cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23021373     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)" : 7 Documents clear
Atribut Produk, Harga Word Of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Muhammad Ihsan; Yon Rizal; Albet Maydiantoro
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research aims to find out the influence of products attribute, prices, and word of mouth communication of the product purchase decision of vivo smartphone. The methods used is descriptive of verification method with the approach ex post facto capital. The population is the students of PIPS academic year of 2015-2017, FKIP University Lampung. The sample of collecting technique used is non probability of sampling with the accidental sampling method. The sample used is from 60 respondents. The results of the study showed that there was some influence simultaneously products attribute, prices, and word of mouth communication of the product purchase decision of vivo smartphone on student PIPS FKIP University Lampung. Based on the analysis it was obtained fhitung 77.249 ftabel 2.77 this demonstrates with multiple linear regression coefficient of determination ( r2 ) 0.805 which means the purchase decision influenced by product attributes, prices, and word of mouth communication as much as 80.5 % and 19.5 % influenced by other factors. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, harga dan word of mouth communication terhadap keputusan pembelian produk smartphone vivo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi adalah mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2015-2017, FKIP Universitas Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh secara simultan atribut produk, harga dan word of mouth communication terhadap keputusan pembelian smartphone vivo pada mahasiswa jurusan P. IPS FKIP Universitas Lampung. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung  77,249 Ftabel  2,77 yang ditunjukan dengan regresi linier multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,805  yang berarti keputusan pembelian dipengaruhi oleh atribut produk, harga dan word of mouth communication sebesar 80,5 % dan 19,5 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: keputusan pembelian, atribut produk, harga, word of mouth communication
Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Model Pembelajaran Cs, Jigsaw Dan Eth Dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi Maila Ni'amasshodiqoh; Yon Rizal; Nurdin Nurdin
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was to find out the difference of economic study result, interaction in CS learning model, Jigsaw, and ETH by seeing the achievement motivation. The Research method was quasi experiment by appraoching comparatively. Data collecting technique used in this research was questionnaire, test questions, and analysed by using t-test formula and ANOVA manually and SPSS. This research was done in SMAN 17 Bandar Lampung with the population 5 classes and 3 classes as samples which were determined through cluster random sampling. The result of the analysis showed F count F table or 3.176 3.11 which means there is difference study result through CS learning model, Jigsaw, and ETH and F count F table or 35.606 3.11 which means there is a learning model interaction with achievement motivation.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi, interaksi penggunaan model pembelajaran Cooperative Script, Jigsaw dan Everyone Is a Teacher Here dengan memperhatikan motivasi berprestasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data melalui lembar angket, soal tes dan dianalisis dengan rumus t-test dan ANAVA menggunakan perhitungan manual dan SPSS. Penelitian ini dilakukan di SMAN 17 Bandar Lampung dengan populasi sebanyak 5 kelas dan sampel 3 kelas yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung    Ftabel atau 3,176 3,11 berarti ada perbedaan hasil belajar mengunakan model Cooperative Script, Jigsaw dan Everyone Is a Teacher Here dan Fhitung Ftabel atau 35,606 3,11 berarti terdapat interaksi model pembelajaran dengan motivasi berprestasi.Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi, CS, Jigsaw, ETH 
Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Berwirausaha, Kreativitas dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Lucky Nadya; I Komang Winatha; Nurdin Nurdin
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 This research aims to determine the effect of self-efficacy, entrepreneurial motivation, creativity and family environment toward the interest in doing entrepreneurship. The population in this study were all 161 students of class XII of SMK Patria Gadingrejo academic year of 2018/2019 with the sample of 115 students obtained using the Taro Yamane formula. The sampling technique is probability sampling; simple random sampling. The research method used in this research is descriptive method verification with ex post facto approach and survey. The hypothesis testing is done using T test partially and F test simultanously. The results of the analysis show that there is an effect of self-efficacy, entrepreneurial motivation, creativity and family environment towards the interest of student entrepreneurship by 81.8%. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, motivasi berwirausaha, kreativitas dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Patria Gadingrejo Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 161 siswa dengan sampel sebanyak 115 siswa yang didapat menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengujian hipotesis secara Parsial uji T dan secara Simultan uji F. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh efikasi diri, motivasi berwirausaha, kreativitas dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa sebesar 81,8%. Kata kunci    : efikasi diri, motivasi, kreativitas, lingkungan keluarga, minat berwirausaha.
Model Pembelajaran Every One Is a Teacher Here, Scaffolding Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Agus Setiadi; Tedi Rusman; I Komang Winatha
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is motivated by the lack of social skills of the students and examined the differences of the social skills in which the learning uses  “Everyone Is a Teacher Here model and Scaffolding” of the eighth grade students of SMP N 20 Bandar Lampung. The aim is to find out the differences in the students' social skills using the “Everyone Is a Teacher Here and Scaffolding” learning models. The method used in this study is Randomized Subject Post Test Only Control Group Design. The population in this study were 327 students with a sample of 60 students. The sampling technique is the random samplings cluster while the data collection used was observation. The hypotheses testings used is two independent sample T tests, and the results of the test show there are differences in social skills of the students whose learning uses  “Everyone Is a Teacher Here model and Scaffolding” learning models. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa serta mengkaji tentang perbedaan keterampilan sosial yang pembelajranya menggunakan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here dan Scaffolding siswa kelas VIII SMP N 20 Bandarlampung. Tujuanya untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here dan Scaffolding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Randomaized  Subject Post Test Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 327 siswa dengan sample sebanyak 60 siswa. teknik pengambilan samplenya adalah Cluster random Sampling  sedangkan pengambilan datanya menggunakan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan t test dua sample independent, dan hasil pengujian datanya menunjukan ada perbedaan keterampilan sosial siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here dan Scaffolding. Kata kunci: keterampilan sosial, model pembelajaran everyone is a teacher here dan scaffolding
Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy) dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Nabila Pratiwi; Nurdin Nurdin; Yon Rizal; Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality dimensions (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy) and location towords customer satisfaction. The population of this study were 100 people with 78 people of determinant sample. Determinant of the sample is done by using probability sampling using with simple random sampling method. Then the amount obtained in the study is 78 people. Data collection was done by using questionnaires. The analysis technique uses Hypothesis Testing Partially T test and Simultaneous F test. The research was descriptive verification methode with ex post facto approach and survey. The results showed that significant influence on the dimensions of tangibles, service quality, reliability, responsiveness, assurance, empathy, and location of Mie Ayam Budi Bandar Lampung was 65.3% used in customer satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Populasi pada penelitian ini yaitu pelanggan Universitas Lampung yang sering kali berkunjung di Mie Ayam Budi Bandar Lampung. Pada penelitian ini digunakan populasi berjumlah 100 orang. Penentu sampel dilakukan dengan menggunakan cara probability sampling dengan menggunakan Metode simple random sampling. Maka di peroleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 78 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis menggunakan Pengujian Hipotesis secara Parsial uji T dan secara Simultan uji F. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada dimensi kualitas pelayanan tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Mie Ayam Budi Bandar Lampung sebesar 65,3%.  Kata Kunci    : Dimensi Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Pelanggan, Mie Ayam Budi Bandar Lampung.
Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kebiasaan Belajar, Metode Mengajar terhadap Hasil Belajar dengan Memperhatikan Aktivitas Ni Kadek Widyawati; Nurdin Nurdin; Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of parents attention, study habits, and teaching method towards the accounting learning result by considering the  students learning activity of class XI IPS on SMAN 1 Sekampung Udik. The population in this research is all students of grade XI IPS on SMAN 1 Sekampung Udik which are 67 respondents and a sample of 58 respondents determined by probability sampling technique using simple random. The technique analysis  was done by using linear regression and path analysis. Research subjects are students of grade XI IPS on SMAN 1 sekampung Udik. The research method used in this research is descriptive verification method with ex post facto and survey approach. The result showed that there is a significant effect of parents attention, study habits, and teaching method towards the accounting learning result by considering the students learning activity of grade XI IPS on SMAN 1 Sekampung Udik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, kebiasaan belajar, dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi dengan memperhatikan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekampung Udik. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekampung Udik yang berjumlah 67 orang dan sampel 58 responden yang ditentukan dengan teknik probabilitas sampling dengan menggunakan simple random sampling. Teknik analisis dengan menggunakan regresi linier dan Path Analysis. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekampung Udik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua, kebiasaan belajar dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi dengan memperhatikan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekampung Udik.Kata Kunci: Perhatian orang tua, Kebiasaan Belajar, Metode Mengajar Guru, Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar.
HUBUNGAN LOCUS OF CONTROL DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN SELF EFFICACY DAN MINAT BERWIRAUSAHA wulan oktabriyantina
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to know the correlations between locus of control and achievement motivation with self-efficacy and students’ interest in entrepreneurship economics education. The population in this study were students of economic education class of  2010,2011,2012 and 2013 with the total were 357 students while the sample of 148 students were determined using Cochran formula and multistage cluster sampling techniques. The method used was descriptive associative method with an ex post facto approach and survey. The hypothesis was tested using linear regression with path analysis. The results showed that: (1)There is a correlation between locus of control and interest in entrepreneurship; (2)There is a correlation between achievement motivation and interest in entrepreneurship; (3)There is no correlation between achievement motivation and locus of control; (4)There is a correlation between locus of control and self efficacy; (5)There is a correlation between achievement motivation and self efficacy;(6)There is a correlation between self efficacy and interest in entrepreneurship. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara locus of control dan motivasi berprestasi dengan self efficacy dan minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2010,2011,2012 dan 2013  yang berjumlah 357 dengan sampel 148 mahasiswa yang ditentukan menggunakan rumus Cochran dan teknik multistage cluster sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif asosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat hubungan antara locus of control dengan minat berwirausaha; (2)Terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan minat berwirausaha; (3)Tidak terdapat hubungan antara locus of control dengan motivasi berprestasi; (4)Terdapat hubungan antara locus of control dengan self efficacy; (5)Terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan self efficacy; (6)Terdapat hubungan antara self efficacy dengan minat berwirausaha.Kata kunci : LOC, minat, motivasi, self efficacy

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2022): JEE (Jurnal Ekonomi Ekobis) Vol 9, No 1 (2022): JEE (Jurnal Ekonomi Ekobis) Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Edukasi Ekobis (JEE) Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Edukasi Ekobis (JEE) Vol 8, No 1 (2020): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 5 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 4 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 2 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 1 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 8 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 7 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 6 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 5 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 4 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 3 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 2 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 1 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 9 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 8 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 7 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 6 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 5 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 4 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 3 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 2 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 1 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 8 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 7 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 6 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 5 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 4 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 3 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 2 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 1 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 10 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 9 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 8 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 7 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 6 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 4 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 2 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 1 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 8 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 7 (2014): JEE (Junal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 6 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 5 (2014): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 4 (2014): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 3 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 2 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 1 (2014): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 8 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 7 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 6 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 5 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 4 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 3 (2013): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 2 (2013): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 1 (2013): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) More Issue