehidupan manusia.Kebutuhan kertas yang semakin meningkat membuat para pabrik kertas harus menaikan jumlah produksi agar dapat memenuhi permintaan pesanan. Semakin majunya teknologi membuat para industri berlomba-lomba untuk memenuhi target pasar. Oleh karenanya dibutuhkan alat yang dapat membantu proses produksi agar dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Salah satunya adalah dengan penggunaan Forklift, yang merupakan salah satu terobosan. Alat ini dipercaya mampu membantu industrian dalam menyelesaikan masalah permintaan pasar. Dibandingkan dengan cara manual, alat ini mampu membantu dalam meningkatkan efisiensi produksi.
PERENCANAAN EXHAUST BRAKE UNTUK ISUZU PANTHER TBR-541
Garry Andrian Susilo;
Teng Sutrisno
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (645.661 KB)
Tidak sedikit produsen otomotif dunia yang mengembangkan mekanisme kerja sistem rem kendaraan untuk menambah kinerja serta performa dari sistem rem tersebut. Besar pengaruh dari penambahan exhaust brake pada kendaraan dapat memberikan faktor keamanan, kenyamanan serta efisiensi pengurangan kecepatan yang baik dan memajukan perkembangan industri otomotif yang ada. Maka dari hal ini dilakukan perencanaan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang didapat dari pemasangan exhaust brake terhadap pengurangan waktu kecepatan kendaraan. Dari hasil pengujian telah ditunjukkan bahwa dengan mengunakan exhaust brake pengguna kendaraan dapat mengurangi kecepatan kendaraan lebih singkat daripada hanya mengunakan engine brake saja, mengurangi timbulnya kecelakaan akibat kegagalan sistem rem dan menambah jangka waktu pemakaian kampas rem.
PERENCANAAN SIDE BUMPER ADAPTIF PADA TRUK MITSUBISHI COLT DIESEL 100 PS (4 RODA)
Vinsensius Litmantoro;
Joni Dewanto
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (521.917 KB)
Kebutuhan menggunakan alat transportasi niaga besar sebagai sarana yang menunjang dalam kegiatan usaha manusia pada saat ini meningkat pesat. Kegiatan transportasi sangat banyak dibutuhkan dan banyak dilakukan oleh setiap individu, pribadi atau perusahaan-perusahaan yang memiliki usaha yang memakai alat transportasi niaga besar. Sebagaimana yang telah diketahui antara truk dan sepeda motor menjadi sorotan utama kecelakaan fatal, di tengah belum membaiknya kualitas transportasi publik dan sangat membutuhkan perangkat keselamatan yang baik untuk digunakan oleh truk. Untuk itu peneliti akan mengembangkan pengaman samping (side bumper adaptif) sebagai standar yang layak digunakan sebagai pengaman utama kolong truk. Perancangan ini dimaksudkan untuk menghindari kasus-kasus serupa dengan menggunakan sistem pneumatik, dimana sistem yang yang umumnya difungsikan menggunakan sistem konvensional pada rancangan ini akan digantikan oleh sistem pneumatik yang dikontrol oleh mikrokontroler dan dioperasikan secara otomatis. Dengan mengunakan sistem pneumatik dan mikrokontroler yang telah diketahui dan diperhitungkan cara kerjanya, side bumper adaptif itu akan bergerak naik-turun akan bekerja dengan sempurna sehingga menghindari pengendara sepeda motor yang terpeleset masuk ke dalam kolong truk tersebut. Sistem side bumper adaptif yang paling optimal untuk tugas ini adalah sistem pneumatik ini menghasilkan gaya naik-turun. Sehingga sistem mikrokontroler dapat bekerja sebagaimana yang telah diharapkan.
PERANCANGAN MODUL PRAKTIKUM AUDIO VIDEO
Carmichael Ambrosius Enggai;
Teng Sutrisno
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (203.773 KB)
Modul Praktikum dirancang berdasarkan tujuan, mekanisme praktikum dan simulasi penggunaan panel audio. Hal ini untuk mengintegrasikan materi kelas audio video dengan menggunakan perangkat-perangkat audio pada kendaraan. Media ini dapat mengetahui perangkat-perangkat audio, memahami instalasi sistem audio, mempraktekan setting pada audio, dan mampu melakukan pengukuran serta menganalisanya. Oleh karena itu, pembuatan modul berdasarkan tujuan dan pengadaan perangkat audio. Setelah itu, dibuatkan rancangan prosedur percobaan modul. Dari hasil perancangan didapatkan 7 Modul Praktikum Audio Video, yaitu, Praktikum Head Unit, Speaker, Crossover Pasif, Amplifier, Pengukuran Frekuensi, Instalasi dan Setting DSP, dan Staging Imaging
STUDI PERBEDAAN KARAKTERISTIK MESIN DIESEL PANTHER 4JA-1 MENGGUNAKAN METASOL, BIOSOLAR DAN SOLAR MURNI
Kelvin Kusuma;
Philip Kristanto
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (163.893 KB)
Metanol merupakan alkohol yang paling sederhana, Metanol memiliki energi pembakaran dan stokiometri terendah dibandingkan dengan jenis alkohol lainnya. Karena itu, mesin pembakaran berbahan bakar metanol akan menghasilkan daya maksimum. Penelitian bahan bakar campuran metanol dan solar menggunakan mesin diesel empat langkah empat silinder untuk mempelajari daya mesin, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik, dan efisiensi. Dalam penelitian ini, mesin diesel diuji dengan menggunakan metanol yang dicampur dengan solar pada rasio pencampuran 5:95, 10:90 dan 15:85. Kinerja mesin yang menggunakan bahan bakar metasol akan dibandingkan dengan kinerja mesin dari bahan bakar solar dan biosolar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa output daya dan torsi untuk bahan bakar metasol dengan campuran 5:95 dan 10:90 lebih tinggi dibandingkan dengan solar dan biosolar namun campuran 15:85 lebih rendah dibandingkan dengan solar dan biosolar. Konsumsi bahan bakar spesifik untuk campuran 5% dan 10 % lebih baik dibandingkan solar dan biosolar namun campuran 15 % lebih rendah. Efisiensi termal meningkat pada campuran 5% dan 10 % sementara 15 % mengalami penurunan.Dari penelitian diketahui bahwa campuran terbaik adalah 5% dan yang terendah adalah campuran 15 %
PERENCANAAN KONVERSI BAHAN BAKAR ELPIJI PADA MOTOR BENSIN PENGGERAK IRIGASI
Yaser Martinus Santoso;
Willyanto Anggono
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (375.597 KB)
LPG (LPG) adalah jenis gas hydrocarbon hasil produksi dari kilang minyak bumi dan kilang gas alam dengan komponen utama Gas Propane (C3H8) dan Gas Butane (C4H10) yang mengisi volume kira-kira 99 %, dan sisanya adalah jenis gas Pentane (C5H12). LPG (LPG) yang dipasarkan di Indonesia disesuaikan dengan Keputusan Dirjen Migas No. 25 K/36/DDJM/1990 tanggal 14 Mei 1990 ini juga menyebutkan bahwa Spesifikasi Bahan Bakar Gas LPG untuk Keperluan Dalam Negeri adalah Spesifikasi LPG Propane (C3) dan Spesifikasi LPG Butane (C4) menggunakan standar ASTM (American Standard Testing Method). LPG yang digunakan adalah LPG campuran yang mempunyai perbandingan komposisi yaitu Propana (C3H8) 30% dan Butana (C4H10) 70%. LPG (LPG) merupakan sumber energi yang sangat vital dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan juga telah digunakan secara luas di seluruh dunia karena nilai panas (kalor) yang tinggi, bersih tidak meninggalkan bekas, praktis, kontrol panas yang mudah dan stabil, dan tidak meninggalkan bau pada makanan. Pada umumnya, LPG (LPG) digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak mulai dari konsumen rumah tangga, kalangan komersial seperti hotel dan restoran, hingga untuk konsumen kalangan industri yang antara lain digunakan sebagai bahan bakar dan sumber energi untuk industri keramik, makanan, gelas, bahan bakar forklift, dan lain sebagainya. Selain hal diatas LPG juga dapat digunakan sebagai bahan baku industri refrigerant dan aerosol ramah lingkungan. Dalam percobaan kali ini, LPG akan diaplikasikan dalam mesin pompa air penggerak irigasi. Selain itu, dalam percobaan ini akan dilihat apakah terjadi peningkatan performa pada pompa air saat menggunakan LPG sebagai bahan bakar. Selain dari sisi performa pompa air, akan dilihat juga dari sisi finansial dari efek penggunaan bahan bakar LPG sebagai bahan bakar utama penggerak pompa irigasi. Hasil dari eksperimen menunjukkan bahwa LPG dapat digunakan sebagai bahan bakar utama untuk mesin pompa air penggerak irigasi. Memang performa yang tidak sebaik saat menggunakan bensin, namun memberikan penghematan secara finansial yang sangat membantu para petani karena debit air yang dikeluarkan oleh pompa air sudah mencukupi kebutuhan dari para petani.
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PERAGA REM UDARA UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN
Rendy Sugianto;
Joni Dewanto
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (570.14 KB)
Dalam pembelajaran pada perkuliahan diperlukan suatu alat bantu pembelajaran untuk dapat memberikan gambaran yang sesungguhnya tentang materi perkuliahan. Sehingga muncul gagasan untuk membuat alat peraga pembelajaran untuk mata kuliah sistem rem udara. Makalah ini membahas perancangan alat peraga rem udara yang terdiri dari perancangan sistem rem udara reguler, sistem rem udara darurat dan perancangan dudukan sistem rem udara. Pada makalah ini juga dilengkapi dengan modul praktikum tetang merakit sistem rem udara reguler, merakit sistem rem udara darurat dan juga penjelasan fungsi masing-masing komponen rem udara. Komponen brake pedal, reservoir, relay valve, parking brake pedal, pressure gauge,brake chamber, spring brake chamber yang digunakan pada pembuatan alat peraga ini dipilih berdasarkan penggunaan sistem rem udara pada umunya. Sedangkan komponen slack adjuster dan S-Cam dirancang menyerupai fungsi sesungguhnya. Untuk dudukan sistem rem, menggunakan besi siku setebal 2mm dan dirancang agar memudahkan penggunaan alat peraga tersebut.
PERANCANGAN REM PARKIR ELEKTRIK PADA TOYOTA RUSH
Hans Putra Hartono;
Joni Dewanto
Mechanova Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015
Publisher : Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (717.746 KB)
Rem parkir adalah sebuah sistem yang terdapat pada mobil yang guna mempertahaankan posisi kendaraan agar tetap diam saat diparkir. Umumnya rem parkir digerakan menggunakan tuas tangan. Tidak jarang dijumpai kejadian dimana rem parkir tidak dilepas walaupun kendaraan telah berjalan, kasus ini terjadi terutama pada kendaraan bertransmisi otomatis. Selain masalah tersebut terjadi pula beberapa kasus dimana pengemudi meninggalkan kendaraan dengan posisi rem parkir yang tidak sepenuhnya tertarik sehingga kendaran dapat bergerak pada saat pengemudi telah meninggalkan kendaraan, yang mana dapat menyebabkan kecelakaan. Perancangan ini dimaksudkan untuk menghindari kasus-kasus serupa dengan menggunakan rem parkir elektrik, dimana sistem yang yang umumnya difungsikan menggunakan tuas yang ditarik tangan akan digantikan oleh motor listrik yang dikontrol oleh unit kendali dan diaktifkan melalui tombol. Dengan mengunakan motor listrik dan unit kendali yang telah diperhitungkan kekuatanya dan diprogram, rem parkir yang lupa dilepas akan terlepas secara otomatis dan rem parkir akan selalu tertarik dengan sempurna sehingga tidak ada lagi kendaraan yang bergerak tanpa sengaja akibat penarikan tuas rem parkir yang kurang sempurna. Motor listrik yang paling optimal untuk tugas ini adalah linear aktuator dimana motor ini memiliki gaya tarik dan kapasitas beban statis yang besar. Sehingga rem tetap dapat menahan beban walaupun motor telah berhenti dialiri listrik.