cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
Dinamika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian" : 9 Documents clear
AGAMA DAN HAK MILIK SEBAGAI SPIRIT PERLAWANAN RAKYAT SEMESTA DALAM PERANG DIPONEGORO Tobroni, Faiq; Amilia, Fatma
Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian
Publisher : LP2M IAIN Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/dinamika.2019.19.2.326-348

Abstract

The causes of the Diponegoro War or the Java War often get a disproportionate reading. Amongs are the assumptions that interpret the war as Diponegoro's struggle to protect his personal interests (land security) or also the presumption that saw the war to establish an Islamic state. This assumption turned out to be very contradictory to the process of the war. In the war that occurred for five years (1825-1830 AD), it turned out that the backbone of the Diponegoro army was ordinary people (not the army of the Ngayogyakarta Palace). This fact suggests that the war was a universal people's defense consisting of several layers of society (santri, jawara, nobility, etc.). This fact undermines the assumption that the cause of war is religious exclusivism and the interests of Diponegoro's personal priperty. By conducting library research through reading the Volume 1-4 of the Diponegoro Chronicle of Manado and other relevant main works, the researcher found that the causes of the war included the struggle to defend the honor of religion and the state which was symbolized in the public interest. The religious aspect is aimed at the spirit of sub-fertilizing religious elements in the form of resistance to tyrannical actions and the practice of immorality. The public interest is addressed by the spirit of struggle for the property right that is transformed into a spirit of resistance to extortion with an offer of prosperity. The land conflict and the demolition of Diponegoro's residence in Tegalrejo became a symbol of the seizure of property rights which had actually been in the form of extortion to the people in the name of taxes. The feeling of the same boat aroused awareness of ordinary people, santri, jawara and Diponegoro supporters to fight together (universal people's struggle). Keywords: Diponegoro War, Religion, Property Rights, Universal People's Struggle.
PENGEMBANGAN ECO EDUWISATA KOI DALAM MENINGKATKAN INCOME KELOMPOK WANITA TANI DI KELURAHAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR NURCHOLIS, AHMAD; IHSAN, SYAIKHU; IHSAN, SYAIKHU
Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian
Publisher : LP2M IAIN Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/dinamika.2019.19.2.288-305

Abstract

Abstrak: Potensi pariwisata di Blitar termasuk di desa Nglegok cukup beragam dan potensial untuk dikembangkan. Mulai wisata alam, sejarah, seni dan budaya serta wisata kuliner. Tujuannya meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Upaya pengembangan desa-desa wisata di Kabupaten Blitar khususnya di Kelurahan Nglegok, Kecamatan Nglegok adalah untuk pemerataan pembangunan sektor pariwisata agar tidak hanya terfokus di Blitar Selatan (Pantai, kampung coklat dan sekitarnya) yang sudah menjadi trade mark pariwisata Blitar. Untuk itu, pengembangan desa wisata perlu strategi, antara lain inovatif, kreatif menunjukkan identitas dan ciri khas daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PAR (Partisipatory Action Research) dengan jenis Eksplanatif. Hasil penelitian adalah Penerapan Eco Eduwisata Koi yang meliputi Perancangan dan Tujuan Eco Eduwisata, Penyediaan Kolam, Penyediaan Pakan, Pembibitan, Pembesaran, dan Pemasaran. Strategi Pengembangan Eco Eduwisata Koi meliputi Budidaya Koi Berbasis Sumber Mata Air ?Sungai Saman?, dan Pengembangan Pakan Berbasis Non-Organik, Pengembangan Manajemen Bagi Hasil Melalui Kelompok Wanita Tani ?Karya Sejahtera?, Pengembangan Blended Wisata Eko Eduwisata Koi, dan Pengembangan Masa Depan Eco Eduwisata Koi. Problematika Pengembangan Eco Eduwisata Koi yaitu meliputi dua faktor. Pertama Faktor Internal yaitu Kesadaran dalam Budidaya Koi yang Masih Rendah, Menjadikan Eko Eduwisata Koi sebagai Bisnis Sampingan, dan Kurang Adanya Pengetahuan dalam Budidaya terutama dalam sisi Penanganan Hama Penyakit. Kedua Faktor Eksternal yaitu Penanganan Penyakit pada Koi, Pergantian Musim yang Ekstrem, dan Permainan Harga Tengkulak. Dampak pelaksanaan pemberdayaan terhadap kelompok wanita tani dalam menjalankan eco eduwisata koi meliputi Segi   ekonomi, Segi sosial, Segi politik, dan Segi pendidikan.Kata Kunci: Pengembangan, Eco Eduwisata Koi, Kelompok Wanita Tani
THE PARADIGM OF MULTICULTURAL EDUCATION THROUGH DEVELOPMENT OF UNITY IN DIVERSITY Suprihno, Suprihno
Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian
Publisher : LP2M IAIN Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/dinamika.2019.19.2.264-287

Abstract

Abstract: This article is analysing the paradigm of Multicultural Education trough development of character unity in diversity.  Multicultural education is an alternative to solve the problem of the diversity in Indonesia. Diversity in negative meaning has spawned suffering long time for human beings. At this time, at least there have been 35 major conflicts between ethnic groups in the world. More than 38 million inhabitants driven out of the place that they live, at least a bit of 7 million people has been killed in the conflict ethnic bloody. A long Conflict involves sentiments of ethnic, racial, class and religion. This article using library research method. Sources of data used by researchers in accordance with the type of research that is literary or library research (library research) then in the form of literature from books, documents, journals or scientific papers. Nation Indonesia is needed of unity, things have to be formed if done by the principle of unity in diversity. To foster a tradition of unity in diversity, multicultural education is needed. Multicultural education is a bridge to usher in a new generation of open faces of difference, the development of a nation's culture that is farthest from prejudice, conflict and violence. Eliminating sectarian views and exclusivity. And will open the view inclusivity open to cooperation with other people, despite having beliefs, opinions, identity and different style of life. One of the forms of problem solving is transforming the program called ?service learning?. There is a method of learning. In which students learn and develop their competence by way of actively participating in the practice of the service of society is organized. Keyword: Education, Multicultural, unity in diversity, Service-learning
MANAJEMEN INOVATIF KEPALA MADRASAH DALAM MEMAJUKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Indarti, Luluk
Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian
Publisher : LP2M IAIN Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/dinamika.2019.19.2.167-186

Abstract

Abstrak Pertumbuhan lembaga pendidikan Islam di Indonesia dengan berbagai macam jenisnya semakin banyak dan menyebar sampai ke pelosok-pelosok desa. Hal ini mengharuskan adanya sebuah pengelolaan yang baik agar lembaga-lembaga tersebut terus bertahan dalam persaingan global saat ini. Lembaga yang mampu merespon dengan cepat perubahan tersebut maka akan bertahan dan bahkan semakin maju. Begitu juga sebaliknya, lembaga yang tidak bisa merespon perubahan dengan baik maka lambat laun akan gulung tikar. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memajukan lembaga pendidikan Islam baik dari strategi, bentuk komunikasi serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dari hasil penelitian diketahui bahwa strategi yang dilakukan kepala Madrasah Diniyah untuk memajukan lembaga adalah jalan sehat, program 40 jam ngaji kitab kuning serta pengajian aswaja setiap malam rabu untuk guru. Bentuk komunikasi yang dilakukan adalah yang dilakukan oleh kepala Madrasah Diniyah, adalah komunikasi vertikal, horizontal (antar pribadi) dan komunikasi publik. Kata kunci: Manajemen Inovatif, Kepala Madrasah, Lembaga Pendidikan Islam.
KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Hadi, Yusuf Dwi
Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian
Publisher : LP2M IAIN Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/dinamika.2019.19.2.

Abstract

Abstrack Pemimpin dan kepemimpinan merupakan dua hal yang berbeda, meskipun keduanya hampir tidak bisa dipisahkan. Dalam sebuah lembaga pendidikan, pasti membutuhkan seorang pemimpin. Tapi untuk memajukan lembaga, keberadaan pemimpin saja tidak cukup, melainkan mereka harus memiliki jiwa kepemimpinan. Tidak semua pimpinan memiliki kemampuan dalam memimpin. Banyak pimpinan yang tidak mampu menggerakan bawahannya, tapi bersikap pasif dan hanya mengandalkan ide dan gagasan bawahannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana urgensi kepemimpinan kepala sekolah dalam memajukan lembaganya. Dengan menagmbil objek penelitian di salah satu sekolah, yaitu SMK Islam 2 Durenen, Trenggalek. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa kepemimpinan visioner kepala sekolah SMK Islam 2 Durenan telah berhasil membawa lembanganya menjadi salah satu sekolah unggul dan berdaya saing nasional. Kata Kunci: Kepemimpinan, Strategi, lembaga Pendidikan.
ANALISIS IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN PEMBIAYAAN SISTEM MUDHARABAH (BAGI HASIL) PADA MODAL KERJA DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, JAKARTA Hirwan, Mohammad
Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian
Publisher : LP2M IAIN Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/dinamika.2019.19.2.306-321

Abstract

Abstrak Persaingan bisnis dalam bidang perbankan semakin kompetitif. Berbagai konsep dimunculkan dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabah. Salah satunya konsep perbankan dengan sistem syariah. Konsep perbankan syariah merupakan kegiatan perbankan dengan dasar syariah Islam. Cirinya adalah menolak sistem bunga bank, karena dianggap riba, melainkan dengan sistem bagi hasil atau biasa disebut Al-Mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi pembiayaan sistem mudharabah (bagi hasil) pada modal kerja dan bagaimana hambatan/kendala implementasi pembiayaan sistem mudharabah (bagi hasil) pada modal kerja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), penelitian ini menggunakan konsep kualitatif. Metode pengumpulan data adalah seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data digunakan secara primer dan analisa data menggunakan analisa deskriptif yaitu dengan membuat pernyataan atau kalimat setelah itu membandingkan dengan teori yang sudah ada. Kata Kunci: Perbankan, Riba, Bagi hasil.
FILSAFAT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA MENCEGAH RADIKALISME Fauziah, Kuni Isna
Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian
Publisher : LP2M IAIN Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/dinamika.2019.19.2.208-223

Abstract

Abstrak Pendidikan multikultural menjadi sarana pengembangan potensi manusia yang mampu menghargai perbedaan baik dari segi suku, ras, etnis, agama, dan lain sebagainya. Keragaman ini sering memunculkan berbagai konflik. Maka, pendidikan menjadi kunci utama dalam transfer of knowladge, transfer of value, transfer of culture, transfer of methodology. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran pendidikan multikulturalisme dalam mencegah radikalisme. Jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber data yang diambil buku-buku, jurnal, ayat al-Quran yang relevan, pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan metode analisis data deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini yakni: (1) hakikat pendidikan multikultural merupakan sebuah proses pengembangan dan pembelajaran diri terhadap sebuah sikap yang menghargai adanya ragam budaya atau tradisi. (2) karakteristik pendidikan multikulturalisme secara global yakni memiliki prinsip demokrasi, menghargai, kesetaraan, keadilan, sikap perdamaian. (3) peran pendidikan multikulturalisme dalam mencegah radikalisme dengan menumbuhkan sikap toleransi antar sesama dengan berbagai perbedaan. Kata kunci: Filsafat, Pendidikan Multikultural, Radikalisme
EVALUASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL Sa'odah, Sa'odah; Latifah, Nur; Kartika, Silva Arahmah
Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian
Publisher : LP2M IAIN Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/dinamika.2019.19.2.248-263

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk dan mendeskripsikan pencapaian program evaluasi di Tangerang. Penelitian ini menggunakan model CIPP, yaitu konteks, input, proses, dan evaluasi produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk pengumpulan data ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data digunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program sekolah full day school di SDIT Aya Sophia, SD Alam Tangerang, dan SDIT Al Fatih telah diadakan di kedua kategori dalam konteks, input, proses, dan aspek produk. Pada evaluasi, dapat diputuskan bahwa program full day school dapat dilanjutkan karena mampu memberikan manfaat kepada siswa dan masyarakat. Beberapa rekomendasi dapat disampaikan agar program full day schoo dapat berjalan secara optimal. Pertama metode dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru harus lebih bervariasi. Guru kedua harus lebih memotivasi siswa untuk memacu prestasi dan mengeksplorasi potensi bakat mereka. Ketiga adalah pengadaan laboratorium sains sebagai fasilitas sekolah.
PENGARUH MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA rohmah, jazilatur
Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian
Publisher : LP2M IAIN Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/dinamika.2019.19.2.224-247

Abstract

Pendidikan yang berkualitas menjadi kebutuhan dan harapan masyarakat di era milenial agar mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul. Sebagai upaya pemenuhan atas kebutuhan ini sekolah perlu menyiapkan kurikulum, tenaga pengajar dan fasilitas yang memadai. Salah satu faktor yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran adalah menejemen kelas. Manajemen kelas oleh guru merupakan faktor eksternal yang mampu menciptakan pembelajaran yang kondusif dan efektif. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui secara mendalam pengaruh dari manajemen kelas terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa. Untuk mendapatkan hasil yang valid dan mendalam maka penelitian didesain dengan menggunakan pendekatan skuensial eksplanatori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  bahwa manajamen kelas berpengaruh secara signifikan positif terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik manajemen kelas oleh guru, maka semakin baik pula motivasi belajar dan kreativitas yang dimiliki siswa. Ada beberapa hal yang dilakukan guru untuk dalam memanajemen kelas diantaranya yaitu dengan menata kelas dengan rapi, mendekorasi kelas bersama siswa, menjaga kebersihan ruang kelas, menerapkan pola komunikasi yang terbuka dengan siswa, mendesain pembelajaran yang aktif dan menyenangkan serta melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan di kelas.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 25 No 1 (2025): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 24 No 02 (2024): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 24 No 01 (2024): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 23 No 02 (2023): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 23 No 01 (2023): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 22 No 02 (2022): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 22 No 01 (2022): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 22 No 01 (2022): Jurnal Dinamika Penelitian Vol 21 No 02 (2021): Jurnal Dinamika Penelitian Vol 21 No 02 (2021): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 21 No 01 (2021): Jurnal Dinamika Penelitian Vol 21 No 01 (2021): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 20 No 2 (2020) Vol 20 No 2 (2020): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 20 No 1 (2020) Vol 20 No 1 (2020): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 20, No 1 (2020) Vol 19 No 2 (2019): Dinamika Penelitian Vol 19, No 2 (2019): Dinamika Penelitian Vol 19, No 1 (2019) Vol 19 No 1 (2019) Vol 18, No 2 (2018) Vol 18 No 2 (2018) Vol 18, No 2 (2018) Vol 18 No 1 (2018) Vol 18, No 1 (2018) Vol 18, No 1 (2018) Vol 17 No 2 (2017) Vol 17, No 2 (2017) Vol 17 No 1 (2017) Vol 17, No 1 (2017) Vol 16 No 2 (2016) Vol 16, No 2 (2016) Vol 16, No 1 (2016) Vol 16 No 1 (2016) Vol 16, No 1 (2016) Vol 15 No 2 (2015) Vol 15, No 2 (2015) Vol 15, No 1 (2015) Vol 15 No 1 (2015) Vol 13, No 2 (2013): DINAMIKA PENELITIAN Vol 13 No 1 (2013) Vol 13, No 1 (2013) More Issue