cover
Contact Name
Haninun
Contact Email
haninun@ubl.ac.id
Phone
+6285841314009
Journal Mail Official
jurnalvisionist@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.89 Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Bandar Lampung, Provinsi Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Visionist
ISSN : 14114186     EISSN : 28088700     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v10i2
VISIONIST: Jurnal Manajemen, menyajikan artikel yang merupakan hasil refleksi, penelitian atau kajian analitis terhadap berbagai fenomena manajemen yang belum pernah dipublikasikan di media lain.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): Maret" : 8 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI INDONESIA Sri Surya; Andala Rama Putra Barusman; Hendri Dunan
VISIONIST Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.41 KB) | DOI: 10.36448/jmv.v9i1.1685

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi, akuntabilitas, partisipasi dan value for money terhadap kinerja pengelolaan keuangan. Sampel dalam penelitian ini adalah 164 PTS yang diwakili oleh masing-masing mahasiswa. Penelitian ini menggunakan Metode Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa transparansi, akuntabilitas, partisipasi dan value for money berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pengelolaan keuangan. Partisipasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pengelolaan keuangan, tetapi transparansi, akuntabilitas dan value for money berpengaruh positif terhadap kinerja pengelolaan keuangan. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja manajemen keuangan adalah value for money. Variabel transparansi, akuntabilitas, partisipasi dan nilai uang dalam mempengaruhi keragaman kinerja pengelolaan keuangan hanya dapat dijelaskan 83,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
PENGARUH SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN MODERN DAN KUALITAS LAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA TELUK BETUNG M Ardi; Tina Miniawati Barusman; Defrizal Defrizal
VISIONIST Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.538 KB) | DOI: 10.36448/jmv.v9i1.1679

Abstract

Kesadaran dan kepatuhan wajib pajak merupakan faktor penting untuk reformasi administrasi perpajakan. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pajak telah merancang sistem administrasi perpajakan modern yang lebih efektif dan efisien serta meningkatkan kualitas otoritas perpajakan. Hal tersebut akan berdampak positif pada tingkat kepatuhan wajib pajak dan penerimaan pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menguraikan pengaruh sistem administrasi perpajakan modern dan kualitas pelayanan fiskal terhadap kepatuhan wajib pajak badan di KPP Pratama Teluk Betung. Metode penelitian adalah kuantitatif melalui pendekatan survei. Sumber data berasal dari penyebaran kuesioner sistem administrasi perpajakan modern, kualitas pelayanan fiskal dan kepatuhan wajib pajak badan. Populasi penelitian adalah 5.114 wajib pajak badan. Besar sampel sebanyak 100 responden dihitung berdasarkan rumus Slovin dan menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap perbaikan sistem administrasi perpajakan modern dan peningkatan kualitas otoritas pajak akan berdampak pada peningkatan kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Teluk Betung. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem administrasi perpajakan modern dengan kualitas pelayanan fiskal di KPP Teluk Betung secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menyarankan kepada KPP Pratama Teluk Betung untuk dapat menempatkan jabatan pegawai sesuai dengan karakter dan keahliannya, memaksimalkan peran account representative, menjadikan keramahan, kesopanan, perhatian dan kesabaran sebagai budaya kualitas pelayanan kepada wajib pajak.
Pengaruh Program Pencegahan dan Kebijakan Perusahaan Terkait Pandemi Covid-19 Terhadap Produktivitas Pegawai di PT Bukit Asam, Tbk Unit Dermaga Kertapati Selama Masa Siaga Covid-19 Kota Palembang Tommy Tommy; Haninun Haninun; M Oktavianur
VISIONIST Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.23 KB) | DOI: 10.36448/jmv.v9i1.1683

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa Pengaruh Program Pencegahan dan Kebijakan Perusahaan Terkait Pandemi COVID-19 Terhadap Produktivitas Pegawai Di PT Bukit Asam, Tbk Unit Dermaga Kertapati selama masa siaga COVID-19 Kota Palembang. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 46 orang responden yang merupakan Pegawai di PT Bukit Asam, Tbk Unit Dermaga Kertapati sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner kepada pegawai di PT Bukit Asam, Tbk Unit Dermaga Kertapati. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X1) program pencegahan dan (X2) kebijakan perusahaan terhadap variabel terikat (Y) yaitu produktivitas pegawai adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan program pencegahan terhadap produktivitas pegawai dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,751 > 2,015) serta signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,009 < 0,05). (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kebijakan perusahaan terhadap produktivitas pegawai, dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,215 > 2,015) serta signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). (3) terdapat pengaruh secara simultan program pencegahan dan kebijakan perusahaan terkait pandemi COVID-19 terhadap produktivitas pegawai Di PT Bukit Asam, Tbk Unit Dermaga Kertapati selama masa siaga COVID-19 Kota Palembang, dimana nilai Fhitung le
Pengaruh Motivasi Lingkungan Kerja dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan Dian Riyanti; Iskandar Ali Alam; Defrizal Defrizal
VISIONIST Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.088 KB) | DOI: 10.36448/jmv.v9i1.1680

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi, lingkungan kerja dan profesionalisme kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 54 orang responden yang merupakan populasi pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada para pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X1) motivasi, (X2) lingkungan kerja dan (X3) profesionalisme kerja terhadap variabel terikat (Y) yaitu Kinerja pegawai adalah analisis regresi linear berganda, dengan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 karena uji dua sisi maka 2,5% dan N = 54 diperoleh t tabel sebesar = 2,00856. Sedangkan t hitung untuk motivasi dilihat dari output olah data adalah 6,327, untuk lingkungan kerja 3,673, sedangkan untuk profesionalisme kerja sebesar 4,059 (t hitung > t tabel) maka berdasarkan uji t ini disimpulkan motivasi, lingkungan kerja, dan profesionalisme kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan. Dengan uji F Tingkat signifikansi menggunakan 0,05 (∂ = 5%) maka diperoleh F tabel sebesar 2,79. Sedangkan berdasarkan output olah data diperoleh F hitung sebesar 209,147, karena F hitung > dari F tabel maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama ada pengaruh signifikan antara variabel bebas (motivasi, lingkungan kerja, dan profesionalisme kerja) terhadap variabel terikat (kinerja pegawai) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan
Pengaruh Gaya Komunikasi, Seni Mediasi dan Cara Pendekatan Mediator terhadap Kepuasan Karyawan PT Great Giant Pineaple dalam penyelesaian kasus Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah Yusnitalia Yusnitalia; Iskandar A Alam; Defrizal Defrizal
VISIONIST Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.821 KB) | DOI: 10.36448/jmv.v9i1.1684

Abstract

Tipe penelitian adalah tipe penelitian deskriptif, Populasi dalam penelitian adalah karyawan PT GGP Lampung Tengah. yang berjumlah 9002 orang dengan sampel sebanyak 100 responden ditentukan dengan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya komunikasi berpengaruh positif terhadap Kepuasan karyawan PT Great Giant Pineaple dalam Penyelesaian Kasus Hubungan Industrial Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah, gaya komunikasi yang berkembang pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah dalam kategori cukup baik. Artinya pegawai dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah sudah menggunakan gaya komunikasi dengan cukup baik yang dapat menuaskan karyawan PT GPP. Seni mediasi berpengaruh secara positif terhadap Kepuasan karyawan PT Great Giant Pineaple dalam Penyelesaian Kasus Hubungan Industrial Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah seni mediasi pegawai Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah adalah masuk dalam kategori sangat cukup baik. Artinya seni mediasi yang baik pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah dapat menunjang tuntutan dalam pelaksanaan pekerjaan, seni mediasi dilakukan dengan maksimal dalam meningkatkan kepuasan karyawan dalam melakukan mediasi. Cara pendekatan mediator berpengaruh secara positif terhadap Kepuasan karyawan PT Great Giant Pineaple Dalam Penyelesaian Kasus Hubungan Industrial Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah. Cara Pendekatan Mediator Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah berjalan cukup baik. Artinya menyatakan Cara Pendekatan Mediator yang baik pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah dapat menjadikan karyawan menjadi puas. Gaya komunikasi, seni mediasi dan cara pendekatan mediator berpengaruh secara positif terhadap Kepuasan karyawan PT Great Giant Pineaple Dalam Penyelesaian Kasus Hubungan Industrial Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah. Hal tersebut berarti apabila Gaya komunikasi, seni mediasi dan cara pendekatan mediator ditingkatkan dengan baik maka akan meningkatkan kepuasan karyawan PT Great Giant Pineaple Dalam Penyelesaian Kasus Hubungan Industrial Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah. Gaya komunikasi merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan karyawan PT Great Giant Pineaple dalam Penyelesaian Kasus Hubungan Industrial Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENDENGAR TERHADAP PROGRAM SIARAN TEMBANG KENANGAN RADIO RAJAWALI 95,2 FM LAMPUNG Estutryas Primatarani; Andala R P Barusman; V Saptarini
VISIONIST Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.861 KB) | DOI: 10.36448/jmv.v9i1.1681

Abstract

Radio sebagai salah satu media pilihan pendengar dikala pendengar ingin mendapatkan hiburan yang dapat menemani segala aktifitas pendengarnya. Terlebih di zaman saat ini radio hadir dengan mengikuti perkembangan modernisasi, yakni dengan menghadirkan media radio streaming yang kapanpun dan dimanapun pendengar dapat mengakses program acara kesukaan pendengar dengan mudah. Kesuksesan sebuah program acara radio diperoleh dari hubungan antara penyiar dan pendengarnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menggunakan gabungan seperti ini dapat digunakan secara bersamaan, bergantian maupun digunakan seperti berikut Kuantitatif (Survei) >> Kualitatif (studi lapangan) >> Kuantitatif ( Eksperimen). Adapun hasil penelitian yaitu sebagian besar responden menjawab pada variable Program tembang kenangan pada tingkat sedang dan baik pada nilai skor 3-4, kemudian pada kepuasan pendengar pada tingkat baik pada nilai skor 4. Analisis dengan menggunakan metode diagram kartesius menghasilkan atribut-atribut yang perlu ditingkatkan yaitu dalam hal perbendaharaan lagu, dan juga terkait informasi tentang lagu nostalgia yang dibawakan oleh penyiar. Sedangkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terhadap kepuasan pendengar program tembang kenangan Radio rajawali 95,2FM terbentuk menjadi 1o faktor. diantaranya: Program kreatif, Informasi lengkap, Suara jernih, Posisi channel bagus, Banyak lagu yang disukai pendengar, Banyak melakukan pembicaraan dengan pendengar, Waktu siaran lama, Penyiar friendly, penampilan penyiar keramahan penyiar, Kemudahan menelepon banyak jumlah line telepon, Banyak lagu tembang kenangan yang populer. Adapun implikasi yaitu Rekomendasi strategi yang bisa diberikan pada Radio rajawali 95,2FM untuk meningkatkan kepuasan pendengar meliputi, peningkatan kualitas penyiar dengan adanya variasi dalam menyiarkan acara, variasi program dan lagu yang diberikan, peningkatan layanan telepon dengan meningkatkan jumlah line telepon dan perluasan media promosi untuk meningkatkan jumlah pendengar. Atribut-atribut yang harus tetap dipertahankan adalah program-program siaran yang kreatif serta informasi-informasi yang disiarkan lengkap
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA M Nuzul; A Suharyo; Habbiburahman Habbiburahman
VISIONIST Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.539 KB) | DOI: 10.36448/jmv.v9i1.1682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) ditinjau dari aspek fisik (Tangibles), ditinjau dari aspek kehandalan (Realibility), ditinjau dari aspek daya tanggap (Responsiviness), ditinjau dari aspek jaminan (Assurance), ditinjau dari aspek empati (Emphaty) dan mengetahui kualitas pelayanan di Institut Teknologi Sumatera secara umum. Penelitian dilakukan di ITERA pada bulan April 2020. Metode adalisis data yang gunakan pada penelitian ini adalah analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di ITERA ditinjau dari aspek fisik (Tangibles) berada pada kategori baik, ditinjau dari aspek kehandalan (Realibility) berada pada kategori baik, ditinjau dari aspek daya tanggap (Responsiviness) berada pada kategori cukup baik, ditinjau dari aspek jaminan (Assurance) berada pada kategori cukup baik, ditinjau dari aspek empati (Emphaty) berada pada kategori baik. Berdasarkan indikator-indikator tersebut diperoleh bahwa kualitas pelayanan ITERA secara umum berada pada kategori baik.
PERAN REPORTER DALAM MENINGKATKAN MUTU SIARAN PADA PROGRAM SIARAN LAMPUNG HARI INI DI TVRI LAMPUNG Al Hadid; Iskandar Ali Alam; Marzuki Noor
VISIONIST Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.881 KB) | DOI: 10.36448/jmv.v9i1.1678

Abstract

Penelitian ini, mengedepankan topik tentang Peran reporter dalam meningkatkan mutu siaran pada program Lampung Hari Ini di TVRI Lampung. Permasalahan yang dikemukakan dalam pembahasan adalah : (1) Bagaimana peran reporter TVRI Lampung dalam meningkatkan mutu siaran melalui program siaran Lampung Hari Ini. (20 Bagaimana kebijakan redaksional TVRI Lampung dalam meningkatkan mutu siaran pada program siaran Lampung Hari Ini. Untuk menjawab permasalahan diatas, penulis menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan analisis yang bersifat deskriptif analisis. Data yang digunakan bersumber dari data field research, yakni transkip wawancara dan hasil observasi terhadap objek penelitian, serta data pendukung penelitian yang bersifat teoritik maupun konseptual yang bersumber dari literature/ kepustakaan. Analisis data penelitian ini menunjukkan hasil : (1) Peran reporter TVRI Lampung dalam meningkatkan mutu siaran melalui program siaran Lampung Hari Ini. secara garis besar dapat dicermati pada rangkaian pra peliputan berita, peliputan berita dan produksi berita. (2) Kebijakan redaksional TVRI Lampung dapat dimaknai sebagai rangkaian pedoman yang menjadi dasar redaksional dalam mensukseskan visi dan misinya. Beberapa aspek yang mempengaruhi kebijakan redaksional TVRI Lampung dalam proses publikasi siarannya, antara lain : (1) Artikulasi fungsi media massa sebagai penyebar informasi, pendidikan, hiburan dan pengaruh. (2) Dimensi normative penyiaran, kode etik jurnalistik dan regulasi terkait lainnya. (3) Nilai jurnalistik dalam suatu berita. (4) Respon khalayak atau dampak sosial terkait publikasi siaran politik. Dalam upaya meningkatkan mutu siaran kepada khalayak, TVRI Lampung menjalankan peran/ fungsi kontrol sosial, serta berupaya terhindar dari kepentingan sekretarian atau bersifat partisan dengan terus berupaya mengutamakan kepentingan masyarakat maupun kemanusian universal. Hal ini sesuai dengan paradigma pers yang bertanggungjawab sosial (social responsibility pers), kepada Negara dan tangungjawab individual.

Page 1 of 1 | Total Record : 8