cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Suhuf
ISSN : 25272934     EISSN : 25272934     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Volume 28., No. 1., Mei 2016" : 7 Documents clear
KOMPARASI SISTEM MONETER EKONOMI KAPITALISME DAN EKONOMI ISLAM Indrianto, Aries
Suhuf Volume 28., No. 1., Mei 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berbagai kasus mutakhir krisis ekonomi global yang berulang –terutama krisis moneter (keuangan)– membuat banyak pakar ekonomi keuangan dunia sekarang ini berusaha mencari desain baru sistem moneter yang tahan banting dan tidak mudah mengalami krisis.Sepanjang sejarahnya selama 1.400-an tahun, negara Khilafah Islam –secara umum– menjadikan sistem moneternya berbasis bimetal currencies (dinar emas dan dirham perak). Dan dijumpai fakta bahwa dinar-dirham memiliki relevansi sebagai currency (mata uang) yang paling stabil dan cukup tangguh dalam sistem moneter.Berbeda dengan Kapitalisme yang menjadikan sistem moneternya berbasis fiat money yang mata uangnya tidak memiliki nilai intrinsik, dan hanya sekedar berdasar kepercayaan kepada institusi keuangan yang menerbitkannya.Sistem moneter kapitalisme yang saat ini diterapkan oleh mayoritas negara di dunia baru berusia sekira 240 tahun.Tapi dalam rentang waktu tersebuttelah puluhan kali mengalami krisis moneter yang berdampak pada hancurnya perekonomian suatu negara bahkan kemudian berimbas kepada negara-negara lain di dunia, dan tentu membuat kehidupan masyarakat dunia terpuruk.
KONTRIBUSI SOSIOLOGI DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM Ali, Mohamad
Suhuf Volume 28., No. 1., Mei 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan pendidikan Islam bertumpu pada dua kaki yang harus melangkah seiring sejalan, yaitu pengembangan konsep-konsep teoritis dan pengayaan reflektif dari pengalaman  kancah (baca: praktis). Pengembangan konsep-konsep teoritis bisa dipinjam dari konsep-konsep atau teori filsafat, psikologi, sejarah maupun sosiologi yang dapat digunakan untuk memperkaya dan mempertajam teori/ilmu pendidikan Islam. Penerapan pendekatan sosiologis dalam pendidikan Islam menekankan bahwa pendidikan tidaklah berdiri sendiri, laksana menara gading, tetapi terintegrasi dengan struktur sosial masyarakat setempat. Pendidikan harus membumi dan berinteraksi secara akrab dengan kehidupan sosial dimana pendidikan Islam itu berada. Kontribusi utama pendekatan sosiologis ialah memberi peta bumi sosial dimana pendidikan Islam itu landing. Dengan peta bumi sosial, idea membangun ilmu ataupun teori dan praktik pendidikan Islam khas Indonesia merupakan kemungkinan yang sangat terbuka, bahkan menjadi suatu keniscayaan.
ILMU ASBAB AN NUZUL DALAM STUDI ILMU AL QURAN Hamzah, Syarafuddin
Suhuf Volume 28., No. 1., Mei 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses turunnya Al-Qur`an (ayyama wuquihi) merupakan syarat mutlak dalam menjelaskan asbab nuzul yang menurut ulama dalam tradisi kajian Ulumul Qur`an dinamakan dengan Asbabu Nuzul mikro. Konsekuensinya dari kata tersebut berarti ada ayat-ayat bahkan sebagian besar ayat Al-Qur`an tidak mempunyai asbab nuzul. Oleh karena itu banyak ayat-ayat Al-Qur`an yang tidak dapat difahami maksudnya dengan benar. Untuk itu harus didukung oleh asbab nuzul makro, yaitu latar belakang historis masyarakat Arab ketika Al-Qur`an diturunkan.
MPLEMENTASI PROGRAM COMPREHENSIVE GUIDANCE AND COUNSELING DALAM PENGEMBANGAN POTENSI SISWA (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharo Tahun Pelajaran 2015/2016) Rahardja, Bambang
Suhuf Volume 28., No. 1., Mei 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap siswa mempunyai potensi-potensi dasar yang diberikan Allah Swt untuk dapat dikembangkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pendidikan perlu memperhatikan potensi setiap siswa.  Dalam menyusun program sekolah, sekolah dapat memfasilitasi kebutuhan siswa yang sesuai dengan potensinya berupa spiritual, kecenderungan, bakat, minat, atau kecerdasan. Dengan demikian tugas pendidik tidak hanya fokus dalam pengembangan kognitif siswa tetapi juga dalam pengembangan segi keterampilan, emosi, sosial dan fisik siswa. SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharjo memberikan pelayanan berupa bimbingan atau pendampingan yang menyeluruh terhadap siswa dengan tujuan agar setiap siswa selalu berada dalam kebaikan dan mampu mengembangkan serta meng-aktualisasikan segala potensi yang dimiliki secara maksimal.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi program Comprehensive Guidance and Counseling di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016, peran dan tugas personel sekolah dalam implementasi program, serta pengaruhnya terhadap pengembangan potensi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yakni dalam bentuk narasi atau paragraf dan bukan berupa angka-angka, dengan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, dan display data. Selanjutnya ditarik kesimpulan dengan menggunakan metode deduktif yaitu cara berpikir yang berangkat dari teori untuk kemudian dicocokkan dengan data.Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program Comprehensive Guidance and Counseling di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharjo mencakup 4 komponen pelayanan yakni layanan dasar bimbingan, layanan responsif, layanan perencanaan individual dan dukungan sistem yang terangkum dalam serangkaian kegiatan yang telah menjadi program-program sekolah yaitu: Basic Competence Test, mentoring, Academic Coaching and Consultation, Counseling Program, Home Visiting, dan Out Door Program. Selain itu didukung dengan Spiritual Guidance, Character Building, dan Motivation Building Training agar seluruh siswa tumbuh dan berkembang dalam kebaikan serta selalu memiliki motivasi untuk menjadi lebih baik. Sedangkan dalam implementasinya, seluruh personel sekolah saling bekerjasama dalam menjalankan peran dan tugasnya seperti, ikut rapat konferensi, menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh siswa, selanjutnya program dievalusi dan dipantau oleh kepala sekolah. Adanya program Comprehensive Guidance and Counseling tersebut memberikan pengaruh terhadap pengembangan potensi siswa di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharjo.
BERBAGAI HAL YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN AKHLAK Wibowo, Arief
Suhuf Volume 28., No. 1., Mei 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran orang tua juga tidak kalah pentingnya untuk menjadi contoh, disamping membimbing dan mengarahkan. Jadi peranan keluarga amat penting, berperan sebagai pendamping, pembimbing kepada anak-anaknya dalam mengajari akhlak. Memberi contoh dalam bertindak, bersikap sesuai dengan apa-apa yang dianjurkan Allah Swt. dan RasulNya. Berbagai aspek dan faktor yang turut mempengaruhi akhlak seperti adat atau kebiasaan, insting (naluri), lingkungan, pendidikan dan media informasi menurut semua pihak untuk berperan aktif, terutama adalah orang tua yang amat menentukan perkembangan akhlak putra-putrinya untuk memiliki akhlakul karimah.
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH 3 KALIWUNGU TAHUN AJARAN 2013/2014 Inayati, Nurul Latifatul
Suhuf Volume 28., No. 1., Mei 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala sekolah mempunyai peranan sebagai educator, manager, supervisor, leader, innovator, motivator dan entrepreneur serta bertanggung jawab untuk melakukan upaya-upaya dalam bidang peningkatan prosesionalisme guru, karena guru adalah pendidik  profesional dan merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan analisis deskriptif kualitatif, dan memakai pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama: pelaksanaan peran kepala sekolah di sekolah tersebut selama ini secara umum sudah baik. Peran sebagai pendidik, manajer sekolah, administrator, supervisor, leader, climator, motivator telah dilaksanakan dengan baik. Namun demikian peran sebagai entrepreneur/innovator belum secara maksimal dilakukan, karena di SMP Muhamadiyah 3 Kaliwungu terkendala oleh dana yang terbatas untuk kelengkapan sarana prasarana sekolah, kurangnya fasilitas bimbingan belajar siswa. Kedua: profesionalisme guru di sekolah  tersebut selama ini secara kuantitas telah memiliki jumlah guru yang cukup dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan bidang ajar. Dilihat dari segi kualitas kinerja secara umum cukup disiplin dan lincah. Ketiga: upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah tersebut dengan membuat perencanaan kerja sekolah jangka 4 tahun dan 1 tahun dalam hal pendidik dan tenaga kependidikan, serta melaksanakan berbagai upaya peningkatan profesionalisme guru meliputi: pembinaan kedisiplinan kerja, pemberian motivasi dan penghargaan, menjalin hubungan kerja yang baik, pemberian dan pemenuhan kesejahteraan dan jaminan keselamatan kerja, menyediakan kebutuhan aktualisasi diri dan pengembangan diri, mengikuti pelatihan kependidikan, ikut serta MGMP, seminar, workshop, diklat, pendidikan lanjut, dan program sertifikasi guru.
PERLINDUNGAN ANAK DALAM PERSPEKTIF UU NEGARA RI DAN ISLAM Chusniatun, Chusniatun
Suhuf Volume 28., No. 1., Mei 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang bagaimana perlindungan anak dalam perspektif UU Negara RI dan Islam, dari data yang didapat dismpulkan bahwa, dalam pandangan UU Negara, Perlindungan Anak diwujudkan dalam hak-hak dan kewajiban yang diatur dalam pasal-pasal yang ada didalamnya dan berdasarkan Pancasila. Sedangkan dalam pandangan Islam perlindungan anak didasarkan pada ajaran Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw.Tujuan Perlindungan Anak adalah untuk keselamatan dan kesejahteraan anak dalam tumbuh kembang potensinya agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas dan berbudi pekerti mulia.Adapun tujuan dari perlindungan anak menurut pandangan Islam adalah untuk keselamatan dan kesejahteraan anak agar anak dapat mengembangkan potensinya secara aman sesuai dengan tujuan penciptaan manusia, yaitu menjadi khalifah fil ardl dan Ibadurrahman.

Page 1 of 1 | Total Record : 7