Journal of Natural Science and Integration
Vol 2, No 1 (2019): JNSI

Penerapan Model Pembelajaran LC 7E Dengan Pendekatan TBCT dan CT untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Siswa

Okta Miadi (Program Studi Pendidikan Fisika Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)
Ida Kaniawati (Program Studi Pendidikan Fisika Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)
Taufik Ramlan Ramalis (Program Studi Pendidikan Fisika Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terkait peningkatan kemampuan memahami siswa pada konsep fluida statis setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran learning cycle 7E dengan pendekatan Technology Based Constructivist Teaching dan Constructivist Teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Pretest Posttest Two Equivalent Group Design. Subyek penelitian adalah 29 orang siswa kelas XI IPA 1 dan 27 orang siswa XI IPA 2 di salah satu SMA Negeri di Kab. Kuantan Singingi, Prov. Riau. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif berbentuk tes tertulis jenis pilihan ganda terkait konsep fluida statis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran learning cycle 7E dengan pendekatan TBCT dan CT, hasil kemampuan memahami siswa secara umum meningkat pada kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,65 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education

Description

Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is ...