cover
Contact Name
Moh. Nur Ichwan, M.A., Ph.D.
Contact Email
-
Phone
+62274515856
Journal Mail Official
jurnal.dakwah@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah
ISSN : 14115905     EISSN : 26141418     DOI : https://doi.org/10.14421/jd
Jurnal Dakwah memuat berbagai artikel yang mendiskusikan tentang dakwah, baik secara normatif maupun historis. Diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, dua nomor setiap tahun. Redaksi menerima tulisan tentang berbagai persoalan yang terkait dengan dakwah dalam berbagai aspeknya. Isi tulisan yang dimuat tidak harus sejalan atau pun mencerminkan pandangan redaksi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2009)" : 7 Documents clear
PROBLEMATIKA KEPENTINGAN DALAM PERUMUSAN TUJUAN ORGANISASI DAKWAH Musthofa Musthofa
Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah Vol 10, No 1 (2009)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7311.239 KB)

Abstract

Organisasi dakwah merupakan unit sosial yang berusaha mencapai tujuan dakwah, karena hakekat organisasi ini tidak lain adalah mengejar atau mencapai tujuan dakwah. Tujuan organisasi harus dapat menggambarkan keadaan masa akan datang yang senantiasa dikejar dan diupayakan untuk diwujudkan oleh organisasi. Sebuah organisasi dakwah (sebagai organisasi sosial non-profit) apabila sudah terbentuk, dalam proses perjalanannya akan muncul kebutuhan-kebutuhan yang merupakan tujuan dari masing-masing komponen dari organisasi. Sehubungan dengan hal tersebut, proses penyesuaian sasaran-sasaran dalam tujuan organisasi tidak boleh mengabaikan kepentingan-kepentingan anggota aktivis organisiasi yang demikian dan rencana-rencana yang disusun perlu mencakup serta mengintegrasikan kepentingan masing-masing.
RETORIKA DAN DAKWAH ISLAM Abdullah Abdullah
Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah Vol 10, No 1 (2009)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4517.802 KB)

Abstract

Retorika dakwah berkembang berjalan seiring dengan perkembangan dakwah Islam. Aktifitas dakwah sendiri sudah ada sejak adanya Islam karena memang Islam adalah agama dakwah, yaitu agama yang memberikan nasihat untuk membenarkan dan mengimani apa yang difirmankan Allah SWT serta membenarkan dan melaksanakan perintah yang dikatakan nabi-nabi Allah, juga nasihat untuk orang banyak agar saling tolong menolong serta saling mengingatkan.
DAKWAH RAHMATAN LIL-'ALAMIN: Kajian tentang Toleransi Agama dalam Surat Al-Kafirun Zainudin Zainudin
Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah Vol 10, No 1 (2009)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5676.319 KB)

Abstract

Harmonisasi kerukunan antar umat beragama merupakan pilar kehidupan sosial yang sangat didambahkan setiap pemeluk agama. Untuk itu, kehadiran dakwah rahmatan lil alamin secara konseptual sebagai bentuk transformasi sosial Islam dalam membentuk karakter sosial Islam yang toleran dan humanis. Oleh karena itu yang menjadi problem besar adalah bagaimana mentransformasikan Islam melalui dakwah yang berbasis rahmatan lil alamin.
SPIRITUALISME TELEVISI: Antara Aqidah dan Komodifikasi Anang Hermawan
Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah Vol 10, No 1 (2009)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2169.395 KB)

Abstract

Beberapa tahun belakangan penonton televisi kita akrab disuguhi dengan beragam tayangan misteri. Umumnya tersaji dalam bentuk sinetron, yang biasanya diklaim sebagai acara religi, dan kadang memang diorientasikan untuk sarana dakwah. Tayangan-tayangan sinetron religius memang tidak terlepas dari kecerdikan produsennya di dalam membidik rasa penasaran dan kebutuhan hiburan pemirsanya yang sebagian besar umat Islam. Kendati demikian, seringkali tayangan program-program siaran relijius ini menyimpan persoalan tersendiri, yakni menjauhnya konten program dari pemahaman agama yang rasional dan berdimensi tauhid murni. Dari perspektif aqidah Islam, sebagian besar program relijius justru cenderung mengandung nuansa kesyirikan, baik yang nyata atau terselubung. Alih-alih menjadi acara yang bertujuan meningkatkan akidah penonton (muslim), acara yang ditayangkan televisi ini justru menampilkan penyimpangan akidah, sehingga sesungguhnya yang ada di dalam konten acara religius bertentangan dengan makna religiusitas sendiri.
TEORI PENETRASI SOSIAL DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL Ristiana Kadarsih
Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah Vol 10, No 1 (2009)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5906.259 KB)

Abstract

Teori penetrasi sosial mulai dikembangkan sejak tahun 1973 oleh dua orang ahli psikologi, Irwin Altman dan Dalmas Taylor. Mereka mengajukan sebuah konsep penetrasi sogial yang menjelaskan bagaimana berkembangnya kedekatan hubungan. Altman adalah profesor di bidang Psikologi di Universitas Utah sedangkan Taylor adalah profesor di bidang Psikologi di Universitas Lincoln, Pennsylvania. Mereka menduga bahwa sebuah hubungan interpersonal akan berakhir sebagai teman terbaik hanya jika mereka memproses dalam sebuah "tahapan dan bentuk yang teratur dari permukaan ke tingkatan pertukaran yapg intim sebagai fungsi dari hasil langsung dan perkiraan".
DAKWAH STRUKTURAL: Studi Kasus Perjanjian Hudaibiyah Siti Fatimah
Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah Vol 10, No 1 (2009)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7620.828 KB)

Abstract

Dalam kegiatan dakwah Rasulullah, muncul strategi dengan pendekatan struktural, ketika Rasulullah mengirimkan pesan dakwahnya kepada raja-raja dan penguasa negara melalui para delegasi. Para raja dan penguasa tersebut dapat diharapkan masuk Islam sehingga pengikutnya juga mengikuti jejak dan agama sang penguasa. Pada pembahasan makalah ini difokuskan pada analisis tentang dakwah yang dijalankan Rasulullaih dengan pendekatan struktural yang terefleksi dalam perjanjian Hudaibiyah.
TRACER STUDY ALUMNI FAKULTAS DAKWAH Mokh. Nazili; M. Thoriq Nurmadiansyah
Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah Vol 10, No 1 (2009)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2045.106 KB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas asumsi bahwa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai institusi ptndidikan tinggi yang mengupayakan pembentukan sumber daya yang berkualitas dan mencetak sarjana yang berilmu ilmiah, beramal ilahiyah serta mampu memberikan kontritusi bagi kesejahteraan semesta secara signifikan. Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai salah satu unit Fakultas yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakata telah mendidik membina dan mengembangkan mahasiswa untuk disiapkan sebagai sarjana dakwah yang mampu berkiprah diseluruh sendi kehidupan berbasis kompetensi dan keahliannya.Persoalannya adalah apakah cita-cita idealis itu betul-betul terbukti di lapangan. Karenanya perlu diadakan tracer study supaya diketahui apa yang senyatanya dengan alumni Fakultas Dakwah. Maka menjadi menarik untuk diteliti alumni Fakultas Dakwah yang telah tersebar di seantero Nusantara, apakah mereka telah memasuki dunia kerja sesuai dengan keahliannya, apakah mereka telah mengabdikan dirinya di masyarakat sesuai dengan jurusannya; apakah kurikulum Fakultas Dakwah telah memberikan bekal keahlian sesuai dengan yang dingini dan dibutuhkan masyarakat serta masih banyak pertanyaan akan diungkap dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 7