cover
Contact Name
Nina Adelina
Contact Email
adelinanina206@yahoo.com
Phone
+6381615460643
Journal Mail Official
Lp2m@stie-atmabhakti.ac.id
Editorial Address
LP2M STIE Atma Bhakti merupakan bagian dari STIE Atma Bhakti yang beralamat di Jl. Letjen Sutoyo No. 43 Cengklik Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Riset Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 20868316     EISSN : 24067822     DOI : https://doi.org/10.36600/.v9i2
Core Subject : Economy, Science,
Riset Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Manajemen, Akuntansi, Pemasaran, Strategis dan Sumber Daya Manusia yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 5 (2012): Riset Manajemen " : 6 Documents clear
ANALISIS PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED VALUE, SWITCHING COST DAN KEPUASAN SEBAGAI PEMBENTUK LOYALITAS NASABAH” (Studi nasabah di BRI Cabang Solo Slamet Riyadi) Dewi, Maya Trisna
JURNAL RISET MANAJEMEN & AKUNTANSI Vol 3, No 5 (2012): Riset Manajemen & Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh perceived value terhadap customer satisfaction, 2) pengaruh perceived quality terhadap customer satisfaction, 3) pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty, 4) pengaruh customer satisfaction terhadap switching cost, 5) pengaruh switching cost terhadap customer loyalty. Penelitian ini dilakukan di BRI Cabang Solo Slamet Riyadi dengan menggunakan sampel sebanyak 110 responden. Metode sampel dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perceived value berpengaruh positif terhadap customer satisfaction, 2) perceived quality berpengaruh positif terhadap customer satisfaction, 3) customer satisfaction berpengaruh positif terhadap customer loyalty, 4) customer satisfaction berpengaruh positif terhadap switching cost, 5) switching cost berpengaruh positif terhadap customer loyalty.
ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DENGAN BALANCED SCORECARD PADA PT METRODATA ELECTRONICS, TBK
JURNAL RISET MANAJEMEN & AKUNTANSI Vol 3, No 5 (2012): Riset Manajemen & Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya pergeseran tingkat persaingan bisnis dari industrial competition ke information competition, sehingga mengubah alat ukur atau acuan yang dipakai oleh perusahaan untuk mengukur kinerjanya. Suatu sistem pengukuran baru yang berbasis pada pengukuran kinerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mengelola organisasi agar perusahaan dapat dengan mudah mengetahui kondisi perusahaannya setiap saat. Dengan demikian dapat terumuskan sebuah sistem yang dapat menunjukkan posisi perusahaan dari waktu ke waktu dan progress yang dicapainya serta pencapaian sasaran. Dari hasil penelitian pada PT Metrodata Tbk diketahui bahwa strategi yang digunakan pada tingkat korporat adalah related diversified. Hal ini ditunjukaan dengan pengembangan anak perusahaan masih dalam bidang yang terkait dengan bidang penyediaan produk dan jasa teknologi informatika serta produk dan jasa teknologi tinggi lainnya. Strategi pada level unit bisnis sebagian besar adalah hold (pertahankan). Sedang untuk Soltus di Indonesia, Thailand dan Australia, tiga perusahaan konsultan SAP adalah build (bangun). Ketiganya menunjukkan kinerja yang kurang bagus, karena investasi dilakukan di saat yang kurang menguntungkan, yaitu menjelang terjadinya krisis finanasial di semester dua tahun 2008. Dalam analisa keuangan secara keseluruhan memperlihatkan adanya pertumbuhan yang signifikan, karena melampaui dari yang ditargetkan. Laba bersih perusahaan sepanjang tahun 2009 tercatat Rp 10.064 miliar dengan cash flow operasional mencapai Rp 279.8 miliar. Sementara itu, total kewajiban Perusahaan turun 24,77% dibanding total kewajiban tahun 2008. Dari perspektif pelanggan dengan metode Selling Process Assurance (SPA) yaitu evaluasi harga, penjadwalan proyek, ketersediaan sumber daya teknikalitas proyek, ketepatan waktu dari pembayaran pelanggan. Untuk bisnis internal adalah mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam bidang TI informasi yang dapat menghasilkan pendapatan yang di inginkan dan meningkatkan keunggulan kompetitif di pasar terbuka. Sedang untuk pertumbuhan dan pembelajaran dengan program dan pengembangan evaluasi karyawan, yaitu karyawan yang belum menunjukkan perkembangan yang signifikan sebagaimana diharapkan akan kembali menjalani program pengembangan di tahun 2010 dan hasilnya akan dievaluasi untuk memastikan mereka memiliki keahlian dan kapabilitas yang diharuskan.
PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPERCAYAAN DAN CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI Handayanto, Kuncoro
JURNAL RISET MANAJEMEN & AKUNTANSI Vol 3, No 5 (2012): Riset Manajemen & Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap citra perusahaan, 3) pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah, 4) pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah, 5) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Kantor Cabang Klaten dengan menggunakan sampel sebanyak 120 responden. Metode sampel dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah, 2) kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah, 3) citra perusahaan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah, 4) kepercayaan mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah, 5) citra perusahaan mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah.
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN NILAI TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN DIMODERASI LAMA MENJADI NASABAH (Studi Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo-Kartasura) Kusumaningrum, Gracia Pratiwi Dyah
JURNAL RISET MANAJEMEN & AKUNTANSI Vol 3, No 5 (2012): Riset Manajemen & Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (2) Untuk mengetahui pengaruh nilai terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (3) Untuk mengetahui pengaruh moderasi lama menjadi nasabah terhadap hubungan citra perusahaan, dan nilai dengan loyalitas nasabah Bank. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo Kartasura. Adapun population size penelitian ini, adalah sebanyak 17.218 yang terdiri dari nasabah simpanan dan nasabah pinjaman. Sampel adalah bagian dari populasi yang menjadi sumber data sebenarnya yang karakteristiknya hendak diselidiki. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan metode purposive sampling, yaitu sebanyak 150 nasabah yang datang ke untuk bertransaksi pada tanggal 30 November 2010 sampai dengan 11 Desember 2010 dan telah menjadi nasabah minimal 1 tahun. Berdasarkan hasil analisis dan uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (2) Nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (3) Lama menjadi nasabah tidak memoderasi pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (4) Lama menjadi nasabah tidak memoderasi pengaruh nilai terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA APOTEK K-24 JOGJAKARTA Budiarto, Setyo
JURNAL RISET MANAJEMEN & AKUNTANSI Vol 3, No 5 (2012): Riset Manajemen & Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan reputasi perusahaan terhadap loyalitas pasien pada apotek K-24 di Jogjakarta. Selain itu untuk melihat hubungan yang terjadi antar variabel. Peneliti melihat bahwa apotek merupakan industri jasa maupun barang yang harus memperhatikan kepuasan pelanggan terhadap aktivitas pelayanan jasa yang diberikan sehingga menyebabkan kesetiaan pelanggannya di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan metode pengambilan sampel secara Convenience sampling. Populasi penelitian ini adalah para pelanggan yang datang ke apotek K-24 Jl. Kusumanegara Jogjakarta. Populasi tersebut adalah pasien apotek K-24. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 sampel. Berdasarkan Hasil analisis model struktural (SEM) yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki goodness of fit yang baik. Hasil yang menguji hipotesis dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh langsung maupun tidak langsung melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Sedangkan Reputasi Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.
ANALISIS PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KARYAWAN PT TIGA SERANGKAI SOLO Adiapsari, Retno
JURNAL RISET MANAJEMEN & AKUNTANSI Vol 3, No 5 (2012): Riset Manajemen & Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi pada komitmen organisasi dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan metode survei. Target populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Tiga Serangkai Solo berjumlah 289 yang terdiri dari 206 karyawan tetap dan 83 karyawan kontrak. Sampel yang diambil adalah 200 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Program SPSS 11.5 untuk menganalisa hubungan kausalitas dalam model penelitian yang diusulkan. Temuan penelitian ini adalah: 1) iklim organisasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap komitmen organisasi, 2) iklim organisasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan kerja, 3) kepuasan kerja berpengaruh positif secara signifikan terhadap komitmen organisasi, dan 4) kepuasan kerja memediasi pengaruh iklim organisasi terhadap komitmen organisasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6