cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
BAHASA DAN SASTRA
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal elektornik Program Studi Bahasa Satra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra" : 10 Documents clear
PENERAPAN PEMBELAJARAN RELASI MAKNA KAJIAN SEMANTIK DI KELAS V11 SMP N 19 PALU ASWAT, ASWAT
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.152 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana penerapan pembelajaran relasi makna kajian semantik pada siswa di kelas VII SMP  N 19 Palu. Tujuan dalam penelitian adalah  mendeskripsikan penerapan pembelajaran relasi makna kajian semantik siswa kelas VII SMP N 19 Palu. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan tes evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dapat diketahui melalui rubrik penilaian guru dan hasil tes evaluasi siswa. Jumlah rubrik penilaian guru sebanyak 24, rubrik penilaian guru  terdapat 12 komponen sangat baik  dengan persentase 50%, kemudian terdapat 7 komponen baik dengan persentase 29%, lalu terdapat 3 komponen cukup dengan persentase 12,5% dan terdapat 2 komponen kurang dengn persentase 8,3%. dan kemudian tes evaluasi siswa sebanyak 24 orang di kelas VII SMP N 19 Palu. Siswa yang memperoleh nilai 100-95 kategori sangat baik sebanyak 5 orang, siswa yang memperoleh nilai 80 sebanyak 9 orang, siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 7 orang, siswa yang memperoleh nilai 60 sebanyak 3 orang. Jumlah siswa yang tuntas (≤ 70 ) = 21 orang siswa dan Jumlah yang tidak tuntas  ( 60 ) = 3 orang siswa. Persentase ketuntasan klasikal  . Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran, Relasi Makna, Kajian Semantik
INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA INGGRIS DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI MAJALAH KAWANKU INDRYANA, INDRYANA
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.234 KB)

Abstract

ABSTRAK- Kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian sosiolinguistik dengan perrmasalahan yang dikaji, yaitu “Bagaimana interferensi leksikal bahasa Inggris dalam penggunaan bahasa Indonesia di majalah Kawanku?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa data tertulis yang diambil dari sumber data, yaitu majalah Kawanku terbit 2015 nomor 216. Selanjutnya, data yang telah diperoleh dianalisis secara kualitatif menggunakan teknik analisis data, yaitu  mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data hingga menyimpulkan data dan berdasarkan analisis data, peneliti menemukan hasil penelitian tentang interferensi leksikal bahasa Inggris dalam penggunaan bahasa Indonesia di majalah Kawanku yang melibatkan kata dasar, kata majemuk, kata berimbuhan dan kata ulang yang jenis katanya tergolong dalam kelas kata benda, kata kerja, dan kata sifat. Kata Kunci: Interferensi, Leksikal, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA TEKS DIALOG SISWA KELAS VIIC DI SMP NEGERI 4 TOLITOLI Lasiratan, Wati
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.127 KB)

Abstract

ABSTRAK – Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi tentang bentuk-bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks dialog siswa SMP Negeri 4 Tolitoli. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik Pengumpulan data yaitu teknik pemberian tugas teks, dokumentasi, pengamatan, pencatatan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang melakukan  kesalahan-kesalahan ejaan seperti kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf kecil, penggunaan kata, penggunaan kata depan, penggunaan kata ulang, penggunaan singkatan, dan penggunaan tanda baca yaitu penggunaan tanda titik, penggunaan tanda koma, penggunaan tanda hubung, penggunaan tanda tanya, penggunaan tanda seru, penggunaan tanda petik dua. Kesalahan ini disebabkan karena faktor kurangnya pemahaman siswa tentang penggunaan ejaan yang baik dan benar yang mendasari pokok permasalahan dalam penelitian ini. Dalam hal ini, siswa harus dibekali tatacara menulis sebuah dialog menurut kaidah-kaidah dalam ejaan yang disempurnakan. Kata Kunci: Kesalahan Penggunaan Ejaan, Teks Dialog 
KEMAMPUAN MENULIS DAFTAR PUSTAKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 PALU IHSAN, MOH.
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.288 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis daftar pustaka siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palu? Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kemampuan menulis daftar pustaka siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode statistik deskriptif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Analisis data penelitian adalah menganalisis semua data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 18 siswa yang tuntas dan 13 siswa yang tidak tuntas dalam menulis daftar pustaka berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80 dengan penulisan daftar pustaka berlandaskan standar kurikulum pendidikan/buku ajar di kelas. Nilai tertinggi diperoleh satu siswa yaitu Moh. Hidayat dengan nilai 88,8, dan nilai terendah diperoleh satu siswa bernama Rohim dengan nilai 46. Berdasarkan temuan, aspek penilaian tertinggi adalah penulisan kelengkapan unsur daftar pustaka dengan nilai rata-rata yaitu 99,2 (istimewa) yang berarti semua siswa tuntas dan aspek terendah adalah penulisan judul referensi daftar pustaka dengan nilai rata-rata 51,3 (sangat kurang) yang berarti 2 siswa yang tuntas dan 29 siswa yang tidak tuntas, banyaknya siswa yang tidak tuntas disebabkan oleh penulisan judul tidak ditulis miring dan kesalahan ejaan. Perolehan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 77.6 (cukup). Apabila nilai rata-rata tersebut dimasukkan dalam interval penilaian, terdapat pada rentang skor 73-79, sedangkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palu belum mampu menulis daftar pustaka. Sehingga, hipotesis yang menyatakan bahwa kemampuan menulis daftar pustaka siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palu belum mampu dapat diterima. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Daftar, Pustaka.
PREFIKS PEMBENTUK VERBA BAHASA BALI DIALEK BULELENG DI KABUPATEN DONGGALA YASE, I NYOMAN BUDI
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.311 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk prefiks pembentuk verba bahasa Bali dialek Buleleng dan bagaimana makna prefiks pembentuk verba bahasa Bali dialek Buleleng. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk prefiks pembentuk verba bahasa Bali dialek Buleleng dan makna prefiks pembentuk verba bahasa Bali dialek Buleleng. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, yang meliputi tiga tahapan yakni : (1) metode dan teknik pengumpulan data, (2) metode dan teknik analisis data, dan (3) metode penyajian hasil analisis data. Berdasarkan hasil penelitian bahwa prefiks pembentuk verba bahasa Bali dialek Buleleng berfungsi untuk membentuk verba adalah prefiks : ma-, nga-, N- (nasal). Prefiks pembentuk verba dapat bermakna menggunakan, mengerjakan, perbuatan untuk orang lain, melakukan pekerjaan, dan membuat jadi. Kata kunci : Prefiks Pembentuk Verba Bahasa Bali Dialek Buleleng
KEMAMPUAN MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA DALAM KARANGAN NARASI DAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTsN 1 PARIGI Rahmaniyah.R, Rahmaniyah.R
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.706 KB)

Abstract

ABSTRAK - Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah kemampuan menggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan narasi dan deskripsi siswa kelas VII MTsN 1 Parigi ?, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menggunakan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan narasi dan deskripsi siswa kelas VII MTsN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui 3 tahapan yaitu; (1) observasi, (2) tes, (3) dokumentasi. Berdasarkan hasil evaluasi kemampuan menggunakan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan narasi dan deskripsi siswa kelas VII A MTsN 1 Parigi bahwa nilai perolehan siswa yang tertinggi adalah 100 sedangkan nilai yang terendah adalah 50, secara keseluruhan siswa kelas VII A MTsN 1 Parigi dikatakan mampu dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan narasi dan deskripsi. Dengan melihat hasil perolehan evaluasi siswa ketahui bahwa  yang mendapatkan nilai 100 sebanyak 2 orang dengan persentase 8,7%, siswa yang mendapatkan nilai 94 sebanyak 2 orang dengan persentase 8,7 %,  siswa yang mendapatkan nilai 87 sebanyak 2 orang dengan persentase 8,7 %, siswa yang mendapatkan nilai 81 sebanyak 2 dengan prsentase 8,7 %, siswa yang mendapatkan niai 75 sebanyak 5 orang dengan persentase 21,7 %,  siswa yang mendapatkan nilai 69 sebanyak 4 siswa dengan persentase 17,4 %, siswa yang mendpatkan nilai 62 sebanyak 5 orang dengan persentase 21,7%, dan siswa yang mendapatkan nilai 50 sebanyak 1 orang dengan persentase 4,4 %. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa persentase siswa tertinggi adalah ,34,8 %  sedangkan persentase siswa terendah adalah 4,3 %.. Secara keseluruhan kemampuan menggunakan huruf kapital dan tanda baca siswa kelas VII A MTsN 1 Parigi yaitu 76, maka siswa kelas VII A MTsN 1Parigi dikategorikan telah berhasil karena mencapai nilai 76 (Baik/tuntas ). Kata kunci : Kemampuan, Menggunakan, Huruf Kapital Dan Tanda Baca
PENGGUNAAN DIKSI PADA IKLAN DI INFO KOTA PALU ABDILLAH, MOH.
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.373 KB)

Abstract

ABSTRAK - Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan diksi pada iklan di info kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari  pemasangan iklan di info kota Palu. Dalam hasil penelitian ini peneliti menemukan tiga bentuk penggunaan diksi yaitu jargon, makna konotasi, dan bahasa asing. Peneliti menggunakan pendekatan semantik dalam menganalisis makna konotasi, sedangkan dalam menganalisis jargon dan bahasa asing peneliti membaca secara ulang untuk mengetahui maksud dari kata tersebut. Penggunaan diksi pada iklan di info kota Palu cenderung menggunakan bahasa nonformal sehingga banyak jargon-jargon yang timbul dalam bahasanya hingga penulis merasa perlu mengetahui arti dari penggunaan diksi dalam iklan. Kata Kunci : Diksi, Iklan, Kota Palu
ANALISIS MAKNA SYAIR SAYANG-SAYANG SUKU MANDAR SULAWESI BARAT MELALUI PENDEKATAN HERMENEUTIKA BAHRI, BAHRI
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.042 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan dalam penelitian bagaimanakah makna yang terkandung di dalam syair Sayang-sayang suku Mandar Sulawesi Barat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna yang terkandung dalam syair Sayang-sayang Suku Mandar Sulawesi Barat. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan hermeneutika. Sumber data yaitu syair Sayang-sayang suku Mandar Sulawesi Barat. Teknik pengumpulan data diawali dengan mendengar,  menyimak syair Sayang-sayang dalam bentuk video kemudian mencatat data yang dibutuhkan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, memverifikasi data,  dan menarik kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah syair Sayang-sayang Mappesure’ Pandeng, Kaneko Narombengan, Nama’ Elong-elong Boma. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam syair Sayang-sayang suku Mandar Sulawesi Barat. Terdapat dua jenis makna yaitu 1) makna denotasi, dan 2) makna konotasi. Kata Kunci: Makna, Syair,  Sayang-sayang Mandar,  Hermeneutika 
TINDAK TUTUR IMPERATIF DALAM PERCAKAPAN SEHARI-HARI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS TADULAKO (KAJIAN PRAGMATIK) SULHAN, SULHAN
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.592 KB)

Abstract

 ABSTRAK - Permasalahan dalam penelitian ini adalah (a) bagaimana wujud tindak tutur imperatif, dan (b) bagaimana strategi tindak tutur imperatif dalam percakapan sehari-hari mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan mendeskrispsikan wujud dan strategi tindak tutur imperatif dalam percakapan sehari-hari mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia Universitas Tadulako. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik rekam dan teknik catat. Teknik analisis data terdiri dari (a) pengumpulan data, (b) reduksi data, (c) penyajian data, (d) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tuturan imperatif yang digunakan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia meliputi: (a) perintah, (b) permintaan, (c) ajakan, (d) larangan, (e) permintaan izin, (e) anjuran. Adapun strategi yang digunakan oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia meliputi: (a) strategi langsung, dan (b) strategi tidak langsung.Kata Kunci: Tindak Tutur, Tindak Tutur Imperatif, Wujud, Strategi. 
STRUKTUR KLAUSA BAHASA JAWA DI DESA TOLISU KECAMATAN TOILI KABUPATEN BANGGAI Nurhayati, Desi
BAHASA DAN SASTRA Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.215 KB)

Abstract

ABSTRAK - Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah struktur klausa bahasa Jawa di Desa Tolisu, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur klausa bahasa Jawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan cakap yang disertai dengan teknik lanjutannya. Data kemudian dianalisis dengan metode agih. Teknik yang digunakan dalam metode agih adalah teknik BUL. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari segi distribusi unitnya, klausa terbagi atas (1) klausa bebas dan (2) klausa terikat. Klausa bebas berdasarkan jenis predikatnya terbagi atas (1) klausa verbal dan (2) klausa nonverbal, klausa verbal terbagi lagi berdasarkan struktur internalnya yaitu (1) klausa transitif dan (2) klausa intransitif. Sedangkan klausa nonverbal terbagi atas (1) klausa ekuasional dan (2) klausa statif. Klausa terikat berdasarkan fungsinya terbagi atas (1) klausa nominal, (2) klausa adjektival, dan (3) klausa adverbial. Adapun dari bentuk strukturnya klausa bebas dalam bahasa Jawa dapat berpola S-P dan P-S, sebaliknya klausa terikat hanya klausa adverbial yang dapat berpola S-P dan P-S. Kata Kunci : Struktur Klausa Bahasa Jawa

Page 1 of 1 | Total Record : 10