cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 2088411     EISSN : 25282891     DOI : https://doi.org/10.31947
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018" : 17 Documents clear
COMPLAINT HANDLING (STUDI KASUS STRATEGI PENANGANAN KELUHAN HOTEL THE RINRA MAKASSAR 2018) Megawati Megawati
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6961

Abstract

ABSTRAK Hotel The Rinra Makassar merupakan salah satu Hotel bintang 5 di Makassar, dan merupakan hotel bintang 5 kedua di Makassar. Hotel dengan konsep luxery Hotel ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik karena menawarkan berbagai fasailitas yang menarik. Namun sebagai industri di bidang hospitality tidak bisa dipisahkan oleh berbagai masalah termasuk didalamnya complaint / keluhan, karena itu peneliti menganggap perlu untuk meneliti strategi dalam menangani complaint di Hotel The Rinra Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Hotel The Rinra Makassar dalam menangani keluhan yang terjadi dalam lingkup Hotel The Rinra Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap Management Hotel The Rinra Makassar serta Tamu yang pernah melakukan complaint di Hotel tersebut. Tehnik pengampilan sample adalah purpusing sample dengan memilikih informan yang dianggap kredible dalam menangani complaint di Hotel The Rinra Makassar. Dengan mewawancarai informan tersebut serta mengolah data tersebut dengan menggunakan analisis isi. Hasil penelitian; Dalam penerapannya Strategi dalam menangani complaint di Hotel The Rinra Makassar adalah mengacu pada Standart Operational Procedure (SOP) yaitu yang pertama adalah dengan “listening” yang kedua adalah “empaty” yang ke tiga adalah reasure dan yang keempat adalah Remedy. Selain SOP Management juga menerapkan fungsi pengawasan, feedback dan evaluasi terhadap program tersebut. Program strategi penangan complaint Hotel The Rinra cukup memuaskan kepada tamu hotel The Rinra, yang menyatakan bahwa mereka puas terhadap pelayanan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah memberikan training terkait complaint handling strategy terhadap staff Hotel The Rinra, serta memperkaya bahasa asing yang dimiliki oleh staff tersebut. Keyword : Complaint handling strategy, Penanganan keluhan, Hotel The Rinra Makassar
KOPI KALOSI ENREKANG DALAM BRANDING KOPI TORAJA Saripa Nugrawati; Muhammad Yunus Amar
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6966

Abstract

ABSTRAKKopi merupakan komoditas perkebunan yang masuk dalam kategori komoditi strategis di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk-bentuk promosi kopi Kalosi Enrekang dan kendala – kendala yang menghambat aktifitas promosi kopi Kalosi Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Enrekang dan Kota Makassar. Informan penelitian sebanyak lima belas orang yang ditentukan dengan teknik sampling purposive. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas promosi kopi Kalosi Enrekang dilakukan dengan menerapkan empat jenis promosi, yaitu melalui iklan, penjualan pribadi, promosi Penjualan, dan Word of Mouth Communication. Kendala yang menghambat kegiatan promosi kopi Kalosi Enrekang adalah biaya promosi yang dianggarkan oleh pemerintah Kabupaten Enrekang yang tergolong minim dan ketersediaan bahan baku atau stok kopi Kalosi Enrekang yang belum mampu untuk memenuhi permintaan pasar.
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI COMMUNITY TB-HIV CARE AISYIYAH DALAM PENDAMPINGAN PASIEN TB-MDR DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR Ilham Riyadi
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6962

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan pendampingan Community TB-HIV Care terhadap pasien TB-MDR dan mengkaji strategi komunikasi yang dilakukan Community TB-HIV Care dan Pendamping dalam menghadapi Pasien TB-MDR. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling menurut posisi jabatan dan kedudukan kerja dalam Community TB-HIV Care Aisyiyah Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Community TB-HIV Care Aisyiyah dalam melakukan perencanaan pendampingan kepada pasien TB MDR diawali dengan melakukan koordinasi program, melakukan perekrutan pendamping, melaksanakan pelatihan pendampingan pasien, pelaksanaan program pendampingan pasien TB MDR, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program yang telah dilakukan. Selanjutnya Community TB-HIV Care Aisyiyah menerapkan strategi komunikasi persuasif dengan menampilkan kesan pertama yang positif, menaruh empati, membangun kredibilitas, dan memotivasi pasien TB MDR dalam proses pengobatan. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif diantara pendamping pasien (patient supporter) dan pasien TB MDR.
ANALISIS PERAN DAN FUNGSI HUMAS PEMERINTAH DI ERA KETERBUKAAN INFORMASI PADA SEKERTARIAT DPRD PROVINSI SULAWESI TENGAH Muhammad Eka Fahri; Andi Alimuddin Unde
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6867

Abstract

ABSTRACT The objective of this research is to know the Public Relations role and function also Threats in implementation of role and function in global information era at legislative house central Sulawesi province. There are five informants that interviewed. Data analyzied using Miles and Hubberman Model Data Analysis. The result of this research showed that Government public relations in DPRD roles as Communication Technician and Fasilitator. Government public relations in DPRD functioning as Documentation and Information. There are two variables that become threat in implementation of roles and functions that is Internal and External. Internal factors consist of four that is Less Budget, Less human resources, uneven work distribution and Less participation from Leader and Member of Legislative House. PR needs education, training and technical guidance in Public Relations in order to prepare PR staf facing threat regarding the implementation of his role and function. Keywords: Role, Functions, Public Relations, Implemenattion and Threat ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran dan Fungsi Humas serta Tantangan dalam Implementasi Peran dan Fungsi tersebut di Era Keterbukaan Informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan dilaksanakan di Sekertariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah. Informan yang diwawancarai berjumlah lima orang. Data dianalisis menggunakan Model Analisis Data Miles dan Hubberman. Hasil temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa Humas Pemerintah pada Sekertariat DPRD provinsi Sulawesi Tengah Pemerintah berperan sebagai Teknisi Komunikasi dan Fasilitator Komunikasi. Humas Pemerintah Sekertariat DPRD Provinsi Sulawesi Tengah menjalankan fungsi dokumentasi dan fungsi informasi. Variabel yang menjadi tantangan dalam implementasi peran dan fungsi ada dua yaitu Variabel Internal dan Variabel Eksternal. Variabel Internal ada empat yaitu Minimnya anggaran, Kurang tersedianya Sumber daya manusia, Pembagian tugas yang belum merata serta Partisipasi Pimpinan dan Anggota DPRD yang masih minim. Guna menunjang Peran dan Fungsi yang baik dibutuhkan Pelatihan dan Bimbingan Teknis di bidang kehumasan agar pegawai humas siap menghadapi tantangan dalam implementasi peran dan fungsi humas. Kata kunci : Peran, Fungsi, Hubungan Masyarakat, Implementasi, Tantangan
AUDIT KOMUNIKASI PROGRAM KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) KELUARGA BERENCANA PADA PERWAKILAN BKKBN PROVINSI SULAWESI BARAT Sukardi Sukardi
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6963

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengaudit proses komunikasi KIE KB dan menganalisis faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan KIE KB pada perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat. Tipe penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan audit komunikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis pengalaman komunikasi yang juga dikenal dengan sebutan teknik peristiwa kritis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi KIE KB pada perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat kurang berjalan secara efektif dikarenakan 1) komunikator dalam hal ini Penyuluh KB tidak melakukan perencanaan komunikasi sebelum melakukan KIE KB 2) pesan yang disampaikan hanya menggunakan teknik two-side issu yang menyampaikan kelebihan dan efek samping dari alat kontrasepsi karena tidak ada penyusunan pesan hanya mengambil langsung dari media, 3) Media/saluran lembar balik pada saat KIE Kelompok yang terintegrasi dengan kegiatan posyandu tidak sesaui dengan jumlah peserta dan tidak menggunakan microphone, 4) sasaran, tidak ada pemetaan sasaran dan masih ada beberapa kelompok masyarakat yang menolak program KB, 5) efek/dampak KIE terhadap pasangan usia subur dapat menyebut kembali sebagian jenis-jenis kontrasepsi modern dan rata-rata pasangan usia subur masih menggunakan kontrasepsi non metode jangka panjang seperti Pil, Suntik dan Kondom. Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan KIE KB ini adalah faktor internal yakni dari intern BKKBN itu sendiri dalam hal kompetensi komunikator (Penyuluh KB) yang kurang memadai dan faktor eksternal dari masyarakat itu sendiri yang masih ada menganggap bahwa program Keluarga Berencana bertentangan dengan agama, budaya dan adat mereka.
KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ETNIK BUGIS DAN ETNIK MANDAR DALAM INTERAKSI PERDAGANGAN DI PASAR SENGGOL KOTA PAREPARE Puteri Padjriani Paris; Muhammad Iqbal Sultan
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6868

Abstract

ABSTRACT The aims of the research were to determine (1) to describe the pattern of interaction of ethnic communication of bugis and ethnic mandar, (2) to analyze the effectiveness of intercultural communication between seller and buyer, (3) to know the factors that hamper the effectiveness of intercultural communication of ethnic bugis and ethnic mandar in Senggol City Market Parepare.This research uses qualitative method with descriptive approach. Data collection techniques through in-depth interviews, documentation and literature study The results showed that the form of communication on ethnic Bugis sellers and buyers of ethnic Mandar use two ways: verbal and non verbal. The use of verbal in this case is the use of Indonesian language and Bugis, because the average of mandar tribes have been passive using Bugis language, but to avoid misunderstanding they prefer to use Bahasa Indonesia. The use of Indonesian by sellers and buyers in the trade process is considered most effective, so there is no misunderstanding between them. Factors that support and hamper the communication process between ethnic bugis sellers and buyers of ethnic mandar are increasingly realized by them so that the barriers during the communication process between them increasingly thinning over time, each ethnic is able to understand each other's culture. Keywords: Intercultural Communication Effectiveness, Verbal and Non Verbal Communication, ethnic. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk menggambarkan pola interaksi komunikasi etnik bugis dan etnik mandar, (2) Untuk menganalisis efektivitas komunikasi antarbudaya antara penjual dan pembeli, (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat efektivitas komunikasi antarbudaya etnik bugis dan etnik mandar di Pasar Senggol Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk komunikasi pada penjual etnik Bugis dan pembeli etnik Mandar menggunakan dua cara yaitu verbal dan non verbal. Penggunaan verbal dalam hal ini adalah penggunaan bahasa Indonesia dan Bugis, dikarenakan rata-rata orang beretnik mandar telah pasif menggunakan bahasa Bugis, namun untuk menghindari kesalahpahaman mereka lebih memilih untuk menggunakan Bahasa Indonesia. Penggunaan Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dalam proses perdagangan dianggap paling efektif, sehingga tidak ada kesalahpahaman yang terjadi diantara mereka. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses komunikasi antara penjual etnik bugis dan pembeli etnik mandar ini semakin disadari oleh mereka sehingga hambatan saat proses komunikasi diantara mereka semakin menipis seiring berjalannya waktu, masing-masing etnik sudah mampu memahami budaya masing-masing. Kata Kunci : Efektifitas Komunikasi Antarbudaya, Komunikasi Verbal dan Non Verbal, etnik.
STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN DI KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG Andi Surahmi; Muhammad Farid
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6959

Abstract

ABSTRAK Dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan dan kegagalan setiap program pembangunan. Oleh karena itu dukungan masyarakat hendaknya selalu mendapat perhatian dan selalu diusahakan keberadaannya dalam setiap kesempatan. Namun untuk menggerakkan masyarakat agar ikut terlibat aktif dalam pembangunan maka dibutuhkan strategi komunikasi yang baik oleh seorang pemimpin. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan di Kecamatan Duampanua dan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat Kecamatan Duampanua dalam pembangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sebagai metode penyelesaian masalah penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumen-dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang untuk ikut serta dalam pembangunan daerah, strategi komunikasi yang diterapkan oleh aparatur pemerintah Kecamatan Duampanua yaitu Sender (komunikator), Mesagge (pesan), Channel (media), Receiver (komunikan) serta pembangunan tindak lanjut pembangunan secara partisipatif serta faktor yang mempengaruhi komunikasi pembangunan kecamatan secara partisipasi di Kecamatan Duampanua. Adapun tingkat partisipasi masyarakat terhadap pembangunan di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang, dilakukan dalam bentuk paritispasi fisik dan non fisik. Dalam partisipasi fisik yaitu keterlibatan masyarakat berupa bantuan tenaga dan bantuan materiil. Sedangkan partisipasi non fisik yaitu Pemerintah Kecamatan Duampanua memberikan peluang kepada masyarakat untuk memberikan sumbangsi pemikiran yang baik untuk rencana pembangunan Kecamatan Duampanua. Kata Kunci : Strategi komunikasi, Pemerintah Kecamatan, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan.
SINJAI TV PROTOTIPE TELEVISI DAERAH DALAM PENYEBARAN INFORMASI BERITA POLITIK DIKABUPATEN SINJAI Haryadi Jufri
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6964

Abstract

Tayangan berita yang disajikan oleh stasiun televisi terkadang bernuansa politis dan dihadapkan pada banyak kendala dalam menjaga independensi editorialnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui penyebaran berita politik di Sinjai TV dan mengkategorisasi (1) penyajian berita politik redaksi Sinjai TV (2) posisi Sinjai TV dalam pertarungan kekuatan politik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sinjai, LPPL Sinjai TV dengan penentuan informan terdiri dari Pemerintah Kabupaten Sinjai, Redaksi Sinjai TV, diantara beberapa informan adalah Masyarakat Kelurahan Balang Nipa dan Masyarakat Kelurahan Biringere. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer atau data utama berupa hasil wawancara dengan informan dan data sekunder atau data pendukung berupa buku, disertasi, tesis, jurnal, artikel, dan internet. Informan terdiri atas enam belas orang. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara dengan para informan. Data analisis menggunakan beberapa teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahwa kebijakan redaksi Sinjai TV dalam proses penyajian berita politik lokal ditemukan adanya ketidak obyetifan informasi, dimana kebijakan redaksi dalam penyajian berita politik menggunakan jalur hirarki dalam menentukan keputusan penayangan berita dari penentu kebijakan, (2) posisi media Sinjai TV dalam pertarungan kekuatan politik terdapat kecendrungan berpihak kepada Pemerintah Daerah dalam mengankat popularitas melalui berita politik yang disiarkan. Kata kunci : sinjai tv, kebijakan redaksi, penyebaran berita politik
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SERVICE CENTER ASTRA MOTOR MAKASSAR DALAM MENUMBUHKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Nur Istiqamah Desiana; Muhammad Akbar
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6869

Abstract

ABSTRACT The aims of the research were to determine (1) to describe the pattern of interaction of ethnic communication of The aims of this research are: (1) To find out customer relationship management at PT. Astra International, Tbk - Honda in growing motorcycle customer satisfaction and loyalty at the Makassar Branch service center; (2) To determine customer service center satisfaction and loyalty at PT. Astra International, Tbk- Honda Branch Makassar. This research lasted for four months and was located at the Astra Motor Makassar Service Center, Jl. Sultan ALauddin No. 57, Makassar, South Sulawesi. The method for this research is mixing the method of qualitative and descriptive quantitative analysis with using the percentage interpretation, to know the variable of Customer Relationship Management (Variable X), Customer Satisfaction (Variable Y1) and Customer Loyalty (Y2). All the total data collected analyzed descriptive quantitatively, and for analyzing descriptive frequencies, the researcher use tabulation using Spearman's analysis with SPSS or Statistic Program for Social Sciences. The results showed that the percentage score of customer relationship management = 55.3%, customer satisfaction = 33.3% and customer loyalty = 30.3%. It is known that the value of customer relationship management is higher than the value of customer satisfaction and customer loyalty, it can be concluded that customer relationship management Service Center Astra Motor Makassar has not maximized in growing customer satisfaction and loyalty. Of course there are supporting factors and inhibiting factors that influence customer relationship management in fostering customer satisfaction and loyalty. Keywords : customer relationship management, satisfaction, loyalty and customer ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui customer relationship management PT. Astra International, Tbk – Honda dalam menumbuhkan kepuasan dan loyalitas pelanggan sepeda motor pada service centre Cabang Makassar.; (2) Untuk mengetahui kepuasan dan loyalitas pelanggan servis centre di PT. Astra International, Tbk- Honda Cabang Makassar. Penelitian ini berlangsung selama empat bulan dan berlokasi di Service Center Astra Motor Makassar, Jl. Sultan ALauddin No. 57, Makassar, Sulawesi Selatan.Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah mix metodh analisis penelitian kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan interpretasi presentase, untuk mengetahui variabel Customer Relationship Management (Variabel X), Kepuasan Pelanggan (Variabel Y1) dan Loyalitas Pelanggan (Y2).Keseluruhan data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dan untuk menganalisis deskriptif frekuensi, penulis menggunakan tabulasi menggunakan analisis Spearman’s rhodengan bantuan SPSS (Statistic Programfor Social Sciences)Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor presentase customer relationship management = 55,3 %, kepuasan pelanggan = 33,3 % dan loyalitas pelanggan = 30,3 %. Maka diketahui nilai customer relationship management lebih tinggi daripada nila kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, dapat disimpulkan customer relationship management Service Center Astra Motor Makassar belum maksimal dalam menumbuhkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.Tentunya terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi customer relationship management dalam menumbuhkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kata kunci : customer relationship management, kepuasan, loyalitas, pelanggan
INOVASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS SALURAN KOMUNIKASI E-BUDGETING DI PROVINSI SULAWESI SELATAN) Asriani Basir; Alwi Alwi
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kareba.v7i2.6960

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui inovasi aplikasi e-budgeting dalam pengelolaan keuangan daerah di Provinsi Sulawesi Selatan dan keinovatifan Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap inovasi aplikasi e-budgeting dalam pengelolaan keuangan daerah di Provinsi Sulawesi Selatan keinovatifan Aparatur Sipil Negara terhadap penerapan aplikasi e-budgeting sebagai inovasi pengelolaan keuangan daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam 12 informan dari Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Takalar, Bantaeng dan Bulukumba, terdiri dari 6 orang pejabat dan 6 orang Tim Penyusun Anggaran di masing-masing Kabupaten dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi e-budgeting dalam pengelolaan keuangan daerah di Provinsi Sulawesi Selatan merupakan sebuah inovasi yang bersifat online. Keinovatifan Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap inovasi e-budgeting dalam pengelolaan keuangan daerah di Provinsi Sulawesi Selatan berbeda-beda karena saluran komunikasi yang digunakan berbeda-beda sehingga jangka waktu yang digunakan pun berbeda-beda dengan demikian kecepatan adopsi terhadap suatu inovasi dipengaruhi oleh keuntungan relatif, ketika suatu inovasi lebih banyak memberikan keuntungan maka semakin cepat proses adopsi terhadap inovasi tersebut. Kata kunci : Inovasi, E-budgeting, Pengelolaan Keuangan Daerah

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Volume 12 No. 2 Juli-Desember 2023 Volume 12 No. 1 Januari-Juni 2023 Volume 11 No. 2 Juli-Desember 2022 Volume 11 No. 1 Januari-Juni 2022 Volume 10 No. 2 Juli-Desember 2021 Volume 10 No. 1 Januari-Juni 2021 Vol. 9 No. 2 Juli - Desember 2020 Vol. 9 No. 1 Januari – Juni 2020 Vol. 9 No. 1 Januari – Juni 2020 Vol. 8 No. 2 Juli - Desember 2019 Vol. 8 No. 1 Januari – Juni 2019 Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018 Vol.7 No.1 Januari - Juni 2018 Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017 Vol.6 No.1 Januari - Juni 2017 Vol.5 No.2 Juli - Desember 2016 Vol.5 No.1 Januari - Juni 2016 Vol.4 No.4 Oktober - Desember 2015 Vol.4 No.4 Oktober - Desember 2015 Vol.4 No.3 Juli - September 2015 Vol.4 No.3 Juli - September 2015 Vol.4 No.2 April - Juni 2015 Vol.4 No.2 April - Juni 2015 Vol.4 No.1 Januari - Maret 2015 Vol.4 No.1 Januari - Maret 2015 Vol.3 No.4 Oktober - Desember 2014 Vol.3 No.4 Oktober - Desember 2014 Vol.3 No.3 Juli - September 2014 Vol.3 No.3 Juli - September 2014 Vol.3 No.2 April - Juni 2014 Vol.3 No.2 April - Juni 2014 Vol.3 No.1 Januari - Maret 2014 Vol.3 No.1 Januari - Maret 2014 Vol.2 No.4 Oktober - Desember 2013 Vol.2 No.4 Oktober - Desember 2013 Vol.2 No.3 Juli - September 2013 Vol.2 No.3 Juli - September 2013 Vol.2 No.2 April - Juni 2013 Vol.2 No.2 April - Juni 2013 Vol.2 No.1 Januari - Maret 2013 Vol.2 No.1 Januari - Maret 2013 Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011 Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011 Vol.1 No.3 Juli - September 2011 Vol.1 No.3 Juli - September 2011 Vol.1 No.2 April - Juni 2011 Vol.1 No.2 April - Juni 2011 Vol.1 No.1 Januari - Maret 2011 Vol.1 No.1 Januari - Maret 2011 More Issue