cover
Contact Name
Ifah Hanifah
Contact Email
ifah.hanifah@uniku.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal.fon@uniku.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 20860609     EISSN : 26147718     DOI : 10.25134/fjpbsI
FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan media publikasi ilmiah (artikel dan hasil penelitian) pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia. FON diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan. FON memiliki nomor ISSN cetak 2086-0609 dan ISSN elektronik 2614-7718.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2019): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 5 Documents clear
ANALISIS SERAT SULUK SYEKH SITI JENAR Frenky Icksan Nugraha
Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 14, No 1 (2019): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/fjpbsi.v14i1.2088

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa dari zaman kuno hingga peradaban baru banyak orang yang masih belum memahami sikap hak beragama, seperti dalam kisah tokoh agama legendaris yang dianggap menyimpang dari norma agama.Masalah dari penelitian ini adalah "bagaimana ajaran" hamba Manunggaling Gusti "dalam serat pengasingan Sheikh Siti jenar".Setiap agama, kepercayaan, dan budaya di dunia memiliki konsep dan pemahaman tentang Tuhan. Namun, walaupun Tuhan digambarkan dengan berbagai cara berbeda, hampir semua agama dan kepercayaan di dunia sepakat bahwa Tuhan adalah sumber, pusat, dan tujuan sebenarnya dari seluruh makhluk di alam semesta ini, yang tujuannya adalah mencari satu orang tahu.Subjek dalam penelitian ini difokuskan pada ajaran mata pelajaran Manunggaling Gusti yang pada waktu itu dicap sebagai ajaran kontroversial, sehingga tujuan saya untuk mengeksplorasi makna di balik serat Syekh Siti adalah sejenis mistisisme.KATA KUNCI: Gusti, Kawula, Manunggaling, Mengajarkan.  ABSTRACT: These researches background by the fact that from ancient times until the new civilization many of the people who still do not understand the attitude of the religious right , as in the story of a legendary religious figures who are considered to deviate from religious norms.The problems of these researches is " bagimanakah teachings " Manunggaling Gusti servant " in seclusion fiber Sheikh Siti jenar " .Every religion , beliefs , and culture in the world has the concept and understanding of God . However , although God is described with a variety of different ways , almost all religions and beliefs in the world agree that God is the source , the center , and the true purpose of the whole being in this universe , the purpose of which is look for one man to know.Subjects in these researches are focused on the teachings Manunggaling Gusti subjects which at that time labeled as controversial teachings , so my goal to explore the meaning behind the fiber Sheikh Siti jenar mysticism.KEYWORDS: Manunggaling, Teachings, Gusti, Servant.
PERBANDINGAN NOVEL CANTIK ITU LUKA KARYA EKA KURNIAWAN DENGAN MIDAH SIMANIS BERGIGI EMAS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER Runi Fazalani
Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 14, No 1 (2019): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/fjpbsi.v14i1.2089

Abstract

ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui betapa berpengaruhnya kecanti-kan yang dimiliki oleh seorang perempuan tokoh utama dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan dan novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Kecantikan dapat mengakibatkan keperibadian seseorang merasa terancam. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan pengaruh cantik terhadap tokoh utama perempuan dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan dan novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pemahaman secara mendalam dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber datanya novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan dan novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Data yang bersumber dari satuan-satuan bahasa yang berupa kutipan cerita. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh kecantikan yang dimiliki oleh tokoh utama dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan.KATA KUNCI: psikologi sastra, kecantikan dan perempuan.  ABSTRACT: The objectives of this reseach are how the influence owned by beauty a women the main character in Cantik Itu Luka novel by Eka Kurniawan and Midah Simanis Bergigi Emas by Pramoedya Ananta Toer . The beauty can lead the personality of a feeling person threatened. The as for problem to in this research is how the comparison of the beautiful influence of the main character womwns in the Cantik Itu Luka novel by Eka Kurniawan and Midah Simanis Bergigi Emas  by Pramoedya Ananta Toer. This reseach using qualitative descriptive method with deep understanding and the using literature psychology the approach. The source of the data are Cantik Itu Luka novel by Eka Kurniawan dan Midah Simanis Bergigi Emas novel by Pramoedya Ananta Toer. The data source from the language units in the from of story quotes. The research of results show the influence of a beauty possessed by the main character in the Cantik Itu Luka novel by Eka Kurniawan and Midah Simanis Bergigi Emas novel by Pramoedya Ananta Toer.KEY WORDS: literature psychology, beauty and womens.
DEIKSIS DALAM NOVEL “RAHWANA” KARYA ANAND NEELAKANTAN Mutiadi, Ahmad Dedi; Respati, Dian Aulia
Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 14, No 1 (2019): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/fjpbsi.v14i1.2165

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mengungkap penggunaan deiksis persona, tempat, waktu, wacana, dan sosial dalam novel Rahwana karya Anand Neelakantan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik Pemerolehan data dengan menggunakan studi pustaka/dokumentasi. Objek Penelitian dalam penelitian ini adalah deiksis dalam novel Rahwana karya Anand Neelakantan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) deiksis persona menyebabkan tokoh-tokoh dalam novel Rahwana berpindah-pindah peran menjadi pembicara seperti aku, kita, dan kami. Peran menjadi lawan bicara atau yang diajak bicara seperti kau dan kalian. Peran menjadi yang dibicarakan seperti dia dan mereka. 2) Deiksis tempat menyebabkan rujukan tempat berpindah-pindah jaraknya  berdasarkan peristiwa bahasa dan konteksnya 3) Deiksis waktu dapat menyebabkan rentang waktu berpindah-pindah rujukannya. 4) Deiksis wacana dapat menyebabkan rujukan dapat berpindah-pindahnya keterangan dari rujukan  dalam bentuk sebelum atau bisa menjadi setelahnya 5) Deiksis sosial dapat menyebabkan perbedaan tingkatan seseorang, seperti jabatan atau kasta yang berubah-ubah berdasarkan pelaku peristiwa bahasa dan konteksnya.KATA KUNCI: Analisis deiksis persona, deiksis tempat, deiksis waktu, deiksis wacana, dan deiksis sosial.                  ABSTRACT: This study aims to reveal the use of persona, place, time, discourse, and social deixis in Rahwana's novel by Anand Neelakantan. The research method used in this study is a qualitative research method. Data acquisition techniques using literature study / documentation. The object of research in this study is deixis in the novel Rahwana by Anand Neelakantan. The results of this study are as follows: 1) Deixis persona causes the characters in Rahwana's novel to move into the role of speakers like me, us, and us. The role of being the person you're talking to or being talked to as you and you are. The role of being talked about like him and them. 2) Deixis of place causes a reference to a place to move its distance based on language events and context 3) Deixis of time can cause a span of time to move its reference. 4) Deiksis discourse can cause references can move information from references in the form before or can become after 5) Social deixis can cause differences in a person's level, such as position or caste that changes based on the perpetrators of language events and context.KEY WORDS: Analysis deixis persona, deixis place , deixis time , deixis of discours,and deixis social
EMANSIPASI PEREMPUAN DALAM RANAH DOMESTIK PADA NOVEL “LITTLE WOMAN” KARYA LOUISA MAY ALCOTT Bella Saputri Indrapuri; Eggy Fajar Andalas
Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 14, No 1 (2019): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/fjpbsi.v14i1.2087

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran ganda perempuan yang harus pintar membagi  waktu antara keluarga dan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Temuan hasil penelitian terungkap bahwa : 1. Gambaran umum peran ganda pada perempuan yaitu peran sebagai ibu rumah tangga. 2. Kendala yang dirasakan perempuan dalam menjalankan semua perannya berasal dari internal dan eksternal. Kendala internal yaitu lelah fisik, lelah mental. dan kendala eksternal yaitu adanya keterbatasan waktu. 3. Dampak yang terjadi dalam menjalankan peran gandanya berdampak positif dan negatif. Dampak positif nya bisa membantu perekonimian keluarga adanya kerja sama antara ibu dan anak dalam menyelesaikan tugas rumah.KATA KUNCI: kehidupan keluarga, peran ganda perempuan.  ABSTRAC: This research is motivated by the dual role of women who must be smart in dividing the time between family and work. This study uses a descriptive qualitative approach. The findings of the research revealed that : 1) A general description of the dual role of women, namely the role of housewives. 2) The constrains felt by women in carrying out all their roles came from internal and external. Internal constraints namely pysical fatigue, mental fatigue. And external constraints, namely the limitation of time. 3) The impact that accurs in carrying out its dual role has a positive and negative impact the positive impact can help the family economy with cooperation between mother and child in completing homework.KEYWORDS: family life, the dual role of women.
TELAAH BUKU TEKS BAHASA INDONESIA “WAHANA PENGETAHUAN” KELAS VII KURIKULUM 2013 Santi, Chandri Febri
Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 14, No 1 (2019): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/fjpbsi.v14i1.2091

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) muatan jenis materi; (2) muatan pendekatan saintifik; dan (3) muatan penilaian otentik dalam buku teks Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VII Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis analisis dokumen. Sumber data penelitian adalah buku teks Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk Kelas VII Kurikulum 2013 edisi revisi terbitan Kemendikbud. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembacaan dan pencatatan dengan menggunakan instrumen yang telah divalidasi berupa panduan analisis dokumen. Data penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan muatan materi, aspek keterampilan lebih mendominasi daripada aspek sikap dan pengetahuan. Hal ini menunjukkan buku teks tersebut belum memenuhi tuntutan Kurikulum 2013 yang menginginkan adanya keseimbangan antara ketiga aspek tersebut, (2) berdasarkan muatan pendekatan saintifik, muatan langkah mencoba merupakan kegiatan yang paling sering ditemukan dalam kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam buku teks. Hal ini menunjukkan  buku teks tersebut meminta siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dari Kurikulum 2013, dan (3) berdasarkan muatan penilaian otentik, penilaian keterampilan lebih mendominasi daripada penilaian sikap dan pengetahuan. Penilaian kompetensi sikap belum terpenuhi dengan baik, dengan hanya ditemukannya satu teknik penilaian sikap berupa teknik penilaian diri.KATA KUNCI: materi, pendekatan saintifik, penilaian otentik, Kurikulum 2013.  ABSTRACT: The research aimed to describe: (1) material type content; (2) scientific approach content; and (3) authentic assessment content in the Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan textbook for the 7th grade students with Curriculum of 2013. This research used qualitative descriptive approach with the type of document analysis. The data source in this research was Bahasa Indonesia textbook for the 7th grade students with curriculum of 2013 revised edition published by Kemendikbud. The data of the research was collected by writing and recording with instrument that had been validated. The research data was analyzed by using Miles and Huberman interactive analysis, which included reduction, display, and verivication. The result of the research showed that (1) based on materials content, skills content was more dominating than materials content of attitudes and knowledge. It means that the textbook has not fulfilled the standard of Curriculum 2013 which should have the equilibrium from the three aspects above, (2) based on scientific approach, step content was frequently found in textbook’s learning activities. It means that the textbook ask the students to be active in the learning based on Curriculum of 2013, and  (3) based on authentic assesment content, skills assessment was more dominating than assessment content of attitudes and knowledge. Competence attitudes assessment has not fulfilled well, it was found with the only one technique assessment attitudes that is self assessment technique.KEYWORDS: materials, scientific approach, authentic assessment, Curriculum of 2013.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 21 No 1 (2025): Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 20 No 2 (2024): FON: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA iNDONESIA Vol 20 No 1 (2024): Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 19 No 2 (2023): Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 19 No 1 (2023): Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 18, No 2 (2022): Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 18, No 1 (2022): Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 17, No 2 (2021): Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 17 No 1 (2021): Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 16 No 2 (2020): Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 16, No 1 (2020): Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 15, No 2 (2019): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 14, No 1 (2019): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 13, No 2 (2018): Jurnal FON Vol 13, No 2 (2018): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2018): Jurnal FON Vol 12, No 1 (2018): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 11, No 2 (2017): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 11, No 2 (2017) Vol 10, No 1 (2017): FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2016): JURNAL FON Vol 9, No 2 (2016): JURNAL FON Vol 8, No 1 (2016): JURNAL FON Vol 8, No 1 (2016): JURNAL FON Vol 7, No 2 (2015) Vol 7, No 2 (2015) Vol 6, No 1 (2015) Vol 6, No 1 (2015) Vol 5, No 2 (2014) Vol 5 No 2 (2014) Vol 4, No 1 (2014) Vol 3, No 2 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol 1, No 1 (2012) More Issue