cover
Contact Name
Galih Kusumah
Contact Email
galih@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
pariwisata@upi.edu.
Editorial Address
Prodi Magister Pariwisata, Gedung Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl Dr. Setiabudhi 229 Bandung, 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Tourism & Hospitality Essentials Journal
ISSN : 2460366X     EISSN : 25499920     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2024)" : 2 Documents clear
Pengaruh Pengalaman Wisatawan terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Ciwangun Indah Camp dengan Mediator Memories Gustari, Syahna; Kusumah, Ahmad Hudaiby Galih; Nurazizah, Ghoitsa Rohmah
Tourism and Hospitality Essentials Journal Vol 14, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jtee.v10i1.76961

Abstract

Pengalaman wisatawan dicenderungi pengalaman wisatawan dijakini menjadi salah satu penentu niatan untuk berkunjung kembali menjadi faktor yang dapat mempengaruhi niat berkunjung kembali seseorang. Dengan adanya. Sebuah pengalaman tentu akan menciptakan memories didalamnya. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penilaian pada pengalaman wisatawan dan memories di Ciwangun Indah Camp, maka akan semakin tinggi juga pengaruhnya dalam niat untuk berkunjung kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman wisatawan terhadap niat berkunjung kembali di Ciwangun Indah Camp dengan mediator memories di Ciwangun Indah Camp. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 220 responden dengan teknik purposive sampling pada wisatawan di Ciwangun Indah Camp. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan verifikatif dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) dan Partial Least Square (PLS). Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS versi 3.0. Hasil pada penelitian ini yaitu: 1) Pengalaman wisatawan, memories dan niat berkunjung kembali dinilai baik; 2) pengalaman wisatawan berpengaruh signifikan terhadap niat berkunjung kembali; 3) Pengalaman wisatawan berpengaruh signifikan terhadap memories; dan 4) Memories berpengaruh signifikan terhadap niat berkunjung kembali. Adapun implikasi dari penelitian ini yaitu Ciwangun Indah Camp harus terus meningkatkan aktivitas yang ada, agar pengalaman wisatawan dapat menciptakan memories yang positif, sehingga dapat meningkatkan niat berkunjung kembali.
STORYTELLING DAN STRATEGI PEMASARAN EKOWISATA: SEBUAH KAJIAN PUSTAKA Nugraha, Verza Aldirindra; Maryani, Enok; Waluya, Bagja
Tourism and Hospitality Essentials Journal Vol 14, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jtee.v13i2.77808

Abstract

AbstrakIndustri ekowisata telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan wisatawan yang semakin menginginkan pengalaman berwisata yang unik, otentik, dan berkelanjutan. Menurut data dari World Tourism Organization (UNWTO), sektor ekowisata tumbuh sekitar 20% per tahun, lebih cepat dibandingkan pariwisata secara keseluruhan. Selain itu perkembangan teknologi dan media social menjadi salah satu tantangan bagi operator ekowisata untuk mencari strategi pemasaran yang efektif dan inovatif. Salah satu pendekatan yang semakin mendapat perhatian adalah Storytelling, atau teknik bercerita. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran storytelling sebagai salah satu metode dalam pemasaran ekowisata. Melalui metode tinjauan pustaka, diperoleh temuan bahwa konsep Storytelling dapat meningkatkan pengalaman wisatawan, kepuasan terhadap produk, layanan ekowisata, kesadaran terhadap konservasi lingkungan, pelestarian budaya lokal, dan keterlibatan masyarakat setempat. Beberapa faktor storytelling yang paling berdampak dalam pemasaran ekowisata ialah memorable experience, autentitas cerita, dan penggunaan teknologi (media sosial). Faktor-faktor ini dapat membangun hubungan emosional yang kuat antara calon wisatawan dengan destinasi tersebut.Kata kunci:Storytelling, pemasaran, ekowisata, autentisitas, pengalaman wisatawan, pariwisata berkelanjutan.AbstractThe ecotourism industry has rapidly developed in recent years, with travelers increasingly seeking unique, authentic, and sustainable travel experiences. According to data from the World Tourism Organization (UNWTO), the ecotourism sector is growing at around 20% per year, faster than tourism as a whole. Additionally, the development of technology and social media poses a challenge for ecotourism operators to find effective and innovative marketing strategies. One approach that is gaining attention is storytelling, or the art of narrative. This article aims to analyze the role of storytelling as a method in ecotourism marketing. Through a literature review method, findings indicate that the concept of storytelling can enhance tourist experiences, satisfaction with ecotourism products and services, awareness of environmental conservation, preservation of local culture, and engagement of local communities. Some of the most impactful storytelling factors in ecotourism marketing are memorable experiences, story authenticity, and the use of technology (social media). These factors can build a strong emotional connection between potential tourists and the destination.Keywords: storytelling, marketing, ecotourism, authenticity, tourist experience, sustainable tourism

Page 1 of 1 | Total Record : 2