cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan" : 3 Documents clear
PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS Atut Dwi Sartika; Pargito Pargito; Sumardi Sumardi
Indonesia Journal of Educational Technology Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan
Publisher : Indonesia Journal of Educational Technology

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to analyze: (1) measures of learning, (2) the implementation process of learning, (3) learning evaluation system, (4) improved learning outcomes IPS class VII Secondary School District 8 Metro with cooperative learning Numbered Heads Together. Research using action research with three cycles, the first cycle of cooperative learning with LKS NHT, NHT second cycle of cooperative learning by using media images and worksheets, third cycle NHT type of cooperative learning, media images and teaching materials in the form of a summary of the material with LKS. The collection of data through observation and tests competency test and quantitatively analyzed descriptively.The results: 1) design lesson plans with worksheets with syntax NHT: NHT learning with worksheets at the start by forming a study group consists of 4 members of each group to determine the serial number of each member, the student forming discussion groups according to the rules / criteria of cooperative learning groups in NHT with LKS, guiding teacher study groups, student worksheets and assignment in active discussions, the teacher said the serial number on a randomized group, students answer according to the specified number of teachers, the students were able to present the results of individual and group discussions, teachers with students making inferences. 2) student learning activities of ten defined criteria, there are four of the most prominent activity is the ability to ask, dare express opinions, give feedback bold, daring to present observations and discussions. 3) evaluation of learning through teaching Social Sciences NHT implemented via compile phase grating problem, fill out a card problem, create test questions, and conduct tests students' mastery of skills indicators that have been learned. From the results of absorption tests indicate the end of each cycle there is an increase from cycle to cycle. 4) The results of student learning has increased, the first cycle to the second cycle of student learning outcomes increased by 9.67 from 48.39% in the first cycle to 58.06%, while from the second cycle to third cycle increased by 25.81%, from 58.06% in the second cycle to 83.87% in the third cycle, it shows more than 80 the number of students achieving a landslide victory over the completeness indicator.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) langkah-langkah pembelajaran. (2) proses pelaksanaan pembelajaran. (3) sistem evaluasi belajar. (4) peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Metro dengan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together. Penelitian menggunakan penelitian tindakan dengan 3 siklus, pada siklus pertama pembelajaran kooperatif NHT dengan LKS, siklus kedua pembelajaran kooperatif NHT dengan menggunakan media gambar dan LKS, siklus ketiga pembelajaran kooperatif tipe NHT, media gambar dan bahan ajar berupa ringkasan materi disertai LKS. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes uji kompetensi, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) desain RPP NHT disertai LKS dengan sintak: pembelajaran NHT disertai LKS di awali dengan membentuk kelompok belajar berjumlah 4 anggota tiap kelompok dengan menentukan nomor urut masing-masing anggota, siswa membentuk kelompok diskusi sesuai aturan/kriteria kelompok dalam pembelajaran kooperatif NHT disertai LKS, guru membimbing kelompok belajar, siswa mengerjakan tugas pada LKS dan berdiskusi secara aktif, guru menyebutkan salah satu nomor urut pada kelompok secara acak, siswa menjawab sesuai nomor yang ditentukan guru, siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi secara individu dan kelompok, guru bersama siswa membuat kesimpulan. 2) aktivitas belajar siswa dari sepuluh kriteria yang ditetapkan, terdapat empat aktivitas yang paling menonjol yaitu kemampuan bertanya, berani mengemukakan pendapat, berani memberikan tanggapan, berani mempresentasikan pengamatan dan diskusi. 3) evaluasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pembelajaran NHT dilaksanakan melalui tahap menyusun kisi-kisi soal, mengisi kartu soal, membuat soal tes, dan melaksanakan tes kemampuan siswa tentang penguasaan indikator-indikator yang telah dipelajarinya. Dari hasil tes daya serap setiap akhir siklus menunjukkan ada peningkatan dari siklus ke siklus. 4) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siklus pertama ke siklus ke dua hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9,67 dari 48,39% pada siklus pertama menjadi 58.06% Sedangkan dari siklus kedua ke siklus ketiga mengalami peningkatan sebesar 25,81%, dari 58,06% pada siklus ke dua menjadi 83,87% pada siklus yang ketiga, hal tersebut menunjukkan lebih dari 80 jumlah siswa telak mencapai hasil di atas indikator ketuntasan.Kata kunci: hasil belajar IPS, kooperatif NHT
METODE BELAJAR ORGANISASI PADA BADAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN Agus Triono; Patuan Raja; M. Thoha B. Sampurnajaya
Indonesia Journal of Educational Technology Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan
Publisher : Indonesia Journal of Educational Technology

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The method of this research is a qualitative one, through exploratory study and describing the research focus. This research conducted in the Institute of Education and Training of Lampung Province along 2011. The data of the research are achieved from a natural setting in the Institute. The data achievements were supported by managers of the Institute such as; an Institute Leader, a Secretary, division leaders of ;inter institutes relationship, employee up grading, technical skill training. The data are also achieved from the up grade manager level 3, and 4 training alumni, each 3 persons. The purposes of this research are; (a) to describe the method of organizational learning of the education and training institute of Lampung Province (b) to describe main reason why the learning method was chosen. (c) to describe process of organizational learning of the Institute. This research finds that; (a) method of organizational learning implemented in the research focus is adaptive learning one. In this matter, all members always effort to fulfill all of related regulations. They change to adapt with their environment. (b) The reconstructive learning for the organization is unable to implement. This kind of learning demands members to review goals determined. The method of Process learning/deutro learning as the highest learning level where all of the members always find new learning ways of organizational learning is not also implemented. These disabilities are caused by regulations of the organization and individuals disabilities. (c) The process of adaptive learning method can be implemented without design, if members of organization initiate to learn individually and always effort to obey to all of related regulations.Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui studi eksplorasi dan mendiskripsikan fokus penelitian. Penelitian ini dilakukan di Bandiklatda Provinsi Lampung tahun 2011. Data penelitian didapatkan dari situasi alami yang didukung dengan informan dari penyelenggara utama organisasi Bandiklatda Provinsi Lampung, yaitu Kepala Badan, Sekretaris Badan, Kepala Bidang; Hubungan Antar Lembaga ,diklat penjenjangan, diklat teknis-fungsional, pendukung lain adalah para alumni Diklat Pimpinan eselon 3 dan 4, masing masing sebanyak 3 orang. Tujuan penelitian ini adalah : (a) mendiskripsikan metode belajar organisasi yang diterapkan oleh Bandiklatda Provinsi Lampung (b) mendiskripsikan alasan pokok pemilihan metode belajar organisasi Bandiklatda Provinsi Lampung, (c) mendiskripsikan proses belajar organisasi Bandiklatda Provinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) metode belajar organisasi yang diterapkan di Bandiklatda Provinsi Lampung adalah metode belajar organisasi adaptif (adaptif learning), di mana para anggota organisasi selalu berusaha memenuhi peraturan yang berlaku. Mereka melakukan perubahan karena tuntutan lingkunganya. (b) Belajar organisasi secara rekonstruktif (reconstructive learning) di mana para anggotanya dituntut untuk mengkaji ulang tujuan yang telah ditetapkan belum dapat diterapkan. Process learning/deutro learning yang merupakan fase belajar tertinggi, di mana para anggota organisasi selalu mengkaji cara-cara baru belajar oeganisasi juga belum diterapkan. Hal ini disebabkan faktor regulasi organisasi dan ketidakpahaman penyelenggara organisasi akan pentingnya belajar organisasi.. (c) Proses belajar adaptif di Bandiklatda Provinsi Lampung bisa dilaksanakan tanpa dirancang terlebih dahulu ketika para pegawai melakukan inisiatif belajar untuk memenuhi tujuan individunya, dan selalu berusaha mematuhi peraturan atau norma yang berlaku.Kata kunci: Belajar organisasi, latihan, pendidikan
PENERAPAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI Angga Priakusuma; Adelina Hasyim; Sudirman Husin
Indonesia Journal of Educational Technology Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan
Publisher : Indonesia Journal of Educational Technology

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to analyze and find out; (1) the appropriate lesson plan for physical education especially for discus throwing, (2) conduct the effective and efficiency of learning process especially in discus throwing. (3) the appropriate evaluation methods which is suitable with students characteristic, (4) implementation of discus throwing modification equipment for improving learning outcomes. This research is classroom action research which carried out in three cycles. This research was at SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu. First cycles was used as the implementation of modification of discus throwing equipment using ring king which is called Gelang Raja. A second cycle was using plastic plate and the last cycles was using wood discus. The collected data were analyzed by descriptive and qualitative. The result of the research; (1) designing lesson plan by analyzing students characteristic and the material prepared by rhythmic game development dimension and method section. (2) learning process make students more interested with the learning material which is given by teacher and make the teacher easier to manage students to be more active during learning process. (3) evaluation of the implementation of modified discus throwing which has validity (0,66) and reliability (0,79). (4) modified equipment on discus throwing can increase students learning outcome as follows; VIII.1 reach 65,36 in first cycles, 69,28 in second cycles and reach 74,38 at the third cycles. For VIII.3 reaches 65,89 at the first cycles, 67,01 at second cycles and 73,26 at the third cycles.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menemukan: (1) desain RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang tepat dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk materi atletik nomor lempar cakram; (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien pada materi atletik nomor lempar cakram; (3) bentuk evaluasi pembelajaran lempar cakram yang tepat, sesuai dengan karakteristik siswa; (4) penerapan modifikasi alat lempar cakram untuk peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tempat penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu. Siklus I dengan penerapan modifikasi alat lempar cakram berupa gelang raja, siklus II dengan piring plastik dan siklus III dengan cakram kayu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) desain RPP lempar cakram dihasilkan dengan cara, guru melakukan analisis karakteristik peserta didik, materi disusun dengan cara pengembangan dimensi permainan ritmik dan dengan metode bagian; (2) proses pembelajaran membuat siswa lebih tertarik pada materi yang diberikan dan guru lebih mudah mengkondisikan siswa untuk lebih berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran; (3) bentuk evaluasi dengan penerapan modifikasi alat lempar cakram memiliki validitas (0,66) dan reliabilitas (0,79); (4) modifikasi alat pada materi lempar cakram, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu untuk kelas VIII.1, diperoleh nilai rata-rata siklus I 65,36, siklus II 69,28 dan siklus III 74,38. Untuk kelas VIII.3 diperoleh nilai rata-rata siklus I 65,89, siklus II 67,01 dan siklus III 73,26.Kata kunci: hasil belajar, lempar cakram, modifikasi alat

Page 1 of 1 | Total Record : 3