cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
BAHASA DAN SASTRA
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal elektornik Program Studi Bahasa Satra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra" : 10 Documents clear
KEMAMPUAN BERBICARA DALAM DISKUSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI KELAS A ANGKATAN 2015 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO TJIOE, MELISA
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.438 KB)

Abstract

ABSTRAK - Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan berbicara dalam diskusi mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia di kelas A angkatan 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako? Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berbicara mahasiswa dalam diskusi di kelas A angkatan 2015 Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi, dan simak. Analisis data yang digunakan yaitu berdasarkan distribusi frekuensi tunggal dengan menggunakan rumus ∑FX  dibagi N untuk menentukan nilai rata-rata, sedangkan untuk menentukan nilai individual menggunakan rumus Nilai perolehan dibagi Skor Maksimal kali 100. Berdasarkan rumus yang telah ditetapkan diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas A Angkatan 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako dalam mata kuliah analisis kesalahan berbahasa yaitu 86,3. Pemerolehan nilai tersebut menunjukkan bahwa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas A Angkatan 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako sudah mampu malaksanakan diskusi dengan baik. Kata Kunci : Kemampuan Berbicara dalam Diskusi Mahasiswa
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA TUGAS HARIAN SISWA KELAS X SMA KATOLIK SANTO ANDREAS PALU HEBINGADIL, CHYNTIA NELA MARIA
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.665 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan pada penelitian ini adalah bentuk kesalahan dalam penulisan tanda baca pada tugas harian siswa dan penyebab terjadinya kesalahan penulisan tanda baca pada tugas harian siswa SMA Katolik Santo Andreas Palu. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengidentifikasi bentuk kesalahan penulisan tanda baca pada tugas harian siswa di SMA Katolik Santo Andreas Palu dan untuk mengidentifikasi penyebab dari terjadinya kesalahan penulisan tanda baca pada tugas harian siswa di SMA Katolik Santo Andreas Palu. Penelitian ini bermanfaat bagi pembaca secara teoritis dan praktis. Sumber data dari penelitian ini adalah Tugas Harian Siswa di SMA Katolik Santo Andreas Palu dan objek penelitian dikhususkan di kelas X Mia 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca seluruh tugas siswa yang akan dijadikan objek, menganalisis tanda baca yang digunakan dan menentukan keslahan penulisan tanda baca yang paling dominan pada tugas harian siswa. Kesimpulan penelitian ini, kesalahan penggunaan tanda baca pada tugas harian siswa di SMA Katolik Santo Andeas Palu masih ditemukan kesalahan dalam penggunaan tanda titik, tanda koma. Tanda titik dua, tanda hubung, tanda garis miring dan kesalahan penggunaan tanda tanya. Penyebab dari kesalahan penggunaan tanda baca ada pada guru dan siswa yang kurang memperhatikan setiap kesalahan yang ada terutama dalam kesalahan penggunaan tanda baca. Kata Kunci: Tanda Baca; Tugas Harian Siswa
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SIGI MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DALAM BUKU HARIAN TO’A, HEDRHISON
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.554 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Sigi menulis pengalaman pribadi dalam buku harian?. Tujuannya mendiskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 22 Sigi menulis pengalaman pribadi dalam buku harian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Sigi yang berjumlah 24 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif bersumber dari hasil evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah evaluasi. Hasil akhir dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 22 Sigi belum mampu menulis pengalaman pribadi dalam buku harian. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata 67,83, nilai yang diperoleh tidak tuntas. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Pengalaman Pribadi dalam Buku Harian 
TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DI LINGKUNGAN SMP NEGERI 19 PALU: KAJIAN PRAGMATIK DARWIS, AGUSTINA
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.823 KB)

Abstract

ABSTRAK ─ Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan fungsi tindak tutur direktif guru di lingkungan SMP Negeri 19 Palu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif guru di lingkungan SMP Negeri 19 Palu. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik rekam, simak, dan catat. Teknik analisis data terdiri dari (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur direktif  guru dalam kelas ditemukan pada bentuk dan fungsi dalam bertutur. Bentuk tindak tutur direktif guru terdiri atas bentuk direktif meminta, perintah dan bertanya. Bentuk direktif meminta ditandai dengan pemarkah coba, tolong, harap dan ayo. Bentuk direktif perintah ditandai dengan pemarkah silakan, cepat, dan perhatikan. Bentuk direktif bertanya ditandai dengan pemarkah apa, berapa dan bagaimana. Sedangkan fungsi tindak tutur direktif terbagi dua fungsi yang meliputi fungsi langsung mencakup: memerintah, melarang, bertanya, fungsi tidak langsung mencakup: meminta, melarang, memerintah.  Kata Kunci : Tindak Tutur, Direktif, Bentuk, Fungsi.
MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BALAESANG NOFIYANA, NOFIYANA
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.795 KB)

Abstract

ABSTRAK - Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Balaesang Jln, KH. Mahmud Desa Tambu No 7B Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Balaesang. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Balaesang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif melalui metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 166 orang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah sampel 41 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data bahwa minat siswa kelas X di SMA Negeri 1 Balaesang pada pembelajaran bahasa Indonesia masih kurang berminat hal tersebut dapat diketahui dari hasil angket yang dibagikan, pada angket tersebut memiliki 20 pertanyaan yang menyangkut minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia, dari jawaban tersebut dapat diketahui persentase minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia masih kurang. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian siswa ter hadap materi pembelajaran, kemudian motivasi dari guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada seperti keterampilan guru dalam mengelola kelas harus lebih ditingkatkan, dan keterbatasan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran.  Kata Kunci : Minat, Pelajaran Bahasa Indonesia
KEMAMPUAN MENENTUKAN FAKTA DAN OPINI PADA TEKS BERITA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SIGI BIROMARU RISDA, RISDA
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.435 KB)

Abstract

ABSTRAK – Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sigi Biromaru menentukan fakta dan opini pada teks berita. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sigi Biromaru menentukan fakta dan opini pada teks berita. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik  pengumpulan data menggunakan teknik tes dalam menentukan fakta dan opini pada teks berita. Sampel dalam penelitian ini kelas XII IPA Model 2. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata siswa dalam menentukan fakta dan opini pada teks berita yaitu 74,54. Sehingga penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa siswa kelas XII IPA 2 Model SMA Negeri1 Sigi Biromaru tidak mampu menentukan fakta dan opini pada teks berita. Terdapat dua faktor penyebab siswa tidak mampu menentukan fakta dan opini pada teks berita yaitu faktor siswa dan faktor guru. Kata Kunci : Teks Berita, Fakta, Opini
MAKNA SIMBOL PAKAIAN PERNIKAHAN ADAT BUTON KAJIAN SEMIOTIK FATMAWATI FATMAWATI
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.435 KB)

Abstract

ABSTRAK - Fokus permasalahan  dalam penelitian ini adalah apa saja makna simbol yang terdapat pada pakaian pernikahan adat Buton. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja makna simbol pakaian pernikahan adat Buton. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode cakap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat beberapa makna simbol pada pakaian pernikahan mempelai pria yaitu: ikat kepala (kampurui), mahkota (lipi-lipi), baju bahaladada, sala arabu, sarung (biasamasil)i, ikat pinggang (sulepe), sarung besar (bio ogena), keris (tobo), bunga  (kamba), dan makna simbol yang terdapat pada pakaian pernikahan mempelai wanita yaitu: penutup kepala (tipolo), baju kombo, sarung lonjo, punto, kalung ( jao-jaonga), gelang (simbi), pengikat tangan (kabokema lima), anting-anting (dali-dali), kupu-kupu  (kambarambei), kukuharimau (korokoronjo), kipas (kambero), benda (sampelaka) dan sapu tangan (kalegona).Kata Kunci: Makna Simbol, Pakaian Pernikahan  Adat Buton
KEMAMPUAN MEMBACA TEKS PIDATO SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 3 PALU PUTRIYANI, PINKAN
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.814 KB)

Abstract

 ABSTRAK - Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan membaca teks pidato siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Palu. Hasil   penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoretis maupun secara praktis bagi siswa dan guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sesuai dengan pokok permasalahannya, penelitian ini tidak hanya berhenti pada tingkat pengumpulan data saja, tetapi juga pengolahan, dan analisis data. Metode ini juga sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yakni untuk memperoleh informasi tentang kemampuan membaca teks pidato oleh siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Palu yang terletak di jalan Dewi Sartika, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah  dan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Palu yang berjumlah 35 siswa dan objeknya yaitu kemampuan membaca teks pidato.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca teks pidato siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Palu tahun ajaran 2017/2018 berkategori baik dengan nilai rerata 77,14. Adapun uraian masing-masing hasil rerata aspek penilaian adalah pada aspek intonasi mendapatkan nilai rerata sebesar 77,14, pada aspek lafal mendapatkan nilai rerata sebesar 79,29, pada aspek penghayatan mendapatkan nilai rerata sebesar 77,85, pada aspek posisi tubuh mendapatkan nilai rerata sebesar 75, dan pada aspek volume suara mendapatkan nilai rerata sebesar 76,42. Bila dilihat dari aspek ketuntasan belajar klasikal, dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% karena tidak ada siswa yang memiliki nilai kurang dari 70.Kata Kunci: Pidato 
SISTEM SIMBOL DALAM UPACARA ADAT TORAJA RAMBU SOLO: KAJIAN SEMIOTIK EMBON, DEBYANI
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.406 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan dalam penelitian ini mengenai simbol-simbol apakah yang terdapat dalam upacara adat Toraja rambu solo, dan bagaimanakah penggunaan simbol-simbol pada prosesi dan tahap pelaksanaan upacara adat rambu solo. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan simbol-simbol dalam upacara adat Toraja rambu solo. Rambu solo adalah suatu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat suku Toraja untuk mengadakan upacara terakhir bagi orang yang telah meninggal. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dengan menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan rekaman. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa simbol-simbol yang terdapat dalam upacara rambu solo terdiri dari simbol verbal dan simbol nonverbal. Adapun simbol verbal yang terdapat dalam upacara adat rambu solo adalah berupa doa-doa yang diucapkan oleh To Minaa yang bermakna sebagai pemujaan, permohonan, dan untuk pengagungan. Sedangkan simbol nonverbal berupa alat-alat sebagai perlengkapan upacara yang bermakna sebagai persembahan kepada para leluhur serta penghormatan terakhir bagi almarhum dan bagi keluarga yang ditinggalkan.  Kata kunci : Simbol, Toraja Rambu Solo, Semiotik.
ANALISIS KESALAHAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 9 PALU FIKRAM, MOH.
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.316 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesalahan Ejaan Yang Disempurnakan pada karangan deskripsi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan Ejaan Yang Disempurnakan yang terdapat pada karangan deskripsi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif karena berusaha memaparkan dan memberikan data yang akurat tentang bentuk kesalahan Ejaan Yang Disempurnakan pada karangan deskripsi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Palu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu 1) teknik tes 2) teknik dokumentasi 3) teknik pengamatan dan 4) teknik catat. Tahapan analisis yang digunakan yaitu melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sebelas bentuk kesalahan Ejaan Yang Disempurnakan dalam karangan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Palu yaitu (huruf capital), (huruf kecil), (huruf miring), (kata dasar), (kata ulang), (kata depan), (partikel), (singkatan), (tanda titik (.)), (tanda koma (,)), dan (tanda hubung (-)).                                                                                      Kata Kunci : Kesalahan, Ejaan Yang Disempurnakan, Karangan Deskripsi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10