cover
Contact Name
Herlina
Contact Email
herlina.untad@gmail.com
Phone
+6282213291970
Journal Mail Official
herlina.untad@gmail.com
Editorial Address
PGSD, FKIP, Universitas Tadulako. Jl. Soekarno Hatta KM 9 Tondo, Mantikulore, Palu Timur Sulawesi Tengah
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Dikdas
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 23023945     EISSN : 26215217     DOI : -
Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional media
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2013)" : 4 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI CERITA MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS IV SDN NO. 2 TIBO KEC. SINDUE TOMBUSABORA Jen Patris
Jurnal Dikdas Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.318 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami cerita dapat ditingkatkan melalui metode diskusi siswa kelas IV SDN No. 2 Tibo Kec. Sindue Tombusabora. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami isi cerita melalui metode diskusi di kelas IV SDN No. 2 Tibo Kec. Sindue Tombusabora yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang direncanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan tindakan, c) Observasi d) Refleksi. Hasil penelitian pada siklus I didapatkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 71%, aktivitas guru berada pada kategori cukup yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 75% dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 72%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 86%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 97%, dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik yaitu 96%. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan siswa memahami isi cerita meningkat dengan menggunakan metode diskusi.  Kepada tenaga pendidik (guru) kiranya dapat memilih metode diskusi dalam kegiatan pembelajaran sebagai alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam memahami isi cerita. Kata kunci : metode diskusi, kemampuan siswa memahami isi cerita.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN NO. 4 TONDO KEC. SIRENJA Umu Kalsum
Jurnal Dikdas Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1653.601 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas. Terdiri beberapa aspek tindakan dan pengamatan utama yaitu  peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas IV SDN No. 4 Tondo Kec. Sirenja. Penelitian dilaksanakan  di SDN No. 4 Tondo Kec. Sirenja, melibatkan 14 orang siswa terdiri atas 5 orang laki-laki dan 9 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Penelitian  ini  menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri  atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat  tahap  yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 64,28% dan daya serap klasikal 67,85%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal 77,85%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai ketuntasan belajar klasikal minimal 80% dan daya serap klasikal minimal 65%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN No. 4 Tondo Kec. Sirenja.Kata Kunci :  Hasil Belajar Siswa, Kooperatif tipe Jigsaw, PKn
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD BALA KESELAMATAN JONO OGE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT Modesta Yani Rante Bunga
Jurnal Dikdas Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.791 KB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SD Bala Keselamatan Jono Oge masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart, terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 60%, pada siklus II meningkat menjadi 91,6%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 70%, pada siklus II meningkat menjadi 93,3%. Hasil  tes akhir pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan daya serap klasikal 56,25% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94,7%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koopertif tipe Teams Games Tournamnet dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.Kata Kunci : Hasil Belajar; Teams Games Tournament.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELALAJARAN IPS MELALUI METODE PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN NO. 1 NUPABOMBA Nurlaela N. Hiola
Jurnal Dikdas Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1786.363 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Sehingga rumusan masalah yang diajukan yaitu apakah penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN No. 1 Nupabomba? Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah kelas IV SDN No. 1 Nupabomba. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta hasil belajar siswa yang diambil dari tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pengamat melihat rata-rata aktivitas siswa masuk dalam kriteria penilaian cukup begitupun dengan aktivitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru masuk pada kriteria cukup, sedangkan untuk hasil belajar siswa berdasarkan hasil tes peneliti menilai bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yaitu daya serap klasikal mencapai 57% dan ketuntasan klasikal mencapai 66%. Hasil penelitian pada siklus II, menunjukkan pengamat melihat rata-rata aktivitas siswa masuk dalam kriteria penilaian sangat baik dan aktivitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru masuk kriteria sangat baik, sedangkan untuk hasil belajar siswa berdasarkan hasil tes peneliti menilai bahwa hampir semua siswa sudah meningkat hasil belajarnya hal ini dapat dilhat dari daya serap klaikal yang mencapai 77% dan ketuntasan klasikal mencapai 90%. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dikelas IV SDN No. 1 Nupabomba.Kata Kunci :  Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, IPS.

Page 1 of 1 | Total Record : 4