JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 4, No 1 (2019)

PENERAPAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 7 KOTA SERANG

Jaka Wijaya Kusuma (Universitas Bina Bangsa)
Sarah Caesarani (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen berbentuk desain kontrol non-ekivalen yang bertujuan untuk menelaah peranan pendekatan konflik kognitif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 7 Serang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Serang dan dipilih secara acak dengan teknik klaster atau cluster random sampling menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri atas tes pemahaman matematis yang disusun dalam bentuk uraian (pretes dan postes). Analisis data menggunakan uji Gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji t. Hasil penelitian menemukan bahwa Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konflik kognitif lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa, Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konflik kognitif lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...