cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Kultur Demokrasi
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi" : 10 Documents clear
PENGARUH AKTIVITAS TEMPAT HIBURAN MALAM TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT Riska Dewi Anggraini; Holilulloh Holilulloh; Yunisca Nurmalisa
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims at explaining and analyzing the influence of nightspot activity to the changes of social behavior in Ganjar Asri, west Metro, Metro. The formulation of research problem is whether there is any influence of nightspot activity to the changes of social behavior in Ganjar Asri, west Metro, Metro. This research is descriptive quantitative research by testing the effect of both variables that will be inspected. Data collecting technique of this research uses questionnaire, interview, and observation. The population of this research is 320 KK and the sample only 10% of the population or 32 KK. Data analysis technique uses formula interval, percentage, and chi square. Based on the research that had been done, there is a very strong influence in nightspot activity to the changes of social behavior in Ganjar Asri, west Metro, Metro.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh aktivitas tempat hiburan malam terhadap perubahan perilaku sosial masyarakat di Kelurahan Ganjar Asri Kecamatan Metro Barat Kota Metro.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh aktivitas tempat hiburan malam terhadap perubahan perilaku sosial masyarakat di Kelurahan Ganjar Asri Kecamatan Metro Barat Kota Metro. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif dengan menggunakan uji pengaruh antar variabel-variabel yang akan diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 320 KK, sehingga sampel yang diambil sebanyak 10% yaitu sebanyak 32KK. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat pada aktivitas tempat hiburan malam terhadap perubahan perilaku sosial masyarakat di Kelurahan Ganjar Asri Kecamatan Metro Barat Kota Metro.Kata kunci: aktivitas tempat hiburan malam, perubahan perilaku sosial, masyarakat.
HUBUNGAN TINGKAT PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA Indri Eka Septiani; Adelina Hasyim; Hermi Yanzi
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study is aimed to describe the correlation between the levels of teachers' basic skill mastered in teaching and students achievement in pancasila civic education. This research used descriptive method. The sample of this research was 77 respondents. Analyze the data the researcher used person product moment. The independent variable was the teachers' basic skill mastered in teaching while the dependent variable was students achievement. Based on the results of analyzing positive correlation data where the levels of teachers' basic skill mastered was low, i.e. 40.25% and students achievement was low too, i.e. 48.05%. In line with this, it can be concluded that there was high correlation between teachers' basic skill mastered in teaching and students achievement in Senior High School 10 Bandar Lampung.Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan antara penguasaan keterampilan dasar mengajar guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif, dan sampel 77 responden. Teknik analisis data menggunakan korelasi person product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa korelasi positif dimana keterampilan dasar mengajar guru mempunyai kategori rendah 40,25%, maka prestasi belajar siswa juga berkategori rendah 48,05%. Maka terdapat hubungan yang tinggi antara keterampilan dasar mengajar guru dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 10 Bandar Lampung.Kata kunci : keterampilan dasar mengajar, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, prestasi belajar siswa.
PENGARUH KAPABILITAS PARTAI POLITIK DAN CITRA KANDIDAT TERHADAP SIKAP PERILAKU PEMILIH Dwi Handayani; Irawan Suntoro; Yunisca Nurmalisa
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to describe and analyze the influence of political parties capability and candidates image on the voters attitude behavior in legislative elections in Margodadi village, Tumijajar district, West Tulang Bawang Regency 2014. The method used in this research was quantitative descriptive. The independent variable in this study were the capability of a political party (X1), and the image of the candidate (X2), while the dependent variable was the attitude of voting behavior (Y). The subjects of this study was the community that numbered 97 people. Data collection techniques used in this study was questionnaire and simple correlation regression analysis with simple linear regression formula. Based on the research that had been done it could be seen that there was a significant influence of political parties and image capabilities candidate against behavioral attitudes.Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pengaruh kapabilitas partai politik dan citra kandidat terhadap sikap perilaku pemilih dalam pemilu legislatif di Desa Margodadi Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kapabilitas partai politik (X1), dan citra kandidat (X2), sedangkan variabel terikat adalah sikap perilaku pemilih (Y). Subyek penelitian ini adalah masyarakat yang berjumlah 97 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket dan analisis regresi korelasi sederhana dengan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan kapabilitas partai politik dan citra kandidat terhadap sikap perilaku.Kata kunci : citra kandidat, kapabilitas partai politik, sikap perilaku pemilih
HUBUNGAN PEMAHAMAN KEMERDEKAAN BERAGAMA DENGAN SIKAP TOLERANSI UMAT BERAGAMA Elfina Fandana; Adelina Hasyim; Yunisca Nurmalisa
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to know the correlation between comprehension of freedom to have a religion and religion toleranc of the student class XI of SMAN 1 Simpang Pematang at 2014/2015. This research used descriptive method withquantitative approach. The result of this research is students comprehension are low, it can be seen there are 13 respondent (48%) in understand category. Then tolerance attitude in religion is not good, it can be seen there are 11 respondent (41%) in agree category. The conclusion of this research is there is a correlation between comprehension of freedom to have a religion and religion tolerance student class XI of SMAN 1 Simpang Pematang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman kemerdekaan beragama dengan sikap toleransi umat beragama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Pematang tahun 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa cenderung kurang dapat dilihat pada data berjumlah 13 responden (48%) dengan kategori paham, kemudian sikap toleran umat beragama kurang baik, dapat dilihat pada data bahwa 11 responden (41%) dengan kategori setuju. Kesimpulan penelitian ini ada hubungan pemahaman kemerdekaan beragama dengan sikap toleransi umat beragama siswa kelas xi SMA Negeri 1 Simpang Pematang tahun 2014/2015.Kata kunci : kemerdekaan beragama, umat beragama, sikap toleransi.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP PESERTA DIDIK MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PKN Sandika Putra; Berchah Pitoewas; Yunisca Nurmalisa
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to explain the factors that affect students' attitude in following civic education learning process.The method used in this research is descriptive method with a sample of respondents consisted of 56 students with proportion (percentage) as the data of analysis. Based on analysis of the data, it can be found that factors which affect students' attitude in following civic education subject learning process toward the presentation of material is classified as high category consisted of 60,71 %, while classified as average category is 32,14 %, and low category is 7,14 %. While caused by a factor of experience teachers which are classified as high category 19,64 %, average 60,71 %, and low is about 19,64 %. And caused by a factor of learning method which is categorised as high is about 35,71 %, average is about 46,42 % , and low is about 17,85 %.Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan sampel yang berjumlah 56 orang responden dengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan persentase. Berdasarkan analisis data dapat diketahui faktor yang mempengaruhi sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk faktor penyajian materi tergolong kategori tinggi yaitu 60,71%, sedangkan tergolong sedang 32,14%, dan tergolong rendah 7,14%. Sedangkan yang disebabkan oleh faktor pengalaman guru yang tergolong kategori tinggi 19,64%, tergolong sedang 60,71%, dan tergolong rendah 19,64%. Dan yang disebabkan oleh faktor metode pembelajaran yang tergolong tinggi 35,71%, tergolong sedang sebanyak 46,42%, dan yang tergolong kategori rendah sebesar 17,85%.Kata kunci : peserta didik, proses pembelajaran, sikap.
SIKAP ORANG TUA TERHADAP TINDAKAN KRIMINALITAS REMAJA DI DESA BUMIRATU Fitri Diana Sari; Adelina Hasyim; Yunisca Nurmalisa
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to explain the attitudes of old crime against the action of teenagers. Research methodology used in this research is a method of qualitative descriptive. Sample of this research is 36 people data analysis using the percentage. The research, showing the parents from 23 % of respondents or 63,8 holding views that disagree about the criminality teenagers. A feeling of parents of 19 or 52.7 % of respondents have a feeling of disagree with the teen criminal act. Meanwhile, the parents or 33,3 12 % of respondents support the move without having to the criminal act. So from this research can be seen that criminality harsh effect on the behavior, mannerisms and can damage the future of the boy himself hence expected parents can increase the supervision of the son controls the activity of teenagers and relatedness so can avoid from criminal actions.Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan sikap orang tua terhadap tindakan kriminalitas remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 36 orang Analisis data menggunakan presentase. Hasil penelitian, menunjukkan pandangan orang tua dari 23 atau 63,8% responden memiliki pandangan yang tidak setuju terhadap tindakan kriminalitas remaja. Perasaan orang tua dari 19 atau 52,7% responden mengenai perasaan kurang setuju. Sedangkan respon orang tua dari 12 atau 33,3% responden memiliki kecenderungan bertindak yang tidak mendukung terhadap tindakan kriminalitas remaja. Sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa kriminalitas berdampak buruk pada kelakuan, tingkah laku dan dapat merusak masa depan anak itu sendiri, oleh karena itu diharapkan orang tua dapat meningkatkan pengawasan terhadap anak, mengontrol aktivitas remaja dan pergaulanya sehingga dapat terhindar dari tindak kriminalitas.Kata kunci : orang tua, remaja, tindak kriminalitas
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAKSANAAN BELAJAR TUNTAS Minarti Minarti; Berchah Pitoewas; Hermi Yanzi
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The focus of this research is to analyze and explained the factors causing student learning difficulties in following the implementation of Mastery Learning. This research using methods descriptive qualitative with a population of 155 respondents so samples taken as many as 20% of respondents namely 31. Based on the results show that the research: (1) Indicators motivation as many as 45,16% of respondents is categorized as a motivation was. (2) Indicators teachers as many as 48,39% of respondents is categorized as a very influential. (3) Indicators of facilities and infrastructure as many as 70,97% of respondents is categorized as a little influence. (4) Indicators speed learn as much as 58,06% of respondents is categorized as a learning was speed. (5) Indicators as much time as 48,39% of respondent is categorized as a very influential. So it can be concluded that the implementation of work completed in still learning to be optimized to a learning disability students be handled.Fokus penelitian ini adalah untuk mengalisis dan menjelaskan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mengikuti pelaksanaan belajar tuntas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatip dengan jumlah populasi 155 responden, sehingga sampel yang diambil sebanyak 20% yaitu 31 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) indikator motivasi sebanyak 45,16% responden masuk kategori motivasi sedang. (2) Indikator guru sebanyak 48,39% responden masuk kategori sangat berpengaruh. (3) Indikator sarana dan prasarana sebanyak 70,97% responden masuk kategori kurang berpengaruh. (4) Indikator kecepatan belajar sebanyak 58,06% responden masuk kategori kecepatan belajar sedang. (5) Indikator waktu sebanyak 48,39% reponden masuk kategori sangat berpengaruh. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan belajar tuntas masih perlu dimaksimalkan agar kesulitan belajar siswa dapat teratasi.Kata kunci : belajar tuntas, kesulitan belajar, siswa.
STUDI TINGKAT KEPATUHAN PESERTA DIDIK JALUR BINA LINGKUNGAN DAN NON BINA LINGKUNGAN Aan Suardi; Berchah Pitoewas; Hermi Yanzi
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aims of this research are to analyze and explain about obedience level of student who accepted through corporate social responsibility and non corporate social responsibility in SMAN 5 Bandar Lampung at 2014/2015. Research method used in this research is quantitative descriptive. Sample of this research was 29 students of corporate social responsibility and 38 students non corporate social responsibility. Analyzing the data it used t-test. The result of this research show that there is a different obedience level of student who accepted through corporate social responsibility and non corporate social responsibility that can be proved by statistic calculation of t-test from t-table that is 133,4 1,67. The conclusion of this research is obedient level student of corporate social responsibility is lower than obedience level student of non corporate social responsibility.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan tingkat kepatuhan peserta didik yang diterima melalui jalur bina lingkungan dan non bina lingkungan di SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini 29 peserta didik jalur bina lingkungan dan 38 peserta didik jalur non bina lingkungan. Analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kepatuhan peserta didik yang diterima melalui jalur bina lingkungan dan non bina lingkungan yang dapat dibuktikan dengan perhitungan statistik t-test dari t-tabel yaitu 133,4 1,67. Kesimpulan penelitian tingkat kepatuhan peserta didik jalur bina lingkungan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kepatuhan peserta didik jalur non bina lingkungan.Kata kunci: jalur bina lingkungan, jalur non bina lingkungan, kepatuhan peserta didik
HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM DISKUSI KELOMPOK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Lintang Ajeng Astrini; Adelina Hasyim; Hermi Yanzi
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to explain and describe the teacher's ability relationship to manage the class in group discussion with student learning motivation. The method used in this study is quantitative descriptive research with all students of class VIII of Citizenship Education in State Junior High School 1 Bandar Sribhawono as the subject. The technique of collecting data was using questionnaires. Based on the research that has been done it can be seen that it is proved strong on contingency coefficient C= 0,55 and maximum contingency = 0,81. Based on these calculations, the level of the relationship with KAT= 0,67 show on the strong category. It means that, there is a very strong relation on the teacher's ability to manage the class in discussion groups with students' motivation.Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan mendeskripsikan hubungan kemampuan guru mengelola kelas dalam diskusi kelompok dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terbukti kuat pada koefisien kontingensi C = 0,55 dan kontingensi maksimum = 0,81. Bedasarkan perhitungan tersebut maka tingkat keeratan hubungan dengan KAT = 0,67 berada pada kategori kuat. Artinya, terdapat hubungan yang sangat kuat pada kemampuan guru mengelola kelas dalam diskusi kelompok dengan motivasi belajar siswa.Kata kunci: diskusi kelompok, kemampuan guru, mengelola kelas, motivasi belajar.
PENGARUH KINERJA KPMD TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PNPM MANDIRI PERDESAAN M. Zaenuri Nur; Irawan Suntoro; Yunisca Nurmalisa
Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this research is explaining and analyzing the impact of KPMD works to the level of societies participation in conducting PNPM Mandiri rural. This is quantitative research by using the test of the impact of each variable that would be analyzed. the population of this research were 300 families. The sample was 10% out of that population, that was 30 families. The data collecting technique of this research were using questionnaire, document, and interview. the data were analyzed by using Chi Kuadrat. Based on the result of the research, it can be conclude that there is the strong influence of KPMD to the level of societies participation in conducting PNPM Mandiri rural. So, if PNPM Mandiri rural is wanted to be conducted well, there needs the good cooperation between KPMD and societies.Fokus penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mengalisis pengaruh kinerja KPMD terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji pengaruh antar variabel-variabel yang akan diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 300 KK, sehingga sampel yang diambil sebanyak 10% yaitu sebanyak 30 KK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat pada kinerja KPMD terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan. Oleh karena itu agar program PNPM Mandiri Perdesaan dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran, diperlukan kerjasama yang baik antara KPMD dengan masyarakat.Kata kunci : kinerja kader pemberdayaan masyarakat desa (KPMD), pelaksanaan PNPM mandiri perdesaan, tingkat partisipasi masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 10, No 1 (2021): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 5, No 3 (2019): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 2 (2019): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 1 (2019): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 13 (2018): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 12 (2018): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 11 (2018): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 10 (2018): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 10 (2018): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 9 (2018): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 8 (2017): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 7 (2017): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 6 (2017): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 5 (2017): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 4 (2017): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 3 (2017): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 2 (2017): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 5, No 1 (2017): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 4, No 7 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 4, No 6 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 4, No 6 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 4, No 5 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 4, No 5 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 4, No 4 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 4, No 3 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 4, No 2 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 4, No 1 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 1, No 1 (2016): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 3, No 8 (2015): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 3, No 7 (2015): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 3, No 7 (2015): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 3, No 6 (2015): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 3, No 6 (2015): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 3, No 5 (2015): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 3, No 4 (2015): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 3, No 3 (2015): JURNAL KULTUR DEMOKRASI Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 8 (2014): Volume 2, No.8 Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 7 (2014): Volume 2, No. 7 Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 6 (2014): Volume 2, No. 6 Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 5 (2014): Volume 2, No. 5 Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 4 (2014): Volume 2, No. 4 Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 3 (2014): Volume 2, No. 3 Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 2 (2014): Volume 2, No. 2 Jurnal Kultur Demokrasi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 5 (2013): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 1, No 5 (2012): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 1, No 4 (2012): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Kultur Demokrasi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Kultur Demokrasi More Issue