cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 02164132     EISSN : 25797204     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, and informatics sciences. so that it can integrate the theoretical-academic and practical-empirical aspects in these fields, to help foster professional and productive scientists and practitioners in building Indonesian society.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 2 (2022): JBMI" : 5 Documents clear
Strategi UKM dalam Pengembangan Industri Maritim di Indonesia: (Studi pada Industri Kecil Pengolahan Ikan Cakalang Fufu di Kota Bitung Sulawesi Utara) Jaclin Sumual; Yantje Uhing; Christoffel Mintardjo
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 2 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i2.19579

Abstract

Fish processing activities in Indonesia are still classified as traditional fish processing and are carried out on a home industrial scale. Processing of fishery products in Bitung City is a small-scale traditional processing industry (home industry). This research aims to produce strategies/policies/methods to develop SMEs based on fish processing in Bitung City. The research method used is a case study on SMEs Processing Cakalang Fufu in Bitung City. The analytical method used is qualitative and quantitative analysis methods, namely SWOT analysis with weighting. The findings reveal the strategy of fish processing SMEs in the development of the maritime industry in Indonesia.
Pemetaan Proses Rantai Pasok Industri Pakaian Baru dan Pakaian Bekas Daniella Cynthia Sampepajung; Farhanah Sumardi
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 2 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i2.22292

Abstract

Industri pakaian jadi dan tekstil memegang peranan vital dalam perekonomian Indonesia. Selain menyerap banyak tenaga kerja, nilai strategis industry pakaian jadi juga ditunjukkan dalam perannya terhadap investasi. Konsumsi pakaian jadi di Indonesia terus bertumbuh dalam satu dekade terakhir, dimana masyarakat dimungkinkan untuk berbelanja pakaian dengan harga murah dalam kurun waktu singkat. Di sisi lain, beberapa tahun terakhir dilaporkan bahwa tingginya konsumsi pakaian eceran membuat masyarakat menjadi sering membuang baju yang tidak dipakai lagi. Berbagai organisasi melaporkan bahwa jumlah limbah fesyen atau fashion waste yang memenuhi TPA (Tempat Pembuangan Akhir) menukik secara global dalam tingkatan yang mengkhawatirkan. Penelitian ini bertujuan memetakan rantai pasok untuk mendapatkan informasi, data, dan pengetahuan yang lebih mendalam pada sektor retail garmen atau eceran pakaian. Dalam perkembangan penelitian terbaru pun, SCMap didapati memegang peranan penting dalam proses adopsi ekonomi sirkular (circular ekonomi) untuk proses produksi dan distribusi yang lebih bersih dan ramah lingkungan. Keseluruhsan SCM untuk sektor eceran garmen dan tekstil adalah proses yang kompleks. SCMap memberikan peta visual untuk memahami kompleksitas dan detail tersembunyi dari jaringan pemasok.
Pemilihan Aplikasi Video Conference Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Pada PT. Hok Tong Cluster Kalimantan Roy Andika; Syafrianto Syafrianto
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 2 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i2.23216

Abstract

Pandemi COVID-19 yang menjadi wabah global sejak 2020 telah memaksa perusahaan untuk dapat segera beradaptasi dengan kebiasaan baru. Adanya tuntutan untuk membatasi berkumpulnya sejumlah orang dalam satu waktu dan ruang seperti kegiatan rapat menjadi dibatasi. Mengingat pentingnya kegiatan rapat kerja untuk kelancaran jalannya usaha, maka diperlukan suatu alternatif untuk dapat mengatasi pembatasan tersebut. Memanfaatkan teknologi video conference sebagai solusi terbaik pelaksanaan rapat bisnis dengan tetap menjalankan protokol pencegahan COVID-19. Teknologi video conference yang ada saat ini berkembang dengan sangat pesat, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah aplikasi video conference dengan beragam layanan dan keunggulan. Dalam memilih aplikasi video conference, pengguna pada dasarnya menentukan kriteria-kriteria berdasarkan persepsi dan preferensi mereka masing-masing. Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia dan beragamnya kriteria-kriteria dalam memilih menyebabkan pemilihan aplikasi video conference menjadi hal yang tidak mudah. Sistem pendukung keputusan dapat menjadi alat bantu bagi perusahaan dalam menentukan aplikasi video conference yang paling tepat untuk digunakan. Dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), alternatif-alternatif solusi dinilai berdasarkan persepsi dan preferensi terhadap lima kriteria: harga, kualitas, fitur, kebutuhan hardware dan batasan. Melalui perhitungan metode AHP dalam analisa data menghasilkan keluaran berupa aplikasi video conference yang paling baik dan sesuai dengan preferensi dari pengguna.
Analysis of the Single Index Model in the Banking Sector in LQ 45 Period 2020-2022 Annisa Paramaswary Aslam; Nurul Aulia Nisa; Wilda Wilda; Muh Al Fatah Arief Putra
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 2 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i2.23475

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saham-saham sektor perbankan yang masuk dalam LQ 45. Peneliti ingin melihat pembentuk portofolio optimal pada bulan tahun 2020-2022 serta return, risiko dan kinerja portofolio yang dibentuk. Metode pembentukan portofolio yang digunakan yaitu model indeks tunggal. Hasil perhitungan menunjukkan return portofolio saham optimal sebesar 1.25%. Simpulan dari penelitian ini adalah diversifikasi investasi saham dengan membentuk portofolio saham optimal yang dapat mengurangi risiko yang akan ditanggung investor dalam berinvestasi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu para investor dalamĀ  berinvestasi di pasar modal Indonesiadan menerapkan Model Indeks Tunggal dalam menentukan saham dan proporsi dana yang dibutuhkan untuk membentuk portofolio yang optimal.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng Andi Khaerul Mabrur; Anwar Anwar; zainal ruma
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 2 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i2.23514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangible (X1), Reability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Adapun populasi dengan jumlah 10.932 pelanggan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada pelanggan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dengan indikator Reliabity, Responsiveness, Assurance dan Tangible, memberikan pengaruh yang tidak signifikan dan hanya Reliability yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Secara simultan kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng.

Page 1 of 1 | Total Record : 5