cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
SASINDO
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024" : 20 Documents clear
Menceritakan Isi Cerpen dengan Strategi Think Talk Write pada Siswa SMAN 9 Semarang Tahun 2020/2021 Wijaya, Ardian Rifqy
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19517

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan penerapan keterampilan menceritakan kembali isi cerpen menggunakan strategi Think Talk Write dalam pembelajaran daring berbantuan media Zoom pada Siswa Kelas XI SMAN 9 Semarang Pada Tahun 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan hasil tulisan siswa untuk melihat hasil keterampilan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 9 Semarang yang melaksanakan pembelajaran daring dengan berbantuan media Zoom. Jumlah keseluruhan siswa (populasi) dari kelas A sampai dengan F sebanyak 180 siswa. Berdasarkan populasi siswa kelas XI.A yang berjumlah 50 siswa, dengan teknik purposive sample, penelitian ini memilih purposive sample karena guru yang mengajar dengan berbantuan media Zoom di kelas XI A, oleh karena itu dipilihlah satu guru yang mengajar dua kelas. Selanjutnya, didapatkan kelas XI A sebagai kelas sampel. Peneliti menggunakan hasil tulisan siswa untuk melihat hasil keterampilan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen. Kemudian guru menilai keterampilan bercerita siswa dengan meggunakan strategi TTW dengan berbantuan media Zoom. Lembar penilaian keterampilan bercerita siswa oleh peneliti digunakan sebagai instrumen penskoran untuk menentukan tingkat keberhasilan keterampilan bercerita siswa.
Nilai Moral Naskah Drama Liang Karya Puthut Buchori sebagai Alternatif Bahan Ajar Drama di SMA Malmayang, Febriasni
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19653

Abstract

This research aims to describe moral values play script Liang by Puthut Buchori and moral values play script Liang by Puthut Bucori as an alternative drama teaching materials in Senior High School. This research is a descriptive qualitative. The data was collected using a reading and note taking techniques. The text were analyzed using qualitative descriptive. The result of the study show that the moral value contained in the play Liang by Puthut Buchori is the moral value of human relations with oneself, which is to remain strong even though the storm hits. The moral values of human relations with other humans, namely advising each other, loving each other, helping each other, reminding each other, being aware of mistakes that have been made, fighting for each other, and being fair. The moral value of human relations with God, namely being grateful for the blessings given by God. The moral values contained in the play Liang by PuthutBuchori are appropriate to be used as an alternative for learning drama in high school which are contained in Basic Competence 3.19 Analyzing the content and language of the drama that is read or watched.
Gaya Bahasa Penegasan dalam Kumpulan Puisi Waktu Indonesia Bagian Bercerita Karya Setia Naka Andrian Safitri, Linda Ardiyanti; Wismanto, Agus; Arifin, Zainal
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19498

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan gaya bahasa penegasan yang terdapat dalam buku kumpulan puisi Waktu Indonesia Bagian Bercerita karya Setia Naka Andrian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku kumpulan puisi Waktu Indonesia Bagian Bercerita karya Setia Naka Andrian. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu, teknik catat, teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wujud penggunaan gaya bahasa penegasan dalam kumpulan puisi Waktu Indonesia Bagian Bercerita karya Setia Naka Andrian yaitu: 1) terdapat 16 gaya bahasa perbandingan pada kumpulan puisi Waktu Indonesia Bagian Bercerita karya Setia Naka Andrian 2) gaya bahasa yang sering muncul adalah gaya bahasa aliterasi dan gaya bahasa anafora.
Nilai Moral dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia PURNAMA, LUQMAN ADITYA
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19513

Abstract

           Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai moral dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Penelitian ini berjenis kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dengan cara baca dan catat dimulai dari membaca novel secara seksama, kemudian mencatat kutipan-kutipan yang mengandung nilai moral, dan mengklasifikasikan data-data tersebut berdasarkan jenis-jenis atau wujud nilai moral. Penyajian hasil analisis data  dilakukan dengan metode informal, yaitu penyajian hasil analisis data dengan menggunakan kata-kata biasa. Dari analisis akhir yang dilakukan berdasarkan penelitian terhadap nilai moral dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia yaitu hubungan nilai moral yang tergambar melalui hubungan manusia dengan Tuhannya dapat dilihat dari iman, takwa, dan bersyukur. Selain itu, wujud nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri dapat diidentifikasi melalui tingkah laku tokoh dalam novel seperti kejujuran, intropeksi diri, sabar, kerja keras, dan rajin. Kemudian wujud nilai moral yang tergambar melalui hubungan manusia dengan manusia lain seperti kasih sayang, simpati, rasa hormat, patuh, bertanggung jawab, dan pemaaf.
Campur Kode dan Alih Kode dalam Percakapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Sma Negeri 1 Larangan Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021 Maftukha, Siti
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19504

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan wujud campur kode dan alih kode serta menguraikan faktor penyebab campur kode dan alih kode dalam percakapan pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Larangan Brebes tahun pelajaran 2020/2021.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: a) campur kode ke luar, b) campur kode ke dalam, c) alih kode ke luar d) alih kode ke dalam. Faktor yang melatarbelakangi wujud campur kode yaitu: a) keterbatasan penggunaan kode, b) penggunaan istilah yang populer, c) pembicara dan pribadi pembicara. Faktor yang melatarbelakangi wujud alih kode yaitu: a) penutur, b) kehadiran orang ketiga, c) peralihan pokok pembicaraan.
WACANA POLITIK DALAM MATA NAJWA : 13 TAHUN MATA NAJWA BERGERAK, BERGERAK, BERDAMPAK (ANALISIS WACANA KRITIS MODEL TEUN A. VAN DIJK) Kustriyono, Erwan
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19518

Abstract

Bahasa, masyarakat dan komunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan budaya. Bahasa dan politik bagian yang saling melengkapi dan sarana komunikasi yang efektif. Bahasa tidak hanya sekadar menjadi alat komunikasi, namun dapat menjadi instrument untuk melakukan sesuatu atau sarana penerapan strategi kekuasaan. Bahasa dapat diproduksi dalam kehidupan sosial yang pada akhirnya menghasilkan makna. Salah satu produksi bahasa yang akhirnya menimbulkan makna ada di dalam acara Mata Najwa. Pada acara ini dianalisis dengan analisis wacana kritis (AWK) dengan model Teun A. Van Dijk. Analisis wacana kritis (AWK) membantu memahami bahasa dalam berbagai macam konteks. Acara Mata Najwa yang merupakan bagian dari wacana politik di media massa. Wacana politik merupakan bentuk nyata penerapan bahasa dalam lingkup kekuasaan yang dijadikan penerapan strategi kekuasaan. Artikel ini menggunakan metode kualitatif deskripsti. Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan tiga dimensi wacana menurut van Dijk yaitu Teks, kognisi sosial, konteks sosial dan mendeskripsikan struktur wacana menurut van Dijk yaitu struktur makro, suprastruktur dan struktur mikro.
Penerapan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Peserta Didik Kelas VII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020 Zahra, Intania
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19509

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu hasil dari penerapan menggunakan media gambar berseri pada pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus tahun pelajaran 2019/2020.Hasil pembelajaran menulis teks deskripsi diperoleh dengan tehnik dengan penerapan media gambar berseri, diperoleh nilai tertinggi 95 dan nilai terendah sebesar 70. Dengan  nilai rata rata sebesar 81 dari jumlah keseluruhan nilai yang didapat peserta didik adalah 10 — 100. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun data yang diambil dari penelitian ini adalah melalui hasil angket, lembar observasi, lembar wawancara dan penerapan media gambar berseri dalam keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus tahun 2019/2020. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi  pada peserta didik kelas VII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus adalah masih ada beberapa hal yang menyebabkan pembelajaran menulis teks deskripsi belum terlaksana dengan baik. Salah satu hal tersebut adalah bahwa metode yang digunakan masih berpusat pada guru. Selain itu, media yang di gunakan dalam pembelajaran masih kurang menstimuli kemampuan dan keterampilan menulis yang baik. Hal tersebut menyebabkan siswa memperoleh nilai di bawah KKM yang mana nilain KKM nya adalah 75. Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk digunakan adalah media gambar berseri.
KEPRIBADIAN TOKOH DALAM KUMPULAN CERPEN TALNOVO DAN SEJUMLAH KISAH LAIN KARYA SANTI AL MUFAROH: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA Alfika, Leni
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19607

Abstract

 Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh dalam kumpulan cerpen Talnovo dan Sejumlah Kisah Lain karya Santi Al Mufaroh berdasarkan pendekatan psikologi sastra. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu teknik simak dan catat. Instrumen yang digunakan dalma penelitian ini yaitu, kartu data yang digunakan untuk menemukan kerpibadian dalam kumpulan cerpen tersebut. Data yang telah ditemukan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi. Analisis dilakukan terhadap kutipan-kutipan data yang menggambarkan struktur kepribadian id, ego, dan superego dalam kumpulan cerpen Talnovo dan Sejumlah Kisah Lain KaryaSanti Al Mufaroh. Penyajian hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik penyajian informal, yaitu dengan menguraikan hasil analisis melalui kata-kata. Hasil penelitian ini yaitu ditemukan 95 bentuk struktur kepribadian yang terdiri dari tiga bentuk. Pertama, id terdiri dari 33 data. Kedua, ego terdiri dari 44 data. Ketiga, superego terdiri dari 18 data. Bentuk kepribadian tokoh terdiri dari sifat positif dan negatif. Kepribadian positif tersebut yaitu giat belajar, pantang menyerah, religius, bertekad kuat, teguh pendirian, rela berkorban, pribadi yang sederhana, menepati janji, penyayang, sabar, dan menghormati orang tua. Sedangkan kepribadian negatif tersebut yaitu pemabuk, penjudi, suka bermain wanita, egois, kurang sopan santun, mudah berprasangka buruk, nekat, dan sebagainya.
Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksplanasipada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 Setyawan, Muhammad Handika
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19514

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Jepara tahun pelajaran 2019/2020‖. Salah satu metode pembelajaran untuk menumbuhkan minat peserta didik dalam pembelajaran  keterampilan menulis teks eksplanasi pada adalah metode Problem Based Learning.Tujuan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan Nontes. Teknik tes dilakukan berupa nilai menulis teks eksplanasi, sedangkan teknik Nontes berupa lembar angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 32 peserta didik. Teknik penyajian analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif, yaitu dalam penyajiannya menggunakan kata-kata sebagai pendeskripsiannya tentang keadaan peserta didik dalam kemampuan keterampilan menulis teks eksplanasi  dengan menggunakan penerapan metode Problem Based Learning. Hasil penelitian tersebut dilihat dari kemampuan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode Problem Based Learning dengan rata-rata nilai 71, nilai tertinggi 90 sebanyak 1 peserta didik, nilai terendah 50 sebanyak 2 peserta didik.
Gaya Bahasa dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Novel Kelas XII di Sekolah Menengah Atas Octaviani, Dian Panca
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i2.19505

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan wujud campur kode dan alih kode serta menguraikan faktor penyebab campur kode dan alih kode dalam percakapan pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Larangan Brebes tahun pelajaran 2020/2021.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: a) campur kode ke luar, b) campur kode ke dalam, c) alih kode ke luar d) alih kode ke dalam. Faktor yang melatarbelakangi wujud campur kode yaitu: a) keterbatasan penggunaan kode, b) penggunaan istilah yang populer, c) pembicara dan pribadi pembicara. Faktor yang melatarbelakangi wujud alih kode yaitu: a) penutur, b) kehadiran orang ketiga, c) peralihan pokok pembicaraan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20