Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 2 No 2 (2017): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi

Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar Menulis pada Peserta Didik

Arif Supriyadi (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Milah Milah (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas kemampuan dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik menggunakan Pendekatan Konstruktivisme tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Mandomai. Nilai aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai angka 2,64 dalam kategori cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 4 amat baik. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata 40 dalam keterangan tidak tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi nilai rata-rata 86,5 dalam keterangan tuntas. Pada siklus I ke siklus II meningkat 46,5 % atau sebesar 45%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bitnet

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

The publication of Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi indeed participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains seven ...