cover
Contact Name
Rusman Rasyid
Contact Email
humanounkhair@gmail.com
Phone
+6285382904237
Journal Mail Official
humanounkhair@gmail.com
Editorial Address
Gedung LPPM Lt. 2, Jl. Yusuf Abdulrahman Kampus 2 Kelurahan Gambesi Kecamatan Kota Ternate Selatan
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Humano: Research Journal
Published by Universitas Khairun
ISSN : 19786115     EISSN : 25979213     DOI : https://doi.org/10.33387/humano.v14i2
Humano: Jurnal Penelitian (HJP) adalah salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun yang memuat tentang hasil riset di bidang ilmu noneksakta atau sosial humaniora meliputi aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, hukum dan budaya. HJP terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan November. HJP menerima tulisan berbentuk riset kuantitatif, kualitatif, maupun gabungan antara keduanya dari akademisi, praktisi, peneliti, dan mahasiswa yang relevan dengan topik ilmu noneksakta dan sosial humaniora.
Articles 2 Documents
Search results for , issue " 2014: Jurnal HUMANO" : 2 Documents clear
THE INFLUENCE OF STUDENTS’ ACTIVITIES ON TEACHERS’ QUESTIONS IN CLASSROOM LANGUAGE LEARNING yusnita, naniek
HUMANO 2014: Jurnal HUMANO
Publisher : HUMANO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.18 KB)

Abstract

ABSTRAKLewat pengaturan aktifitas kelas, siswa bisa terlatih dalam melakukan aktifitas kelasyang diajarkan. Sebagaiman proses pembelajaran berlangsung saat aktivitas kelas dilakukan,melalui pertanyaan, aktifitas siswa membantu pembelajaran bahasa di dalam kelas. Namundemikian, penelitian terhadap aktifitas siswa yang bisa mendorong guru menggunakan jenispertanyaan tertentu masih sangat terbatas. Untuk itu, studi ini bertujuan untuk mencari tahu(1) jenis aktifitas siswa yang berkontribusi pada jenis pertanyaan guru, (2) respon siswaterhadap jenis pertanyaan guru, dan (3) jenis pertanyaan guru yang mengfasilitasipembelajaran bahasa. Studi ini merupakan studi kasus kualitatif yang melibatkan empatorang guru bahasa Inggris, empat kelas siswa dengan jumlah 45 orang peserta dan dari duakursus bahasa Inggris yang berbeda. Data untuk studi ini didapat dari observasi, rekamanvideo, dan wawancara. Hasil menunjukan bahwa guru mengimplementasikan jenis aktifitaskelas seperti whole-class, groupwork and pairwork, individual-work, games, TPR dan roleplay.Jenis pertanyaan yang muncul dalam kegiatan kelas tersebut adalah display question,referential question, clarification request, comprehension check dan confirmation check.Respon siswa secara verbal di cirikan dengan respon yang tegas dan singkat, dan responsiswa yang tidak secara verbal terlihat dengan mengangguk, tersenyum, gerak, terkejut danragu-ragu. Jenis-jenis pertanyaan guru tersebut dapat menyediakan pemahaman,mengfasilitasi interaksi dan membantu siswa untuk menggunakan bahasa sasaran sebagaimedium untuk berlatih berbahasa. Untuk itu, aktifitas siswa memiliki kontribusi positifkepada guru dalam mengelaborasikan jenis-jenis pertanyaan dalam mempromosikanpembelajaran bahasa.Kata Kunci: Aktifitas siswa, Jenis pertanyaan guru, Pembelajaran bahas di kelas
Pemetaan Sektor Unggulan dan Keterkaitan Antar-Sektor Dalam Perencanaan Pembangunan di Kota Ternate hasyim, abdul wahab
HUMANO 2014: Jurnal HUMANO
Publisher : HUMANO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.18 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi sektor-sektor yang menjadi sektorBasis dan Non-Basis di Kota Ternate, menganalisis keterkaitan antar sektor dalammendorong peningkatan kontribusi pada Pembangunan daerah dan, memberikangambaran tentang sektor yang bukan basis. Analisis yang digunakan meliputiLocation Quitiont (LQ) dan analisis Shift – Share (S–S). Hasil penelitian, yangtermasuk sektor unggulan adalah: Listrik, Air & Gas, Bangunan, Perdagangan Hotel& Restaurant, Pengangkutan & Telekomunikasi, Keuangan dan Jasa Perusahaan danJasa-Jasa. Sedangkan Pertanian, Pertambangan & Penggalian dan IndustriPengolahan bukan merupakan sektor unggulan. Secara Regional Share,pertumbuhan seluruh sektor-sektor ekonomi menunjukkan hasil positif.Proportional Shiftnya positif, artinya secara sektoral pertumbuhan ekonomi KotaTernate tergolong cepat. Sementara untuk Differential Shift, seluruh sektor-sektorekonomi memberikan hasil negatif, sehingga secara sektoral daya saing ekonomiKota Ternate tergolong rendah. Belanja mempengaruhi sektor non basis maupunsektor basis 1 dan basis 2, demikian pula PAD berpengaruh terhadap setiap sektor

Page 1 of 1 | Total Record : 2